All about my life

Monday, 29 February 2016

Secuil Kenangan di Kota Bandung

Dear Friends,
Bandung. Kata orang, Bandung tercipta saat Tuhan sedang tersenyum. Beberapa tahun belakangan ini, Bandung memang sedang menjadi sorotan. Mulai dari pembangunan kotanya yang sekarang lebih apik dan menarik hingga Walikotanya yang menarik. Pak RK (Ridwan Kamil) sukses membuat warga Bandung respect dan mencintainya. Selain bijak, beliau juga dekat dengan warganya terutama para jombloers (bener nggak nih, nyebutnya ya). Meski bukan warga Bandung, saya juga mengidolakan beliau. Beliau adalah sosok pemimpin yang ideal dan patut diteladani. Oke, sudah cukup tentang pak RK.
Bandung memang istimewa. Kota yang dijuluki Paris van Java ini memiliki daya tarik sebagai tempat tujuan wisata. Mau cari apa di Bandung? Semua ada. Mau jalan-jalan santai di taman? Sok atuh, tinggal pilih. Ada taman Film, taman Lansia, taman Pasopati, taman Skateboard, taman Jomblo dan banyak lagi taman lain. Inilah untungnya punya walikota arsitek yang tentu saja ahli dalam bidang tata kota. Mau wisata alam? Ada banyak tempat-tempat yang meyediakan keindahan alam. Ada peternakan, ada tempat untuk outbond, pasar apung, perkebunan, bahkan situ (danau) dan gunung juga ada. Pengen belanja-belanji sampe puas? Sok lah kalo mau belanja sampe kaki gempor. Nggak bakalan selesai sehari deh belanjanya. Haha *LOL. Disinilah surganya belanja. Mau kulineran? Dari jajanan tradisional, jajanan ringan sampai jajanan berat semua ada. Atau jajanan yang kekinian? Ada tuh Martabak Tropica yang sedang ngehits dan sedang diburu pecinta kuliner.

Gedung Sate di malam hari
Bicara tentang Bandung, sebenarnya saya hanya pernah 3 kali mengunjunginya. Yang pertama adalah saat saya masih berumur 5 tahunan (masih ingat samar-samar) sekitar tahun 1984. Waktu itu saya dan keluarga besar mengunjungi saudara yang tinggal di jalan Lombok Bandung. Beberapa kerabat tinggal disana, hingga sekarang. Kunjungan kedua saya ke Bandung adalah selepas kelulusan SMA, tahun 1997. Kebetulan kerabat dari Bandung mengajak saya main kesana. Hanya 4 hari saya berada di Bandung, karena keburu mendapat panggilan kerja di Gresik. Selama sekitar 4 hari saya berada di Bandung, saya diajak mengunjungi beberapa tempat. Yang pertama adalah BIP. Iya, saya diajak ngemall . Jalan-jalan, nongkrong dan makan aja sih, nggak beli apa-apa*LOL. Maklum lah, saya dan kerabat baru juga lulus SMA. Jelas saja sakunya rata, haha.

Bandung Indah Plaza
Tempat kedua adalah kebun strawberry Lembang. Sebenarnya dulu, kerabat saya ingin melamar kerja di sebuah perkebunan. Dia mengajak saya berputar-putar, hingga tibalah disalah satu kebun strawberry. Karena kerabat saya adalah lulusan geologi, jelas lah langsung diterima. Dulu tempatnya belumlah serapi dan seindah sekarang ini.

Kebun Strawberry Lembang
Kunjungan ketiga saya ke Bandung adalah tahun 2012. Saat itu saya masih kuliah S1 PG PAUD dan di semester 6 ada program studi banding di UPI selama 3 hari. Waktu itu saya juga sedang hamil 7 bulan dan harus naik bus dari Purworejo. Bayangkan aja rasanya harus duduk di bus selama sekitar 10 jam. Meski tidak nyaman, untunglah tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tiba di Bandung selepas subuh, disambut dengan hawa dingin yang menusuk hingga ke tulang. Rasanya enggan sekali menyentuh air untuk mandi dan berwudhu. Kalau bukan karena mau studi banding di UPI dan bertemu dengan para pakar PAUD, mungkin saya cuma mandi kucing deh. Cuci muka sama cuci ketek doang *LOL.

Gedung UPI
Selesai kegiatan studi banding di UPI, pihak travel memberi bonus jalan-jalan ke gunung Tangkuban Perahu dan shopping di Factory Outlet dan Cibaduyut. Sayangnya saya lupa file foto disimpan dimana.

Takjub di gunung Tangkuban Perahu
Sayangnya karena keterbatasan waktu, saya dan teman-teman harus bertolak ke tempat lain. Padahal belum puas rasanya menikmati dan mengagumi keindahan ciptaan Tuhan ini. Apa daya, kami harus patuh akan jadwal yang telah ditentukan.

Wisata belanja
Meski begitu, rasa kecewa karena keterbatasan waktu terbayar dengan wisata belanja di Factory Outlet dan Cibaduyut. Sebagian rombongan yang rata-rata emak-emak langsung semangat melihat barang-barang bagus. Kapan lagi bisa belanja barang bagus dengan harga lumayan. Lumayan masih mahal sih bagi saya *LOL. Sepatu, sandal, kaos bahkan peuyeum telah berpindah tangan. Meski letih, semuanya puas karena sudah mendapat apa yang diinginkan.

Hampir 4 tahun berlalu, saya masih memiliki keinginan untuk mengunjungi Bandung suatu hari nanti. Sebenarnya ada sedikit kisah lain di balik kepergian saya ke Bandung tahun 1997 lalu. Ada satu alasan yang membuat saya mau ikut bersama kerabat saya ke Bandung. Di kota Bandung lah saya dan seseorang berjanji untuk bertemu. Seseorang yang sempat mengisi hari-hari saat masih duduk di bangku SMA. Seseorang yang sejak kelulusannya belum pernah bertemu lagi dengan saya. Kami berjanji bertemu di Bandung karena waktu itu dia tinggal di Bekasi. Jarak antara Bandung-Bekasi lebih dekat kan daripada Bekasi-Purworejo. Apa boleh buat, rencana tinggallah rencana. Kami berdua tak pernah bisa bertemu. Bahkan hingga saat ini saya belum pernah bertemu dengannya. Kami tak sempat bertemu karena waktu itu saya harus segera pulang ke Purworejo dan bersiap wawancara kerja di Gresik. Mungkin Allah tak mengijinkan kami bertemu. Bahkan di kesempatan-kesempatan lainnya juga. Mungkin memang kami tak berjodoh.



14 comments:

  1. Bandung memang selalu memberikan kenangan ya mba..saya jadi kangeeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Indah...Bandung tak terlupakan meski hanya secuil kenangan.. ;)

      Delete
  2. Saya belum penah ke Bandung mbak, kota yang indah ya :)

    Semoga sukses GA nya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja baru 3 kali...itupun sudah lama
      pengen kesana lagi suatu hari ;)

      Delete
  3. banyak banget tempat yang bisa dikunjungi di bandung, rasanya gak akan cukup cuma sebentar kalau berkunjung ke bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb Santi...ga cukup hanya sehari kalo berada di Bandung

      Delete
  4. Gak klop, kalo belum belanja di Bandung,ya Mbak hehehe

    ReplyDelete
  5. mbk ika sdh 3 kali aja nih, aku blm pernahhh, huuuaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..3 kali tapi sudah lama banget lhoo :)

      Delete
  6. Mantabbb mb ika bisa ke banyak tempat waktu ke sana, lha aku stag di jalan karena muaceeedd

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena aku kusana pas weekdays dek...jadi nggak macet hehe

      Delete
  7. Klo ke Bandung tujuan utama ku pasti ke Dago tempat nya asyik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Dago memang tempat yang asyik :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com