All about my life

Monday, 27 June 2016

Beberapa Jenis Resep Makanan Bayi 6 Bulan

Dear Friends,
Meski putri bungsu saya sudah hampir berusia 4 tahun, tapi saya ingin berbagi sedikit informasi untuk para Ibu yang memiliki bayi berusia 6 bulan atau yang baru akan memulai MPASI. Bayi pada usia 6 bulan hendaknya sudah mulai diberikan makanan pendamping. Hal ini disebabkan karena bayi membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dengan lebih sehat. Sebisa mungkin hindari penggunaan gula dan garam dalam MPASI untuk bayi, karena fungsi organ ginjal pada bayi belum sempurna. 


Berikut ini adalah beberapa contoh mengenai resep makanan bayi  (baca: disclosure)  usia 6 bulan. Beberapa jenis makanan di bawah ini sangat disarankan dan baik dikonsumsi untuk bayi usia 6 bulan. Resepnya antara lain :

Bubur Beras Merah atau Putih
Ibu bisa membuatkan bubur beras merah atau putih sebagai makanan pendamping ASI. Bubur beras merah memiliki kandungan vitamin, mineral ataupun serat yang tinggi. Sedangkan pilihan lainnya bisa menggunakan beras putih yang juga memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Cara membuatnya cukup mudah. Blender terlebih dahulu beras merah atau beras putih, kemudian dibuat menjadi bubur yang dicampur dengan sedikit ASI.

Bubur Alpukat
Bila ingin membuat bubur alpukat, pilihlah buah alpukat yang sudah matang karena rasanya juga lebih enak. Cara membuatnyapun cukup mudah. Blender buah alpukat matang dengan menambahkan sedikit air hingga halus. Untuk mendapatkan gizi lebih, campurkan juga sedikit ASI ke dalam bubur alpukat. Hendaknya berikan bubur alpukat pada bayi segera setelah bubur alpukat dibuat.

Bubur Pisang
Ada banyak sekali jenis pisang yang bisa digunakan sebagai makanan tambahan bagi bayi usia 6 bulan. Pisang memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi. Tak heran, para atlet pun menggunakan pisang sebagai  pelengkap nutrisi mereka. Pilihlah pisang yang memiliki rasa manis, seperti pisang raja atau pisang ambon. Cara membuatnya sama seperti halnya membuat bubur alpukat, yaitu cukup di blender hingga halus kemudian segera berikan pada bayi. 

Bubur Pepaya
Sama halnya seperti membuat bubur alpukat dan bubur pisang, haluskan pepaya menggunakan blender. Tak perlu menambahkan air, karena kandungan air pada pepaya cukup banyak. Tapi bila Ibu tidak memiliki blender, cukup haluskan dengan sendok. Tambahkan ASI sebagai pelengkap gizi. 

Bubur Kentang 
Kentang juga bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Hanya saja, cara membuatnya sedikit berbeda. Terlebih dahulu, pastikan Ibu memilih kentang berkualitas baik. Cuci dan potong-potong kentang menjadi beberapa bagian kemudian rebus hingga matang. Pastikan kentang empuk dan mudah dihaluskan. Tambahkan juga ASI agar bubur kentang lebih bergizi dan mudah dikonsumsi bayi.

Bubur Jagung Manis
Jagung manis juga salah satu makanan yang bergizi tinggi. Cara membuatnya cukup mudah. Pipil jagung manis dan rebus hingga matang. Setelah matang, dinginkan dan blender dengan menambahkan sedikit air hingga halus. Saring dan ambil airnya saja. Tambahkan ASI dan berikan segera setelah bubur jagung dibuat. 

Resep makanan bayi ini sangat sederhana dan cukup mudah membuatnya. Berikan makanan apabila bayi sudah siap menerima makanan pendamping ASI, yaitu pada saat bayi berusia 6 bulan. 


8 comments:

  1. Anakku sekarang 4 bulan, Bun.. Bermanfaat sekali artikelnya untuk persiapan dua bulan mendatang, saya kira cuma MPASI instant di warung-warung aja ternyata kita bisa bikin dari bahan alami ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...semoga putranya selalu sehat ya, mbak. Berikan MPASI pada waktunya. Kalo bisa bikin sendiri, malah lebih aman dan sehat, kan. Apalagi bahannya juga mudah didapat. Selamat MPASI 2 bulan lagi ya :D

      Delete
  2. Paling getol bikin bubur beras seperti bubur sumsum dan bubur apokat.hahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...kalo itu emaknya juga suka, kan.. :P

      Delete
  3. Udah lupa semua cara bikin kaya gini mbak aku simpen deh buat belajar2 dati sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, siap-siap mulai sekarang ya..

      Delete
  4. Replies
    1. Pisang bagus banget kandungan nutrisi dan gizinya. Buat orang dewasa juga

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com