Wednesday, 22 November 2017

# Arisan Blog Gandjel Rel # Blogging

Internet dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia


Dear Friends,

Internet dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Bagai dua sisi mata uang, internet memiliki dampak positif dan negatif pada kehidupan manusia. Pandai-pandai saja kita memilih dan memilahnya.

Menjawab tantangan dari pemenang arisan ke 15 kali ini, yaitu mbak Dewi Rieka dan mbak Prananingrum. Mbak Dewi Rieka atau yang dikenal dengan nama beken "Dedew" ini selain dikenal sebagai blogger juga dikenal sebagai pebisnis dan penulis novel Anak Kos Dodol yang femes itu loh. Buku karyanya udah bejibun. Nah, kalo mbak Prananingrum atau yang lebih sering dipanggil mbak Ningrum adalah seorang ibu rumah tangga yang juga berbisnis dari rumah. Bisnisnya apa? Coba japri mereka berdua ya? Hihi. Mereka berdua melempar tema tentang "Berinternet Sehat Menurut Kamu". Duuh, temanya kayaknya gampang, tapi kok saya susah banget nulisinnya, yak. LOL. Ya udah deh, saya pilih membahas manfaat positif internet bagi kehidupan manusia aja, terutama buat saya pribadi.

Dampak positif internet terhadap kehidupan kita banyak banget. Kita bisa mengakses berbagai informasi dari berbagai belahan dunia melalui internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun juga karena internet. Dampak positif lainnya adalah efisiensi waktu. Sekarang kan banyak banget tuh yang memanfaatkan internet untuk berbagai aplikasi, seperti e-banking, aplikasi pemesanan tiket online, e-commerce untuk online shop dan sebagainya. Pasti semua pernah dong, memanfaatkannya? Praktis, kan?

Dampak negatif dari internet? Banyak. Soal penyalahgunaan ini, teman-teman pasti sudah tahu lah. Banyak berita-berita hoax yang disebarluaskan oleh orang-orang tak bertanggungjawab, banyak situs-situs dengan konten yang tak layak dibaca maupun dilihat.

Daripada bahas dampak negatif internet, mending saya bahas dampak positifnya aja deh, ya. Terutama dampak dan manfaat internet yang secara langsung maupun tidak langsung saya rasakan.
  • Internet jadi sumber penghasilan. Sejak serius menekuni dunia blogging dan jadi seorang media influencer (katanya sih begitu istilahnya, ya), internet menjadi salah satu pendukung utama dalam semua aktivitas online saya. 
  • Internet menjadi sumber hiburan. Biasanya selain menggunakannya untuk keperluan pekerjaan, saya biasa mengakses internet untuk streaming drakor atau film-film favorit. Itung-itung refreshing, kan ya.
  • Internet sebagai sumber informasi. Kadang kalo anak-anak sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah dan saya nggak tahu jawabannya, saya mencarinya melalui internet. Nggak butuh waktu lama, berbagai macam jawaban langsung tersedia dengan cepat. 
  • Bisa belanja online menggunakan internet. Begitu banyak e-commerce bermunculan, membuat gaya hidup sebagian masyarakat berubah. Yang tadinya biasa belanja di supermarket atau mall, jadi lebih suka belanja melalui online. Apalagi dengan berbagai promo yang menggoda. Bisa-bisa bakalan mantengin online shop seharian.  Haha.
Serius mantengin online shop. LOL
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat positif bagi kehdiupan manusia, bahkan di berbagai bidang. Misalnya bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata hingga bidang sosial. Semua bidang tersebut bisa berkembang dengan baik karena mendapat dukungan dari internet. Bahkan ada yang mengatakan, bagaimana kita bisa hidup tanpa internet di era sekarang ini.

Inilah manfaat internet buat saya. Bagaimana dengan teman-teman?


12 comments:

  1. Alhmdulillah ya mbk. Banyak hal positif yg bs diperoleh dr internet. Aku pun gitu. Tos. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Muma, lebih baik memanfaatkannya dengan positif aja

      Delete
  2. kupun merasakan banyak sisi positif dengan internet mba kalaupun negatif mungkin karena berlebihan juga pemakaiannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan, kita gunakan internet untuk hal positif aja ya Teh

      Delete
  3. Internet buat olshop...bahaya :p

    ReplyDelete
  4. sumber penghasilan heheheh buat aku internet sehat :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber penghasilan buatku jugaa loh Nyi, hehe

      Delete
  5. Alhamdulillah merasakan dampak positif juga Mbak. walau kemarin ada yang nyepam di wallku hehehe. Tetap aman...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah banget, sudah hampir 7 tahunan internet menjadi sumber penghasilanku, ga nyangka yaa bisa dapet gaji dari onlen hiii..
    Hayu ahh semangat nyebarkan kebaikan via inet

    ReplyDelete
  7. berkat internet, aku jadi bisa kayak sekarang ihiiwww jalan-jalan sambil kerja alhamdulillah. makasih interneeettt makasih mba ikaaaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1