All about my life

Tuesday, 17 May 2016

5 Langkah Memilih Busana Muslimah

Dear Friends,
Sudah hampir 16 tahun saya menggunakan hijab, tepatnya setelah saya menikah awal tahun 2000 lalu. Yah, masih hijab ala kadarnya. Saya masih memakai celana jeans ketat yang biasa saya padukan dengan kaos, kemeja atau tunik. Jilbab yang saya pakaipun masih ala kadarnya, sekedar penutup kepala. Apalagi dulu saya sama sekali tidak pernah memakai rok atau busana muslim. Sebagian besar koleksi pakaian saya adalah celana jeans dan kaos. Padahal suami sudah berkali-kali meminta saya untuk mencoba berpenampilan feminin dengan memakai rok atau gamis. Beberapa kali mencoba, tapi entah kenapa saya tidak percaya diri. Hingga akhirnya, saya kembali pada gaya berpakaian saya yang lama.

Namun seiring berjalannya waktu, umur dan pengetahuan agama saya semakin bertambah. Saya jadi tahu bagaimana seharusnya berpakaian muslim yang baik. Apalagi sekarang saya makin sering bertemu dengan orang dan menghadiri banyak event. Saya mulai merubah penampilan saya sedikit demi sedikit. Saya mulai mencoba mengenakan busana muslimah seperti gamis. Namun, sesekali saya juga masih memakai celana yang saya padupadankan dengan tunik panjang.


Dalam bayangan saya, berpakaian muslimah itu ribet, kuno dan panas. Ternyata dugaan saya salah. Sekarang banyak kok, model busana muslim wanita terbaru yang trendi dengan bahan yang nyaman. Para desainer kini berlomba-lomba menciptakan trend busana muslimah yang laris manis di pasaran karena semakin banyak wanita muslimah yang kini mengenakan hijab.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih busana muslimah, antara lain :
Jenis Busana 
Pilihlah jenis busana yag simpel namun tetap elegan. Apalagi jika busana muslimah kita pakai untuk kegiatan sehari-hari. Sesuaikan juga busana yang akan kita kenakan sesuai acara, baik untuk acara resmi atau acara santai.
Model Busana
Pilihlah model dan corak busana yang cocok dengan kepribadian kita. Jangan sampai kita keliru memilih model kalau tidak ingin dianggap salah kostum. Usahakan juga untuk tidak mengenakan pakaian berbahan tembus pandang, karena tentu jauh dari kaidah berbusana muslimah.
Ukuran Busana
Pilih busana muslimah yang sesuai dengan ukuran badan kita. Usahakan memilih busana yang tidak terlalu ketat dan bisa menyamarkan bentuk tubuh. Jangan sampai busana yang kita pakai membuat kita tidak leluasa bergerak karena ukuran yang kekecilan atau kebesaran.
Nyaman Dipakai
Pilihlah busana muslimah dengan bahan yang nyaman dipakai, tidak panas, tidak mudah kusut dan mudah menyerap keringat.
Warna dan Corak
Pilih busana muslimah dengan corak dan  warna-warna yang cerah seperti warna merah muda, biru muda, oranye, dan merah untuk kegiatan santai. Sedangkan untuk acara yang lebih formal, pakailah busana muslimah dengan warna-warna yang lebih netral seperti warna putih, abu-abu, hitam dan biru tua.

Selain kelima hal tersebut, yang harus tetap diperhatikan adalah tetap memilih busana muslimah yang tidak berlebihan dan sesuai dengan kaidah dan nilai-nilai Islam.


11 comments:

  1. Kalau bahan gamis, saya cenderung memilih bahan katun. Bukan karena adem aja, tapi karena ga membentuk tubuh saya. Kalau pakai bahan jersey suka kelihatan bentuk tubuhnya. Jadi makin ga pede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan beberap gamisku berbahan katun dan krep, jadi adem dan nggak membentuk tubuh..

      Delete
  2. aku malah belum pede pakai gamis mbak, lebih aman pakai celana dipadu tunik panjang. Iya karena keadaan juga sih, membonceng sepeda motor dengan membawa bayi di gendongan rasanya lebih aman kalau membonceng dengan cara melangkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Rani...kalau pake celana panjang sebisa mungkin tuniknya menutup hingga paha...masih aman kok

      Delete
  3. Wih, aq langsung ketonjok nih. Klo pake baju masih serampangan dan ga pake kaidah :D Ntar deh pake2 gamis ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berproses mbak Uniek....yang penting sekarang sudah tertutup kaan?

      Delete
  4. Seep aku juga gak suka yang berlebihan Mbak, ribet jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sederhana lebih baik ya mbak :D

      Delete
  5. setuju banget, Mba..

    selain standar syar'inya, nyaman dan tidak mudah kusut itu yg paling utama buat emak2, karena ga rempong nyetrika. eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kaan...susah juga kalo harus nyetrika bahan yang susah diatur kan?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com