Thursday, 2 February 2017

# Ads # Lifestyle

Tips Merawat Mesin Absensi Agar Tahan Lama

Dear Friends,
Sebenarnya ini nggak ada hubungannya sih dengan pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga sekaligus bloger. Suatu hari suami bercerita bahwa di kantornya sekarang memiliki mesin absensi baru dengan cara menempelkan sidik jari. Jadi nggak ada satupun karyawan yang akan berbuat curang, karena mesin absensilah yang merekam dan melaporkan presensi karyawan. Tapi, perusahaan perlu waspada juga. Jangan sampai mesin absensi karyawan rusak. Kalau rusak, bisa berabe dong data-data presensi para karyawan?
Nah, kebiasaan setiap orang yang memiliki barang bergaransi (entah garansi resmi atau garansi dari penjual mesin absensi itu sendiri) adalah kurang memperhatikan perawatan barang itu sendiri. Karena tidak semua kerusakan yang terjadi dapat ditanggung oleh produsen atau penjual. Ingat, bahwa produk apapun itu Anda harus merawat dan menjaganya dengan baik. Khusus untuk mesin absensi ini mungkin saja Anda akan menemukan kerusakan atau masalah kecil di kemudian hari.


Lakukanlah perawatan sejak dini untuk menjaga kondisi mesin absensi Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Letakkan Mesin Absensi Pada Posisi yang tepat
Pilih tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan sedikit terlindungi dari cahaya lampu ruangan. Hal ini karena cahaya dapat memperngaruhi bahkan melemahkan kemampuan sensor pada mesin absensi jenis biometric. Usahakan suhu ruangan normal dan terhindar dari kelembaban. Peletakan mesin absensi pada tempat yang tepat tidak hanya memudahkan karyawan saat mengabsen namun juga menjaga daya hidup dan kinerja mesin itu sendiri.

Pembersihan Secara Berkala
Pada umumnya setiap barang elektronik harus dijaga kebersihannya terutama pada mesin absensi, apa lagi harga jual mesin absensi tidaklah murah. Debu adalah salah satu kotoran yang pasti akan menempel di permukaan yang tentunya dapat mempengaruhi dan merusak kinerja mesin. Khususnya untuk mesin absensi biometrik, sensornya sangat sensitif sehingga harus sering dibersihkan.

Anda bisa menggunakan tisu atau lap lembut yang kering untuk membersihkannya. Biasanya Anda juga akan memperoleh buku manual pengoperasian dan cara perawatan dalam satu paket saat membelinya. Sehingga Anda tidak akan salah dalam perawatannya.

Berikan Perlindungan Tambahan
Selain membersihkan secara berkala, memberikan perlindungan tambahan juga sangat berguna. Pembersihan berkala memang melindungi mesin absensi Anda dari debu dan kotoran, namun tidak dari tangan-tangan jahil yang mungkin saja merusak atau mencuri mesin tersebut. oleh karena itu gunakan rak atau lemari kaca untuk menyimpan mesin absensi tersebut saat kantor sudah tutup. Lebih baik mencegah daripada kehilangan bukan?



Untuk masalah tips-tips merawat mesin absensi ini sebenarnya Anda bisa juga bertanya kepada orang yang berkompeten atau mungkin staff di tempat jual mesin absensi yang Anda pilih. Tentu mereka lebih tahu mengenai bagaimana cara merawat dan membersihkan mesin absensi ini.


10 comments:

  1. Memang apapun harus sering dibersihkan dan dirawat biar awet ya mbak. Termasuk mesin absensi yang dipake banyak perusahaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak wahyu, kalo bersih kan awet jadinya

      Delete
  2. terimakasih tipsnya ni mbak

    ReplyDelete
  3. semuanya emang harus dirawat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..barang apapun kalo dirawat pasti akan awet

      Delete
  4. Ternyata mesin absensi bisa dibersihkan juga ya mbk, aku kira tinggal colok dan masukin jari aja hehehhe.

    Ya kalau di rawat biar awet kan mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus dirawat dong, kalo nggak dirawat mana bisa awet dan berfungsi dengan baik

      Delete
  5. Itu mesin absensinya, jaman jadul punya wkwkwk.. Inget klo absen bunyinya cengkriiing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya, masih ada mesin absensi jadul. Kalo sekarang sih kebanyakan pake yg sidik jari

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1