Monday, 12 June 2017

# Alfamart # Lifestyle

Tips Hemat Belanja Selama Bulan Puasa dan Hari Raya

Dear Friends,

Mestinya bulan puasa atau bulan ramadan adalah bulan dimana kita bisa berhemat. Dari yang biasanya makan tiga kali jadi dua kali. Dari yang biasanya jajan-jajan bakso atau ngemil-ngemil cantik di kafe, jadi nggak jajan dan nggak ngemil di kafe. *tapi tetep ngemil saat malam hari. LOL.

Harusnya lebih hemat, kan?

Faktanya?

Pengeluaran kita selama bulan puasa sama aja dengan bulan-bulan biasanya, bahkan banyak juga yang pengeluarannya malah melebihi bulan-bulan lainnya.

Kok bisa?

Hayo jujur, siapa yang suka kalap kalau belanja makanan atau takjil buat buka puasa? Beli makanan dan takjil sampai beberapa macam. Padahal kalau sudah buka, paling hanya sedikit yang bisa kita makan. Sisanya nggak kemakan. Nah, akhirnya jadi mubazir kan?

Oke, mungkin pengeluaran kita untuk belanja makanan sedikit membengkak tapi jangan sampai pengeluaran kita untuk kebutuhan yang lain jadi membengkak juga, dong. Pinter-pinternya kita menyiasati supaya anggaran bulan ramadan ini aman hingga THR datang. Hehe.

Gimana caranya? Simak tipsnya, ya!

Belanja Sesuai Kebutuhan bukan Keinginan

Nggak bisa dipungkiri, kalau sedang puasa pengennya makan ini makan itu banyak sekali *kayak lagunya Doraemon. LOL. Apalagi kalau anggota keluarganya lumayan banyak seperti saya. Yang satu pengennya makan takjil gorengan, yang satunya lagi pengennya kue. Kalau dituruti semua, makin banyak lah pengeluaran kita. Makanya sebisa mungkin, bikin kesepakatan bersama anggota keluarga tentang menu berbuka puasa atau takjil yang akan dibeli. Nah, kalau sudah sepakat baru beli deh. Beli sesuai jumlah anggota keluarga. Jangan sampai anggota keluarganya cuma 5 orang tapi belinya kayak untuk 50 orang. Berlebihan namanya. Kecuali kalau untuk dibagi-bagi ya, beda lagi.

Dahulukan Kebutuhan Primer daripada Sekunder

Coba sebutkan apa saja kebutuhan primer kita. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, sebab kalau tidak dipenuhi akan menghambat kehidupan kita. Contohnya makanan, air, listrik, kebutuhan rumah tangga dan sebagainya. Sebisa mungkin itu yang didahulukan. Kalau makan di luar, ngafe, piknik, itu mah bisa nanti-nanti ya.

Catat Kebutuhan yang Akan Dibeli

Ini nih yang paling sering dilewatkan ketika akan berbelanja. Padahal kalau kita sudah mencatat barang yang akan dibeli, kita nggak akan belanja diluar yang sudah tercatat. Jadi kita nggak akan lirak lirik barang yang lain deh.

Manfaatkan Promo Belanja

Manfaatkan promo belanja, promo diskon dan promo-promo lainnya. Kan lumayan tuh, kalo bisa belanja kebutuhan sehari-hari dengan harga promo. Seperti yang sekarang tengah berlangsung di Alfamart yaitu Promo Pak Rahmat (*jadi ingat sama teman suami yang namanya pak Rahmat) dan Promo Home Care.  Promo Pak Rahmat adalah Paket Ramadan Hemat dari Alfamart dan Promo Home Care setelah hari raya. 


Ada empat jenis promo loh, yang ditawarkan oleh Pak Rahmat yaitu Pak Rahmat Buka Puasa, Pak Rahmat Sahur, Pak Rahmat THR dan Pak Rahmat Mudik.

Promo Pak Rahmat ini berlangsung selama 2 periode, yaitu dari tanggal 1-15 Juni 2017 dan tanggal 16-30 Juni 2017. Sedangkan promo Home Care mulai tanggal 1-15 Juli 2017. Cuma 15 hari saja tiap periodenya. Jadi harus bener-bener dimanfaatkan nih promonya.
 
Nah, sekarang ini sedang ada promo tebus murah cuma Rp 500. Pasti banyak yang suka nih.


Prmo Pak Rahmat periode 1-15 Juni 2017
Promo Pak Rahmat periode 16-30 Juni 2017

Promo Home Care periode 1-15 Juli 2017

Gimana sih caranya biar bisa tebus murah di Alfamart?

Caranya, cukup belanja produk sponsor (Pak Rahmat) minimal Rp 75.000,- kita sudah bisa tebus murah salah satu produk hadiah seperti  wafer tango kaleng 385g, richeese nabati 350g, nissin wafer 330g,  minyak goreng tropical pouch 1 liter, sirup marjan 460ml atau sirup ABC 485g dengan Rp 500,- aja. Untuu..ung ada Alfamart di dekat rumah, jadi bisa cepet-cepet berburu promo dan nebus beberapa barang. Kan lumayan tuh, bisa jadi penghias meja buat hari raya.

Loh, kemarin saya belanja lebih dari Rp 75.000,- kok nggak bisa tebus murah sih?

Baca dulu dong syarat dan ketentuannya. Kalian baru bisa tebus murah kalau belanja produk sponsor sebesar Rp 75.000,-. Kalau bukan produk sponsor ya nggak bisa. Nah, teliti sebelum belanja ya!

Begitu pula dengan promo Home Care. Kita cuma perlu belanja produk sponsor sebesar Rp 60.000,- untuk bisa tebus murah minyak (Bimoli, Filma, Tropical) kemasan pouch 1 liter, Frisian Flag SKM Gold 385 gr atau Nice Facial tissue 250s dengan Rp 500,- saja.


Beneran nih bisa tebus murah dengan gopek aja?

Nggak cuma bisa nebus murah dengan uang gopek aja, kita juga berkesempatan  ikutan racing poin dengan cara mendaftarkan email dan submit kode unik yang ada di ekor struk. Kita bisa mendapatkan banyak hadiah seperti mobil, sepeda motor, kamera mirrorless, smartphone dan lainnya. Baca info lengkap tentang Loyalty Program Poin  di website resmi Alfamart.

Ayo buruan manfaatkan promo ini sebaik-baiknya. Lumayan loh, kita bisa menghemat pengeluaran. Jadi, sisa uangnya bisa kita pakai buat yang lain deh.



44 comments:

  1. Udah nyobain promo pakrahmat mbaa...bisa hemat �� buat beli takjil deh hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...bikin ketagihan promonya ya. Pengen lagi

      Delete
  2. promo selalu jadi teman baik ibu ibu

    ReplyDelete
  3. pak rahmat ini bikin menggoda mba sayangnya THR masih beku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...semoga yang beku2 segera cair ya Teh :D

      Delete
  4. ngincer biskuit sama sirupnya ih, luamayn buat stok suguhan nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...lumayan juga kalo bisa nebus banyak, ya :D

      Delete
  5. Waaaah, makasih banyak infonya mbak Ika

    ReplyDelete
  6. Manfaatin promo, itu prinsip emak cerdas, haha... dengan biaya sesedikit-sedikitnya, mendapatkan barang sebanyak-banyaknyaa.. Jadi penasaran pengen nangkap Pak Rahmat juga, wkwkwk.. #PakRahmatdiAlfamart loh, bukan Pak Rahmat yang lain. haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok kita tangkap dan manfaatin Pak Rahmat yuuk, wkwkwk :p

      Delete
  7. murah bangettttt,,,,,,, aah barang murah memang godaan wanita yg paling berat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mara, bener banget...kan sisa uangnya bisa buat belanja yg lain jadinya ya

      Delete
  8. Iya Nih, aku pun pas puasa kok ngerasa belanjanya jadi tambah banyak. Sumber utamanya emang dari makanan. Mulut sih puasa, tapi mata suka lapar hahaha... Untungnya ada Pak Rahmat yang bisa membantu ngerem cashflow belanja, ya. 500 gitu lho buat beli minyak goreng. Kapan lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu tuh problematika kita semua, Teh. Boros belanja makanan. Pak Rahmat ini kayak penolong nih...hihi

      Delete
  9. Yakss.. promo di bulan ramadan memang harus doptimalkan banget, apalagi buat wanita yang harus pintar belanja. Promo-promo Alfamart ini solusi banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bener banget, jadi harus bener2 manfaatin promo yg ada

      Delete
  10. bener mba apalagi pas bulan ramadan banyak keperluan ya, perlu belanja hemat, syukurlah ada #PakRahmatDiAlfamart idaman emak2 banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, ternyata Pak Rahmat punya banyak penggemar ya

      Delete
  11. Catat kebutuhan belanja. Nih penting banget.. Selain biar enggak lupa juga, sama bisa terkontrol belanjaannya. Tapi kadang aku suka melenceng dikit sihh.. dari list belanjaannya. Hihihihi... *pengakuan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..aku juga gitu kadang2 mbak, awalnya mau beli ini akhirnya yang itu juga kebeli...wkwkwk

      Delete
  12. Aku mupeng sama hadiah kameranya.. hihi

    ReplyDelete
  13. Untung aku dah nebus. Tinggal masukkin kodenya aja nih. Kali aja beruntung dapet hadiah dari Pak Rahmat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga dapat hadiahnya ya dek

      Delete
  14. Asyik bgt ya promonya pak rahmat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jangan lewatkan kesempatan ini ya

      Delete
  15. Kadang kita mmg suka lupa ya, kebutuhan sekunder keburu bgt dibeli tp lupa sm kebutuhan primer. Terima kasih sdh diingatkan, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mbak Ria, manusiawi sekali, kadang saya juga suka khilaf :p

      Delete
  16. Lumayan banget makk tebus mudahnya bisa buat isian parcel 😂😂

    ReplyDelete
  17. Aku nggak mudik Mbaaa, huwaaaa T_T
    Tapi belanja mah teteup >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puk2 Nyak Rotun. InsyaAllah tahun depan mudik yak
      Sebagai gantinya belanja aja yg banyak, Nyak :p

      Delete
  18. Nah iya, aku juga mikirnya seharusnya puasa mah jadi lebih hemat krna makannya cuma 2x, ehh keseringan malah bablas.

    Mau belanjaa aahh..hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kenapa ya...kenapa?
      Makanya sekarang pilih-pilih kalo mau belanja, mana yg banyak promonya, wkwkwk

      Delete
  19. Aku punya kartunya lhooo bisa dapet poin juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah.sipp, aku juga punya. Bisa ngumpulin poin yaa

      Delete
  20. Puasa kemarin saya udah ngurangin kegiatan bukber, apalagi kalau diadakan di cafe. Waduh...bisa jebol tuh keuangan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..aku juga, tapi ya gitu deh, jajannya anak-anak juga banyaak, wkwkwk

      Delete
  21. Pak Rahmat baik banget ya mbak.. semoga tahun dwpan ada lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, terbantu banget deh dengan adanya pak Rahmat ini. Semoga ada lagi ya mbak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1