All about my life

Wednesday, 11 May 2016

Yuk Ajarkan Anak Mengatur Keuangan Secara Mandiri

credit:  wolipop.com
Dear Friends,
Yuk, ajarkan anak mengatur keuangan secara mandiri. Banyak kekhawatiran yang dihadapi para orangtua ketika anak memasuki masa sekolah. Biasanya anak-anak menjadi mudah terpengaruh oleh pergaulannya di sekolah. Sehingga kemungkinan besar rasa ingin tahunya menjadi bertambah dan keinginan untuk jajan pun semakin kuat. Bukan mustahil bila si kecil jadi menuntut uang jajan atau barang-barang mahal dari orangtuanya. 

Sebenarnya kita sebagai orangtua tak perlu resah dengan hal tersebut. Mengajarkan anak-anak untuk mengelola keuangan sedini mungkin menjadi solusi yang tepat. Beberapa tips ini patut dipraktikkan para orangtua untuk mengajarkan pengelolaan keuangan pada anak-anak :

Biasakan Menabung Sejak Kecil
Anak-anak yang memiliki kebiasaan menabung sejak kecil akan memiliki perilaku yang lebih hemat saat beranjak besar. Hal ini bisa mulai diterapkan dengan cara memberikan celengan khusus agar anak bisa menyimpan uang jajannya sendiri. Ajarkan pula pada anak bahwa uang dalam tabungan sebaiknya hanya digunakan untuk kebutuhan yang penting dan bersifat mendesak.

Ajari Anak untuk Membuat Catatan Keuangan
Catatan keuangan anak tak harus rumit. Kita bisa mengajarkan pada anak untuk mencatat uang jajan yang digunakan saat sekolah atau ketika sedang melakukan kegiatan di luar rumah. Cara seperti ini akan membuat anak jadi lebih teliti dan tidak mudah memboroskan uang jajannya. Uang sisa jajan mereka bisa ditabung atau digunakan untuk keperluan lain.

Mengajak Anak Bersedekah
Selain memperhatikan kebutuhan diri sendiri, rezeki juga harus disisihkan untuk sesama yang kurang mampu. Nilai-nilai kehidupan sederhana seperti ini akan melekat di benak anak bila diajarkan sedari kecil. Ajak anak-anak untuk bersedekah, baik dengan mengisi kotak amal maupun bentuk sedekah lain. Dengan mengajarkan anak untuk bersedekah, anak-anak akan memiliki rasa empati dan mau menyisihkan uang jajannya untuk kepentingan sedekah. 

Bila Anak-Anak Ingin Membeli Barang Baru
Ketika anak-anak beranjak dewasa, kebutuhannyapun makin banyak. Kita tak perlu melarang bila anak-anak ingin membeli sesuatu dengan uang tabungannya sendiri. Kita bisa membimbing dan mengarahkan mereka agar bisa membelanjakan uangnya dengan bijak. Misalnya ketika harus membeli sesuatu secara online, kita bisa mengarahkan pada e-commerce yang terpercaya seperti MatahariMall. Disini anak-anak bisa belanja online dengan hemat dan praktis. Toko online ini jual HP Xiaomi terbaru (baca: disclosure) yang cocok dipakai anak-anak tanpa perlu menghabiskan uang tabungan. Anak-anak bisa memperoleh HP Android yang akan mendukung aktivitasnya.

Siap mendukung anak-anak kita untuk belajar mengelola keuangannya? Anak-anak akan mahir mengelola keuangannya bila kita mau membiasakannya sejak dini. 


22 comments:

  1. Biar anak tahu hidup prihatin ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek...biar tahu juga kalo menginginkan sesuatu ya harus berjuang dulu :)

      Delete
  2. Kifah mah nabung nabung, pas ke toko mainan langsung abis tabungannya.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Aufa dan kakaknya pengen beli sesuatu ya harus ngumpulin dulu dari uang jajannya..kalo kurang baru, emaknya nombokin dikit..hihi

      Delete
  3. Mungkin dengan mengajarkan anak menabung sejak kecil anak bisa lebih hemat dan tau mana yang harus di beli. apalagi kalau di kasih celengan yang lucu mungkin anak bakal rajin menabung dan sayang klo celengannya harus di pecahkan kemungkinan celengannya tersebut tidak akan di pecahkan atau di buka untuk di ambil uangnya sebelum celengan tersebut penuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...bener banget, secara tidak langsung juga mengajarkan anak-anak supaya lebih bijak mengeluarkan uang :)

      Delete
  4. lebih mendisiplinkan anak sejak dini perlu. Gak asal minta dibelikan mainan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lia..kadang anak juga perlu diajarkan bahwa apa yang dia inginkan harus diperjuangkan..

      Delete
  5. Iya nih mbak cara ini sangat bagus sekali untuk tumbuh dan kembang anak dalam hal mengatur keuangan, misalkan mereka ingin membeli sesuatu ya saya suruh nabung dulu nah kalau sudah terkumpul baru deh saya kasih kebebasan untuk dibelikan apa saja yang dia inginkan.

    ReplyDelete
  6. Mengajarkan anak menabung dan bersedekah sangat penting ya, mbak Ika. Supaya ada keseimbangan antara uang yang disimpan dan dikeluarkan untuk tujuan ibadah. Sedekah juga melatih anak untuk berempati terhadap sesama yang kebetulan sedang kekurangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betl banget mbak Anjar..selain bisa mengatur keuangan, anak-anak juga terasah empatinya karena diajari bersedekah sejak kecil :)

      Delete
  7. ini cara yang bagus buat calon anak saya nanti, bookmark dulu deh mbak :)

    ReplyDelete
  8. Dulu akuh nabung koin cepean mb ita, trus pas celengan kucingnya dah penuh, dipisau, uwitnya buat bli sepeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sip lah itu, kalo sekarang aku lagi ngumpulin koin seribuan, aiapa tahu bisa buat beli motor. Aamiin..haha

      Delete
  9. Aku udah punya hape ini, tapi di rumah pakai gantian lha pada terpesona

    ReplyDelete
  10. saya juga pelan-pelan mulai mengajari anak-anak menabung dan membuat prioritas barang apa yang akan dibeli dengan uang tabungan mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mbak Indah, mumpung anak-anak masih kecil ya...jadi lebih mengena di hati mereka

      Delete
  11. Anak ku baru 3.5 thn , so far aku ngajarin nabungnya dulu mbak.. kalo masalah catet pengeluaran, mungkin nanti kalo dia udh SD kali ya :).. dia sih seneng kalo nabung, krn kita sengaja milih tabungan yg lucu2, bntuk ayam, kucing ato singa.. dan aku pura2 bilang, kalo ayamnya kasian kalo ga dikasih makan (duit) ;p.. seneng dia jadinya.. selama ini udh 3x tabungannya penuh dan dibongkar.. tapi memang tiap dibongkar blm sampe tahap kita masukin ke bank gitu, tapi utk dia beli mainan ato buku2 yg dia suka :).. mungkin kalo celengan yg skr penuh, aku mw bukain tabungan junior buat si kakak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...hebat nih mbak Fanny, memang sebaiknya sejak kecil sudah diajari untuk nebung ya. Triknya oke...jadi anak mau ngisi tabungan ya?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com