Monday, 22 May 2017

# Blogging # JNE

I Love Monday, Tren Millenial di JNE

 Dear Friends,

I Hate Monday. Entah kenapa kalo hari Senin bawaannya males aja, ya. Pengennya sih libur lagi dan nggak pengen weekend berlalu dengan cepat. Nggak hanya anak-anak sekolah ternyata fenomena "I Hate Monday" juga melanda di kalangan pekerja. Emang sih, hari Senin itu identik dengan hari "hectic" dimana anak-anak sekolah musti upacara, pegawai negeri apel pagi dan karyawan kantoran dimintai laporan mingguan.

Agar fenomena "I Hate Monday" tidak melanda berkepanjangan, maka banyak perusahaan yang membuat program khusus di awal pekan agar hari Senin menjadi spesial dan membangkitkan semangat baru untuk beraktivitas. Dunia kerja yang saat ini didominasi oleh anak-anak muda yang merupakan generasi milenial yang memiliki kebiasaan berbeda. Nah, kondisi seperti ini terjadi di hampir semua perusahaan termasuk JNE, yaitu sebuah perusahaan jasa pengiriman ekspres ternama di Indonesia.

Sebagian besar karyawan JNE mayoritas berusia antara 20-35 tahun dimana usia mereka termasuk dalam generasi milenial. Jadi JNE membuat program khusus bernama "I Love Monday" yaitu penerapan casual dress code bagi karyawan back office.

Presiden Direktur JNE, M. Feriadi
Presiden Direktur JNE, M. Feriadi mengatakan bahwa mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, namun tetap dalam etika maupun norma perusahaan. Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja, terutama di hari Senin. Saat ini diawali dengan penerapan bagi karyawan di kantor pusat, tetapi selanjutnya casual dress code setiap hari Senin akan dijalankan juga oleh karyawan back office JNE di seluruh Indonesia.

Wah, asik ya karena para karyawan bisa memakai pakaian yang sesuai dengan karakter mereka. Asal jangan kostum aneh ya? Bisa-bisa jadi pusat perhatian dan malah bikin rekan-rekan kerjanya nggak fokus kerja. Hehe.

Karyawan JNE
Nggak hanya di lingkungan kerja saja, tren millenial juga mengubah kebiasaan aktivitas pengiriman paket yang dilakukan oleh masyarakat. Kalau 10 tahun lalu jasa pengiriman paket didominasi oleh pengiriman paket pribadi tapi sekarang aktivitas pengiriman paket sudah menjadi bagian dari banyak orang. Hal ini disebabkan karena perkembangan e-commerce yang menyentuh hampir semua produk-produk konsumsi dan perilaku masyarakat yang kini lebih menyukai aktivitas belanja online daripada belanja offline. Kondisi ini membuat JNE terus melakukan inovasi produk layanan maupun program lainnya.

Sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik, JNE tidak hanya berpartisipasi dalam bidang yang berkaitan dengan perekonomian, tapi juga bidang lainnya. Perkembangan teknologi membuka peluang bagi siapapun untuk melakukan aktivitas pengiriman paket dengan mudah karena internet. JNE pun selalu memiliki peran di berbagai bidang, seperti olahraga, pendidikan, sosial, budaya, dan sebagainya.

Pengetahuan yang semakin berkembang serta teknologi semakin canggih menuntut kita untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya. Hal ini tentunya harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang turut berkembang juga. Pengembangan dan inovasi tidak hanya dilakukan dalam hal-hal besar saja tapi juga hal kecil seperti menciptakan suasana yang nyaman dan ceria.

Terbukti loh, dengan penerapan casual dress code setiap hari Senin dalam “I Love Monday” di JNE, antusiasme karyawan sangat tinggi. Bahkan karyawan yang berada di cabang pun turut meminta agar hal ini juga diberlakukan di seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan sampai membeli baju baru agar bisa fresh dan maksimal di awal pekan. Kalau sudah tampil fresh tentunya kepercayaan diri makin bertambah. Kreativitas akan muncul sehingga berdampak pada peningkatan produktifitas dan performa kinerja.

I Hate Monday? 

No. I Love Monday

20 comments:

  1. Emang enak baju bebas, tapi kakau gak ada seragam juga jadi boros baju 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, tapi kan asyik kalo pake baju yang kita suka..hehe

      Delete
  2. Ini salah satu andalan akuuuu mba...memang oke servicenyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...beneran mbak Indah? suka dengan layanannya ya

      Delete
  3. Kalo aku rasanya ya hampir sama aja antara monday dan hari lainnya, karena kerja di rumah n anak2 belom sekolah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama aja sih...dengan hari2 lainnya, bedanya hari Minggu doang, bisa masak siang2, hihi

      Delete
  4. I love monday, untunglah tak ada seragam di kerjaku ini. Bebas sopan energik heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I love every day...hehe. Baju kerjaku juga bebas mbak Wahyu

      Delete
  5. Karyawan JNE bisa jadi semangat tuh nganter2in kiriman kita..Hihi

    ReplyDelete
  6. warna merah memang bikin semangat kerja ya mbak, aku suka warna merah.semoga makin nambah ya pelanggannya jne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi sebagian orang iya mbak. Aku juga suka warna merah

      Delete
  7. Aaah sampai sekarang jne masih jadi andalanku :)

    ReplyDelete
  8. karena di kantor ku gak ada seragam, jadiii I Love Everyday ...
    tapi emang hari senin itu butuh semangat tambahan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kntorku seragamnya daster sama celana kolor ajah...hihi
      I Love everyday too :D

      Delete
  9. aku masih suka terkaget-kaget sih dengan kebiasaan anakku yang santai banget dengan baju ke kantornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya casual gitu mbak? malah asyik kayaknya, ya hehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1