Saturday, 10 June 2017

# Fashion # Lifestyle

Bingung Memilih Baju Lebaran? Baca Dulu Tipsnya!

Dear Friends,

Alhamdulillah ya temans, tak terasa kita sudah berada di pertengahan bulan Ramadan. Artinya sebentar lagi kita akan merayakan hari kemenangan, nih. Biasanya persiapan-persiapan untuk menyambut hari raya sudah mulai dilakukan. Mulai dari membuat kue-kue lebaran *kalo saya sih beli aja, lebih praktis (ini sih karena males bikin), menyiapkan keperluan mudik (bagi yang mudik kayak saya) dan pastinya membeli baju-baju lebaran.

Sebenarnya nggak ada yang mewajibkan untuk membeli baju lebaran. Tapi sepertinya sudah jadi kebiasaan umum masyarakat kita untuk tampil spesial di hari raya. Apalagi hari raya adalah momen spesial dimana kita akan saling bersilaturrahim dengan sanak keluarga, tetangga hingga rekan-rekan sejawat. Jadi pasti pengen dong, bisa tampil spesial dan beda dengan hari-hari biasa. Iya apa iya?

Tapi kadang, karena begitu banyaknya pilihan model baju terutama baju perempuan, biasanya kita jadi bingung menentukan pilihan. Mau tampil casual, semi resmi atau resmi?

Nah, mending kalian baca dulu deh, tips memilih baju lebaran ala saya.

Pilih Mode Baju dengan Bahan yang Nyaman


Model bajunya bagus, tapi bahannya nggak sesuai untuk iklim di daerah kita pastinya bikin kita nggak nyaman memakainya. Misalnya nih, kita tinggal di daerah yang iklimnya panas tapi pakai baju yang bahannya nggak bisa menyerap keringat. Bisa-bisa keringat kita bercucuran, deh.

Sesuaikan Warna Baju dengan Warna Kulit

Ternyata warna kulit kita juga berpengaruh terhadap pemilihan warna baju yang akan kita pakai, loh. Kalo kulit kita putih bersih pake warna-warna lembut, tapi beda kondisi ini pasti berbeda dengan warna kulit lainnya. Kulit kuning langsat cocok memakai baju dengan warna-warna tropis seperti kuning, jingga, merah, hijau dan biru. Bagi yang berkulit sawo matang paling cocok memakai warna navy, pink pastel, biru pastel dan coklat muda. Sedangkan bagi yang memiliki kulit cenderung gelap paling cocok menggunakan baju berwarna tanah yang lembut. Coba lihat, bagaimana warna kulit kalian.

Sesuaikan Baju dengan Bentuk dan Ukuran Tubuh


Penting juga memilih baju yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh kita. Jangan sampai kita memilih pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pilih ukuran yang pas dengan bentuk tubuh kita. Kalau terlalu besar atau terlalu kecil, bisa-bisa kita malah nggak nyaman memakainya. Kita juga nggak akan bisa bebas bergerak, kan.

Perhatikan Motif Baju

Kadang-kadang kita pengen juga ya beli baju yang bermotif atau beraksen. Misalnya motif polkadot, garis-garis (stripes), atau bunga-bunga. Ternyata bentuk dan postur tubuh kita mempengaruhi pemilihan motif baju yang akan kita pakai. Misalnya nih, bagi yang bertubuh kurus sebisa mungkin hindari memakai pakaian dengan motif stripes vertikal atau bunga-bunga kecil, karena akan semakin terlihat kurus. Sebaliknya, kalian yang berbadan kurus disarankan untuk memakai baju dengan dengan stripes horisontal atau motif bunga-bunga yang berukuran besar.

Sedangkan yang bertubuh gemuk (berisi) hindari memakai baju yang bermotif stripes vertikal atau baju dengan motif bunga besar-besar, karena akan membuat kita nampak lebih gemuk. Sebaliknya, kalian yang berbadan gemuk sebisa mungkin memakai baju dengan stripes vertikal atau motif bunga-bunga dengan ukuran kecil.

Pilih Baju yang Sesuai dengan Tempat kita Berlebaran

Kondisi sosial masyarakat kota dengan masyarakat desa sangat berbeda. Di kampung, adat istiadat, tradisi dengan orang-orangnya yang bersahaja. Bagi kita yang akan berlebaran di kampung halaman, hendaknya menyesuaikan diri dengan kondisi di lingkungan desa. Jadi, sebisa mungkin kita memakai baju dengan model yang simple sehingga kita bisa menyesuaikan dengan masyarakat di sana.

Pilih Model Baju yang Sesuai dengan Usia

Sebelum membeli baju, sebaiknya kita juga perlu memperhatikan apakah baju tersebut pantas kita pakai atau tidak. Misalnya, kita yang sudah berusia 30an tentu tidak pas bila memakai baju untuk usia 20an. Meskipun kita suka dengan model bajunya tapi kalo nggak cocok? 

Pilih Baju yang Bisa Dipadupadankan 


Bagi perempuan seperti saya, penampilan menjadi satu hal yang cukup penting. Sebisa mungkin baju-baju yang kita kenakan membuat kita tampil percaya diri. Biar nggak bosen dengan baju yang itu-itu aja, coba deh kalian membeli baju yang bisa dipadupadankan dengan baju lain. Misalnya kaos atau tunik yang bisa dipadukan dengan cardigan atau rompi. Bisa juga membeli outer untuk melapisi kaos. Padupadan baju ini membuat kita selalu tampil beda di setiap kesempatan.

Nah, beberapa tips tadi bisa jadi bahan pertimbangan bagi kalian untuk membeli baju lebaran nanti. Oh ya, biasanya kalian lebih suka belanja dimana? Belanja langsung ke mall atau belanja online?

Seperti yang kalian ketahui, belakangan makin banyak e-commerce menyediakan berbagai pilihan fashion dengan model-model yang up to date. Saya sendiri kini sedang menikmati mudahnya belanja online di Zalora Indonesia. Ada banyak sekali model fashion yang bisa kita pilih di sana tanpa capek jalan dan keluar masuk toko.

Jadi gimana, sudah siap belanja?



25 comments:

  1. Kemaren habis beli baju model kerut gt di perut, liat modelnya pakai bagus begitu kupakai nampak gendut. Aku kepedean menyamakan badanku dengan model 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makanya kudu hati2 pilih model baju. Aku juga beberapa kali salah beli karena kepedean :p

      Delete
  2. Gamis kaos abu abu nya bagus mb, simple n modern :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Icha...aku juga suka banget model2 kyk gitu

      Delete
  3. Bagus2 deh, model baju dan warnanya. Aku mau ah ubek2 Zalora buat cari baju lebaran yg cucok...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus2, kalo sudah liat2 bajunya, sampe bingung sendiri mau pilih yg model apa..hehe

      Delete
  4. Suka sama baju2 gamisnya.. Wah mesti ngubek zalora nih.. Kemaren aku juga ngubek2 ehh dapet dompet kece.. Sekarang nyari baju kece ahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, bajunya bagus2, gamisnya juga. Suka banget deh belanja di zalora

      Delete
  5. Bagus itu gamis item, item kan bikin jadi langsing ya kan mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Vit, warna hitam menyamarkan bentuk badan. Makanya aku suka hitam atau abu2 :D

      Delete
  6. Aku banget mbak, suka padu padan.
    Paling aman kalau ada koleksi warna-warna agak gelap seperti abu-abu, biru dongker, coklat dan hitam.

    Trus sekarang mulai makin malas beli baju sendiri.
    Semangatnya pindah, bela-beli buat anak2..
    *inisihmangkewajibandingyak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunsal...punya beberapa baju kalo dipadupadankan berasa punya banyak baju, kan

      Aku juga cenderung suka warna2 gelap

      Delete
  7. wahh harus ngubek2 zalora nih...mumpung mau lebaran biar ada alasan u beli baju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruuus mbak Lia, ayo ubek saampe ketemu, hihi

      Delete
  8. Makasiii tips tipsnyaaa mbaaak. . Sepakat banget mbaak kalau pemilihan motif ini sangat krusial dan mempengaruhi postur tubuh si pemakai jugaa. . Hehehe jangan sampai salah pilih 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mbak Lucky, selamat belanja baju lebaran yaa

      Delete
  9. Byr penampilan makin kece pakai baju lebaran mmg kudu perhatiin point2 ini ya mbk ikaa,
    Btd udh punya baju lebaran brpa nih mbk ? Hahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Muma...takutnya kalo salah pilih malah gak bisa kepake, kan

      Hahay...aku belum belii...

      Delete
  10. mau banget, sedang banyak diskon :)

    ReplyDelete
  11. Makasih ya mbak tipsnya, saya terkadang kesulitan mencari baju lebaran yang cocok jadi malah nggak peDe makainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Elva, semoga nanti ketemu baju yang cocok ya

      Delete
  12. makasih tipsnya mbk. mau ke zalora dulu ah :D

    ReplyDelete
  13. Kalo aku fix, warna harus warna gelap hahahha. Maklum bukan cewek tulen akakakaka :D

    ReplyDelete
  14. Wah tunik yang terakhir itu pilihan akooohhh, hahahaa
    Bener sih mesti pinter pilih-pilih model. Kalo soal warna, dari dulu aku suka yang cerah ceria, bikin hati bersemangat :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1