Friday, 5 January 2018

# Culinary # Life Story

Cara Mudah Membuat Keripik Kentang yang Enak dan Sehat

Dear Friends,
Musim hujan begini paling asik ngumpul di rumah sambil nonton TV dan ngemil. Kalo anak-anak saya, yang penting disediain makanan atau cemilan yang mereka suka, udah deh jadi betah di rumah. Sebenarnya ini jurus jitu saya, biar anak-anak nggak main di luar sih. Hihi. 

Kebetulan anak-anak saya paling hobi ngemil keripik. Sebenarnya nggak cuma anak-anak sih, orang dewasa pun suka makan keripik. Hayo, ngaku.

Keripik adalah makanan ringan yang kini disajikan dengan berbagai rasa. Mulai dari rasa keju, barbeque, jagung manis, rumput laut, balado sampai rasa ingin memiliki sapi lada hitam. Dari sekian banyaknya jenis keripik, anak-anak saya paling suka makan  keripik kentang yang kadang saya buat sendiri di rumah bersama anak-anak. Kalo lagi banyak waktu sih, saya lebih suka bikin keripik sendiri. Apalagi kalo harga kentang sedang murah, saya bisa  lebih sering bikin keripik kentang sendiri.



Kentang menjadi salah satu bahan yang bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Mau dibikin jadi makanan berat atau jadi makanan ringan atau cemilan juga bisa. Tergantung keinginan dan kreativitas kita aja. Kalo mau yang gampang, ya cukup dimasak aja jadi teman nasi. Tapi kalo mau sedikit ribet kita bisa mengolah kentang jadi cemilan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Kalo saya sih, mending bikin sendiri. Selain bisa hemat pastinya juga lebih sehat, kan.

Sstt...buat Ibu-ibu kayak saya yang pengen banget bikin keripik kentang untuk keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih saat membuatnya.
  • Pilih kentang yang berkualitas, berukuran besar, berkulit halus tidak berbintik dan berumur tua.  
  • Sekedar tips nih untuk yang mau bikin keripik kentang buat anak-anak. Untuk menarik minat mereka, coba kita bikin keripik kentang dengan bentuk yang unik. Misalnya bentuk bergelombang yang menjadi kesukaan dari anak-anak jaman sekarang. Bisa juga kita bentuk jadi segitiga atau segi empat. Pasti anak-anak tertarik.
  • Untuk mendapatkan hasil keripik kentang yang krispi, rendamlah irisan kentang dalam larutan air dan kapur sirih lalu bilas dengan air bersih.
  • Bumbui kentang dengan garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, gula dan paprika bubuk. 
  • Setelah dibumbui dengan rata, kentang sudah siap untuk dipanggang atau digoreng. Kalo pengen keripik kentang yang lebih sehat sih, sebaiknya dipanggang ya. Tapi kalo pengen digoreng, pilih minyak goreng tak jenuh ya. Lalu menggoreng keripik kentangnya juga dengan minyak goreng yang banyak. Goreng dengan api kecil agar matangnya merata. Ketika menggoreng, usahakan jangan terlalu sering mengaduk karena bisa membuat tekstur keripik kentang jadi rusak atau hancur. 
  • Tiriskan keripik kentang hingga kadar minyak berkurang menggunakan kertas tissue, lalu taburkan bumbu sesuai rasa yang diinginkan seperti rasa barbeque, balado atau yang lainnya.
Puas banget ya, kalo bisa membuatkan cemilan sendiri buat keluarga. Selain bisa menghemat, tentunya dari segi rasa dan kesehatan juga lebih terjaga. Kita bisa memilih sendiri bahan mana yang akan digunakan ketika membuatkan cemilan untuk keluarga kita. Kalo saya sih, biasanya belanja di toko langganan. Kalopun nggak bisa beli langsung, saya biasa belanja online. Apalagi sekarang kan ada toko online terpercaya yang menyediakan semua kebutuhan kita. 

Membuat cemilan sendiri juga salah satu cara untuk mengurangi konsumsi jajanan diluar pada anak. Kita kan nggak tahu, gimana kualitas jajanan yang ada di luar sana. Dengan membuat keripik sendiri dirumah Anak-anak tentu saja akan bisa mengkonsumsi kripik yang enak dan juga sehat untuk tubuh mereka setiap harinya.



6 comments:

  1. Saya malah gak sempat buat cemilan :D Biasanya langsung beli, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo pas banyak waktu, bebikinan kayak gini Nisa...

      Delete
  2. Mbak, rajin uy bikin keripik kentang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi rajin aja Ma Chi...kalo pas mager mah beli aja, hihi

      Delete
  3. Wah makasih nih tipsnya, pengen nyoba bikin ah keripik kentangnya 😊

    ReplyDelete
  4. Waaa...sepertinya simple sekalii... Bikin ah buat intan. Makasih tipsnya mbak ika 😍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1