All about my life

Friday, 30 September 2016

Iwak Mart, Fish Market Pertama di Semarang

Dear Friends,

Nggak terasa sudah akhir bulan September aja, nih. Kebetulan bulan ini, aktivitas saya di luar rumah cukup banyak. Hadir di beberapa event dan ikut kegiatan sosial yang mengharuskan saya sering keluar rumah. Untunglah suami dan anak-anak sangat mendukung dan pengertian, membiarkan emaknya ini berkegiatan di luar. Yang penting tugas domestik rumah tangga beres. 

Jadi ibu rumah tangga juga harus pandai-pandai membagi waktu agar pekerjaan bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Salah satu contohnya adalah belanja kebutuhan dapur, yang saya lakukan seminggu sekali. Jadi, menu masakan selama seminggu ke depan sudah nangkring dengan manis di kulkas. Sayur-sayuran sudah dipetik, lauk-lauk sudah bersih tinggal diolah, bahkan bumbu-bumbunya pun sudah siap. Jadi setiap pagi, tinggal cemplung-cemplung deh. Praktis banget. Kalo nggak disiasati dengan cara seperti ini bisa-bisa anak-anak dan suami saya nggak bisa sarapan pagi dan bawa bekal.

Persiapan
Persediaan selama sepekan aman
Saya bersyukur anak-anak dan suami nggak pilih-pilih soal makanan. Apapun yang ada di meja makan ya dimakan, meskipun bukan lauk mewah. Tapi karena anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan, tentunya mereka butuh asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Jadi saya harus perhatikan juga nutrisi dan gizi yang mereka makan. Sesekali saya membuatkan lauk yang spesial buat mereka. 

Seperti beberapa waktu lalu, anak-anak senang sekali waktu saya buatkan masakan Udang Saus Asam Pedas. Ini termasuk menu kesukaan mereka. Cara membuatnya cukup mudah.

Udangnya segar dan besar-besar
Bahan utamanya : 500 gram Udang kupas segar. Goreng dengan tepung bumbu crispy hingga kering
                            2  buah bawang bombay
                            4  butir bawang merah
                            3  siung bawang putih
                            Saus sambal secukupnya

Cara membuat  :
Iris-iris bawang bombay, bawang merah dan bawang putih


Panaskan 2 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga harum.


 Masukkan saus sambal secukupnya, aduk hingga tercampur rata.


Beri sedikit air. Tambahkan bumbu-bumbu seperti kaldu bubuk, garam, merica bubuk  dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan larutan maizena, supaya saus menjadi kental.

Add caption
 Tuangkan di atas udang yang sudah di goreng tepung crispy.


Udang Saus Asam Pedas siap disajikan.

Gampang banget cara membuatnya dan anak-anak pasti suka. Kalo biasanya udang yang mereka makan hanya digoreng tepung saja, kemarin saya tambahkan saus asam pedas. Hasilnya? Masakan saya langsung tandas dalam sekejap.

Udang kupas segar dan Fillet ikan tilapia
Udang sendiri kaya akan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak-anak. Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.
Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Udang kupas segar itu sengaja saya pesan di Iwak Mart. Fish Market yang dibuka pada tanggal 12 Juni 2016 lalu oleh Reza Adi ini merupakan Fish Market pertama yang ada di Semarang, loh. Berbagai jenis ikan maupun produk olahan berbahan ikan ada di sana. Harganya sangat terjangkau. Kalau sudah lihat katalognya, waah bisa-bisa kalap belanja ikan dan yang lainnya. 

Iwak Mart ini buka mulai pukul 05.30-22.00 WIB. Kalau misalnya nggak mau repot, bisa delivery loh. Untuk daerah Ngaliyan minimum pembelian 50 ribu dan daerah Semarang minimum pembelian 150 ribu. Ikan yang kita beli sudah bersih dan siap olah.

 
 

Oh ya, sudah beberapa tahun belakangan ini pemerintah juga sedang gencar mengkampanyekan program Germari (Gemar Makan Ikan). Program Gemari ini diselaraskan dengan program/gerakan 1000 Hari Kehidupan (HPK) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan didukung oleh BAPPENAS. Gerakan ini menjadi fokus perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan asupan nutrisi pada periode 3 bulan pertama usia kehamilan hingga anak usia 2 tahun. Pada 1000 Hari Pertama kehidupan (HPK), pertumbuhan dan dasar perkembangan anak sangat cepat, bahkan cetak biru otak anak akan terbentuk pada periode 3 bulan kehamilan. Karenanya dengan asupan gizi optimal akan mampu memberikan anak kehidupan yang lebih lama, lebih sehat, produktif dan berisiko rendah terhadap penyakit degeneratif pada usia dewasa seperti diabetes melitus, stroke, jantung koroner, obesitas dan lainnya. Ikan juga dikenal sebagai sumber pangan yang memiliki keunggulan dalam mengisi kebutuhan gizi anak selama periode 1000 HPK. Kandungan omega 3 pada ikan sangat baik untuk ibu selama hamil hingga masa menyusui. Saat anak mulai mendapat makanan tambahan, ikan juga menjadi makanan sehat bagi bayi yang usianya telah lebih 12 bulan. Sebab, sifat dagingnya yang berserat tipis dan lunak, mudah dicerna. Selain itu, proteinnya juga mudah diserap tubuh anak sehingga efektif menunjang pertumbuhan.

Ternyata, sebegitu dahsyatnya ya dampak makan ikan. Jadi reminder juga nih buat saya sebagai ibu rumah tangga. Harus pilih-pilih sumber makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang mampu menunjang tumbuh kembang anak-anak. Yuk, ajak anak-anak kita untuk gemar makan ikan.


26 comments:

  1. wahh komplet banget mbaaa tulisanna, jadi ngences deh masakannyaaa

    ReplyDelete
  2. namanya unik bin jawa bgd ya mbk ika, iwak mart, hihi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh Muma..malah gampang diingat to?

      Delete
  3. Aduuuh, pagi-pagi mampir di sini bikin laparrr. Fotonya menggoda banget sih mbak, sini bagi masakannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini Budee ke rumah, aku masakin deh :D

      Delete
  4. Wuih asyik ya ikannya segar2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak, ikannya segar2 dan pilihan, enak nggak usah repot2 ngebersihin sendiri

      Delete
  5. Chef ika masakannya bikin pengen segera makan siang...

    ReplyDelete
  6. wahhh infonya keren Mb, baru tau kalo di Semarang ada model IwakMart seperti ini. perlu di coba nih kalo pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, baru buka bulan Juni lalu. Wah, mbak Indri asli Semarang kah?

      Delete
  7. Boleh ni mb resepnya :) biar ada variasi..he

    ReplyDelete
  8. Asyiknya bisa pilih seafood yg seger2 lebih enak lg kalo ada yg masakin #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh jangan salaaah, di IwakMart juga bisa minta dimasakin loh. Ayo pesen-peseeen :D

      Delete
  9. Aku juga suka makan ikan, terlebih klo ada yang masakin hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha...tinggal makan ya mbaak, nikmat banget emang :D

      Delete
  10. Eh, ada resep Udang Asam Manis :D Kalau di Madura Iwakmart itu namanya Jhukokmart, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...coba deh kamu buka Jhukokmart di Bangkalan. Larees, kadok :D

      Delete
  11. Aku urung pernah mrene, rak diendorse endorse siiih :D

    ReplyDelete
  12. Waahh...bikin ngeces nih postingannya.. senengnya di semarang ada fresh market ikan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Hap, ppraktis kalo mau pesen-pesen ikan seger tuh. Cobain deh, mbak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

ID Corners

ID Corners

KEB

BRID

Blogger Perempuan

Fun Blogging Community

IDFB

Blogger Muslimah

Gandjel Rel

IIDN

IIDN

Warung Blogger

Warung Blogger

KOPI

KOPI

Copyright © My Life on Words | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com