All about my life

Monday, 2 May 2016

Cara Merawat Kompor Gas dengan Baik


Dalam sebuah dapur pasti terdapat segala macam perlengkapan yang kita butuhkan untuk memasak. Beberapa perlengkapan ini harus kita lengkapi karena tanpa tanpa ini kita tidak dapat memasak makanan untuk keluarga kita. Satu barang yang wajib kita miliki di dapur adalah kompor. Jika dulu kita menggunakan kompor berbahan bakar minyak tanah, namun seiring berjalannya waktu saat ini banyak ibu rumah tangga yang menggunakan kompor berbahan bakar gas. Kompor dengan bahan bakar gas lebih efisien dan mempunyai nyala api yang bagus sehingga makanan yang kita masak lebih cepat matang. Tentu saja, harga kompor gas ini jauh lebih mahal dibanding dengan harga kompor minyak. Kompor gas ada berbagai macam jenis, namun tetap saja harganya tidak murah. Karena kompor memiliki peran penting di dapur, maka kita harus tahu bagaimana cara merawatnya. Nah, dengan rajin merawat kompor pasti kompor gas kita akan lebih awet. Saya sendiri memiliki kompor gas yang dibeli suami sejak sebelum kami menikah. Itu artinya sudah lebih dari 16 tahun kompor gas itu menemani kami. Itu karena saya dan suami selalu merawatnya.

Cara merawat kompor gas agar tetap awet adalah sebagai berikut :
1.  Memasang regulator dengan benar
     Kita harus dapat memasang regulator dengan benar agar api nyala api lebih bagus.
2.  Meletakkan kompor gas terpisah dari tabung
     Hendaknya meletakkan tabung gas terpisah dari kompor

Memasang regulator degan benar tidak hanya akan membuat nyala kompor gas kita lebih bagus tetapi bisa juga dapat membuat kompor gas awet dan aman. Meletakkan kompor gas lebih jauh dari tabung gas juga akan membuat kompor gas aman. Cara lain merawat kompor gas (baca : disclosure) adalah selalu membersihkan kompor setelah selesai dipakai. 

Saya yakin, membersihkan kompor adalah suatu hal yang tidak sulit karena sekarang ini banyak kompor yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Kompor akan awet dan selalu nampa bagus bila kita rajin membersihkannya. Cara yang lebih mudah agar kompor awet adalah : 
  • Meletakkan kompor di ruangan yang mempunyai udara cukup.
  • Mematikan kompor apabila tidak dipergunakan.
Tujuan meletakkan kompor di ruangan yang  memiliki aliran udara cukup adalah agar  udara di dalam ruangan tidak pengap. Mematikan kompor setelah digunakan atau saat tidak digunakan adalah salah satu cara untuk merawat kompor gas. 

Bagaimana? Mudah bukan cara merawat kompor gas dengan baik. 


27 comments:

  1. kompor memang harus rajin dibersihkan. tapi skrg mah dgn kompor gas ngebersihinnya lebih mudah ya mak, dibanding kompor minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya, cuma di lap aja pake kain bersih ya..ga perlu bongkar-bongkar kompor :D

      Delete
  2. meletakan tabung gas terpisah ada patokan jaraknya gak mbak? biasanya kan sesuai panjang selang di regulator ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..patokan jaraknya belum ada, tapi setidaknya sepanjang regulator itu jaraknya..

      Delete
  3. merawat kompor berarti juga menghemat pengeluaran ya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...semakin di rawat kan jadi awet, jadi nggak sering gonta ganti kompor

      Delete
  4. cara yang sangat mudah yah Mba Ika :)

    ReplyDelete
  5. Betul mbak Ika, kompor memang harus dirawat dengan baik karena setiap hari digunakan untuk memasak ya. Terutama dibersihkan bekas minyak dll supaya kesannya nggak jorok. Terima kasih tipsnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Anjar. Kalo kompor rajin dibersihkan juga bisa bikin awet ya mbak..

      Delete
  6. sederhana sebeernya ya? tapi bawaan orang idup, malesss aja hehe

    ReplyDelete
  7. Baca ini jd inget kalo regulator kompor gas ibu yg satunya belum tak beliin yg baru mbak :( Jadinya kalau mau masak skrg agak lama. Besok deh tak beliin. Makasih ya mbak dah diingetin lewat postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Umi Ghifa...
      jangan lupa rajin bersihin kompornya juga ya

      Delete
  8. Wah jadi harus diletakkan berjauhan ya mb ita
    Aku blum terlalu open ni urusan gas
    Takut njeblug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..yo Tamas yang suruh ngurusin to. Dirimu bersihin kompornya aja..wkwkwk

      Delete
  9. jangan lupa kebersihan nya juga harus di jaga ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Aku sampe sekarang gak bisa pasang regulator. Jadi selalu minta tolong tukang gasnya buat masangin n meriksain. Takut sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berani lho pasang regulator sendiri, mbak Ade. habis kalo nunggu suami...kapan dong masaknya? hehe

      Delete
  11. kompor oooh kompor.
    AKu ndue kompor gas udah 6 tahun lebih masih awet aja. #pamer ben dialem ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..aku doong wes 16 tahun. Kompor gas ku emang TOP deh.. :D

      Delete
  12. ternyata simpel yak, boleh disahre nggak?

    ReplyDelete
  13. Kalau di rumah sudah sesuai dengan tipsnya mba, regulator dipasang dengan benar dan kompor jauh dari tabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh, mbak..jangan lupa selalu dibersihkan setelah selesai dipakai ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com