Hampir Kepincut Bule Kanada

Kepincut Bule Kanada? Haha... Kok bisa? Gimana ceritanya tuh?
Gegara ada yang tanya, dimana dulu saya belajar bahasa Inggris makanya saya jadi ingat sama seseorang. Sosok itulah yang membuat saya mati-matian belajar bahasa Inggris. Bill. Namanya Bill.

Selepas SMA tahun 1997, saya bekerja di sebuah perusahaan pengolahan kayu di Gresik. Daripada nggak ngapa-ngapain setelah tidak lolos seleksi masuk STAN, jadi mending saya kerja aja deh. Umur saya waktu itu masih 18 tahun (masih unyu-unyuu...) dan bekerja sebagai staff Administrasi Produksi. Tugas saya waktu itu adalah mencatat dan mengupdate hasil produksi kayu olahan setiap harinya. Selain itu, kadang mengecek kondisi dan stock log (kayu gelondongan) yang ada. Saya juga harus hafal jenis-jenis kayu, nama produk jadinya, ukurannya...dan sebagainya...dan sebagainya.
Meski jadi staff administrasi produksi, saya lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan. Kalau teman-teman staff lain berpakaian modis, memakai rok dengan high heel, tapi tidak dengan saya. Saya lebih banyak memakai celana jeans, kaos atau kemeja, sepatu kets dan topi. Pakai baju resmi hanya kalau harus ikut meeting saja. 

Perusahaan kayu tempat saya bekerja adalah perusahaan eksportir kayu olahan yang cukup besar. Italia, Kanada, Jerman, Swiss, Jepang, Korea dan China yang menjadi tujuan ekspornya. Biasanya perusahaan pengimport kayu olahan itu mengirimkan para Gradernya untuk mengecek kualitas kayu hasil produksi. Jadi, nggak heran kalau hampir tiap hari banyak bule berseliweran di tempat saya bekerja. Salah satunya adalah Bill. Bill adalah bule Grader yang berasal dari Kanada. 

Sebenarnya saya paling nggak mau kalau disuruh menemani Grader (QC) untuk mengecek kayu. Bukan karena apa-apa, tapi karena terkendala bahasa. Bahasa Inggris saya kan ecek-ecek...hahaha. Iya sih, dulu pernah dapat nilai tertinggi di sekolah, tapi kan itu teori. Prakteknya? Cuma YES, NO, I DON'T KNOW, THANK YOU. Dah...segitu doang. Hahaha..
Rupanya hari itu adalah saya "Ketiban Pulung". Staff yang biasanya menemani Grader tidak ada, dan staff yang lain tidak ada yang punya nyali untuk menemani. Tapi saya tahu, sebenarnya mereka itu takut mati gaya di depan Grader. Jadilah mereka memaksa saya yang paling unyu, paling bontot ini untuk menemani si Grader. Rupanya  Grader yang datang pada hari itu adalah Bill. Sebenarnya penampakan Bill itu bisa dibilang kiyut (cute) lah.. Usianya kira-kira menjelang 30 tahunan. Yang seangkatan sama saya (generasi 90an) pasti tahu Boy Band New Kid on The Block kaan? Ya ampun, tua banget saya...*yaelah. Nah..Bill itu mirip-mirip lah sama Jonathan Knight. Manis banget, kaaaan....

Jonathan Knight

Lah, daripada di bully sama senior mending nurut deh... Cuma nemenin Bill meriksa kayu doang. Tapi gimana nanti kalo Bill nanya-nanya soal kayu. Jawabnya gimana, dong? Masak I don't know terus. Diam-diam saya berdoa semoga Bill lagi sariawan, jadi nggak usah banyak tanya... *jahaaat.

Saya dan Bill berjalan beriringan menuju tempat kayu yang siap di periksa. Keringat dingin mulai mengucur. "Duh Bill...kamu jangan ngomong ya...jangan ngomong....jangan ngomong,"mulut saya komat kamit seperti merapal mantra.
  "So...your name is Ita, right?" tiba-tiba Bill bersuara.
  "Yes... I'm Ita," jawab saya. Kalo nanyanya cuma gitu sih, saya masih bisa jawab.
  "Do you speak English?" tanya Bill.
  "No. I can't speak English well," jawab saya sekenanya.
Bill malah tertawa. Jangan-jangan saya salah ngomong, ya.
  "Really? I think you can speak well," ujar Bill. Ya pokoknya gitulah ngomongnya.
Duh, ini bule nggak tahu apa..., kalo sebenarnya itu kalimat pamungkas saya supaya nggak diajak ngobrol. Selama memeriksa kayu..saya cuma bisa menjawab yes, no...yes..no..this is merbau, that is meranti batu, this is ramin. Jadinya saya dan Bill ngobrol dengan bahasa yang campur-campur. Untung aja si bule mudeng apa yang saya jelaskan.  Ooh...God.
Pengalaman pertama menemani Grader, saya merasa jadi seperti orang tolol seduniaaa.

Kejadian memalukan itu saya ceritakan pada tante saya yang juga sekretaris direktur tempat saya bekerja. Tante menyarankan agar saya  kursus bahasa Inggris saja. Tapi mana sempat. Saya kerja dari hari Senin hingga Sabtu. Benar-benar nggak ada waktu. Tapi bagaimanapun juga saya harus bisa.
Akhirnya saya kepikiran untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak saja. Saya belajar dari film. Saya catat setiap dialog berikut terjemahannya. Itung-itung melatih kemampuan listening dan writing saya, kan. Kalo speaking dan grammar, yang penting punya nyali saja. Nekaaat. Selain itu saya juga banyak membaca buku. Macam-macam lah bukunya.
Hampir setiap malam saya menyempatkan untuk menonton film. Sampai-sampai tak terasa buku catatan saya terkumpul hingga empat buku agenda. Isinya? Bermacam dialog dari berbagai film.

Catatan belajar bahasa Inggris otodidak saya

Setelah belajar, saya sedikit lebih pede (sedikit lho yaa..) kalo ngobrol dengan Bill ataupun Grader lain (tapi seringan sama Bill sih..hehe). Saya dan Bill mulai dekat. Tapi tante saya sudah wanti-wanti untuk jaga jarak dengan bule manapun termasuk Bill. Bahkan sedikit menakut-nakuti saya kalau Bill bisa saja membawa lari saya ke negaranya. Hehehe. Sepertinya beliau mulai melihat gelagat kalo Bill ada "something" pada saya (uuuuh...kelewatan pedenyaa..). Mungkin karena Bill sering membawakan saya sesuatu kalo sedang datang ke tempat saya. Padahal dalam hati saya sering berharap "ayo Bill...culik aku ke negaramu..." hahaha...ternyata dulu saya segitunya yak..(otak Ababil banget).

Bill jadi sering membawa sesuatu kalau sedang ke kantor. Kadang membawa sekotak donat (Dunkin) dengan beberapa kaleng coke untuk dibagi teman-teman sekantor. Bahkan Bill pernah mengajak saya dan beberapa teman makan siang. Pernah juga saya dan beberapa teman diajaknya nonton. Waktu itu lagi hits film "Titanic". Seneng sih sebenarnya bisa jalan dengan bule seganteng Bill. Maklum, jaman saya dulu kalo ada yang jalan dengan bule pasti jadi pusat perhatian. Ada rasa gimana gitu (pongah dikiit)..Hahaha...ndesoooo.

Entah kenapa lama-lama saya jadi merasa kangen kalo Bill lama nggak datang untuk melihat kayu. Mau telpon atau sms nggak bisa...kan jaman saya dulu belum banyak yang punya hape. Bill sih punya tapi saya enggak...*LOL. Bisanya kirim pesan lewat pager. Tahu pager, kaan? tapi saya kudu telpon ke pusat layanannya supaya pesan saya sampai. Dan saya....Ogah. Males. Mending menunggu sambil merindu...hihi.

Tanggal 28 April 1998. Hari itu ternyata hari terakhir Bill berada di Indonesia, karena tugasnya sebagai Grader selesai. Kontrak kerjasama perusahaannya dengan perusahaan tempat saya bekerja sudah berakhir. Seperti grader-grader yang lain, Bill juga berpamitan pada seluruh staff kantor. Saya diberinya sebuah topi H&R warna merah hitam karena dulu saya selalu bertopi. Sekarang topi itu entah kemana rimbanya. Seperti halnya Bill...yang juga tak ada kabarnya. Mungkin kini Bill sudah berkeluarga seperti saya. Sering saya berandai-andai, seandainya Bill datang ke Indonesia dan mencari saya..trus ngajak saya dan keluarga jalan-jalan ke Kanada sana. Haha...mimpi kali ye..





Posting Komentar

66 Komentar

  1. Hahahah, kisah masa muda yang menyenangkan, ya? :D Mimpi apa pun boleh kok, selama wajar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa mba Anisa... masa muda yang cukup menyenangkan...

      Hapus
  2. hehehe....kok sama,saya juga seneng banget belajar bahasa inggris dari film. Tapi nggak dicatet hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe sekarang kalo nonton, masih aku catetin mbak....hihi, itung2 buat nambah vocab..

      Hapus
  3. cuit cuit mak ikaaaaa..suwiwit :D

    BalasHapus
  4. alamak kocak bener kisahmu mba hahaha

    BalasHapus
  5. wkwkwk kisahnya hampir mirip mb ika,, aq jg dl sk kringat dingin klo ada klien bule dtg, pas ada klien org ceko yg mirip boyband hapalan englishnya malah menguap jd byk pke bhsa isyarat dh hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi....ternyataaah sama ajah sama sayah ya mb Riaa...

      Hapus
  6. aku pas dl kerja di showroom mebel, ketemu bule, senenggggg #ndeso

    blajar bhs Inggrisnya waktu nonton anime hihih

    BalasHapus
  7. so sweet...first love ya mbak..hehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...bukaan mb Anjar, Bill bukan cinta pertama saya....saya tetep cintanya sama produk lokal kok...hihi

      Hapus
  8. Aku cuma mau bilang ciye ciye ciye bunda hahhahaa....

    BalasHapus
  9. prikitiuwwwww....aku yang tiap hari sama bule sukanya yang lokal mbak heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...prikitiw...iya lah, cintailah ploduk-ploduk Indonesia *ala alim markus

      Hapus
  10. hihi lucu mbaak...punya kenangan manis kayak gini. bikin kita cengar cengir sendiri dan merasa bahagia pernah muda yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ophi....bisa jadi pengalaman dan cerita buat anak cucu..hehe

      Hapus
  11. Waaah mbak Ika kok malah saya yg jd merindukan Bill?kebawa perasaan baca tulisannya Bill,eh tulisannya mbak Ita.. hehehe
    The unforgateble moment yaah mbak

    Saya juga bljr bhsa inggris dr lagu,film dan majalah LN yg dikirimin teman k indo...
    Yg jelas custom makes all thing ease.. kebiasaan membuat sgalanya jd mudah...^^

    Suka dgn tulisannya mbk ita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....jadi baper ya mb Muthi..., saya juga kadang mengingat-ingat pengalaman masa lalu mba...tapi yang baik-baik, yang indah-indah aja...
      Waah, terima kasih mb Muthi...jadi terharu saya...hehehe

      Hapus
  12. Cakep banget ya bulenya, sumpaaahhhh...dulu saya juga pernah pacaran sama orang Russia...rambutnya pirang, matanya biru...kyaaaaaa...unforgetable banget deh...

    walaupun ga awet sampe pelaminan, tapi yg penting bisa jadi sebuah kisah yg kita banggakan =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...itu Jonathan Knight lho...bukan Bill *tapi mirip banget sama Bill

      Hapus
  13. Hehe...kayak baca novel jadinya. Nice memory :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...makasih mb Mutia...
      kayaknya perlu dipertimbangkan..

      Hapus
  14. Adik saya ketika bertekad untuk kerja di US, dia belajar bahasa inggrisnya dari film, lho. Setiap hari kerjanya nonton banyak film. Gak cuma mempelajari bahasa tapi juga aksen.

    Baru juga beberapa bulan kerja di US, dia sudah ditawari naik jabatan yang lumayan oleh atasannya. Alasannya, aksen adik saya bagus. Seperti sudah bertahun-tahun tinggal di US. Padahal baru sebentar hihihi

    Trus, masih suka kontak sama Bill, gak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...makanya aku lebih milih belajar sendiri dr dialog film itu mb Chi...kalo kursus mah kebanyakan teori...
      Haha...bener2 lost contact aku sm Bill..maak

      Hapus
  15. Hihi lucu juga, kalau Bill kepincut beneran gimaan tu mba?
    Saya juga gitu dulu pernah harus ngobrol sama bule yg dateng ke kantor tapi cuma bisa yes no doang gara2 udah grogi duluan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bill nya memang ga pernah ngomong siih kalo suka sama saya, tp dr sikapnya sdh menjurus kesana...hihi, tp mungkin dia ngerasa ga bakalan bisa....jd ya udah...tinggalin aja..

      Hapus
  16. Endingnya bikin agak sedih, tapi aku ngekek pas bagian ini mba... hehehehe
    ....Duh, ini bule nggak tahu apa..., kalo sebenarnya itu kalimat pamungkas saya supaya nggak diajak ngobrol..

    ;D
    btw aku jadi malu... kuliah di sasing tapi skrg kalo ngomong inggris ndapndep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi....lha aku waktu itu bener2 mati gaya mb Rin..ga tahu musti ngomong gimana..
      cuma yes no...yes no...

      Hapus
  17. owaaa...jon knight. haha...satu angkatan kita mbak.

    lucu deh ceritanya. etapi suami pernah diceritain ini nggak? gimana reaksinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...suami pernah aku ceritain kok mbak....bahkan yang bukan Bill pun diceritain semua...wkwkwk
      Reaksinya...cuma bilang...yaaah namanya aja Bunda lagi ababil, yo maklum aja...hahaha

      Hapus
  18. Ahahaha, ternyata pernah kasmaran sama bule saat muda yaa
    Tapi bulenya ganteng sih, siapa coba yang nahan gak tergoda, wekekekekkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...iya mba Wati, dulu waktu masih abegeh...

      Hapus
  19. Hahaaaa... Aku sampai senyam senyum bacanya...
    Inget jaman muda ya, Make Ika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...iya mbak Anggar...kalo diingat-ingat lucu juga, jadi malu sendiri...

      Hapus
  20. Bacaparagraf terakhir, imajinasi khas remaja cewek nih :D ngarep punya jodoh ganteng dan bule , hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...iyah mb Mimi, dulu sempat kepikiran pengen deh punya suami bule...tapi setelah itu mikir lagi...gimana entar kalo ga bisa balik ke tanah air lagi? ...

      Hapus
  21. Cuit....cuit kenal bule ganteng ni yee. Saya mah boro2 kenal bule.
    Telaten banget belajar bahasa inggrisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...duluuu banget mb Ety, waktu masih abegeh...masih ababil..
      Jadinya mau ga mau harus belajar bahasa Inggris, meskipun sekarang juga gelagepan lagi kalo disuruh ngomong pake bahasa Inggris.. :p

      Hapus
  22. Aku dulu malah sengaja cari cowok bulek buat cas cis cus mbak. Hehe.. Tapi ga kepincut sih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...untung ga kepincut ya...kalo kepincut ga ada noofa deh...:p

      Hapus
  23. Uhuk...saya malah suka produk impor mak. Hehe

    BalasHapus
  24. hehehe mbak Ika kurang gigih :D ..sedikit pedekate mungkin bisa, lihat pengalaman sahabat2ku yang akhirnya happy ending merid ama bule.Akhirnya aku yang gak sama sekali..toos ya mbak :D kebanyakan mikir n nimbang2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah keder duluan denger kata2 tanteku...hihi
      Bill nya yang kurang gigih, ah..

      Hapus
  25. Uhuk.... sampe dicatet gitu dialognya, mak. Boleh pinjem ga catetannya? hehehe. Katanya cara belajar dari nonton tv atau nyimak lagu itu bagus lho, lebih practical.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...iya teh, bahkan detail loh catatanku...
      pinjem? ga jamin bisa baca...tulisanku mirip tulisan resep dokter :p

      Hapus
  26. Bill yang kiyut (cute) menjadi kenangan indah di masa mudanya Mb Ika ya? hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak....dijadiin kenangan yang ga bakal terlupakan...uhuk.. :p

      Hapus
  27. Untung ada Bill ya mbak, jadi bisa bahasa Inggris :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..iyaah bener mba Dona...alah bisa karena terpaksa...:)

      Hapus
  28. pantesan aku sampe sekarang ga bisa bhs inggris... ga ketemu Bill sih...hi..hi

    BalasHapus
  29. Menginspirasi..
    Ingat masa dulu waktu kerja di tambang emas
    Hampir 22 tahun yang lalu. Ahhh...
    Buat cerita apa nggak yaaa... hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritain doong...pasti seru ;)

      Hapus
    2. tarik nafas ..... hembuskan....
      watauww *langsungsalto
      hahahaha...

      Hapus
    3. Haha...pokoknya ditunggu cerita serunya mb Rosa.. ;)

      Hapus
  30. pas smp jon knight idola bgt tuh mb. sampai lupa dg doi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..saya pun suka banget sama Knight bersaudara di NKOTB mb Evi... :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com