All about my life

Tuesday, 28 April 2015

Mangut Iwak Pe

Mangut Iwak Pe

Mangut iwak Pe (ikan pari panggang) memang lezat. Di kota tempat saya tinggal, iwak pe murah dan mudah didapat. Pertama kali mengenal masakan ini adalah ketika menjadi warga Semarang 15 tahunan yang lalu. Ibu mertua suka membuat masakan ini. Kalau tidak ketemu panggang Pe ya panggang Manyung. Meski bau panggang Pe agak pesing, tapi rasanya jangan ditanya. Dulu, harga panggang iwak Pe atau iwak Manyung sekitar 1000-1500 rupiah per potong. Sekarang harganya berkisar 2500-3500 per potong. Mungkin tergantung besar kecil ukuran potongannya. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep Mangut Iwak Pe warisan Ibu mertua saya. Mangut iwak Pe ini dibuat dengan bumbu sederhana, yang mudah dan cepat dibuat.

bundafinaufara.blogspot.com , mangut
Mangut Iwak Pe

Bahan :
5 potong iwak pe panggang, bersihkan lalu goreng sebentar
1 papan petai, bersihkan, belah dua
1 papan tempe, potong sesuai selera
7 buah cabai hijau besar, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
5 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
2 lembar daun salam
1 buah tomat hijau, potong sesuai selera
1 ruas lengkuas, keprek
1 sdm gula jawa
1/2 sdt gula pasir (pengganti penyedap)
1 sdt garam (sesuai selera)
350 ml santan kental
2 sdm minyak goreng untuk menumis


Cara membuat :
1. Panaskan minyak, masukkan irisan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan cabai hijau, cabai rawit, daun salam, lengkuas dan petai. Aduk.
2. Masukkan santan kental, aduk. Tambahkan garam, gula jawa, dan gula pasir. Masukkan tempe yang telah dipotong.
3. Aduk, jangan sampai santan pecah.
4. Setelah santan mendidih, masukkan iwak pe yang telah digoreng. Aduk. Masak hingga santan menyusut. Masukkan tomat, aduk kembali.
5. Mangut iwak pe siap dihidangkan.

Gampang banget kan bikinnya? Yuk ah, bikin.

26 comments:

  1. Iwak pe panggang itu apa semacam ikan yang diasapin itu ya Mak?

    Aku taunya yang di-mangut itu lele. Taunya juga dulu pas kuliah di Jogja hehehe! Ternyata ikan lain juga bisa ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Semarang atau daerah pesisir yang terkenal ya mangut iwak pe (ikan Pari) ini mak Vhoy...
      Kapan-kapan, cobain deh...

      Delete
  2. selain dimangut... iwak pe enak juga kalau diasap ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..itu yang di mangut juga iwak Pe yang sudah di asapi kok, mak...

      Delete
  3. wow..iwak pe, saya suka saya suka, izin save ya mak, suwun :)

    ReplyDelete
  4. yummmi mbaaa..ini yang diasap bukan yo mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Dew....ikan pari di asapin terus di mangut...endeees :))

      Delete
  5. aku baru tahu bun iwak pe hehehe...enyak keknya, saat makan siang gini jadi lapeerrr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ada dong, iwak pe alias ikan pari panggang. Enak loh, dek..
      ayo, calon manten belajar masak..

      Delete
  6. wah, lezat nya mbak, bagi bagi mbak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeh....monggo dinikmati dulu gambarnya..

      Delete
  7. ini masakan favorit keluarga saya juga mbak...
    anak saya bahkan suka manyung padahal baunyaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya paling suka panggang pe ini mb Anjar, kalo manyung nggak begitu suka...soalnya baunya pesing...hihi

      Delete
  8. Wah, gawat ini puasa-puasa mampir kemari, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar sore masak ini, mab Wati...hehehe

      Delete
  9. kayanya enak ya mbak kalo di makan sama nasi anget

    ReplyDelete
  10. iwak pe tak kira singkatan tempe, oho ternyata ikan pari toh....yg sya tau pari itu meski langsung dimakan setelah dipanggang itu rasanya maknyus, ehm apalagi pakek diolah kayak gini ya pasti top markotop lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iwak pe itu nama lain ikan pari mba...hehe
      mak nyus banget pokoknya, boleh loh nyobain resepnya..

      Delete
  11. aku lebih suka mangut, soalnya gampang makannya. durinya ga kebanyakan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Durinya di tengah ya mb Ila...trus dagingnya lembut, endesss...banget :))

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com