All about my life

Thursday, 10 December 2015

Resep Jantung Pisang Teri Petai

resep-jantug-pisang-teri-petai

Hallo Mommies....masak apa hari ini? *nyapanya ala-ala Cheff yang punya acara masak-masak di TV. Haha..
Setelah libur biasanya malah males masak, karena kemarin habis makan-makan atau jajan di luar. Ya nggak? Kalo saya sih, kemarin nggak kemana-mana. Beberes rumah dan kebun *punya kebun seuprit aja pamer...hoho. Kebun saya hanya ditanami pisang jenis kepok kuning (kepok taun/ kepok pipit). Tapi ada juga yang nyelip pisang batu yang dimanfaatin daun dan jantungnya (bunga pisang). Jantung pisang batu itu enak banget kalau dimasak. Biasanya sih ditumis dengan teri, atau dimasak gulai dengan ikan asap, bisa juga dimasak urap.
Nah kemarin waktu bersih-bersih kebun, pak suami nemu tiga buah jantung pisang batu. Pagi ini jantung pisangnya saya masak dengan teri dan petai. Rasanya? Hmm...mamamia ...yummy...endang bambang gulindang *pinjem istilah pak Bondan...hehe

Biar nggak penasaran, nih saya bagi cara memasaknya.

Resep Jantung Pisang Teri Petai

Bahan  :
3  buah jantung pisang, kupas, hingga warnanya lebih muda
50  gr  teri (boleh tawar boleh asin), goreng garing
1  papan petai, kupas, belah 2
6  butir bawang merah, iris tipis
3  siung bawang putih, iris halus
5  buah cabai merah, iris serong
5  buah cabai rawit merah, iris serong
1  buah tomat, potong sesuai selera
1  sdm gula jawa, sisir
1/2  sdt garam
1/4  sdt  kaldu bubuk (optional, bila suka)
3  sdm minyak goreng untuk menumis
100 ml air

Cara memasak  :
1. Belah jantung pisang jadi dua bagian, kemudian rebus hingga empuk  

2. Potong-potong jantung pisang rebus sesuai selera


3. Siapkan bumbu-bumbu

4. Goreng teri hingga kering

5. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum dengan 3 sdm minyak goreng. Masukkan irisan cabai, tomat dan petai. Tambahkan teri yang sudah di goreng, aduk hingga tercampur dengan bumbu.
6. Masukkan potongan jantung pisang. Tambahkan bumbu-bumbu seperti gula jawa, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.

7. Tambahkan air, masak hingga air sedikit menyusut. Jangan lupa dicicipi ya...
8. Sayur jantung pisang teri petai siap dihidangkan.

Masakan sederhana

Gimana? gampang banget kan cara membuatnya. Jantung pisang kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Katanya bisa membantu kita-kita yang sedang diet, loh. Selain enak, masakan sederhana  ini juga murah. 

Siap masak, Mommies?? 



36 comments:

  1. Wahhh saya suka nih jantung pisang. Tapi lebih suka pake santan kalau saya Mbak. Jadi bumbunya sama kayak gitu, cuma airnya diganti santan :)
    Btw pake teri plus pete, duhhh tambah maknyuss yaa *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..biasanya kalo dimasak pake santan saya tambahi daun singkong dikit mb Diah...dimasak nyemek-nyemek...enaaak banget

      Delete
  2. Klo disya namanya jangan ontong

    ReplyDelete
  3. ngeliat teri sama petainya, mantap. saya belum pernah masak jantung pisang, pernah ditanya sama kakak ipar, bagaimana masak jantung pisang, resepnya bisa saya kasihkan ke kakak ipar saya ya mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...itu yang bikin masakan ini tambah sedep mb Santi..., silahkan dibagi resepnya...

      Delete
  4. nggak dikasih teri sama petai aja udah sedep mbak..apalagi ini. okehhh bakal dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin tambah manteeep rasanya lhoo... :)

      Delete
  5. Aku masak jantung pisang pahit melulu nih... apa yang salah ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. barangkali mak Rin masak jantung yang lagi sakit mak...jadi pahit mulu rasanya...hahaha

      Delete
  6. Hm... yummy..
    Asyiknya punya kebun sendiri ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya mb Rin, buat hiburan dikala senggang...:))

      Delete
  7. Wihh jangan ongtongnya menggoda selera. Simple pula pembuatannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...jadi pengen masak ontongnya ya mba Anisa.. :)

      Delete
  8. Ah saya nggak suka jantung pisang dan petai :((
    Kalo pake terinya doang dibumbuin gitu enak nggak yah mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teri mah di apa2in enak teh Amy...mau dibikin rempeyek, mau di tumis...di campurin ke masakan lain..teteup enyaaaak...hihi

      Delete
  9. wah jantung pisang :), mupeng banget..makanan saya waktu jaman kecil waktu masih di daerah pantura, sekarang di solo jarang banget menemukan seperti ini mbak..sumpah pengen dan kangen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di pasar2 tradisionl masih banyak dijual jantung pisang mentah lho mas...coba deh blusukan ke pasar..hihi

      Delete
  10. sayur jantung pisang ini juga bisa meningkatkan produksi asi bagi ibu-ibu menyusui kan mak ika? sama seperti daun katuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya ya mbak Ira? aku tahunya bisa buat diet...hahaha

      Delete
  11. Waahh aku suka banget sayur jantung pisang, tp udah lama banget ga makan. Selain ga bisa masaknya n worry sama getah2nya, di jakarta jarang yg jual. Dulu suka banget makan sayur ini dimasakin alm. simbah, sedep bener deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..mba sekarang jarang ada yg jual, tapi kalo mau nyari sih ada..hehe

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. pertama kenal jantung pisang itu waktu makan di rumah Mbah di Semarang, ternyata enak banget, jadinya mama sering bikin deh di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ev...kalo sudah ngerasain, bisa nagih lho...hihi

      Delete
  14. cukup mudah juga mba, mesti dicoba nih saya juga bisa kayaknya :D
    Sepertinya enak juga kalau liat dari fotomnya mah.hmmm yummmy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gampang banget kok bikinnya. Rasanya juga enak, loh...
      Coba aja.. :)

      Delete
    2. ya siaph insAllah dah saya akan sarankan menu msakan ini sama ibu,
      terimakasih ilmunya mba :)

      Delete
  15. Aku kok belum pernah makan jantung pisang, melas ya, hihiii, *anak kobes*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mosok sih mbak....mau aku bawain po? hihi

      Delete
  16. Wah jantung pisang ini memang enak, pernah makan sih dioseng-oseng pedas aja, rasanya enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Li...selain enak juga sehat ya..

      Delete
  17. keren mbak , masakin buat aku dong :P wkwkwk :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau?? boleh lah...tak kirimin ke Jogjes :p

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com