Wednesday, 1 February 2017

# Ads # Family Story

Tips Memilih Lembaga Pendidikan Berkualitas

Dear Friends,

Beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan pengalaman saya mencarikan sekolah untuk anak sulung saya yang hendak masuk SMA. Memilih lembaga pendidikan berkualitas untuk anak sekarang ini memang bukan pekerjaan mudah. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk memilih pendidikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Seperti yang dikemukakan oleh Irma Gustiana, MPsi. Psi, seorang psikolog dari Klinik Rumah Hati. Ia memaparkan bahwa kelangsungan perkembangan psikologi anak sangat bergantung dari kualitas pendidikan yang didapatkan oleh anak.


Ketika orang tua salah memilih sekolah untuk anak atau tidak sesuai dengan kebutuhan anak, dapat dipastikan hal ini bisa menyebabkan munculnya masalah perkembangan psikologi anak yang lebih besar. Karena itulah orangtua wajib melakukan pertimbangan saat mencari sekolah untuk anak-anak tercinta. 

Ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan para orangtua dalam memilih lembaga pendidikan berkualitas, nih. Simak, ya!

Jarak Sekolah
Untuk mendapatkan pendidikan berkualitas selain meninjau dari kurikulum orangtua juga wajib memperhatikan kondisi fisik anak. Bagaimanapun jarak sekolah juga wajib dipertimbangkan. Karena jauh dekatnya jarak sekolah ternyata berpengaruh terhadap kondisi fisik anak. Anak yang kelelahan biasanya tidak fokus dalam menerima tugas dan pelajaran di kelas. Akibatnya ilmu yang harusnya di dapat tidak bisa diserap secara maksimal dan kualitas belajarpun menjadi kurang.

Biaya Sekolah
Biaya sekolah juga wajib dievaluasi. Biasanya biaya pendidikan yang mahal berpengaruh terhadap kualitas pendidikan yang diberikan. Tak selalu harus membayar mahal untuk mendapatkan pendidikan berkualitas bagi anak. Masih banyak sekolah atau lembaga pendidikan memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau. Sebagai orang tua, kita harus bijak memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Jangan sampai anak putus sekolah karena kekurangan biaya. Karena bila hal ini terjadi, tentu harapan anak untuk mencapai cita - citanyapun akan pupus.

Kondisi Sekolah
Kondisi atau lingkungan proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan siswa. Fasilitas dan sarana prasarana yang tidak memadahi dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan pendidikan dan menurunnya kualitas belajar.

Jenis Sekolah
Ada beberapa jenis sekolah atau lembaga pendidikan di Indonesia yang berbasis agama, sekolah bertaraf internasional, sekolah negeri, sekolah swasta atau sekolah nasional plus. Semua lembaga pendidikan ini sama-sama menawarkan pendidikan berkualitas, namun pada fokus yang berbeda. Orangtua wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap institusi pendidikan yang akan dipilih. Hal ini dilakukan agar kita sebagai orangtua menemukan lembaga pendidikan yang sesuai dan pas untuk kebutuhan anak.

Bahasa Pengantar
Banyaknya program yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan menuntut orangtua untuk lebih selektif dan benar-benar memahami karakter anak. Sebagian anak memang memiliki kemampuan cepat dalam menyerap bahasa asing, sehingga ia tidak mengalami kesulitan mengenal bahasa asing. Namun belum tentu sebagian lainya. Banyak juga anak yang kesulitan menyimak atau memahami bahasa asing. Ini dapat menjadi bumerang bagi anak. Akibatnya kualitas belajar anak menjadi menurun karena bahasa pengantar yang dipakai tidak dapat dipahami oleh anak tersebut. Oleh karenanya untuk mendapatkan pendidikan berkualitas maka perhatikan pula bahasa pengantar yang dipakai pengajar. Sesuaikan dengan kemampuan anak agar didapatkan pendidikan yang efektif dan berkualitas.

Komposisi Kelas
Kualitas pendidikan juga dipengaruhi oleh komposisi kelas. Semakin banyak anak di dalam kelas membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Hal ini berpengaruh terhadap kualitas penyerapan materi siswa. Disarankan memilih sekolah atau lembaga pendidikan yang memiliki komposisi kelas kecil. Misal hanya 25 anak di dalam kelas. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan satu kelas berisi 40-60 orang di dalam satu kelas.

Track Record Sekolah
Sistem pendidikan berkualitas bisanya dapat dilihat dari seberapa bagus track record sekolah. Track record sekolah ini dapat diamati dari seberapa banyak prestasi akademik dan non akademik yang telah dicetak oleh sekolah. Bisa juga dilihat dari seberapa bagus kualitas alumninya.

Itulah beberapa tips memilih lembaga pendidikan berkualitas. Orangtua wajib memperhatikan hal-hal tersebut agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah memilih sekolah karena bisa berakibat pada menurunnya kualitas belajar, karakter, dan sikap anak-anak kita.



14 comments:

  1. Biaya dan keamanan transport yg jelas Mbak. Sharingnya lengkap, makasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Wahyu.
      Makasih ya sudah mampir ;)

      Delete
  2. Betul. Yang paling penting. Jangan sampai anak putus sekolah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Nisa, jangan sampe deh anak-anak kita putus sekolah hanya karena nggak bisa bayar sekolah. Kalo ada yg bebas biaya atau biayanya ringan kenapa tidak?

      Delete
  3. Sangat lengkap, ya? :o Anakku baru mau masuk sekolah nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..pengalaman waktu daftarin anak-anakku sekolah mbak. Wah, harus dipertimbangkan tips2 tadi mbak Prim

      Delete
  4. Kalau bisa, nggak jauh2. Aku nggak tega. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Esti, kalo kejauhan anaknya udah capek duluan, kasian :D

      Delete
  5. track record sekolah juga penting

    ReplyDelete
  6. Yang jadi perhatianku saat ini adalah banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya jauh-jauh dari rumah dengan alasan sekolah itu berkualitas. Padahal jaraknya cukup jauh lho Mbak. Kasihan kan anak capek di jalan.

    ReplyDelete
  7. Bener nih, cari lembaga pendidikan sesuai kebutuhan anak, jangan kyak aku pengennya masuk negri disekolahin f
    Di swasta -_-" tuh kan jd curhat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1