Saturday, 22 April 2017

# Ads # Beauty

Cara Menghilangkan Warna Kuning Kunyit di Kulit Tangan dan Wajah

Dear Friends, 

Di Indonesia, kita sudah sangat kenal dengan rempah-rempah yang satu ini. Kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki sejuta manfaat. Selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga merupakan rempah yang bermanfaat sebagai tanaman obat herbal. Biasanya kalau untuk masakan, kunyit paling sering digunakan untuk bumbu soto, gulai dan lainnya. Selain itu, kunyit juga dipakai untuk bahan campuran bumbu yang digunakan untuk menggoreng makanan, seperti ikan, ayam, tempe juga tahu. Hal ini karena kunyit memiliki aroma dan rasa yang khas serta kuat.

Selain untuk bahan masakan, kunyit juga dijadikan bahan untuk jamu, seperti kunyit asam. Di samping jamu, kunyit juga bisa dijadikan sebagai bahan masker alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sekaligus menutrisinya loh. 

Kalian tahu kan, yang membuat kunyit khas selain aromanya adalah warnanya. Hampir semua orang juga tahu kalau kunyit memiliki warna kuning yang sangat khas. Bahkan, warna kunyit ini lebih dari sekedar kuning biasa, namun lebih terlihat seperti oranye yang sangat terang. Sudah begitu, warna kunyit ini sangat kuat begitu sudah menempel di mana-mana.


Pasti diantara kalian pernah dong mengalami ketika mengupas dan mengiris kunyit. Noda bekas warnanya masih menempel di tangan hingga waktu yang cukup lama. Nggak cuma di tangan, kalau kita mengusapkan tangan pada wajah atau anggota tubuh lain, memegang sesuatu atau menggunakan blender untuk menghaluskan kunyit, sudah pasti nodanya selalu  menempel. Noda ini masih ada saja meski sudah dibersihkan dengan cara seperti apapun. Suka kesel nggak, sih?

Meskipun mengganggu, tapi tenang saja karena ada  cara menghilangkan warna kuning kunyit di wajah, tangan dan di tempat lainnya.  Cara membersihkannya mudah saja, tergantung di mana noda ini menempel.

Noda kunyit di tangan atau area kulit lainnya

Jika setelah mengupas dan mengiris kunyit, nodanya masih menempel di tangan, kalian nggakperlu bingung. Ada beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan noda kunyit tersebut. Di antaranya seperti minyak kayu, minyak zaitun, minyak jarak, alkohol yang kadarnya ringan, atau bisa dengan menggunakan parutan lengkuas. 

Caranya pun sangat mudah, dengan menggunakan salah satu dari bahan yang disebutkan tadi, kalian bisa menggosok-gosokkannya di tangan. Lakukan ini hingga noda kunyit yang menempel hilang, setelah itu kalian bisa mencuci tangan dengan menggunakan sabun, lalu bilas hingga bersih.

Noda kunyit di pakaian

Kadang tak sengaja bisa juga noda kunyit ini menempel di baju. Tak usah bingung noda ini tak mau hilang, karena ada cara alami yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkannya. Untuk membersihkan noda kunyit yang menempel di baju, kalian bisa menggunakan jeruk nipis, garam atau air kapur sirih. 

Kalian cukup memilih salah satu saja dari bahan-bahan tersebut, lalu gunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian baju yang terkena noda kunyit. Kemudian, kalian bisa mengucek lalu membilasnya hingga noda warna kuning kunyit tersebut memudar. Ketika sudah pudar, saatnya membersihkannya dengan menggunakan air. Untuk menghilangkan noda kunyit pada baju dengan sempurna, kalian  hanya perlu mencuci baju tersebut setelahnya secara normal.

Noda kunyit di blender

Noda kunyit yang menempel di blender, pasti kalian juga mengalaminya, kan. Apalagi ketika memasak makanan dengan memakai bumbu yang berbahan kunyit. Setelah diblender, noda warna dari kunyit masih tersisa dan menempel di blender. Noda kunyit tersebut pasti mengganggu dan susah hilang dengan dibersihkan memakai sabun cuci biasa. 

Kalian  bisa membersihkan dan menghilangkannya dengan menggunakan campuran bahan alami. Siapkan saja pasta baking soda dan air, campurkan kedua bahan dan aduk hingga tercampur dengan rata. Oh iya, gunakan airnya sedikit saja. Aduk terus hingga tekstur campurannya mengental dan mirip seperti pasta gigi. Ini mengapa kalian hanya perlu memakai air sedikit saja, supaya hasilnya tidak terlalu encer. Setelah teksturnya sudah pas, kalian bisa mengoleskannya pada bagian blender yang tadinya terkena bercak noda kunyit. Oleskan dan gosok hingga warna kuning kunyitnya memudar dan sampai hilang. Setelah itu, kalian bisa mencuci blender dengan sabun dan membilasnya hingga bersih.

Nah, itu dia cara-cara alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas kunyit. Selamat mencoba, ya.



7 comments:

  1. Makasih infonya, blenderku kuning-kuning hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..coba bersihin dengan cara tadi ya mbak Wur

      Delete
  2. Wah tipsnya boleh dicoba nih, iya suka malu kalau masak bumbu kuning ada kunyit nempel di tangan, nanti kucoba ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mbak Vita, selamat mencoba ya :D

      Delete
  3. nanti coba aahh, biasanya kalo habis pegang kunyit tangan saya langsung kuning dan susah banget hilangnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kesannya kotor ya mbak Ira. Selamat mencoba ya ;)

      Delete
  4. Aku dulu sering nih mbak, tangan jadi kuning, blender jadi ada oren-orennya. Sekarang gak pernah lagi cos aku pakai kunyit bubuk. qiqiqi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1