All about my life

Thursday, 12 February 2015

Cara Mengatasi Jerawat Membandel

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang cukup membuat kita kesal. Bagaimana tidak, karena jerawat bisa mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Belum lagi tangan kita pasti gatal untuk memencetnya. Padahal kita tidak boleh sembarangan memencet jerawat. Mana jerawatnya datang rombongan lagi, alias rata memenuhi wajah kita. Hadeuh...rasanya pengen ganti wajah, deh.
Tapi jangan khawatir, saya memiliki tips untuk mengatasi kulit berjerawat dan beberapa makanan yang musti dikonsumsi oleh siapa yang memiliki masalah jerawat.

Gambar diambil dari sini
Tips mengatasi jerawat
Seorang ahli herbal dari India menyatakan bahwa minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi gangguan penyakit kulit. Salah satunya adalah jerawat dan bekas jerawat. 
Penyebab terjadinya jerawat biasanya karena pori-pori kulit kita yang tersumbat. Minyak kelapa yang digunakan tidak hanya membantu membersihkan pori-pori tapi juga dapat mengurangi komedo. Bekas jerawat juga dapat diobati dengan menggunakan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa ini juga dapat digunakan untuk mengurangi bekas luka dan membersihkan kulit kita.

Makanan untuk si pemilik kulit berjerawat
Saat memasuki usia remaja, banyak dari kita bermasalah dengan jerawat. Termasuk saya..hihi. Dulu ketika SMA wajah saya mirip rempeyek. Jerawat di mana-mana. Bahkan ada beberapa orang yang masih berjibaku dengan jerawat meskipun telah memasuki masa-masa transisi menopause. Ternyata jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, lho. Penyebabnya antara lain seperti stres, polusi, diet yang buruk, metabolisme tubuh yang buruk, hormon yang tidak seimbang serta kadar gula yang tinggi.

Bagaimana caranya agar terhindar dari jerawat
Salah satu cara mengontrol munculnya jerawat adalah menghindari makanan yang dapat memicu munculnya jerawat. Produk susu, makanan olahan, makanan berminyak dan berlemak serta permen merupakan makanan yang tidak baik bagi kulit berjerawat.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti yang dijelaskan Boldsky, antara lain :
  1. Perbanyak minum air putih. kulit kita merefleksikan stres dan racun yang mengendap di dalam tubuh. minum setidaknya 8 gelas air putih per hari berguna untuk mengusir racun, menormalkan metabolisme pencernaan, mengatur keasaman serta memberikan kulit yang berkilau dan kenyal.
  2. Mengonsumsi timun. Timun sering juga disebut sebagai sayuran pendingin karena tingginya jumlah kadar air. Selain itu, timun juga mengandung banyak antioksidan, vitamin C dan mineral silika yang baik untuk kulit.
  3. Mengonsumsi wortel. Sayuran kaya akan beta-karoten seperti wortel yang mengandung vitamin A berperan penting untuk mengusir jerawat.
  4. Mengonsumsi buah beri. Buah beri mengandung banyak antioksidan yang sangat cocok sebagai makanan untuk kulit berjerawat. Antioksidan yang terkandung didalamnya menjaga kulit dari kerusakan dan peradangan.
  5. Mengonsumsi teh hijau. Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu mengatur gula darah agar seimbang dan bisa melindungi kulit dari jerawat. teh hijau membantu detoksifikasi dari badan.
  6. mengonsumsi yoghurt. Meskipun produk susu tidak begitu baik untuk jerawat, tetapi yoghurt justru cukup baik untuk kulit berjerawat. Yoghurt berguna untuk menyegarkan dan menutrisi kulit.
  7. Mengonsumsi ikan. Kandungan Omega 3 yang terdapat pada ikan dapat menjaga kulit kita dari munculnya jerawat. Pastikan mengonsumsi ikan dengan cara mengukus atau memanggang dengan sedikit minyak agar pencegahan terhadap jerawat bisa maksimal hasilnya.
  8. Mengonsumsi biji-bijian. Makan nasi merah atau olahan gandum seperti roti bisa juga dilakukan untuk memperlambat produksi gula dalam tubuh. hal ini jelas bisa mencegah munculnya jerawat yang terus menerus. Selain itu, hindari makanan buatan atau yang terlalu banyak melalui proses masak.
Bagaimana? Ternyata cukup mudah untuk dilakukan ya? Asal konsisten dan rutin dilakukan, masalah jerawat pasti bisa segera teratasi.


referensi dari berbagai sumber

12 comments:

  1. minyak kelapa ya mak, baru tahu, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, tapi jangan yang habis buat goreng ikan yak? hihi....ntar di rubung semut, lho

      Delete
  2. kalo aku dulu waktu masih SMA sering cuci muka pake air teh yang sudah dibiarkan semalaman... jadi sampai sekarang gak pernah jerawatan.. eh... pernah sih satu dua... tapi gak pernah banyak alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya di bliin sabun belerang mbak....emang sih jerawatnya ilang, tapi baunya itu lho...

      Delete
  3. Membersihkan wajah dengan air juga bisa mencegah jerawat mba :)

    ReplyDelete
  4. wah kalo punyaku biasanya numbuh di atas idung hihihi
    berarti memang air putih paling mujarobah ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo'i dek....yang pasti kalo rutin mencuci dan membersihkan wajah, jerawat pasti minggat...hehe

      Delete
  5. Baru tau kalo Minyak kelapa bs nyembuhin jerawat...tfs mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mb Nani...asalkan minyak kelapa murni lho yaa...

      Delete
  6. nnti aku ksh tau adekku ah, sering jerawatan soalnya,
    mksih y mbk ika

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com