All about my life

Wednesday, 30 March 2016

Kumpul Keluarga Membawa Bahagia

#Day 3 One Day One Post

Dear Friends,
Saya terlahir dari keluarga besar (bukan badannya yang besar, loh), baik dari pihak Ibu maupun Bapak. Ibu adalah anak ke 2 dari 8 bersaudara, sedangkan Bapak anak bungsu dari 3 bersaudara. Saya sendiri adalah sulung dari 5 bersaudara. Adik saya yang kedua meninggal ketika masih kecil, jadi kami tinggal berempat. Saya , Jefrri, Arinta (blogger juga loh) dan si bungsu Elia (Opik). Saudara sepupu saya banyak dan tersebar dari Jawa Barat, Jawa Timur sampai ke Lombok. Meski tinggal berpencar tapi tiap Lebaran atau ada acara keluarga, semuanya selalu berkumpul di rumah Purworejo. Maklum lah rumah kami di Purworejo adalah rumah pusaka, rumah peninggalan Eyang kami. Meski tinggal berpencar tapi kami merasa selalu dekat karena komunikasi tak pernah putus. Kebetulan ada keluarga besar kami yang berinisiatif membuat grup BBM, jadi setiap hari bisa saling bertegur sapa entah itu hanya berkirim gambar masakan, berbagi resep, saling mendoakan ketika ada yang ulang tahun atau hanya sekedar mengobrol ringan.

Ini belum semuanya ngumpul, loh
Keluarga besar kami juga seolah ada ikatan batin yang kuat. Meski sepupu-sepupu jarang bertemu, tapi begitu berkumpul tak ada rasa canggung satu sama lain. Pun ketika kami saling berkunjung, dekapan dan rengkuhan hangat yang akan diberikan. Selalu saja ada keseruan setiap kami berkumpul bersama. Entah itu jalan-jalan ke tempat wisata atau hanya jalan-jalan di sekitar kampung. 
Yang paling seneng sih ketika kami semua berbagi oleh-oleh khas daerah masing-masing. Yang dari Madura biasanya membawa rengginang lorjuk, keripik singkong, kerupuk udang dan ikan kering. Yang dari Cirebon membawa terasi, kerupuk udang, sumpia dan kerupuk melarat. Yang dari Bogor membawa roti unyil dan lapis Sangkuriang yang tersohor itu. Saya sendiri kadang *kadang membawa tahu bakso atau moci wijen.

Jalan-jalan di sawah sekitar kampung, Lebaran tahun 2011
Pantai Glagah, Lebaran tahun 2010
Saya, Jeffri, Bapak, Arinta & Opik
Meski keluarga besar hanya bertemu setahun sekali, tapi keluarga inti saya berusaha meluangkan waktu untuk bertemu. Setelah saya menikah dan kemudian dua adik saya yang lain susul menyusul menikah, intensitas pertemuan kami mulai berkurang. Kadang bisa berbulan-bulan tak bertemu, karena kesibukan kami masing-masing. Tapi kalau sedang ada waktu saya dan adik-adik janjian untuk berkumpul di rumah Bapak di Purworejo. Seperti Minggu (27/03/16) kemarin, saya dan anak-anak memberi kejutan pada Bapak dan adik-adik. Kebetulan saat itu, 3 adik saya juga sedang pulang di rumah Bapak. Mereka tak ada yang tahu kalau saya, suami dan anak-anak akan datang. Jadilah hari itu penuh kejutan dan hati kami dipenuhi bunga-bunga bahagia.

Seru-seruan berempat
Sedih itu kemudian muncul ketika kami harus meninggalkan Bapak sendiri. Apalagi sejak Opik kuliah di Solo, Bapak benar-benar sendiri. Makanya untuk menghibur Bapak, kadang saya atau adik-adik bergantian menelpon Bapak setiap hari agar Bapak tak merasa sepi. Meski didera sepi saya yakin Bapak bahagia karena saya dan adik-adik selalu saling menyayangi dan menjaga. Jangan khawatir Pak, kami akan selalu saling menjaga dan menyayangi seperti pesanmu.



35 comments:

  1. seru ya... anak-anakku juga pada semangat tuh jika ada acara rekreasi keluarga besar... jadi pada ngumpul sambil piknik... seru... meski pulang pulang berasa rontok semua tulang tapi happy banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ade..., biarpun capek tapi seneng karena ngumpulnya itu lho..

      Delete
  2. Kumpul keluarga memang selalu menyenangkan ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups..belum lama ngumpul sudah kangen-kangennan lagi :)

      Delete
  3. Rasanya ada yg nyangkut di tenggorokan ya waktu malam itu kita berangkat pulang? :'(

    Minggu depan insya Allah kita pulang lagi, pak..;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh..nggak tega tapi kita harus pulang.
      InsyaAllah ngumpul lagi..

      Delete
  4. Keluarga mba ika ramee ya.. klo udah kumpul keluarga kayaknya yg paling bahagia anak2 ya mba. Bisa jalan bareng dan main bareng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rame banget mb Ira...iya betul, anak-anaknya yang pada heboh main bareng

      Delete
  5. hahahah emangs eru ya mbak klo keluarga besar...
    seruuu banget, apaplgi pas ngumpul kayak masa mudik/libur lebaran deh.
    beneran itu membawa bahagia apalagi anak2 suka mrk ngumpul sm sepupu2nya.
    btw itu angkanya 8, 3, 5 sama deh sm saya cuma bedanya sy sekeluarga ber 8 (sy anak ke 6), Ayah saya sekeluarga ber 5 dan ibu saya sekeluarga ber 3.
    Dari Bapak (alm) dan Ibu saya ajah sdh ada 25 orang cucu dan 2 cicit lho mbak. kebayangkan ramenya klo ngumpul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ramenyaa...sama kayak saya ya mb Ophi, pasti banyak keseruan ketika ngumpul keluarga besar.
      Silaturrahim memang bisa mempererat persaudaraan ya :D

      Delete
  6. Kalau udah gede gede gitu seru. Adeku masih kecil...gada kakak pula

    ReplyDelete
  7. Wah mbak pasti senang nih karena masih bisa berkumpul bersama keluarga besar, kalau saya rasanya tidak mungkin kalau bisa berkumpul dengan keluarga besar karena keluarga saya yang dari jauh sudah tidak lengkap, rasanya pasti senang nih bisa berkumpul dengan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski sudah nggak lengkap tapi masih bisa saling berkunjung kan..

      Delete
  8. Kalo sudah berkumpul sama keluarga itu tidak ada yang bisa mengalahkan, jadi buat kalian yang masih lengkap harus selalu beryukur ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul...rasanya bahagia banget berada di tengah-tengah keluarga besar..

      Delete
  9. Seru banget ya klo kumpul keluarga besar jd inget kalo ngumpul keluarga di Aceh kami klo pergi bisa beriringan 10 mobil hahaha....

    ReplyDelete
  10. Purworejo itu tempatnya adem banget mbak, selalu berasa ingin pulang jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok mb Ev..explore Purworejo, sekarang banyak tempat wisata yang asik loh di sana

      Delete
  11. termasuk keluarga besar ya mbak, kalau kumpul jadi rame :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kalo ngumpul semua rame banget mbak.. :D

      Delete
  12. kumpul bareng keluarga besar memang bikin rame dan heppi ya mbak ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups..betul banget mb Ningrum...kumpul-kumpul bikin hepi

      Delete
  13. Serunyaaaaa kumpul rame-rame ya mbaaa....

    ReplyDelete
  14. seru ya... anak-anakku juga pada semangat tuh jika ada acara rekreasi keluarga besar... jadi pada ngumpul sambil piknik... seru... meski pulang pulang berasa rontok semua tulang tapi happy banget.

    ReplyDelete
  15. Ngumpul keluarga itu kayak dapat energi baru, jadi makin sehat karena selalu seru dan penuh tawa, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Wati...makanya setiap habis ketemu, pasti sudah kangen lagi..

      Delete
  16. Liat foto-fotonya aja udah ikutan bahagian mbaakk... nyenengin banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya mb Rosa..tiap kangen bisa liat foto-foto itu :D

      Delete
  17. Seru banget kalo travelling sama keluarga besar.

    btw aku jadi bayangin nanti bapak ibuku siapa yang nemenin ya? hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sedih ya kalo harus ninggalin orangtua...
      jadi ingat Bapak :(

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com