All about my life

Saturday, 19 December 2015

Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi

credit dlf-ultima-gurgaon.com

Dear Friends,
Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi. Siapa yang pernah sakit gigi? Gimana rasanya? Sakit atau sakit bangeeet? 
Rasanya pasti serba salah jadinya, ya. Makan nggak enak, tidur nggak nyenyak, dengar suara keras dikit aja bisa emosi. Pokoknya mau ngapain aja jadi nggak enak, deh.
Saking nggak enaknya sakit gigi, bahkan ada yang lebih memilih mending sakit hati daripada sakit gigi. Beneran?

credit sakitgigi.com

Saya jadi ingat penyakit bawaan kalau sedang hamil. SAKIT GIGI. Iya...sepanjang 9 bulan kehamilan, saya langganan sakit gigi. Bukan karena nggak pernah merawat gigi, tapi karena kalsium yang berkurang saat hamil. Kata Dokter kandungan saya, sakit gigi yang saya alami itu lumrah terjadi pada wanita hamil. Waktu saya minta obat pereda nyeri, walaah...harganya boo...mihiiil. Hampir 400rb hanya untuk beberapa butir obat yang aman buat wanita hamil.
Kalo terus-terusan tekor dong saya. Hihi. Akhirnya saya cari alternatif untuk meredakan sakit gigi saya dengan cara tradisional saja alias tanpa obat-obatan kimia. Simak ya, siapa tahu bermanfaat...kalo-kalo nanti sakit gigi...hihi.

1]  Berkumur dengan air garam
Ambil garam secukupnya (nggak usah terlalu banyak, nanti keasinan loh..). Seduh dengan air hangat, aduk hingga garam larut. Gunakan untuk berkumur. Lakukan hingga sakit berkurang. Kalo saya sih, sekali kumur saja sudah berkurang nyerinya.

2]  Bawang Putih
Haluskan bawang putih dengan sedikit garam lalu letakkan di area gigi yang sakit. Bawang putih ini selain efektif meredakan nyeri juga dapat membunuh kuman-kuman yang bercokol di gigi karena bawang putih ini mengandung antibiotik alami. Selain itu bawang putih juga mampu memperkuat gigi, lho.

3]  Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh ini baunya memang sangat menyengat. Ambil kapas bersih sedikit saja, teteskan minyak cengkeh hingga kapas basah. Letakkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh pada gigi yang sakit atau berlubang. Biarkan kapas berada di area gigi yang sakit itu beberapa saat atau hingga sakit berkurang. Minyak cengkeh berguna untuk membersihkan gigi, mengurangi nyeri dan membunuh kuman yang berada di gigi. Saya juga pernah nih, pake minyak cengkeh.

4]  Tepung/ Bubuk Lada
Haluskan beberapa butir lada, campurkan dengan minyak cengkeh. Letakkan pada gigi yang berlubang. Rasanya memang menyengat sekali, tapi campuran kedua bahan ini efektif sekali meredakan sakit gigi. Bahkan jika ramuan ini digunakan secara teratur, kita akan terhindar dari bau mulut, gusi berdarah, mencegah gigi berlubang dan sakit gigi. Mau coba?

5]  Biji Alpukat
Sangrai biji alpukat hingga kering lalu tumbuk hingga halus. Letakkan bubuk biji alpukat ke dalam gigi yang berlubang kemudian tutuplah dengan kapas. Diamkan hingga nyeri pada gigi reda.

Nah, daripada minum obat kimia lebih baik kita mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Bukankah Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi  jauh lebih sehat?
Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat di sekitar kita. Jadi nggak ada salahnya mencoba.

Gimana, siap sakit gigi?? Oooh  BIG NO NO....


14 comments:

  1. Dulu pernah, Mba Ika. Sampai bengkak gede banget pipinya. Eh, ga taunya geraham bungsuku tumbuh. Jadi harus operasi kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh..kalo itu beda lagi kasusnya ya mb Anggar...kalo gigi mau numbuh apalgi yang paling belakang, sakitnya bukan main..deh..

      Delete
  2. Saya juha mb kalau hamil sakir gig, bukan karena bolong.
    Belakangan ketahuan kalau gigi belakang saya tumbuhnya miring dan mendesak yg di depan. Sdh di op smg hamil ke depan tdk sakit lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...sampe di operasi ya..,
      aamiin semoga kehamilan mendatang ga sakit gigi lagi..

      Delete
  3. sebelum gigiku yang berlubang dimatikan syarafnya, duh setiap hari keknya sakit gigi dech. Bawang putih itu antibiotik alami y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Astin..., cara yang aku tulis itu sudah pernah aku cobain...dan manjur (buatku, lhoo) :))

      Delete
  4. Walah kalo ditempelin bawang apa ga jd bau mulut tuh mbak hehehe....
    Sakit gigi emang nyebelin bgt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sdh reda sakitnya kan bisa kumur pake mouthwash mb Muna...hihi

      Delete
  5. emakku jg pakek itu mak, kumur pakek air garam, lumayan brkurang katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh...obat sakit gigi yang paling aman tuh...kumur pake air garam...hihi

      Delete
  6. sakit gigi memang paling enggak banget, deh. Sakitnya bisa kemana-mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak...nambah penyakit darah tinggi juga....hihi :p

      Delete
  7. satu lagi, mbak, dari getah pohon kamboja juga bisa :) Ini pengalamn tetangga sih, aku jangan sampai deh sampai sakit ngilu lagi, udah pernah sekali ngalami dan kapok, huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh getah kamboja bisa ya mba Wati....boleh deh nanti ditambahin...
      waaah, jangan sampe deh sakit gigi lagii...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com