All about my life

Saturday, 21 May 2016

Arisan Ilmu Semarang : Let's Cooking Viral Content with Carolina Ratri

Dear Friends,
Hari Minggu tanggal 15 Mei 2016 kemarin adalah hari spesial bagi para Emak Blogger yang tinggal di Semarang. Kebetulan hari itu, Kumpulan Emak Blogger (KEB) Semarang mengadakan acara Arisan Ilmu di Cafe Tunjang. Acara yang di gagas oleh para Makmin KEB ini cukup heboh. Saya dan teman-teman yang tergabung dalam KEB ini juga merasa beruntung sekali, karena Arisan Ilmu kali ini bisa menghadirkan pakar viral content dari Yogyakarta. Siapa sih, yang nggak kenal sama Mak Carra (panggilan akrab Carolina Ratri)? Blogger seantero nusantara juga pasti sudah familiar dengan nama beliau. Tak hanya kedatangan Mak Carra yang menghebohkan acara Arisan Ilmu kali ini, karena ada beberapa tamu spesial lain yang mengaku sebagai cheer leader nya Mak Carra. Beliau adalah Makpuh Indah Juliani Sibarani yang biasa disapa Mak Injul dan Mak Lusi Tris. Hadir juga Maketu Sumarti Saelan (Mak Icoel) dan Makpon Mira Sahid yang jauh-jauh datang dari Jakarta untuk memotivasi para emak blogger Semarang. Wuiiih...senengnya. 

Eh tahu nggak, kebetulan pada acara Arisan Ilmu kali ini saya dan mbak Wati mengajukan diri menjadi PIC. Songong banget kan, padahal saya belum pernah sekalipun menjadi PIC. Saya sih, hanya sekedar penggembira saja di belakang mbak Wati, karena beliau lah yang paling ribet ngurus ini itu. Tapi syukur alhamdulillah, acara kemarin berjalan dengan lancar. PIC nya bisa bernafas legaa. *bisule pecaah. LOL.

Sesaat sebelum acara dimulai
Sebelum acara dimulai, nggak sah kan ya kalau nggak ada sambutan-sambutan? Mulai dari sambutan PIC, sambutan Maketu dan Makpon. Sambutan PIC diwakili oleh mbak Wati (yang lebih senior *catet), dilanjutkan sambutan mak Icoel sebagai Ketua KEB dan Mak Mira Sahid sebagai founder KEB. 

Setelah sambutan dan kata-kata motivasi dari Mak Icoel dan Mak Mira, tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu belajar membuat konten viral oleh Mak Carra. Belum-belum saya dan teman-teman sudah ditantang nih, sama Mak Carra. Presentasinya pake Bahasa Inggris, bo (garuk-garuk kepala). Tapi untunglah, Mak Carra menjelaskan dengan detail, jadi mudeng dikit. *dikit. LOL.


Sebagai peserta Arisan Ilmu yang baik, saya dan teman-teman tak hanya mendengarkan dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya  tapi juga sibuk mencatat (padahal materinya juga bakal dikasih. LOL). Nah, ini dia hasil coret-coretan saya di Arisan Ilmu kemarin.

Apa sih Viral Contents itu? 
Menurut Mak Carra, Viral Content itu adalah setiap blogpost, video, tweet atau pesan yang dibagi secara terus menerus oleh siapapun yang menerima atau membacanya. Jadi gampangnya, viral content itu mudah sekali menyebar seperti virus. Cepat menyebar, cepat menular. Jadi ingat deh, beberapa tulisan Mak Carra yang fenomenal. 

Karakteristik Viral Content 
Viral Content biasanya memiliki karakteristik yang luar biasa, menarik untuk dibagi dan mudah dipahami sehingga banyak orang dengan sukarela akan membaginya ke kalangan yang lebih luas lagi. Kayaknya tulisan saya belum ada deh, yang bisa bikin heboh dunia maya. Mental saya belum kuat menghadapi kenyataan yang bakal saya terima setelah membuat tulisan yang viral. *saya memang nggak bakat jadi seleb blog pemirsah. LOL

Apa sih, Yang Membuat Suatu Content Menjadi Viral?
Satu tulisan tentu tak bisa serta merta menjadi viral kalau hanya berisi hal-hal yang biasa-biasa saja. Lalu, apa yang menyebabkan suatu content menjadi viral? Suatu content bisa menjadi viral apabila berisi tentang kelucuan atau kejadian lucu, sesuatu yang luar biasa, himbauan yang mampu mengaduk emosi pembacanya, memiliki sudut pandang yang sama, dramatis, tabu dan yang sedang menjadi trending topik. Duuh, ini yang saya belum bisa.  Tapi saya harus bisa *soon. Percuma dong, belajar menulis viral content kalau nggak di praktekkin? *uhuk

lets-cooking-viral-contents
Photo by mbak Wati : Mak Carra sedang beraksi
Weh, belum-belum saya sudah mulai "mumet" mendengar istilah-istilah yang yang disebutin Mak Carra. Saya dengar bisikan di telinga saya "katanya mau jadi blogger yang bener..," entah siapa yang bisikin. *horor :p

Mak Carra mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar suatu content menjadi viral, antara lain :
  • Buatlah judul url yang pendek. Judul url tidak harus sama dengan judul blogpost. Edit saja judulnya menjadi permalink. Ini sudah di praktekkin *meskipun kadang lupa :D
  • Tambahkan sesuatu yang tidak dimiliki orang lain, contohnya infografis *saya belum bisa niih, animasi, video dan sesuatu yang interaktif (yang ini belum mudeng) *jujur.
  • Buatlah judul yang menarik. Misalnya : Inilah Cara Paling Tepat untuk Memikat Pria Berzodiak Pisces (claim it loud), 7 Cara Ini Bisa Membantu Anda Langsing.. (use "You"), 5 Langkah Memilih Busana....( use numbers), Cara Ini....(use that, this, they), menulislah dari hati, Tips Memasak Lezat Hanya 5 Menit (about time) dan menulislah sesuatu yang berbeda dari biasanya (break the rules).
  • Tulis content yang mudah dipahami, bahkan oleh anak usia 13-15 tahun. Logikanya, kalau anak-anak saja mudah memahami, maka pembaca yang berusia diatas mereka tentu lebih mudah lagi memahami apa maksud tulisan kita, kan. Selain itu kita musti mengenali karakteristik pembaca blog kita, tahu tujuan kita, bisa menjelaskan kenapa pembaca harus membaca tulisan kita, memberikan informasi, mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul. 
  • Buat konten yang terstruktur. Mulai dari menentukan topik, tentukan daftar, memilih angka ganjil untuk judul, memberi label, memperindah konten hingga menentukan target pembaca.
  • Perhatikan font pada blog kita. Ukuran font yang ideal adalah 15,8 px. Karena saya pakai blogspot jadi bisa di sesuaikan melalui css*emmh..kayaknya baru ini yang sudah kulakukan deh. LOL.
  • Supaya lebih menarik sisipi gambar tiap 75-100 kata. 
  • Gunakan gambar yang berkualitas, supaya lebih terlihat profesional. Boleh memakai gambar atau foto sendiri, boleh juga ambil di situs penyedia gambar gratis seperti pexels.com, pixabay.com, unsplash.com , kaboompics.com, dan sebagainya. 
  • Pasang tombol (button) share ke media sosial di blog. Untunglah template blog yang saya gunakan sudah ada floating share buttons, jadi nggak perlu repot memasang sendiri. Tinggal di atur saja link ke masing-masing media sosial saya.  
  • Gunakan gambar yang berorientasi portrait (tall image) supaya pins friendly
  • Buat tulisan yang panjang. Viral Content biasanya memiliki panjang tulisan rata-rata 2.416 kata. Panjang banget ya. Kenapa musti panjang? Karena biasanya tulisan yang panjang biasanya pembahasan yang dalam. Ini pe er banget nih buat saya, karena selama ini nulis 1000 kata aja susah bener. 
  • Nah, kalau semua sudah dilakukan saatnya untuk segera action. "Cook it!!" kata Mak Carra. Mulailah menulis, berceritalah, praktis, gunakan kata-kata yang emosional, beri "racun" pada tulisan agar pembaca makin teracuni dan bereaksi terhadap tulisan kita. 
Photo by Taro: Serius mendengarkan Mak Carra
Setelah selesai presentasi, Mak Carra mempersilakan para blogger yang hadir untuk bertanya. Rupanya beberapa teman antusias memberikan pertanyaannya, mumpung ada pakarnya. Hebatnya acara Arisan Ilmu, yang bertanya dapat hadiah *tahu gitu saya kemarin tanya-tanya sama Mak Carra. LOL.

Sebelum acara berakhir, Makpon Mira Sahid dan Makpuh Indah Juli memberikan motivasi dan semangat kepada para blogger untuk selalu bersatu, bersinergi, menjaga attitude baik di media sosial maupun dunia nyata dan menjaga hubungan baik dengan siapa saja termasuk klien (siapa tahu ke depannya punya klien kan..aamiin). Noted banget buat saya. Mulai sekarang musti ngerem dan mikir ratusan kali ketika menanggapi sesuatu dan saat berinteraksi di media sosial.

Photo by Taro : Berfoto bersama usai acara
Rasanya 3 jam  tidak cukup bagi saya dan teman-teman untuk belajar bagaimana membuat viral content dari Mak Carra yang sarat ilmu dan bergizi ini. Berharap bahwa suatu hari akan ada pakar-pakar lain yang sudi berbagi ilmu dan inspirasi bersama kami. Semoga saya dan teman-teman juga mampu menyajikan sesuatu yang informatif dan bermanfaat bagi para pembaca. Makan mangga dicampur ketan, sampai jumpa di lain kesempatan. :D


30 comments:

  1. duh.. andai bisa ikutan juga ya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..kapan-kapan ikutan ya Mak Rani.. :D

      Delete
  2. Udh tayang nih tulisannya mb ika komplit banget...seneng bs kopdar ma temen2 semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang juga bisa kopdaran dengan teman-teman lain...kapan ya bisa ngumpul lagi

      Delete
  3. Mau dong mangga dan ketannya..eh
    Tipsnya Mak Cara noted, akan dipraktikkan satu-satu
    Makasih sharingnya Mba Ika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..boleeeh mbak Ety
      saya juga lagi belajar nih mbak, biar bisa bikin viral content seperti Mak Carra

      Delete
  4. Makasih sudah mewujudkan acara keren ini mbak ika juga mbak wati. Kalian kereenn...seperti juga ilmu dr mak carra :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya...sinau tentang blog kayak gini bikin nagih..

      Delete
  5. Wah, ilmu bagus nih. Harus segera dipraktekkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek...harus segera di praktekkin, biar nggak lupa..hehe

      Delete
  6. sebentar... aku kayaknya kuper nih.. PIC itu singkatan dari apa sih? hehehehe... aku dari tadi malah nyari kepanjangan dari PIC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PIC itu Person In Charge mbak Ade...hehe

      Delete
  7. mbak Ika ini rajin nimba ilmu ya, salut aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..biar makin pinter Bunda Tira :)

      Delete
  8. wahhh meski pun nggak ada di sana tapi saya tetap kecipratan ilmunya lewat artikel ini..

    thanks for sharing ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak Zata...
      meskipun yang nyantol cuma seuprit..hehe

      Delete
  9. Klo nulis viral ntar jadi perang dingin ga yak hahahaaahaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi...bisa jadi..wkwkwk
      coba o deek :p

      Delete
  10. terimakasih mbak sudah menuliskan materi dari Mak Carra, itu nulis 2000an kata panjang banget ya pastinya, tapi emang sih kalau mau viral harus begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku..nulis 1000 kata aja udah mbelenger mbak Ev..hihi
      tapi, kudu nyoba sih :D

      Delete
  11. Hihihi jadi pengen bikin viral content, tapi susah yaa mba. Soalnya belum tentu yang kata kita menarik, menarik juga buat orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul teh...tapi boleh lah nyoba dulu, kali aja bisa jadi viral beneran hehe

      Delete
  12. Replies
    1. Hahaha...mrene Mi, tak kasih mangga sepuasmu :D

      Delete
  13. Komplit ini artikelmu, eh aku lagi ngidam mangga ini

    Piye kalo jadi PIC lagiiii, hihiii nagihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..besok kita beli ya...asinan mangga ato manisan mangga?
      Mau lah jadi PIC lagi *songong mode on :p

      Delete
  14. Terima kasih sharingnya Mbak Ika, kubaca bener2 nih. Biar main pinter hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak April.., makasih sudah mampir ;)

      Delete
  15. mbak ika rajin banget, dah selesai nulisnya..asyik y mbak Arisan Ilmu kemaren..apalagi PJnya cantik2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mba ningrum, keburu lupa kalo nggak segera di tulis..:D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com