Thursday, 19 January 2017

# Blogging Competition # Lifestyle

Rolade Bakmi Mewah, Pengobat Rindu Pada Ibu

Dear Friends,
Ibu saya adalah seorang yang bertangan dingin dalam urusan dapur. Apapun yang dimasak Ibu pasti enak. Meski hanya berbahan biasa rasa masakan Ibu bisa menjadi luar biasa. Kemampuan Ibu dalam urusan memasak tak hanya diakui oleh keluarga saja, bahkan hampir semua orang yang pernah mencicipi masakannyapun mengakuinya. Beliau sering mencoba resep-resep masakan, baik itu makanan berat atau kudapan. Pernah suatu hari, saya mendapati makanan di meja. Saya belum pernah melihat makanan itu sebelumnya. Bentuknya lingkaran. Sepertinya terbuat dari tahu putih dan daun singkong kemudian digoreng menggunakan telur. Baru pertama kali saya melihat makanan seperti itu. Rasanya gurih, bahkan mulut saya tak henti mengunyah hingga tanpa terasa saya menghabiskan beberapa potong dalam sekejap. 

Kata Ibu nama makanan itu adalah rolade tahu. Biasanya rolade terbuat dari daging sapi atau ayam cincang berisi telur, tapi Ibu membuat rolade dengan bahan berbeda. Bahannya sederhana saja, hanya tahu putih, daun singkong rebus dan telur. Karena hampir semua penghuni rumah suka, Ibu jadi sering membuatnya. Biasanya untuk dijadikan lauk, tapi lebih sering di cemil sih.

Saya dan adik-adik sedikit mewarisi kemampuan Ibu dalam hal memasak. Tapi kata keluarga besar, hanya masakan saya yang rasanya mendekati dengan rasa masakan Ibu (adik-adikku ga boleh ada yang protes, yak). Tak heran, tiap ada acara kumpul keluarga biasanya saya mendapat jatah urusan dapur. 

Kalau sedang kangen Ibu, biasanya selain mengirim doa saya akan memasak masakan yang biasa beliau masak untuk kami. Seperti sore kemarin, tiba-tiba saja saya kangen rolade bikinan Ibu. Apalagi hujan yang turun sepanjang siang hingga sore membuat rasa rindu saya makin menggebu. Hujan memang selalu membuat rindu pada masakan Ibu, karena dulu Ibu selalu membuatkan kami cemilan hangat saat hujan. Sayangnya di kulkas tak ada tahu. Hanya ada telur dan Bakmi Mewah saja yang tersisa. Daun singkongnya tinggal ambil di kebun belakang rumah.

Hmm..baiklah, saatnya berkreasi. Tahu sebagai bahan utama saya ganti dengan Bakmi Mewah saja. Butuh beberapa tahap sih untuk membuatnya. Tapi, saya yakin nggak terlalu ribet, kok. 

Kreasi Rolade Bakmi Mewah 

Siapkan saja :

Bahan-bahan Rolade Bakmi Mewah
  • 1 bungkus Bakmi Mewah
  • daun singkong muda, secukupnya
  • 2 butir telur
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdm garam (sesuaikan selera)
  • merica bubuk, secukupnya
  • daun pisang, untuk membungkus
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
Cara membuat :
  1. Rebus Bakmi Mewah, kurang lebih 3 menit kemudian tiriskan. Sisihkan.
  2. Rebus daun singkong hingga empuk
  3. Kocok 1 butir telur, tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan dan merica bubuk. Masukkan rebusan Bakmi Mewah, aduk hingga rata.
  4. Tata dua lembar daun pisang. Ambil Bakmi Mewah, letakkan di atas daun pisang, ratakan. Susun daun singkong di atas bakmi. Ulangi hingga bakmi dan daun singkong rebus habis. Terakhir tambahkan daging ayam dan jamur dari Bakmi Mewah, ratakan.
    Adonan Rolade siap digulung
  5. Gulung hingga adonan padat, seperti kalau kita membuat lontong. 
  6. Kukus hingga adonan rolade matang, sekitar 20 menit.
    Kukus Rolade hingga matang
  7. Setelah 20 menit, matikan api. Biarkan rolade dingin. 
  8. Potong-potong rolade sesuai selera. 
    Rolade siap digoreng
  9. Kocok telur untuk melapisi rolade yang akan di goreng, tambahkan sedikit garam.
  10. Masukkan rolade yang sudah dipotong ke dalam kocokan telur. Goreng hingga berwarna kecoklatan.
  11. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat bersama saus sambal atau lalap cabai rawit.
Rolade Bakmi Mewah siap disantap
Ternyata hasil coba-coba membuat rolade dari Bakmi Mewah tidak sia-sia. Anak-anak dan suami suka, bahkan meminta saya untuk membuat rolade bakmi mewah lagi. Jadi, ceritanya mereka ketagihan, nih. Hehe.
Akhirnya kerinduan saya akan rolade bikinan Ibu bisa terobati juga. Bakmi Mewah ternyata tak hanya bisa dikreasikan menjadi masakan utama saja tetapi bisa juga menjadi kudapan ala resto nan lezat, loh. 

Tentang Bakmi Mewah

Acara launching Bakmi Mewah
Sebenarnya saya sudah cukup lama mengenal Bakmi Mewah. Hampir setahun yang lalu, saya berkesempatan menghadiri launching Bakmi Mewah yang diadakan di sebuah resto di Semarang. Sebuah kebanggaan tersendiri dong, karena saya menjadi salah satu blogger yang mencicipi Bakmi Mewah untuk pertama kali. Acara yang juga dihadiri oleh Hengky Kurniawan dan Gita Gutawa itu membawa kesan tersendiri buat saya. Bukan hanya terkesan karena bisa berfoto dengan artis ibukota, tetapi karena saya bisa mencicipi olahan bakmi instan tetapi tidak seperti mie instan.
 
Awalnya saya pikir Bakmi Mewah adalah mie instan biasa. Tapi setelah melihat kemasannya, ternyata Bakmi Mewah dibuat dari bahan pilihan. Pantesan teksturnya lebih kenyal, licin, tipis dan tidak mudah putus. Daging ayam dan jamur asli dengan bumbu yang pas untuk dinikmati kapanpun. Topingnya yang juicy membuat Bakmi Mewah seperti bakmi olahan resto. Rasa bakminya tidak seperti mie instan kebanyakan yang menyebabkan haus setelah menyantapnya. Cara membuatnya gampang dan tidak butuh waktu lama. Jadi, Bakmi Mewah bisa jadi pertolongan pertama pada kelaparan tuh. Hehe. 


Nah, kalau kalian sudah berkreasi apa nih dengan Bakmi Mewah? 



54 comments:

  1. Pokoknya aku bakal cobain ini! Menggoda banget, mba Ika :D.

    ReplyDelete
  2. Kita sehati mba..sama-sama lagi rindu.
    Kreatif nih, kapan-kapan ikutan nyoba bikin rolade de.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sama-sama lagi kangen ya mbak Ety.
      Kalo lagi ga ada apa2, pasti muncul ide kreatif :D
      harus dicobain mbak

      Delete
  3. Hhhmmmm....yummooo...
    Enak banget kayanya mbak pengen nyobain ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enake pol, say. Ayok kapan-kapan nyobain, ya :D

      Delete
  4. Lgs ngiler bayanginnya mbak :D.. Duuh ini resep2 bakmi mewahnya pada bagus2 ih... Dan jd pgn nyobain semua :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ini emng enak banget loh mbak fanny, ayok cobain semua resepnya :D

      Delete
  5. Jadi ngiler lihat penampakannya, sini kirimi akuuuhhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaan, jadi pengen kaaan. Gimana kalo barter makana, mbak . :p

      Delete
  6. Waah baru tahu mie bisa dibuat rolade, kirim sini mbaaa pengen tau rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..bisa dooong, rasanya enak pokoknya. :D

      Delete
  7. Memasak itu dunia kreativitasnya tak habis-habisnya ya mbak. Bahan dasar mie bisa juga dibuat rolade. Idenya itu loh sungguh luar biasa selain Kalau lihat dari fotonya rasanya juga pasti enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak Evi kalo nggak kreatif manalah bisa kita makan berbagai macam jenis makanan yang lezat2, ya

      Delete
  8. Kreasinya ciamik mbak, kapan2 mau coba bikin ini. Komplit nih gizinya, karbo, sayur dan protein hewan dr ayamnya. Uhuy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, masih kalah dengan kreasinya Mama Ivone..
      ayok dicoba mbak, pasti Aim suka

      Delete
  9. Waah roladenya bikin ngiler itu mba, duuh laper deh jadinya. Kreasi Bakmi Mewahnya kece banget deh.

    ReplyDelete
  10. Oh cara bikin rolade kaya gini yaa mb, semoga kapan2 bisa nyoba ah...makasih mb resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya begitu, ayok cobain mbak Icha :D

      Delete
  11. Kreatif.. Makasih resepnya. Kapan-kapan nyoba aah.. Meski entah kapan itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..yang penting udah tahu cara bikinnya ya :D

      Delete
  12. Wah makasih resepnya, cobain ah 😁

    ReplyDelete
  13. Yummy rolade gaya baru niiiyy...coba aaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Ety...hehe
      siip, silahkan dicoba

      Delete
  14. Ibu hebat dan kreatif nih..
    Uti salut loh.. bisa d8coba ini resepnya..terasa mewah di lidah kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Uti, masih hebat Uti lah
      Silahkan dicoba resepnya ya, Ti :)

      Delete
  15. Roladenya menggodaaaa.. Langsung simpan resep niii, makasih mak ika..

    ReplyDelete
  16. sepertinya dikukus saja udah bisa langsung hap kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo mau yang kukus langsung hap aja..cocolin saos, hehe

      Delete
  17. Kreatif bgt Mba. Jd pengin nyoba bikin juga di rumah. Dicocol sambel kacang kyknya enak juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok cobain, mbak. pake saus apa aja bisa kok :D

      Delete
  18. Duhhh menggoda mba.. Jadi laperr.. 😀

    ReplyDelete
  19. Mantaap idenya mbaak <3 sukak.. Dicocol sambal sama nasi hangat enak nihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Mama Athar coba bikin ini deh, ntar gantian aku nyobain resepmu ya :D

      Delete
  20. Penampakannya menggiurkan sekali Mbak. Ini resep lain dari yg lain deh... mau coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba mbak Wahyu. Pasti punya mbak Wahyu lebih menggiurkan, kan dirimu jago masak :D

      Delete
  21. mba... gak di goreng lagi kayaknya udah enak ya, terus cocol saos sambel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Santi, setelah dikukus langsung dicocol sambel juga bisa, hehe

      Delete
  22. aku bingung begitu banyak resep dari bakmi mewah, nah ini ada lagi juga enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak semua ya Bun...ayok dicoba bikin bareng anak-anak Circle

      Delete
  23. Kapan2 main kerumah Mba Ika ah... minta dibikinin rolade bakmi mewah. habisnya bikin aku ngiler inih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh...tapi bawa bakmi mewah sendiri ya, hihi :p

      Delete
  24. wah ada daun singkong. ini kreatif banget menurutku, jd ada seratnya

    ReplyDelete
  25. Aku dukung yg ini jadi juaraaaa #lalalayeyeye #sorakin pake pompom
    #trus comot roladenya satu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1