All about my life

Tuesday, 20 September 2016

6 Kandungan Bermanfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Dear Friends,
Dulu waktu saya hamil, saya paling nggak doyan minum susu. Rasanya eneg dan bikin mual. Ya gimana lagi, kalau dipaksa malah akhirnya muntah. Padahal ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kondisi biasa. Salah satu faktornya adalah karena ia tak hanya mencukupi kebutuhan nutrisi bagi dirinya saja, melainkan dengan janin yang dikandungnya juga. Tak hanya dalam bentuk jumlah saja namun juga jenis senyawa yang terkandung harus cukup. Tak heran jika banyak diantara wanita hamil yang menambah konsumsi susu. 

Jenis susu yang dikonsumsi oleh wanita hamil berbeda dengan jenis susu normal karena kandungan nutrisinya jauh lebih lengkap. Rasanya juga dibuat lebih segar untuk menghindari rasa mual. Perlu diketahui, ternyata tak hanya susu berasal dari sapi saja tetapi ada juga susu kedelai untuk ibu hamil.

kehamilanku.web.id
Susu kedelai atau yag sering juga disebut susu soya ini merupakan alternatif pengganti yang sangat tepat bagi mereka yang alergi maupun yang kurang menyukai susu sapi. Rasanya tak kalah enak, begitupun dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Hanya saja, karena bukan alternatif pertama sebaiknya kita membatasi jumlah konsumsinya. Takutnya bila di konsumsi berlebihan justru akan membahayakan kondisi janin yang dikandung.

Produk susu kedelai atau susu soya ini sudah banyak terdapat di pasaran. Kita bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau. Pilihlah susu soya yang masih fresh karena susu soya lebih mudah basi. Produk yang tahan lama biasanya mengandung zat pengawet, sehingga kurang baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu kedelai untuk ibu hamil ini mengandung banyak senyawa bermanfaat loh, diantaranya :
  • Asam Folat. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat menjadi senyawa utama yang harus ada pada saat hamil. Asam folat memiliki fungsi yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan sel syaraf janin dalam kandungan. Susu kedelai mengandung asam folat yang juga sangat baik untuk  kecerdasan otak anak.
  • Vitamin A. Vitamin A memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata dan kulit anak kita. Kandungan vitamin A dalam susu soya ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi biasa.
  • Vitamin E dan B. Banyak ibu hamil yang mudah lemas dan sering mengalami mual atau muntah. Kandungan vitamin E dan B dalam susu soya membantu badan ibu hamil tetap terasa bugar. Vitamin E juga baik untuk kesehatan kulit.
  • Protein. Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang membantu pembentukan sel-sel hingga organ tubuh anak. Makanya, bukan tanpa alasan apabila saat sedang hamil kebutuhan protein meningkat hingga dua kali lipat dari kondisi normal. Pasalnya protein sangat dibutuhkan untuk janin agar bisa berkembang dengan sempurna.
  • Karbohidrat. Karbohidrat merupakan asupan energi tambahan bagi ibu yang tengah hamil karena fisiknya mudah lelah seiring dengan bertambahnya berat badan.
  • Lemak nabati. Lemak nabati merupakan kandungan yang terdapat dalam susu soya dan sangat bagus untuk menanggulangi kolesterol jahat dalam tubuh.
Jadi tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil karena banyak manfaat yang didapat dengan rutin mengonsumsinya. Bahkan ada fakta yang menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi susu soya akan memiliki buah hati dengan kulit yang sehat.

25 comments:

  1. akuuu lagi ndak suka susu pas hamil ini huhuhu

    ReplyDelete
  2. Alhamdhulilah sejak hamil rutin minum susu kedelai.minum susu sapi ga sanggup si tp trnyatw kandungannya banyak bgt ya mbak ga kalah dr susu sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, sip lah bumil. Katanya kandungan nutrisi susu kedelai malah lebih baik kok say :D

      Delete
  3. Lo aku malah baru tau mb ita fakta ini, soalnya dulu pernah baca artikel apa mitos ya klo susu dele kurang cocok ma bumil, ternyata malah cocok ya karena folat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Te Mbul. Asalkan tidak berlebihan mengonsumsinya, loh

      Delete
  4. Waktu hamil anak 1&2 sama sekali ga bisa minum susu sapi, jadi minumnya susu kedelai. Lebih enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu aku juga susah minum susu sapi..eneg, jadi alternatifnya ya susu soya

      Delete
  5. waaahh, baru tau. nanti langsung cus nyari susu kedelai ah. makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bumil langsung semangat nih cari susu soya :D

      Delete
  6. Aku rajin minum susu kedelai pinggir jalan hahah

    ReplyDelete
  7. Aku nggak begitu doyan susu soya. Tapi hamil ini aku jarang minum susu. Gak minum susu aja udah cepet banget naiknya bb-ku.. Gimana kalau nyusu.. Hihi..

    ReplyDelete
  8. Baru dua hari lalu aku bikin susu kedelai... padahal gak hamil... *hamil sama siapa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..nggak harus hamil dulu kali.
      etapi kalo mau hamil, siapin calon dulu yak :D

      Delete
  9. Terima kasih infonya Mba, kebetulan saya lagi mengandung anak pertama,,

    ReplyDelete
  10. Aku nek minum susu kedelai kok jadi seharian doyan makan ya? Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada zat yang bisa bikin laper terus kali..hehe

      Delete
  11. aku juga konsumsi sule mbak...seger apalagi anget2 minumnyaa

    ReplyDelete
  12. aku dasarnya suka banget susu kedelai mbak hehehe, ini lagi pengen program baby, mudah-mudahan pas lagi hamil tetep suka sama kedelai hehehe. makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga lekas mendapatkan hasil ya program baby nya..

      Delete
  13. istri saya sedang hamil dan lagi suka minum susu kedelai..makasih infony

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com