Friday, 22 December 2017

# Beauty # Health

7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok


Dear Friends,

Sebelum berhijab 17 tahun lalu, saya memiliki rambut yang cukup tebal dan ikal seperti keriting gantung. Padahal saya bukan termasuk orang yang suka keluar masuk salon untuk merawat rambut. Perawatan saya lakukan sendiri di rumah. Standar aja sih, seperti cuci rambut rutin 2 hari sekali dan creambath. Itupun dilakukan sendiri di rumah. 

Setelah menikah dan berhijab, waktu untuk melakukan perawatan rambut hampir-hampir tidak ada (ini karena saya yang males aja. Hihi..). Apalagi setelah punya anak, makin jarang lah merawat rambut. Akibatnya sekarang rambut saya makin menipis karena lepek dan rontok. Huhuu...

Saya lagi mulai merawat rambut lagi nih supaya nggak gampang rontok. Kalian juga bisa melakukannya sendiri di rumah, kok. 

Nah, apa aja sih bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok?

Santan



Selain bisa digunakan untuk membuat masakan menjadi gurih dan nikmat, ternyata santan juga bisa digunakan untuk perawatan rambut rontok. Santan kelapa ternyata mengandung beberapa mineral alami yang dibutuhkan oleh rambut seperti protein, vitamin B, zat besi dan kalsium. Gunakan secara rutin agar rambut kalian makin sehat dan lebat.
Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Siapkan santan sebanyak 1 gelas. Oles dan pijatkan santan keseluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama 1 jam sambil dibalut dengan handuk hangat. Setelah itu, bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

Lidah Buaya



Aloe vera atau yang sering disebut lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk merawat rambut. Para ahli mengatakan bahwa kandungan vitamin dan mineral lengkap dalam lidah buaya akan merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel/ jaringan rambut yang rusak, dan mampu menghitamkan rambut secara alami. 

Siapkan lidah buaya yang masih segar lalu belah menjadi 2 bagian. Oleskan lidah buaya ke seluruh bagian kepala setelah keramas. Diamkan selama 30 menit atau hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin, pasti rambut kalian akan berkurang rontoknya.

Minyak Zaitun



Minyak zaitun (olive oil) termasuk ke dalam jenis minyak essensial. Minyak essensial diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan terbukti menguatkan rambut sampai ke akarnya. Buat kalian yang mengalami kerontokan rambut bisa nih, pake cara ini.

Oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kulit kepala lalu pijat perlahan selama 1-2 jam. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Teh Hijau dan Daun Seledri



Teh hijau selain digunakan sebagai minuman kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut, loh. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Sedangkan daun seledri memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang dapat menguatkan rambut dari akarnya. Penggunaan rutin campuran teh hijau dan daun seledri juga efektif untuk mengkilaukan rambut. 

Caranya, rendam handuk dalam air lemon hangat. Tutup kepala menggunakan handuk hangat selama 10 menit. Tetesi rambut menggunakan seduhan teh hijau dan daun seledri lalu pijat lembut agar meresap sempurna. Setelah itu bilas menggunakan air dingin.

Jeruk Nipis



Biasanya jeruk nipis dipakai sebagai bahan untuk membuat minuman atau pelengkap makanan. Tahu nggak sih kalo ternyata jeruk nipis juga dapat mengatasi rambut rontok? Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk nipis mampu mengatasi kerontokan dan membuatn rambut jadi lebih sehat. 

Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian kemudian gosok-gosokkan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air atau shampo.

Jahe



Biasanya jahe dipergunakan sebagai bumbu masakan atau dijadikan sebagai bahan minuman. Siapa sangka, rempah yang memiliki aroma khas dan menghangatkan ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan zat Zingeron yang terdapat pada jahe mampu mengurangi rambut rontok. 

Parut jahe (secukupnya) lalu oleskan pada kulit kepala hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih atau shampo. 

Alpukat



Selain biasa dikonsumsi, alpukat ternyata memiliki banyak manfaat loh. Salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan protein pada alpukat memberikan nutrisi yang mampu menguatkan rambut.

Haluskan alpukat lalu oleskan di kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih.

Ternyata nggak begitu susah kok merawat rambut agar tetap sehat dan nggak rontok. Semua cara itu nggak perlu kalian lakukan semua. Pilih saja salah satu cara yang menurut kalian paling cocok dengan kondisi kalian. 

Selamat mencoba ya, friends ;)


11 comments:

  1. Nah ini yang aku cari, rambutku akhir-akhir ini rontok juga..
    Nice share ya, Teh. Thank..
    Btw, salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja mas, siapa tahu ada yang cocok dan rambutnya nggak rontok lagi.

      Salam kenal juga ya ;)

      Delete
  2. Andalan saya adalah jeruk nipis mbak. Ketombe hilang tp rontok masih ada. Caranya tinggal saya potong pendek biasanya berkurang banyak rontoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, say juga pake jeruk nipis. Selain itu untuk menyuburkan rambut pake lidah buaya sama seledri. Coba deh mbak

      Delete
  3. Rambutku rontok nih... tapi rempong mau perawatan ((alasan))

    makasih tips-nya Mba, moga kapan2 bisa nyobain. btw aku jadi bayangin kalau pakai parutan jahe keknya enak ya, kepala jadi anget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kulit kepala jadi hangat mbak Rin. Coba deh...aku juga lagi mulai rajin perawatan rambut nih

      Delete
  4. Kalo untuk perawatan rambut, cuma seledri yang pernah aku pakai. Kalo jeruk nipis, bisa berefek negatif pada kulit kepala. Mbakyuku pernah nyoba, tapi aku lupa akibatnya gimana, udah lama banget, jaman kami masih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin efek ke orang beda2 ya mb Wati kalo pake jeruk nipis. Kalo aku lumayan cocok sih..

      Delete
  5. Nah bener banget setelah menikah males merawat rambut, dulu rajin pakai santan, minyak zaitun dan kemiri, baca ini jadi ingat lagi kudu rajin merawat rambut 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dirawat lagi mb Vita, jangan sampe kayak aku, udah rontok baru mau ngerawat lagi

      Delete
  6. Wah problema klasik terutama buat kita yg berhijab ya mba.. kalo aku suka pake minyak zaitun ato jeruk nipis yg selalu ready di rumah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1