Monday, 24 October 2016

# Ads # Gadget

Langkah Mudah Memperbaiki Remot TV

Dear Friends,

Televisi (TV) kini menjadi salah satu alat elektronik yang dimiliki hampir  setiap rumah, bahkan tidak jarang yang ada memiliki lebih dari 1 tv dalam satu rumah. Untuk mengubah channel dan mengatur saluran televisi ataupun mengganti volume, biasanya diperlukan remote control sehingga dapat mengendalikan tv dari jarak jauh. Nah, karena sering digunakan atau karena hal tertentu, remote TV menjadi cepat rusak. Ada beberapa cara untuk memperbaiki remote sendiri yang bisa kita coba.



Sebelum memperbaiki remote, kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika baterai dan LED dari remote tersebut masih berfungsi dengan baik, terdapat beberapa cara pengecekan yang dapat kita lakukan yaitu:
  1. Mengarahkan remote ke arah radio yang sudah disetel ke gelombang AM. Jika berbunyi, maka LED berfungsi dengan baik.
  2. Gunakan kamera HP, caranya : 
  • Nyalakan kamera hp dan ubah ke opsi video. 
  • Dekatkan kamera ke lampu LED dan kemudian tekan tombol pada remote. 
  • Jika LED berfungsi dengan baik, maka lampu akan menyala. Jika tidak, baterai sedang dalam daya yang lemah atau terjadi kerusakan di bagian dalam remote.
Terdapat beberapa bagian yang biasanya rusak sehingga kita bisa segera memperbaikinya. Bagian-bagian tersebut yaitu:
  1. Terminal baterai yang sering terlepas sambungannya karena seringnya mengganti baterai. Periksa terlebih dahulu bagian solderan apakah terlepas atau tidak. Jika terlepas, segera solder kembali bagian tersebut agar dapat segera digunakan.
  2. Transistor TO-92 dan jika ditemui kerusakan di bagian tersebut, sebaiknya segera diganti.
  3. Kapasitor atau elco. Biasanya, remote televisi memiliki 1 buah kapasitor yang berukuran kecil dan berada di sekitar lampu remote sehingga mudah untuk ditentukan. Ganti kapasitor tersebut jika ternyata bagian itu sudah tidak dapat diperbaiki kembali.
Jika ternyata tidak ditemukan masalah pada baterai lewat pengetesan tersebut namun remote tv masih tidak berfungsi, kita harus membongkar remote tersebut. Perlengkapan yang harus kita sediakan untuk membongkar dan memperbaiki remote televisi yaitu :
  • Obeng plus dan minus,
  • Avometer jika ada,
  • Kain halus,
  • Tiner,
  • Remote yang sudah tidak terpakai,
  • Pensil 2B,
  • Solder + timah,
  • Cutter.
Setelah perlengkapan siap, bongkar body dari remote tersebut dan kita akan menemukan bagian PCB. Gunakan cutter atau obeng mini karena beberapa remote tidak menggunakan baut untuk merekatkannya. Jika bagian PCB tersebut kotor, gunakan kain halus yang sudah dibasahi sedikit dengan tiner. Usap searah bagian PCB tersebut agar karbon tidak terkikis. Kemudian keringkan.

Langkah selanjutnya untuk melakukan service remote tv yaitu:
  1. Jika karbon pada PCB terkikis, gunakan pensil 2B untuk menambahkan karbon dengan cara menggosokkan pensil tersebut ke bagian karbon yang sudah terkikis atau dengan mengganti langsung karbon tersebut.
  2. Coba kembali apakah remote sudah berfungsi dengan baik atau belum. Jika sudah, maka tutup kembali body remote, jika belum, maka lakukan pemeriksaan atau service di bagian yang lain.
  3. Jika ada masalah di bagian LED, lepas lampu LED dengan menggunakan solder dan mengganti lampu tersebut dengan LED yang baru.
  4. Untuk memasang lampu LED, gunakan timah dan solder. Cek, apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.
  5. Jika tombol remote hanya berfungsi sebagian, cek bagian konektor pad atau rubber. Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan kain halus kering atau dengan kapas atau cotton bad. Cek, dan apabila sudah tidak terjadi masalah, pasang body remote kembali.
Gimana friends, mudah kan cara memperbaiki remote tv sendiri.

12 comments:

  1. Baru tahu caranya begitu. Nice tips mbak. Perlu dicoba nih, kebetulan remote TV di rumah suka error. Siapa tahu bisa diperbaiki, kalau nggak bisa berarti butuh dilembiru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa..hehe, coba aja pake cara ini. Good luck, ya

      Delete
  2. Keren, eeuiii! super woman nii...
    Solder+timah, kagak punya.
    Uang jajan ditabung, beli aja laa, remote baru. Hihihi... :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kak Roooss, sekali-sekali hemaat gitu, loh. Benerin sendiri remotenya :p

      Delete
  3. wihh tipsnya bermanfaat bnget nanti aku coba deh... pulang kerja langsung nyoba hal yang baru kan seru.. :D

    ReplyDelete
  4. Dirumahku remote kalo nggak ilang ya rusak mba.. Entah ini udah keberapa kalinya ganti remote ke tukang service. Daripada hambur uang, mending benerin sendiri ya.. makasih mba sharenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, boleh dicoba tips nya mbak :D

      Delete
  5. Baru tau aku Mbak, caranya. Biasanya ditepok-tepokin aja. Wkwkwk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..sama, biasanya kalo habis baterainya sih digituin. Kalo rusak, boleh tuh dicoba tips nya

      Delete
  6. Baru tau caranya, save ahh
    Makasii bunda infonya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1