All about my life

Monday, 5 October 2015

Membuat Soto ala Resto

membuat-soto-ala-resto

Siang-siang paling enak makan yang hangat berkuah. Apalagi kalau ditambah sambal. Hmm...pasti bikin keringetan. Kayaknya enak nih, kalau makan soto ayam mbak Lin yang di dekat Simpanglima. Sotonya sih hampir sama dengan kebanyakan tempat makan soto lain. Tapi yang namanya orang kalau sudah suka, pasti yang dituju ya tempat makan langganannya kan. Itu kalau saya, loh. 
Teman-teman ada yang belum tahu tempatnya? Gampang banget kok nyarinya. Tinggal buka saja aplikasi OpenSnap di hape. Nggak punya? Kebangetan banget, deh. Buruan pasang aplikasinya. Gampang banget kok. 

dok.pri Aplikasi OpenSnap di hape
Kalau sudah, tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

dok.pri  Profil saya di OpenSnap
Kita bisa pilih, mau cari tempat makan berdasarkan nama makanan/jenis makanan, berdasarkan tempat, nama resto atau jauh dekatnya lokasi dari tempat tinggal kita. Nah...tinggal  pilih-pilih aja tempat makan yang kita mau. Misalnya Soto Ayam di Simpanglima Semarang.

dok.pri  Pilih-pilih
Nih ya, kayak saya. Karena saya suka banget sama soto, makanya saya cari aja tempat berdasarkan nama makanan yang saya suka. Saya pilih makanan Indonesia

dok.pri  Cari tempat makan soto
dok.pri  Ini lho..soto yang saya suka
Eh, tapi kok mau keluar rumah males banget ya. Takut panas, takut item *halah. Hehehe.. Maklum lah..butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai kesana. Rumah saya ada di daerah Semarang Timur, sedangkan tempat makan soto ini ada di daerah Simpanglima. Jauuuh..
Ya udah lah, kenapa nggak coba bikin soto ayam sendiri aja. Siapa tahu bisa seenak soto ayam langganan saya. Tinggal nyiapin aja bahan-bahannya.
Eh, teman-teman pengen bisa masak soto juga. Boleh deh, saya bagi resepnya. Ini resep ala saya lho, ya. Boleh kok di modifikasi sesuai selera.

Soto Ayam ala Resto ....eh ala bundafinaufara

Bahan-bahannya  :
  • 500 gram ayam, bagian dada
  • 2 lt air 
  • 75 gram soun, rebus, tiriskan
  • 200 gram kol, iris-iris tipis
  • 250 gram taoge pendek, rebus sebentar
  • 3 batang daun bawang, iris 
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
Bahan pelengkap :
  • 4 batang daun seledri, iris
  • bawang goreng secukupnya
  • jeruk nipis
  • kecap manis, bila suka
Bumbu yang dihaluskan  : 
  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 sdt merica
  • 3 butir kemiri
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir (sebagai penyedap)
 Cara membuat  :
  1. Rebus ayam dalam 2 ltr air. Tunggu hingga mendidih.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan irisan daun bawang. Masukkan ke dalam air kaldu (rebusan ayam). Tambahkan serai, lengkuas dan daun salam. 
  3. Aduk hingga bumbu tercampur ke dalam kuah kaldu. Tambahkan garam dan gula.
  4. Biarkan hingga mendidih, angkat ayam. Tiriskan dan suwir kecil-kecil.
  5. Siapkan mangkuk, isi dengan soun, irisan kol, taoge, suwiran ayam dan irisan daun seledri. Siram dengan kuah soto. Taburi dengan bawang goreng.
  6. Soto ayam siap disantaaap.
membuat-soto-ala-resto
dok.pri Sudah mirip soto ala resto kaan..

Tuuh kan, dengan sedikit usaha akhirnya bisa juga membuat makanan kesukaan tanpa keluar rumah. Tapi kalau sedang nggak ada mood masak, ya langsung meluncur ke warung langganan. Pakai saja aplikasi OpenSnap buat cari makanan dan resto yang kita suka.
Yuuuk...cap cus..


20 comments:

  1. Seger banget kayaknya nih. Saya penggemar Soto juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Kayla....coba bikin sendiri deh :)

      Delete
  2. Mbak Ikaaaa, sotonya maknyusss nih, berisi dan kuahnya akeh, saya sukaaaa, belom nyoba tapi pas liat gambar ketauan kalo maknyusss abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu yang saya suka mba Ev...yang isiannya sama kuahnya banyaaak *maruk...hehehe

      Delete
  3. Suegerrr..emang enak bikin sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Nani...kalo bikin sendiri bisa puas-puasin deh makannya...hehe :)

      Delete
  4. aku penggemar soto dan hampir semua daerah di indonesia punya soto

    ReplyDelete
  5. Segerr banget itu sotonya Maak. Aku juga penyuka soto ayam. Ngilerrr :D

    ReplyDelete
  6. Makasih ya utk resep sotonya... seger dan tidak bersantan...sehat n nikmat pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ade...saya sukanya soto yang berkuah bening..., silahkan dicoba resepnya..:))

      Delete
  7. Waaah, ada resep soto ayam nikmat.... bikin ngiler ini, bagi dong mbaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeh...kapan main ke rumah aku bikinin deh..

      Delete
  8. Replies
    1. Hihi...sementara liatin foto sotonya dulu ya deeek...;))

      Delete
  9. aaahhh...masakan bunda kan emang udah ky resto rasanya.. endesss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...iya dong...*iki mesthi ben di masakke enak neh...

      Delete
  10. Duh mba. Sotonya menggiurkan. Pas banget kayaknya dimakan sore2 begini.. duh duh jadi pesan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....seger ya mba Ira..., apalagi ditambah sambal dan tempe goreng...*ngeces deh :))

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com