All about my life

Thursday, 30 April 2015

Ramadhan, Ibu, Lotek dan Sarung

Ramadhan hampir tiba. Hati ini selalu berdesir ketika menyebut bulan suci itu. Ramadhan, seolah mesin waktu yang siap mengantarku ke masa lalu. Ramadhan di masa kecilku.

Wis, ah. Sok..sok an, berpuisi. Saya hanya ingin berbagi kenangan masa kecil saya menjalani Ramadhan. Tiga puluh tahunan yang lalu, Ramadhan dan Lebaran menjadi bulan yang paling saya tunggu-tunggu. Karena di bulan ini, akan ada banyak makanan, akan ada banyak baju lebaran dan uang saku. Karena apa? Selama bulan Ramadhan hingga Lebaran, Ibu selalu berjualan lotek dan teman-temannya seperti gorengan dan es. Lotek buatan Ibu, terkenal seantero desa. Ibu berjualan habis ashar hingga malam. Tapi kadang, sebelum Isya sudah habis. Hebatnya Ibu, beliau bisa mengulek bumbu itu puluhan kali. Tiap ada yang beli, langsung deh...Ibu beraksi. Lotek buatan Ibu memang super enak. Coba Pak Bondan dulu mampir ke warung Ibu, pasti beliau bilang "Mak Nyus"..."Endang Bambang Gulindang", deh. Tak heran penggemar lotek Ibu, rela antri demi menikmati lotek buatan Ibu. Biasanya Ibu menyiapkan dagangannya sejak habis dhuhur dan akan beres habis ashar. Dan saya adalah seksi wira-wiri, alias bagian yang suka disuruh kesana kemari. Dan upahnya, tentu saja lotek spesial dengan tambahan gorengan tempe atau tahu brontak (tahu isi). Hehehe.. 
Setelah kenyang, Ibu akan segera menyuruh saya bergegas ke masjid untuk tarawih. Teman-teman satu geng, biasanya "ngampiri" untuk berangkat ke masjid bersama. Ssstt....saya beri tahu ya, dulu saya tarawihnya enggak di tempat perempuan, lho. Tapi di tempat laki-laki karena teman-teman geng saya semuanya laki-laki. Dan saya sholat pake sarung bukan mukena.   Beneran? Iya beneran. Dulu, waktu saya kecil Bapak bukannya beliin mukena tapi malah beliin sarung sama kopiah. Saya mulai sholat pake mukena setelah umur 6 tahunan lah. Lucu, ya.

Ibunda tercinta
Ibu membelikan saya mukena, ketika saya mulai mengaji Al Qur'an. Dan saya, meninggalkan sarung hijau kesayangan saya. Hiks....dengan deraian air mata *mulai drama.
Meski masih kecil, saya selalu puasa penuh. Tidak puasa separuh-separuh dari pagi sampai dhuhur, dhuhur sampai maghrib. Entah kenapa, sejak kecil saya merasa kalau puasa separuh-separuh sama dengan nggak puasa. Jadi ya, saya puasa full seharian.
Dan yang paling saya suka adalah ketika beberapa hari menjelang Lebaran, biasanya keluarga besar saya yang tinggalnya di luar kota pulang kampung. Bulik-bulik dan Om-om selalu membelikan baju lebaran lengkap dengan sandal atau sepatu. Ooh, senangnyaa.

Rasanya, Ramadhan masa kecil lah yang paling berkesan buat saya. Sekarang, ketika Ramadhan menjelang...hanya bisa mengenang. Tak ada lagi lotek jualan Ibu. Tak ada lagi suasana sibuk bantuin Ibu. Hiks...nangis meneeehh...*drama banget.


"Tulisan Ini Diikutkan dalam Giveaway Menyambut Ramadhan"

22 comments:

  1. aku masih inget sarung ijo itu, hahaha... turun-temurun sampe mas pepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya berakhir di Madura deh...dipake Andri...hahaha

      Delete
  2. Ramadhan selain bulan yang penuh rahmat sekaligus sangat berkesan ya mbak

    ReplyDelete
  3. Hihihi...lucu juga ya anak perempuan malah pake sarung. Tapi kenangan itu pasti tidak akan pernah terlupakan :)
    Sukses mbak untuk lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ika.., jadi kenangan yang tak terlupakan pokoknya..
      makasih sudah mampir ya...:)

      Delete
  4. Waduh, pake sarung Mak? *ikutngikikxixixi

    Pas baca lotek, langsung inget Jogja. Jadi kangen Jogja :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...ho oh Mak, dulu pakenya sarung sama kopiah kalo sholat...
      Ayo pulkam ke Jogja ..:D

      Delete
  5. Duh...aku jadi inget ibuku. Kangen ma beliau. Iya idem. Kalo ramadhan ibuku yang paling semangat nyambut ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya kangen sama Ibu bisanya cuma kirim doa, mak Ade...soalnya Ibu sudah nggak ada. Meninggal tahun 2008
      Makasih sudah mampir mak...:)

      Delete
  6. hehehe...kayak saya dong,pakai sarung hehe
    di siak juga banyak lotek,enak...
    salam kenal mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...beneran mak? toss...ada temannya juga.
      Samakah isi lotek sama bumbunya?
      Salam kenal juga mak ;)

      Delete
  7. hahaaaa.....seru dan lucu banget sih mak masa kecilnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...kalo inget masa kecil emang banyak lucunya
      salam kenal ya mak Zevy..

      Delete
  8. Seru dah pokoknya puasa waktu kecil y mak...
    Hehe..aku jg dlu pernah solat trwih pakek sarung, dan melorot dg sukses wkwkwkwk
    Sukses y mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Inda...toss....
      tapi sarungku nggak pernah melorot sih...hahaha

      Delete
  9. Terharu bacanya mbaa...al fatihah untuk ibu...:*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb Dedew...iya, sekarang kalo inget Ibu cuma bisa kirim doa.
      makasih doanya untuk Ibuku ya...:)

      Delete
  10. ramadhan jadi inget kampung :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Sari.., jadi pengen pulang kampung ya..

      Delete
  11. Ramadhan itu selalu memiliki great moment dari masa ke masa, makanya kalau Ramadhan berakhir tuh suka sedih. Salah satu yang suka sedih saat awal Ramadhan biasanya kalau aku pas menyadari, ada orang2 yang kita sayangi sudah tak ada lagi. Al Fatihah buat ibunda ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Donna, rasanya pengen deh...setahun itu cuma Ramadhan sama Lebaran aja..
      Terima kasih doanya buat Ibu saya, mb

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com