Wednesday, 20 September 2017

# Arisan Blog Gandjel Rel # Blogging

Aplikasi yang Mendukung Ngeblog? Saya Pakai Ini

Dear Friends,

Tak terasa tahun ini adalah tahun ketiga saya serius menekuni dunia blogging. Dari yang awalnya hanya iseng coba-coba, sekarang jadi makin serius menekuninya. Saya udah klik dan merasa bahwa ternyata inilah passion saya.

Saya jadi ingat, dulu saat awal-awal ngeblog, saya ibarat anak baru yang culun abis. Template blog berantakan (makanya sering banget gonta-ganti template), pasang gambar atau foto terlalu besar/ kecil dan tulisan masih terlalu kaku.

Seiring waktu, saya berkomunitas, berkumpul dengan teman-teman yang lebih berpengalaman di dunia blog dan belajar banyak dari mereka. Saya mulai belajar membenahi template blog saya, belajar membuat infografis sederhana, belajar mengedit foto/ gambar dan memperbaiki kualitas tulisan saya.

Kebetulan tema arisan blog ke 11 yang kali ini dimenangkan oleh mbak Alfarezie Rahma dan Nyi Penengah adalah aplikasi yang mendukung dunia perblogginganmu. Mereka berdua ini jago banget kalo nulis fiksi. Mbak Rahma sering menang lomba nulis fiksi, sedangkan Nyi Penengah malah sudah beberapa kali menerbitkan novel. Keren ya, mereka berdua.

Ngomongin soal aplikasi yang mendukung saat ngeblog, saya kadang memakai beberapa aplikasi. Aplikasi tersebut juga sering dipakai oleh beberapa teman blogger juga, jadi saya ikut-ikutan pake deh.

Nah, aplikasi yang sering saya pakai adalah :

PicsArt


Aplikasi ini biasanya saya pake saat mengedit foto, memberi watermark pada foto, kadang juga membuat grid foto. Ya, cuma gitu doang sih pakenya. Saya cukup sering memakainya karena aplikasi ini cukup mudah digunakan. User friendly lah untuk ukuran bloger gaptek macam saya. Hehe.

PicMonkey

Selain aplikasi PicsArt, aplikasi yang cukup sering saya gunakan adalah PicMonkey. Aplikasi online ini biasanya saya pake untuk membuat header blog. PicMonkey ini juga user friendly, gampang banget cara menggunakannya. Header blog jadi cantik karena pilihan font nya banyak, gambar-gambarnya juga lucu. Kalian belum pernah nyoba? Coba deh buka picmonkey.com , pasti kalian juga kepincut dan pengen nyoba.

Canva



Aplikasi Canva ini banyak penggemarnya, loh. Bahkan beberapa waktu lalu, booming banget karena banyak yang pake aplikasi ini untuk memperindah blog nya. Aplikasi online ini mirip-mirip dengan PicMonkey, tetapi memiliki lebih banyak jenis pilihan. Misalnya mau bikin loggo, header, watermark dan sebagainya. Saya juga kadang pake Canva untuk mempercantik tampilan blogpost saya.

Notepad


Kalo sedang males nulis langsung di dashbor blog, saya biasa menulis artikel di Notepad. Aplikasi ini membantu banget ketika kita sedang tidak online atau tidak sedang berada di depan komputer. Notepad ini berfungsi seperti halnya notebook atau buku catatan. Gunanya ya untuk menyimpan catatan atau tulisan-tulisan kita. Nantinya tulisan kita bisa langsung di copy paste saja ke dashbor blog, lalu publish deh.

Emmh, kayaknya sih cuma 4 aplikasi ini aja deh yang sering saya pake untuk mendukung kegiatan ngeblog. Pake 4 aplikasi aja sudah membantu banget. Tampilan blog saya jadi lebih enak dipandang *ish muji diri sendiri. LOL. Meski sedang repot pun masih bisa mengejar deadline dengan membuat tulisan di Notepad.

Bagaimana dengan kalian? Aplikasi apa yang biasanya kalian gunakan saat ngeblog?


38 comments:

  1. Wah dari plikasi diatas aku jd tertarik dgn picmonkey ig mba ika. Kapan2 mo nyoba juga ah. Tfs y mba ika. Terimakasih jg sudah ramein arisannya. Semoga makin sukses terus bloggingnya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh mbak Rahma, beneran gampang banget kok

      Delete
  2. Picsart pake juga sih tp baru aja ku uninstall perasaan kok banyak kali iklannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih banyak iklannya, tapi tetep aku pake sih..haha

      Delete
  3. aku biasa pake canva mba dlu pernah picsart tp ga pake lagi dan picmonkey blm cobain nih

    ReplyDelete
  4. aku masih setia sama sotoshop untuk bikin foto jadi cerah, walopun kadang suka males juga buka aplikasinya XD

    untuk grafis iya pake canva

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah pake sotoshop, hehe

      Pengen nyoba ih

      Delete
  5. Pengen nyobain pic monkey juga niy..

    ReplyDelete
  6. sampe sekarang aku masih pakai picart, mba. Males nyoba yg lain. Maklum emak2, beda dikit menunya langsung deh gagap. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya picsart aja udah lumayan bantu kok mbak. Udah bagus

      Delete
  7. Belum pernah pakai aplikasi ini semua, nanti nyobain ah

    ReplyDelete
  8. Penasaran banget sama canva dan picmonkey. Kelihatannya asik dan bikin keren postingan blog ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canva sama picmonkey ini lumayan gampang kok mbak Ratih

      Delete
  9. Dari semua aplikasi diatas, yang aku gunakan hanya canva.
    Dan aku jatuh cinta dengan canva sejak pertama kali berjjumpa hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Tari aja sampe jatuh cinta ya sama Canva...hihi

      Delete
  10. Saya sering dengar teman-teman merekomendasikan canva dan jadi mupeng juga sih mbak. Cuma selama ini saya kalau edit2 foto selalu pakai ponsel krn praktis. Kalau canva bisa dipakai lewat ponsel saya mau coba ahh.. :)

    ReplyDelete
  11. Saya sering dengar teman-teman merekomendasikan canva dan jadi mupeng juga sih mbak. Cuma selama ini saya kalau edit2 foto selalu pakai ponsel krn praktis. Kalau canva bisa dipakai lewat ponsel saya mau coba ahh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicobain mbak Anjar. Aplikasinya cukup mudah kok

      Delete
  12. Untuk ngedraft saya jg biasa pakai notepad mbak, kadsng jg wordpad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama dong. Notepad atau wordpad memang biasa dipakai buat ngedraft

      Delete
  13. Aku tahu pic monkey dari mbak Ika juga, terus kenal Canva waktu ikut acara apa gitu.. dua-duanya asyik tapi kadang suka malas kalau loading nya lama.. jadilah aku lebih sering pakai power point, wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya dulu pernah buat tutorial bikin header blog pake picmonkey ya.
      Canva juga rekomended, meskipun harus online semua

      Delete
  14. Aku biasanya pake picmonkey mba, kadang klo ngga online pake photoshop aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, mbak Shinta pake Picmonkey juga. Aku malah belum pernah nyobain photoshop, mbak

      Delete
  15. aku juga pake canva mbak. tunggu ulasan di blogku ya...

    ReplyDelete
  16. ku juga pake picmonkey & canva, tapi kalau males seadanya aja hahahha.. :D tapi sekarang picmonkey rada ribet, jadi harus nyari alternatif lain hihihi

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah pakai 4 aplikasi mba soalnya selama aku nge blog cuma langsung publish aja tanpa diedit dulu. Apakah ini loading nya akan lama?

    ReplyDelete
  18. Sama mba saya piscart juga trus pake note buat nulisnya. Kapok pake microsoft word soalnya jdi suka brubah susunannya klodi salin k blog datanya

    ReplyDelete
  19. Dari 4 aplikasi yang paling sering aku pakai Canva sama Picsart ajaa :D kalau ngdraft masih nyaman di Ms. word..

    ReplyDelete
  20. aku juga makin ketagihan ngeblog mbk. hehe. btw, aku juga pakai canvaaa. makasih sharingnya ya mbk :))

    ReplyDelete
  21. Saya juga pakai Canva. Kalau Picmonkey akhir-akhir ini enggak bisa di save gambarnya. Selalu minta untuk coba trial dengan memasukkan kartu kredit. Jadinya saya pindah ke Befunky. Untuk nulis blog, saya dulu pakai ms.word, sekarang pindah menggunakan Google docs.

    ReplyDelete
  22. Dari ke empat aplikasi ini, belum ada yang kucoba. Kalau nulis, aku masih di word. Kalau image, cuma kumainkan di Picasa. Ya ampun aku masih harus lebih banyak belajar lagi. Makasih banyak infonya ya mba.

    ReplyDelete
  23. Saya baru tahu dengan canva mbak...picsart dan pickmonkey mau coba...harus di desktop komputer ya mbak kalo makainya seperti canva juga ya? Saya seringnga pake hp bikin blogtitle dg aplikasi snapseed dr google. Gak sebagus canva sih hasilnya. Tp buat pengguna hp lumayan lah. Makasih buat infonya mbak Ika

    ReplyDelete
  24. Saya baru tahu dengan canva mbak...picsart dan pickmonkey mau coba...harus di desktop komputer ya mbak kalo makainya seperti canva juga ya? Saya seringnga pake hp bikin blogtitle dg aplikasi snapseed dr google. Gak sebagus canva sih hasilnya. Tp buat pengguna hp lumayan lah. Makasih buat infonya mbak Ika

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1