Friday, 26 May 2017

# Arisan Blog Gandjel Rel # Culinary

5 Menu Favorit di Bulan Ramadan

Dear Friends,
Tak terasa kita telah memasuki bulan Ramadan ya. Biasanya apa aja sih, yang teman-teman persiapkan selain persiapan fisik dan mental? Ada yang jawab, persiapan bikin menu buka dan sahur, ada pula yang menyiapkan kebutuhan selama bulan puasa, ada lagi yang jawab persiapan belanja lebaran *padahal puasa aja belom. LOL.

Persiapan yang saya lakukan sih nggak hanya fisik tetapi juga mental. Saya masih nggak bisa nahan nafsu amarah nih (pe er banget). Kalo habis marah sama anak-anak biasanya saya minta maafnya dengan bikinin  masakan favorit mereka. Hihi.

Kebetulan banget tema arisan blog kali ini adalah masakan favorit saat bulan Ramadan. Yang dapat arisan kali ini adalah sahabat saya tercinta mbakyu Hidayah Sulistyowati yang biasa dipanggil mbak Wati dan Ika Hardiyan Aksari aka Diyanika yang sering dipanggil Umi Ghifa. Pas banget ya, untuk menghadapi bulan Ramadan ini. Kali aja ada yang menginspirasi mereka bikin masakan yang sama.

Selama Ramadan biasanya saya masak masakan yang nggak ribet. Seringnya sih tumis-tumisan, soto, sop atau sayur bening gitu. Tapi kalo lagi males masak biasanya sih, saya beli sayur matang. Jadi tinggal masak nasi dan nyiapin takjil aja. 

Sebenarnya ada banyak makanan favorit saya dan keluarga di bulan Ramadan. Tapi ada 5 makanan yang paling favorit dan harus ada di meja makan tiap bulan Ramadan. Apa saja?

1. Fillet Kakap Cabai Hijau

Fillet kakap cabai hijau
Sebenarnya masakan ini nggak harus pake fillet kakap. Fillet ikan apapun bisa. Biasanya saya beli fillet yang sudah bersih. Yang paling sering sih, fillet ikan kakap ini. Cara membuatnya gampang banget, loh. Pengen nyoba bikin? Nih, saya kasih resepnya ya.
Siapin aja :
500 gr fillet ikan kakap, potong sesuai selera
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabai hijau
5 buah cabai rawit
4 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdm gula pasir
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng 
100 ml air

Cara membuat :
  1. Potong fillet kakap sesuai selera, lumuri dengan air jeruk nipis, cuci bersih kemudian goreng setengah matang.
  2. Sembari menggoreng, iris-iris bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. 
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah layu, masukkan irisan cabai, tumis hingga layu.
  4. Masukkan fillet ikan yang sudah digoreng, aduk-aduk. Tambahkan air. Aduk.
  5. Rambahkan kecap manis, saus tiram, gula pasir dan garam. Aduk lagi hingga rata.
  6. Tunggu hingga air menyusut. Koreksi rasa.
  7. Fillet ikan cabai hijau siap dihidangkan.
Tuuh kan, gampang banget bikinnya.

2. Soto Ayam/ Daging


Soto ayam
Biasanya anak-anak minta soto ayam atau daging sapi untuk dimakan saat buka puasa. Mungkin karena seharian puasa dan dehidrasi jadi pengennya makan makanan berkuah gitu ya. Biasanya sih saya tambahi lauk tempe goreng atau perkedel kentang. Aiih, jadi ngiler kaan.

3. Sup Jagung Manis

Sup jagung manis

Kalau sedang males masak, biasanya saya selalu membeli sup jagung di warung langganan. Sup jagung ini hanya dijual saat Ramadan saja oleh Ibu penjualnya. Harganya murah dan enak. Semangkuk besar sup jagung bisa saya habiskan sendiri, loh saking enaknya. Hihi.

4. Ayam Kecap

Ayam kecap
Ayam kecap ini bukan hanya favorit anak-anak saja tapi juga saya dan suami. Masaknya nggak butuh waktu lama kok. Biasanya ini menu buat sahur, sih. Tinggal cemplung-cemplung bumbu dan ungkep ayam hingga berkaramel. Hmm...sedaaap. Anak-anak makin bernafsu makan sahurnya. 

5. Pecel Sayur

Pecel sayur
Biasanya kalo sudah bosan dengan menu ikan, ayam atau daging, pilihan pertama untuk menu berbuka adalah pecel sayur. Tinggal rebus-rebus sayur, goreng tahu atau tempe dan nyiapin sambel pecel aja. Lauknya biasanya kalau nggak telur ceplok ya krupuk. Itu aja sudah meriah banget, loh.

Nah, itu dia 5 menu favorit saya dan keluarga saat bulan Ramadan, friends. Hidangan berbuka atau sahur nggak harus mahal dan ribet, kok. Sederhana tapi tetap bergizi.

Dan yang paling penting, jangan sampai berlebih-lebihan dalam menyiapkan hidangan karena sejatinya puasa itu melatih diri kita untuk menahan hawa nafsu. Kalau sudah terlanjur membuat masakan dengan jumlah banyak, boleh juga dibagi-bagi untuk orang yang membutuhkan. Itung-itung sedekah dan pahala kitapun makin berlimpah. *ceramah ala mamah dedeh.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, friends. Mohon maaf lahir batin. 😊😊


66 comments:

  1. semuanya suka semua mbak...apalagi untuk buka puasa ya, anak2 juga pasti suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...enak semua ya mbak Ningrum, makanya ini yang jadi favorit

      Delete
  2. Replies
    1. Enaaak banget, Nun. Ayok, bikin buat sahur

      Delete
  3. Nah artikel-artikel yang kayak begini ni saya suka. Tapi sayang, diatara menu yang dibagikan, semuanya terlalu berat bagi anak kos bu 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..masak sih, ini udah lumayan hemat loh

      Delete
  4. kalo di palembang menunya pasti... pempek :D selalu jadi pembuka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu...tuh kan aku jadi pengen pempek Palembang kaaan, Koh

      Delete
  5. Di daerah saya di pasar Ramadan ada yang jual pecel di mana beliau cuma jualan waktu Ramadan. Jadi itu menu wajib juga di keluarga saya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ngalap berkah saat Ramadan ya mbak, makanya banyak yang jualan makanan atau takjil saat Ramadan. Menunya sederhana tapi menyehatkan ya mbak

      Delete
  6. ehmmm .. ayam kecap ... maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak banget, makanya jd lauk favorit

      Delete
  7. Kalau saya pribadi sahur paling suka makan ikan telang/tenggiri asin asam manis. Bisa nambah berkali-kali kalau lagi sahur

    ReplyDelete
  8. Saya lagi berencana mau bikin soto ayam buat berbuka puasa. Rasanya segar. Kalau sop jagung manis lumayan sering bikin karena gampang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simple ya Ma Chi..bikinnya, hari ini aku mah masak bening bayem ajah, :D

      Delete
  9. Lap iler.. Enak-enak.. Masakin dong mbak, hihi

    ReplyDelete
  10. sabar.. sabar... ngilernya nunggu tar maghrib aja... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, mbak Diiin...sekarang juga ga pa2 og

      Delete
  11. Saya selera banget dengan Sop Jagungnya mbak, tahu nggak cara buatnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...saya ggak tahu cara bikinnya mbaak, ntar deh aku tanyain ibu2 warungnya :D

      Delete
  12. Krn efek laper dan lemes, aku lgs kriukan liat semua makanan di atas hihihi :D. Hr ini menu berbukaku , dimasakin bakso ama pembantunya mama mba.. :D. Kalo lg laper2nya gini, semua makanan dijamin pasti enak ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaah...enak itu mbak Fanny, pasti seger deh, habis puasa seharian makan yg berkuah-kuah

      Delete
  13. Karena ngekos dan jauh dari orangtua, kayaknya mending beli atau nyari takjil gratisan deh hehe, biar lebih praktis xD

    www.asysyifaahs.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo ngekos mah beli aja dek, lebih praktis

      Delete
  14. Cobain sup jagungnya ah..... Kyaknya seger buat buka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget Mar. Coba aja, bikin sendiri :D

      Delete
  15. pengen sup jagungnyaa mba ikaa...enak y, bayangin maeme anget2 gt... sedapppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak banget kalo dimakan pas anget2 mbak rahma...segeeer

      Delete
  16. Untung bacanya udah kenyang, bikin ngiler semua mba. Ayamnya bagi resep dong, mupeng buat sahur juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak Wati, ntar kapan2 aku tulis resepnya deh

      Delete
  17. Aku yang favorit itu ayam kecap sama pecel nya... hmm.. jadi ngiler ngebayangin nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paduan yang sungguh sedap ya mbak, hehe

      Delete
  18. Pengen fillet kakap, tapi nang ndeso ora ono mbaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ganti fillet lain loh mbak Irfa, hehe

      Delete
  19. Sup jagungnya menggoda mbak ika..marai kemecer apalagi kena pilek enak bgt kalo bs makan itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaak banget, makanya ini favorit banget. Apalagi kalo dimakan hangat2

      Delete
  20. Buka puasa pake soto emang seger banget ya mbak apalagi ditemenin ama mendoan. Yaa salaaamm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nambah berapa kali ya, say...hihi

      Delete
  21. Pengen nyoba sop jagung manisnya mbak..beli dmn mb? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di warung dekat rumah kok mbak Icha. Enak banget

      Delete
  22. Aku pengen cb resep fillet kakapnya nih mbak.sepertinya gampil yach..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget dek...cobain deh. Bisa dibikin sup juga buat Intan

      Delete
  23. Belum pernah masak kakap dicabe ijo gini, nyoba ahh... makasii mba ika idenya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dicoba resepnya mbak Nurul...gampang banget loh

      Delete
  24. Soto Daging dan Soup Jagung nya mantabbbb .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Top Markotop..endang bambang gulindang

      Delete
  25. Makanannya kok emak2 semuaaaa sih mbk.Duh nunggu buka puasa masih lama, udah ngeces bgt liatnya.hihi

    ReplyDelete
  26. Filet kakap itu kesukaan Vani bamget mbak Ika. Biasanya sih digoreng tepung, sebagian buat makan sebagiannya lagi digado :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fillet kakap juga enak banget digoreng tepung mbak Anjar, anak2ku juga suka. Kalo yg ini sih modifikasi aja, biar nggak bosen, hehe

      Delete
  27. Sup jagung manis aku suka tapi ogah masak sendiri. Hihi. Beli mateng 1 baskom bisa dmakan serumah pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak puol mbak Untari...aku juga belinya banyaak

      Delete
  28. Enak-enak semua menunya.. kepikiran mau masak nih jadinya buat menu buka puasa minggu ini mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya, enak-enak semua, makanya ini jadi menu favorit mbak :D

      Delete
  29. Ha-ha-ha...Aku malah ingat, pas aku marah sama muridku, ada yang bilang gini,"Bu Ika, puasanya batal lho kalo marah2." Aku njur guyu to, Mbak. Muridku Ki jian tenan. Hihihi.

    Soto ayam, 2 hari lalu Ibuk masak. Suegeeer puol, Mbak, pas disantap waktu berbuka.

    Makasih ya, Mbak, sudah ikut meramaikan arisan blog kedua ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah loh, bu Guru marah2..hihi.

      Seneng deh bisa nulis ini, jadi pada tahu kan makanan favorit keluargaku pas buka puasa

      Delete
  30. Menuku puasa g puasa sama, favorit tetep yg berbahan ikan dan sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, hampir sama menunya. Tapi kalo pas ramadan..menu ini sih yang paling sering diminta sama anak-anak, hehe

      Delete
  31. aku belum berhasil bikin sup jagung hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trial terus mbak Indri, ntar lama2 bisa juga.
      Kalo aku sih senengnya beli aja, hihi

      Delete
  32. aku alergi ikan kakap, jadi nyaris nggak pernah buat dan nyoba. Karena saking alerginya, misalnya aku kemakan makanan yang sama sendoknya dengan sendok yang bekas nyiduk lauk kakap, badanku langsung biduran. jadi buat aman, aku nggak pernah masak kakap di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh, bisa sampe segitunya ya mbak Ade? Kalo ikan lain alergi nggak?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1