Serunya Tokopedia Roadshow di Semarang, Ciptakan Peluang Melalui Passionmu


Foto dulu mumpung bedaknya belum luntuuur..
Hari Minggu, tanggal 1 November 2015 kemarin adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para Topper, Seller dan Blogger seperti saya. Apalagi kalau bukan acara Tokopedia Roadshow. Pagi-pagi sekali saya bersiap menuju lokasi roadshow di Tembalang. Maklum lah, jarak rumah saya cukup jauh dan saya belum pernah ke sana. Karena takut kesasar akhirnya saya janjian dengan mb Arina, rekan sesama blogger yang notabene alumni Undip, jadi saya mengekor dibelakangnya. Alhamdulillah sampai di lokasi dengan aman dan ternyata ada tempat khusus untuk para Blogger dan media, lho. Setelah masuk ke dalam gedung, ternyata wuih.....ramainyaaa. Ternyata banyak anak-anak muda (termasuk saya...uhukk) yang antusias mengikuti acara Tokopedia roadshow ini. Secara juga, GRATIS bo. Nah, sebelum acara di mulai saya dan teman-teman blogger juga berfoto dulu di photobooth yang disediakan panitia. Mumpung bedaknya belum luntur, kata teman saya. Hihi..

Dihibur mahasiswa FIB Undip

Semarang adalah kota ke 4 setelah Jakarta, Solo, Yogyakarta. Roadshow Tokopedia yang diadakan di Gedung Prof. Sudharto ini bekerjasama dengan para mahasiswa UNDIP yang aktif di UKM Research n Business, lho. Terbukti pada acara roadshow kemarin berjalan aman, tertib dan penuh keseruan.  Dari pra acara, para peserta dihibur oleh grup musik Bisa Jadi yang memadukan musik dan puisi. Unik sekaligus apik pokoknya. Setelah itu kami semua menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Presiden UKM Research n Business UNDIP, tilawatil Qur'an dari seorang ustad muda bersuara merdu, dan sambutan-sambutan dari pihak-pihak yang bekerjasama dengan Tokopedia seperti JNE dan Bank Mandiri. Selain memberikan sambutan mereka memberikan informasi dan tips juga, loh. 

Ustad muda bersuara merdu

Hingga tibalah acara inti yang di awali dengan kehadiran seorang Passion Coach kocak bernama Dedy Dahlan.

Coach Dedy sedang beraksi

Coach Dedy ini selain menjadi Passion Coach juga seorang penulis buku best seller "Ini Cara Gue". Pekerjaannya sebagai seorang Passion Coach bahkan mampu mengantarnya ke luar negeri. Menurut Coach Dedy pekerjaan yang paling menyenangkan adalah jika bekerja sesuai dengan passion kita. Begitu pula kalau kita ingin berwirausaha. Meminjam istilah Coach Dedy yang mengatakan bahwa sebaiknya bisnis itu passionpreneurship. Menurutnya kalau kita melakukan bisnis karena passion, pasti kita akan melakukannya dengan bahagia. Karena apa? karena orientasi kita bukanlah uang semata.

Lalu, apa sebenarnya makna passion itu? Samakah dengan bakat, minat atau hobi? Ternyata beda, sodara-sodara. Kalo hobi, bakat dan minat itu baru muncul setelah kita gali, sedangkan passion adalah sesuatu yang ingin kita lakukan terus menerus dan yang kita lakukan dengan sepenuh hati karena ada dorongan untuk terus melakukannya. Haisyaah....belibet bener ngomongnya. Coach Dedy juga menceritakan bagaimana perjalanan kariernya menjadi seorang Passion Coach yang sempat mendapat tentangan dari keluarganya. Berasal dari keluarga berlatar belakang kedokteran, Dedy Dahlan lebih memilih mengikuti passionnya menjadi seorang coach seperti sekarang ini.

Talkshow Tokopedia Roadshow

Selain Coach Dedy Dahlan, Tokopedia roadshow kali ini juga menghadirkan mbak Mustika dan COO Tokopedia yaitu pak Leontinus Alpha Edison. Mbak Mustika adalah salah satu seller yang sukses berjualan di Tokopedia. Meski awalnya hanya coba-coba berjualan aksesoris, kini mbak Mustika berhasil meraup ratusan juta rupiah per bulannya. "Sekarang saya nggak perlu buka tutup lapak tiap hari. Cukup buka tutup laptop, upload foto dan menunggu orderan dari rumah. Nggak repot, nggak ribet, karena semuanya dibantu Tokopedia," lanjutnya. Wuaa...jadi pengeeen.

Sedangkan pak Leon menceritakan awal mulanya dia bersama temannya membuat Tokopedia. Berawal dari keinginannya membantu orang-orang yang suka jual beli online agar tidak tertipu seperti rekannya beberapa tahun lalu. Akhirnya jadilah Tokopedia sebuah online shop yang memiliki konsep aman baik bagi penjual maupun pembeli. Setiap transaksi akan melalui rekening bersama, sehingga tak akan ada penjual dan pembeli yang tertipu.

Para narasumber meyampaikan informasi dan tips dengan detail. Begitu pula ketika mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan para peserta pada sesi tanya jawab. Begitu antusiasnya para peserta yang ingin bertanya, meski hanya dibatasi 5 pertanyaan saja. Beruntung sekali mereka yang terpilih untuk bertanya, karena mereka mendapatkan beberapa souvenir berupa buku, kaos atau notes.

Eh ya, selama event ini berlangsung ada kompetisi live tweet juga, loh. Jari-jari saya saja sampai keriting rasanya...hihi. Tapi senangnya yang memenangkan live tweet adalah salah satu rekan blogger Gandjel Rel yaitu mbak Tari...waaah, beruntung sekali yaa. Semoga lain kali saya ketularan dapat hadiah..hehe. Ada juga beberapa doorprize yang dibagikan pada para peserta. Sayangnya saya belum beruntung mendapatkannya.

Keseruan event ini harus berakhir juga. Dan tak afdol rasanya kalau kumpul blogger nggak foto-foto. Sayang dong kalau nggak foto narsis, apalagi sudah disiapin photobooth-nya. Semoga lain waktu ada acara-acara keren semacam ini lagi di Semarang.

Blogger Gandjel Rel n Friends


Posting Komentar

37 Komentar

  1. roadshownya udah sampai Semarang aja ya, keliling trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Lia....keliling kota-kota besar kayaknya...

      Hapus
  2. Asyyiik.. !!
    Pak Deddy kereen banget! Jd blogger passionku bukan ya? Hihihi *clingakclinguk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya passionnya mb Arina jadi seller deh....hihi

      Hapus
  3. Ishhh tokopedia keren yaaaaa....

    BalasHapus
  4. Yang difoto itu nggak ada dakuuuu....lha iya akunya malah kabur. Pak Dedy mah jadi favorit narsum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nyari2 dirimu buat foto2 bareng malah ngabur duluan...hehe
      semoga bisa ketemu lagi lain waktu yaa...

      Hapus
  5. Asyik banget ya, bisa menimba ilmu sekaligus kopdar dengan teman-teman blogger :)

    BalasHapus
  6. aku kalau ada live tweet kagak bisaaa..heheeee. Seru ya Tokopedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu mb Astin...., jari2ku aja sampe keritiiing...ikutan live tweet nya...

      Hapus
  7. Yaah. Nggak ketemu mbak. Paling belakang akuh.

    BalasHapus
  8. Yaah. Nggak ketemu mbak. Paling belakang akuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin di cariin loh dek....ternyata mencil di belakang, ya....
      jadi ga ikut foto2 juga deh...

      Hapus
  9. Pak Dedy jadi favorit kita nih, hehehee

    BalasHapus
  10. kayaknya seru banget ya bahasan topiknya

    BalasHapus
  11. Waah...
    Yang abis jalan2.

    Manteb dah liputannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...sekali-kali keluar kandang ya mb Anggar...
      tengkiu mba.. :))

      Hapus
  12. seru banget ya mbaak acaranya roadshow Tokopedia, bikin gelo aku yg rencananya pengin ikutan sayangnya anggota keluarga banyak yang sakit hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain mb putry ikutan...ternyata ga jadi ya..
      Ntar kalo ada lagi ikutan lagi...;)

      Hapus
  13. pak leon inspiratif bgd nih, niat awal membantu, ee malahberhasil buka pintu, pintu rejeki,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mak....banyak yg terbantu krn tokopedia ...

      Hapus
  14. seru banget acaranya yah mbak :)
    kapan yah acara-acara seru gini diadakan di sulawesi tenggara?? pengen ikutan juga.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Ira...seru banget
      Semoga roadshow nya sampe Sulteng yaaa...

      Hapus
  15. wah keren dan pasti seru nih..gak kalah sama yang di kota saya solo kemarin :) asli semarang bu jenengan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...iya mas, seru banget...
      saya asli Purworejo, suami asli Semarang.... :))

      Hapus
  16. asyik, acaranya seru ya, mba. temenku dari Tegal ikut juga lho. hehe. aku pas ada acara jadi nggak bisa ikut. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Ila...seruu.., sayang yah mbak ga bisa ikut... :)

      Hapus
  17. Wah yang di Semarang ada akustikannya euy, :D Tapi sepertinya meriah ya Mbak. Ngomong-ngomong di Semarang pesertanya berapa? Kemarin di Solo hampir 1000an lho mbak, mbludak pesertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...asyik dan seru pokoknya, mas. Di Semarang malah 1700an peserta, loh..

      Hapus
  18. besok ada di malang ni roadshownya.... tambah seru mungkin ya.hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda tempat beda keseruan ya mas....semoga tambah seru acaranya..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com