Friday, 14 July 2017

# Ads # Health

Kamu Anyang-anyangan? Begini Cara Mengatasinya

Dear Friends,

Pernah nggak friends, suatu hari kalian merasa tiba-tiba merasa susah buang air kecil? Rasanya kebelet banget pengen BAK tapi waktu dikeluarin ternyata keluarnya dikir-dikit? 

Gimana rasanya? Menyiksa, kan?

Itu juga yang terjadi pada saya beberapa waktu lalu. Tersiksa rasanya. Urine yang keluar sedikit tapi rasa ingin BAK terjadi tiap beberapa menit sekali. Jadilah saya harus mondar-mandir ke kamar mandi. Belum lagi rasa sakit yang menyertai tiap kali berkemih. Duuh, nyeriii shay.

Melihat istrinya bolak-balik ke kamar mandi sambil meringis, suami sayapun langsung bertanya," Kok dari tadi mondar-mandir ke kamar mandi, sih. Kenapa? Diare?"

Saya menggelengkan kepala, "Bukan diare, tapi pengen buang air kecil melulu. Sakit banget, nih."

"Ooh, pasti anyang-anyangan. Bunda pasti minum air yang belum mendidih atau jangan-jangan Bunda kebanyakan minum kopi, tuh. Jadi pengen buang air kecil terus," kata suami.

Iya juga sih, saya memang hobi minum kopi. Suami sudah berkali-kali mengingatkan supaya saya mengurangi konsumsi kopi. Kalau sedang kalap, sehari bisa 4 sampai 5 gelas kopi saya habiskan. 

"Trus, musti diapain nih yah? Capek juga ke kamar mandi mulu," saya mulai cemas.

 "Ya sudah, minum air putih dulu. Ayah belikan obatnya," kata suami. 

Saya mengangguk dan berharap suami membawa obat yang tepat dan bisa mengatasi anyang-anyangan yang saya alami. 

Sambil menunggu suami membeli obat, sayapun mencari tahu apa sih penyebab anyang-anyangan. Kenapa saya bisa terkena anyang-anyangan? Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan?

Pict source sehatfresh.com : Anyang-anyangan yang menyiksa
Ternyata 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan, loh. Kondisi ini bisa terjadi berulang kali, bahkan hingga bertahun-tahun. Nah, anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Saat sedang buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga nyeri.

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab anyang-anyangan? 

Penyebab anyang-anyangan
Penyebab paling banyak adalah infeksi saluran kemih karena sering menahan buang air kecil. Penyebab lainnya karena terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Atau bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis. Duh, apa pula itu. 

Bagaimana cara mengenali gejalanya? 

Menurut sumber yang saya baca, kondisi secara umum gejala anyang-anyangan adalah seperti berikut ini :
  • Hasrat sering ingin buang air kecil 
  • Sering buang air kecil tapi volumenya sedikit
  • Perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau menyengat dan kadang mengandung darah
  • Demam
  • Nyeri pada panggul
  • Sering merasa lelah
Kalau kalian sering mengalami gejala tersebut, musti waspada nih. Jangan-jangan, kalian mengalami anyang-anyangan seperti saya.

Baru beberapa saat browsing cara mengatasi anyang-anyangan, eh hasrat ingin buang air kecil datang lagi. Ampuun, deh.

Sesaat kemudian, suami saya pulang dan membawakan sesuatu di tangannya, "Nih, diminum dulu! Biar cepat sembuh anyang-anyangannya!"

Saya baca kemasannya Prive Uri-Cran, suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry. Buah cranberry terkenal khasiatnya untuk mengatasi anyang-anyangan ataupun infeksi saluran kemih.

"Apa ini, Yah? Beneran bisa nyembuhin anyang-anyangan?" tanya saya. Sangsi.

"Coba dulu. Ini yang di rekomendasikan waktu Ayah beli di apotek. Minum 1 sampai 2 kali sehari," tutur suami saya.

Sayapun segera meminum larutan Prive Uri-Cran yang di seduh suami saya sambil berharap anyang-anyangan segera enyah dari hidup saya. Ternyata rasanya enak, apalagi kalau diminum dingin-dingin.

Prive Uri-Cran
Ekstrak buah Cranberry yang terkandung dalam Prive Uri-Cran ini sudah dikenal berkhasiat mengatasi anyang-anyangan. Khasiatnya ini sudah dibuktikan secara klinis, mampu menghambat infeksi bakteri di dalam saluran kemih. Buah Cranberry memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi, kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin.

Selain itu buah Cranberry juga memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Wah, ternyata banyak juga manfaat buah Cranberry ini, ya.

Supaya nggak ikut-ikutan terkena anyang-anyangan seperti saya, boleh juga perhatikan langkah-langkah pencegahannya, friends.
  1. Minum air putih, setidaknya 2 liter per hari. Kurang minum air putih juga bisa menyebabkan anyang-anyangan, loh.
  2. Jangan menahan pipis saat hasrat ingin buang kecil datang. 
  3. Bersihkan organ intim dari arah depan ke belakang, lalu keringkan dengan tissue maupun handuk. Bakteri suka berkembang di area yang lembab.
  4. Tidak memakai pakaian dalam terlalu ketat.
  5. Bila menggunakan toilet umum, bersihkan organ intim menggunakan air keran. Bila menggunakan toilet duduk, bersihkan dulu dudukan menggunakan air dan keringkan dengan tissue. 

Nah, tips atau langkah-langkah itu membantu kita untuk meminimalisir terjadinya anyang-anyangan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? 


4 comments:

  1. Emang nggak enak bener anyang2ngen ya Mbak. Banyak yg cocok pake prive ini Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Wahyu, ga enak mau ngapa-ngapain, rasanya pengen pipis mulu

      Delete
  2. aku lagi butuh diayang mbak... *keknya dejavu pernah nulis di mana gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...anyang-anyangaaaan...bukan diayang-ayang, hellow Koh :p

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1