Friday, 11 November 2016

# #breastcancerawareness # Blog Competition

SADARI dan Kenali Gejala Kanker Payudara

Dear Friends,

Sudah banyak yang tahu bahwa kanker masih menjadi penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung di dunia. Banyak pula yang menulis tentang kanker, ciri, gejala hingga bagaimana cara menanganinya agar semakin banyak yang teredukasi mengenai kanker dan berbagai seluk beluk tentangnya. Seperti hal nya saya, yang ingin turut andil dalam hal ini. Apalagi banyak kawan kita yang akhirnya menyerah dan meninggal karena kanker. Rata-rata dari mereka, terlambat mengetahui dan terlambat menanganinya. Mari kita aware, friends.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker penyebab kematian tertinggi pada wanita.  Carcinoma Mammae atau yang secara umum disebut sebagai kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker ganas yang dapat menyerang wanita. Kanker ini dapat tumbuh dalam jaringan payudara seperti saluran dan kalenjar susu serta jaringan lemak ataupun jaringan ikat pada payudara. Biasanya kanker payudara menyerang wanita, dengan gejala yang diam-diam terjadi pada tubuh tanpa disadari. Wanita diatas usia 35 tahun yang tidak memiliki anak, tidak menyusui, alkoholik dan memiliki riwayat trauma, beresiko tinggi akan kanker payudara. Duh, ngeri kan. 

Sebenarnya, kanker  payudara dapat disembuhkan apabila penderitanya segera mengetahui dan melakukan pengobatan. Tetapi sayangnya, kebanyakan penderita kanker payudara baru menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara setelah berada di stadium lanjut. Sehingga penanganan yang dilakukan hanyalah untuk mengurangi rasa sakit.

Kanker payudara pada stadium 1 sebenarnya sudah bisa diketahui, kalau kita bisa mengenali gejalanya. Antara lain :
  • Adanya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak dengan diameter tak kurang dari 2 cm. Benjolan ini tidak menyebabkan nyeri. Itu sebabnya, banyak wanita yang tidak menyadarinya.
  • Keluar cairan putih seperti susu (tidak berbau) bila kita menekan payudara.
  • Kulit payudara mengerut dan pori-pori kulit payudara menjadi kasar.
Wanita yang mengetahui bahwa dirinya menderita kanker payudara pada stadium awal memiliki peluang untuk sembuh, karena pengobatan pada tahap ini memang untuk menyembuhkan.
Sedangkan gejala kanker payudara stadium lanjut antara lain :
  • Timbulnya benjolan pada daerah ketiak.
  • Bentuk dan ukuran dari payudara berubah.
  • Puting susu  mengeluarkan cairan yang tidak normal seperti darah, cairan berwarna kuning dan hijau serta nanah.
  • Warna serta tekstur kulit payudara akan berubah.
  • Rasa nyeri pada payudara.
Sebagai wanita, kita hendaknya mengetahui gejala-gejala tersebut, agar dapat lebih mudah mendiagnosa pada saat terjadi resiko stadium awal. Lalu, bagaimana cara kita mengetahui gejala kanker payudara pada diri kita? Lakukan SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Berdiri tegak, lalu cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting. Tetapi jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala kemudian dorong siku ke depan dan cermati payudara. Selanjutnya dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada kita dengan sendirinya berkontraksi saat kita melakukan gerakan ini.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada kita.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan kita.
  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Segera konsultasi ke dokter bila hal itu terjadi.
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara sebelah kiri.
Lakukan SADARI sebagai bentuk antisipasi untuk mengetahui gejala kanker payudara sejak dini. Selain itu cari tahu apa saja faktor  penyebab kanker agar kita bisa menangkal dan menghindari timbulnya kanker pada diri kita.

Kalau tidak mau sel-sel kanker bercokol dalam tubuh kita, sebaiknya hindari :
  • Alkohol
  • Makanan yang mengandung pewarna
  • Makanan yang dibakar atau diasap
  • Rokok
  • Makanan berlemak
Selain itu lakukan olahraga secara rutin, makan makanan yang kaya serat, mengonsumsi vitamin A,C, E  untuk mencegah kanker. Lalu menjalankan pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik agar terhindar dari  timbulnya sel-sel kanker.

Tubuh kita merupakan aset kita yang paling berharga. Jadi, yuk peduli dan jaga kesehatan kita!

Sumber :
Yayasan Kanker Indonesia

Tulisan ini dibuat dalam rangka  Kampanye #finishthefight #gopink #breastcancerawareness

http://www.indahnuria.com/2016/10/giveaway-breastcancerawareness.html?m=0


22 comments:

  1. Jadi wanita memang kudu aware yaa mba, sekarang penyakitnya ngeri2 kaya kanker ini. Mulai SADARI rutin ah mulai sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Icha..kalo nggak diri kita sendiri yang aware, siapa lagi? ya kan?

      Delete
  2. Yaa Allah berikan kesembuhan untuk saudara-saudara kami yang terkena kanker payudara, dan berikan mereka ketabahan.. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Nenekku pernah mengalami gejala kanker payudara, tapi terus ke pengobatan alternatif
    Alhamdulillah, sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...ya, semoga saudara2 kita yang lain juga diberi kesembuhan

      Delete
  4. Replies
    1. Iya mbak Vita..sadari dan kenali gejalanya

      Delete
  5. Tetanggaku barusan dioperasi Mbak. Kasihan banget payudaranya membesar sebelah dan malah jadi omongan orang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Allah...kasihan, semoga tetangganya diberi kesembuhan ya

      Delete
  6. paling takut dg penyakit ini ya ,memang pencegahan perlu ya, aku rutin minum kunir putih karena rekam jejak keluarga bapak banayk yg meninggal krn kanker termasuk bapakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..ada resep tradisional untuk mencegahnya ya, Bun. Boleh lah di share, saya juga takut banget dengan kanker ini

      Delete
  7. sudah SADARI belum mbak??? aku takut2 gimana gitu tapi kudu sadari juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah dek...cek sendiri, jadi kapanpun bisa dilakukan

      Delete
  8. Mari ndak sungkan buat saling mengingatkan.
    TFS yo mbaksay...Semoga kita semua selalu sehat. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul BunSal...jangan sungkan untuk selalu mengingatkan. Semoga kita selalu sehat ya

      Delete
  9. Alhamdulillah aku sejak gadis udah rajin melakukan SARARI, jadi waktu ada benjolan udah ketahuan. Dan belum jadi tumor, tapi gitu aja udah nyeri banget loh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, sip banget mbak Wati, rutin melakukan SADARI buat antisipasi terhadap kanker payudara sedini mungkin ya

      Delete
  10. Sebagai perempuan harus lebih aware dengan breastcancer ya, karena bisa menimpa siapa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Rani...kalo bukan kita sendiri yang aware, siapa lagi?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1