Monday, 31 July 2017

# Arisan Blog Gandjel Rel # Buku Favorit

Buku Bergizi nan Menginspirasi

Dear Friends,

Kalau ditanya mengenai buku favorit, maka jawaban saya pasti "banyak". Terutama buku-buku fiksi. Kalau sedang rajin baca, dalam seminggu bisa tiga sampai empat buku yang saya baca. Sayangnya akhir-akhir ini, lebih banyak malesnya daripada rajinnya. Aiih, jadi malu.

Tema arisan blog kali ini adalah buku favorit yang menginspirasi kehidupan sehari-hari. Kayaknya simple tapi kok susah ya. Tapi demi mbak Vita Pusvitasari yang rajin banget update blog dan suka traveling juga mbak Anita Makarame yang bentar lagi punya dedek bayi, apapun dilakukan deh. Terutama karena harus mengingat-ingat, buku apa saja yang pernah saya baca dan menginspirasi hingga kini. Kayaknya sih, hampir semuanya menginspirasi buat saya. Tapi kan harus memilih yang paling, ya.

Sebenarnya ada beberapa buku yang cukup menginspirasi dan sedikit banyak saya terapkan di kehidupan sehari-hari. Chicken Soup (terutama yang for the Couple's Soul), Gurunya Manusia dan Sekolahnya Manusia.

Chicken Soup for  the Couple's Soul karang Jack Canfield, Mark Victor Hansen, dkk

Chicken Soup for the Couple's Soul
Chicken Soup for Couple's Soul merupakan sebuah kumpulan cerita tentang cinta, roman, dan hubungan antar manusia yang menyentuh hati, terutama untuk manusia yang memiliki pasangan. Buku ini berisi motivasi,
Saya mengenal buku ini ketika awal-awal menikah. Waktu itu saya merasa harus belajar bagaimana bersikap terhadap pasangan. Buku ini mampu membangkitkan semangat saya untuk menjalani hidup bersama pasangan saya (waktu itu saya baru menikah), meyakinkan diri bahwa "he is the one" melalui kisah-kisah di dalam buku Chicken Soup ini. Saya jadi percaya pada diri sendiri dan memiliki tekad yang kuat untuk menjalani hidup bersama pasangan. Pokoknya, buku ini rekomended banget baik buat orang-orang yang sudah memiliki pasangan ataupun yang belum memiliki pasangan. 
Oh iya, Chicken Soup ini banyak  macamnya. Ada Chicken Soup for The Couple's Soul, Chicken Soup for the Teacher's Soul, Chicken Soup for The Teenage Soul, Chicken Soup for The Entrepeneur's Soul dan banyak lagi. Buku-buku ini bergizi banget untuk orang-orang yang butuh motivasi seperti saya.

Gurunya Manusia dan Sekolahnya Manusia karangan Munif Chatib

Gurunya Manusia dan Sekolahnya Manusia
Saya membeli buku ini ketika kuliah tahun 2009-2013 lalu atas rekomendasi Dosen saya. Sebenarnya ada tiga buku sih. Yang satu berjudul Orangtuanya Manusia. Sayangnya, dulu stocknya masih terbatas, jadi nggak kebeli.

Buku-buku ini yang mengubah mindset saya tentang konsep belajar. Apalagi saya dulu adalah seorang pendidik yang masih menggunakan cara konvensional ketika mengajar di kelas. Yah, karena saya sendiri adalah produk pembelajaran konvensional, dimana nilai akademik yang jadi acuannya. Saya jadi kurang peka terhadap kondisi anak-anak didik saya. Semuanya saya anggap memiliki kemampuan dan kemauan yang sama. Dalam pikiran saya saat itu hanyalah bagaimana saya menyampaikan materi pembelajaran pada anak didik saya. Saya tidak pernah berpikir, apakah semua anak didik saya paham akan materi yang saya sampaikan. Saya juga tidak bertanya apakah anak-anak senang dan nyaman pada apa yang saya sampaikan.

Pak Munif mengajarkan bahwa tiap anak dilahirkan dengan kecerdasan yang berbeda. Oleh karena itu, cara belajarnya juga bisa saja berbeda. Nah, Pak Munif mengajarkan untuk fokus kepada kecerdasan yang dimiliki oleh anak dan kreatif dalam membuat program pembelajaran. Pak Munif dalam bukunya juga mengajarkan untuk fokus terhadap proses belajar daripada hasil akhir.

Sedikit demi sedikit, apa yang terdapat dalam buku tersebut saya terapkan pada anak-anak. Anak-anak saya belajar sesuai dengan minat mereka. Meski sempat menimbulkan perdebatan antara saya dan suami, tetapi akhirnya suami mengerti dan mulai satu visi dengan saya.

Buku-buku bergizi inilah yang menginspirasi saya hingga kini. Belajar bisa dilakukan dengan menyenangkan, sesuai dengan bakat dan minat yang mereka punya.

Nah, kalau kalian, punya buku favorit apa nih? Boleh dong, share di komen.


11 comments:

  1. wah aku baru baca chicken soup aja yang Gurunya Manusia dan Sekolahnya Manusia menarik jadi pengen baca aku ni mba :)
    buku favoritku banyak mba hahaha ya yang menginspirasi memang yang kaitannya kalau buatku tentang parenting sih mba ada salah satunya sebening air perigi ananda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca Teh, kalo nggak beli buku yang judulnya Orangtuanya Manusia aja

      Delete
  2. Sering lihat buku nya pa munif ini d display pas pameran mb, tapi sayang blm jd beli...hiks. Semoga lain kali bisa dimiliki, Aamiin..jadi penasaran mb

    ReplyDelete
  3. Sering lihat buku nya pa munif ini d display pas pameran mb, tapi sayang blm jd beli...hiks. Semoga lain kali bisa dimiliki, Aamiin..jadi penasaran mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus bukunya mbak Icha, coba cari yang Orangtuanya Manusia

      Delete
  4. Wah sama dong suka chicken soup juga, aku punya edisi lainnya 2 atau 3 buku gitu ya, wah banyak yang suka bukunya pak munif, jadi penasaran pengen baca juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Vita, bagus-bagus sih bukunya

      Delete
  5. Dibuatin reviewnya mbaaa buku yg seri Gurunya Manusia itu. Pengin tau juga nih. Aku kan juga masih produk pendidikan konvensional. Perlu terus belajar klo soal pendidikan anak.

    Klo aq buku favoritku yg novel2 aja mba. Suka pusing dan huruf2nya berguguran saat dibaca klo baca yg non fiksi berat2 gitu hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, insyaAllah nanti dibuatkan review nya..mb Uniek

      Aku suka juga baca novel, tapi ya cuma itu2 aja punyanya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1