Wednesday, 30 November 2016

# Life # Lifestyle

Cara Merawat Perabot Keramik Supaya Awet

Dear Friends,

Ibu rumah tangga seperti saya sangat suka mengoleksi berbagai jenis perabotan rumah tangga, dari yang berbahan aluminium, plastik, kaca sampai dengan keramik. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan setiap bahan perabotan rumah tangga tersebut juga memiliki waktu masing-masing untuk digunakan. Misalnya perabotan plastik dan aluminium untuk sehari-hari, perabotan kaca dan keramik digunakan khusus untuk momen-momen spesial seperti idul fitri dan arisan keluarga.


Salah satu perabotan rumah tangga yang memberikan gengsi besar pada ibu rumah tangga adalah perabotan keramik. Sekalipun sekarang banyak sekali perabotan rumah tangga berbahan keramik yang dijual di pasaran, keramik berkualitas tinggi dan memiliki harga yang tinggi juga tetap merajai pasaran. Misalnya Sango, kecantikannya pasti bisa membuat hati setiap ibu rumah tangga dan gadis remaja langsung meleleh.

Nah, bagi teman-teman yang memiliki alat makan atau berbagai perabotan rumah tangga berbahan keramik (termasuk hiasan dinding, poci teh dan lain sebagainya), sebaiknya tahu seperti apa cara merawat perabot keramik supaya awet berikut ini :

  • Gunakan air hangat. Setelah digunakan, segera cuci perabotan keramik dengan menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Usap dengan lembut dan segera keringkan menggunakan lap yang lembut, letakkan di tempat piring dengan hati-hati, jangan dibiarkan menumpuk satu sama lain karena bisa menimbulkan goresan di permukaan keramik.
  • Jangan biarkan noda mengerak. Jangan menunda-nunda waktu untuk membersihkan perabotan, saat ada noda langsung bersihkan dan jangan sampai noda tersebut menjadi kering, mengerak. Semakin kering, semakin sulit dibersihkan dan hasilnya permukaan keramik tergores.
  • Gunakan pasta khusus untuk membersihkan dan memoles keramik. Ada pasta pembersih khusus yang dijual di pasaran, tetapi jika malas Googling untuk mencari produk apa yang dimaksud, boleh menggunakan pasta buatan sendiri yang terbuat dari soda kue. Caranya adalah dengan mencampurkan dua atau tiga sendok soda kue dengan sedikit air, diaduk sampai mengental dan gunakan untuk membersihkan keramik. Kalau soda kue tidak berhasil, bisa menggunakan campuran cuka dan garam, rendam perabotan keramik yang bernoda dalam campuran tersebut lalu gosok perlahan dengan spon.
Harga perabotan keramik memang bervariasi, dari mulai belasan ribu rupiah, ratusan ribu bahkan ada yang berharga jutaan rupiah. Apalagi jika perabotan tersebut merupakan perabotan klasik peninggalan masa silam, harganya pasti menyilaukan mata! Nah, kalau sudah dibuat pening dengan harga perabotan keramik klasik yang memang lumayan, sekarang tinggal cuci mata saat Harbolnas

Hari Belanja Nasional 2016 ini adalah momen yang bisa memanjakan semua penggila belanja, bagaimana tidak? Bisa belanja berbagai macam barang yang sudah diidamkan sejak lama, tetapi dengan harga yang lebih hemat karena diskon gila-gilaan? Jangan sampai dilewatkan kesempatan ini. Siapa tahu bisa dapatkan salah satu produk keramik impian di momen setahun sekali ini.


28 comments:

  1. wah, saya gak pernah pakai air hangat. Ternyata harus, ya

    ReplyDelete
  2. semoga bisa ngoleksi perabotan keramik juga :D

    ReplyDelete
  3. Piring di rumah iki masuk keramik jugak to ya... :)

    ReplyDelete
  4. Sango nih merk legendaris ya. Awet, kokoh dan nggak mudah gerimpil. Ibuku kalo beli2 merk sango Mbak Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak wahyu..sango udah terkenal dari jaman dulu. bagus sih kualitasnya. Aku juga punya beberapa, hehe

      Delete
  5. Waduh, baru tahu. Biasanya cuma tak kasih sabun cuci piring aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya kalo keramik tuh butuh perlakuan khusus

      Delete
  6. Pengen koleksi perabotan keramik yang lucu2

    ReplyDelete
  7. Ternyata keramik pun butuh perawatan khusus, ya?

    ReplyDelete
  8. Baru tahu ada merek sango. Mau cari ah. Kayanya bagus kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaa...sudah lama banget eksis lho merk sango ini

      Delete
  9. assek bentar lagi kita merayakan harbolnas

    ReplyDelete
  10. Saya belum punya koleksi perabot keramik, soalnya kebayangnya susah perawatannya. Ternyata enggak ya, Mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak susah-susah banget kok cara ngerawatnya mbak..ayok beli :D

      Delete
  11. ini kalau semakin di lap muncul anunya gimana dong..jin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..kalo muncul, ajakin bersih-bersih keramiknya aja mas :p

      Delete
  12. Punyaku sango kebanyakan, bagus sih meski beberapa ada yang kw II, wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya Sango, tapi cuma beberapa. Pengen deh, berburu koleksi Sango lagi..hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1