Friday, 31 August 2018

Hidup Lebih #AsikTanpaToxic bersama Natsbee Honey Lemon

19:08:00 5 Comments

Dear Friends,

Banyak orang yang mempertanyakan keputusan saya untuk tidak mengajar lagi. Yaps, di saat orang lain berlomba-lomba mengejar karier, saya justru memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Eiits jangan salah, ibu rumah tangga juga sebuah profesi mulia loh. Ibu rumah tangga mengabdikan diri untuk fokus mengurus rumah dan keluarga di rumah mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur.

Rutinitas seperti memasak, mencuci dan menyetrika, bersih-bersih rumah, belanja ke pasar, antar jemput anak hingga menemani mereka belajar sudah menjadi aktivitas keseharian ibu rumah tangga. Makanya suka kesel deh, kalo tiba-tiba ada yang nawarin kerjaan MLM atau apalah dengan embel-embel "daripada bengong di rumah", "biar nggak nganggur"...biar nggak bla..bla..bla. Idih.

Ibu rumah tangga juga rentan terhadap stress. Nggak dipungkiri sih, aktivitas ibu rumah tangga yang "monoton" kadang bisa membuat jenuh juga. Sesekali ibu rumah tangga perlu melakukan aktivitas yang berbeda, misalnya dengan mengerjakankan hobi, atau yang lain.

Me time di tengah alam

Nah, biasanya apa aja sih yang saya lakukan untuk menghindari stress?

Traveling

Jika sebagian besar ibu rumah tangga menghabiskan "me time" dengan melakukan perawatan diri di salon, ngemall atau hangout di kafe, saya lebih memilih untuk traveling. Biasanya sih ke tempat-tempat yang berada di alam terbuka seperti taman bunga, pegunungan atau pantai. Nggak perlu jauh-jauh kokj. Berada di tengah alam membuat saya lebih fresh, mood saya membaik dan saya merasa siap menghadapi hari.

Menikmati sebotol Natsbee Honey Lemon di tengah perkebunan teh

Menjaga Asupan Makanan

Jadi ibu rumah tangga itu, kadang lebih sering mengabaikan kepentingan dirinya sendiri dibanding anak-anak dan suaminya. Misalnya nih, seorang ibu pasti belum akan makan bila anak-anak dan suaminya belum makan, belum akan tidur bila anak-anaknya belum tidur. Ya, kan. Padahal asupan makanan yang baik dan istirahat yang cukup mampu menghindarkan stress loh.

Asupan makanan yang baik bukan berarti harus mahal. Pola makan seimbang sudah cukup memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oh iya, tak lupa sebotol NATSBEE Honey Lemon untuk membuat hari jadi makin bersemangat.

Minuman madu lemon ini ternyata memiliki banyak manfaat yang penting buat tubuh kita, diantaranya sebagai anti oksidan, anti bakteri, memperkuat sistem imun tubuh, detoksifikasi dan menghindarkan diri kita dari dehidrasi.


Ini loh khasiat minum Natsbee Honey Lemon

Ibu rumah tangga bukanlah manusia super yang memiliki kekuatan tanpa batas. Ada kalanya kami (para ibu rumah tangga) butuh waktu untuk sekedar menikmati hari. Berikan sedikit waktu bagi kami untuk sejenak melepaskan segala penat dan lelah hati dengan melakukan segala sesuatu yang menjadi  kesukaan kami. Natsbee Honey Lemon.

Jadii.., hidup akan lebih #AsikTanpaToxic berasama Natsbee Honey Lemon

Thursday, 23 August 2018

Pengalaman Tak Terlupakan "Staycation" di Hotel Puri Asri Magelang (1)

23:27:00 26 Comments
hotel-puri-asri-magelang

Dear Friends,

Magelang adalah salah satu kota yang penuh kenangan bagi saya. Bagaimana tidak? Dua kali seminggu saya wara-wiri Purworejo-Magelang untuk kuliah selama 4 tahun, 9 tahun lalu. Setelah hampir 5 tahun bermukim di Semarang, ada kalanya saya merindukan Magelang dengan semua hiruk pikuk dan suasananya.

Rupanya Allah menjawab kerinduan saya pada Magelang dengan memberi kesempatan untuk staycation di Hotel Puri Asri Magelang. Gayung pun bersambut. Tentu saja saya nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, dong. Kapan lagi bisa staycation di hotel bintang lima dengan view yang memanjakan mata.

Hotel Puri Asri adalah hotel bintang lima yang memiliki konsep resort. Lokasinya terletak di jalan Cempaka no. 9 Magelang, strategis dan dekat banget dengan taman wisata Kyai Langgeng. Hotel Puri Asri memiliki luas sekitar 22 hektar, tetapi yang sudah dibangun sekitar 9 hektar saja. Itu aja sudah lumayan bikin kaki pegel kalo mau berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya. Untungnya ada semacam shuttle dengan jendela terbuka yang akan mengantar kita kemanapun di komplek Hotel Puri Asri.

Hotel dengan komplek seluas 9 hektar ini memiliki banyak fasilitas mulai dari kolam renang baik kolam renang anak maupun dewasa, spa, gym, area outbond termasuk rafting, hingga taman bermain untuk anak-anak. Hotel Puri Asri memiliki sekitar 148 kamar. Bahkan ada beberapa type kamar yang memiliki fasilitas private pool. Asik, kan.

Oh iya, ada beberapa type kamar yang ditawarkan oleh Hotel Puri Asri Magelang diantaranya 12 Royal Suites, 3 Royal Penthouse dan New Executive Room.

Royal Suites

Dokpri. Royal Suites yang menawan

Begitu masuk ruangan dengan luas 86 meter persegi ini saya langsung dibuat takjub dengan desain ruangannya yang berkesan mewah dan bernuansa klasik. Tiap kamar Penthouse ini memiliki teras pribadi yang menghadap langsung ke Gunung Sumbing dan sawah yang hijau.

Kamar ini memiliki bed yang berukuran besar dan tentu saja nyaman, bathtub dan sebuah outdoor shower. Keistimewaan lainnya, kamar ini memiliki fasilitas layanan kamar selama 24 jam penuh.

hotel-puri-asri-magelang
Dokpri. Bathroom 

Dok, kulkasgendong. Private pool Royal Suites

Royal Penthouse

Dokpri. Royal Penthouse yang klasik dan mewah

Pertama kali masuk ke dalam ruangan royal penthouse ini bikin baper banget. Jadi pengen honeymoon lagi deh. Kamar ini dilengkapi dengan ruang tamu, jacuzzi serta bed berukuran besar yang nyaman. Ada juga private pool, teras dan taman yang luas. Kayaknya bakalan betah kalo nginep di sini deh. Apalagi kita juga bisa memilih kamar dengan view hutan, sungai atau gunung. Kebersamaan dengan pasangan atau keluarga pasti bakalan lebih berkualitas di sini.

Dokpri. Rasanya pengen leyeh-leyeh di sini

New Executive Room


Dokpri. Executive room

Executive room ini adalah kamar-kamar terbaru yang ditawarkan oleh Hotel Puri Asri. Kamar ini berukuran 40 meter persegi dengan dua bed yang nyaman banget. Selain itu, kamar ini dilengkapi LED TV berukuran besar, saluran TV kabel, wifi, kulkas, lemari pakaian serta safety box.

Yang paling saya suka adalah keberadaan kursi dan sebuah meja kecil di samping bed. Tiap kamar juga memiliki teras dengan 2 kursi untuk bersantai sambil ngobrol dan menikmati pemandangan.

Saking nyamannya beristirahat di kamar new executive ini, pagi hari saat bangun saya merasa badan saya lebih fresh. Saya dan mbak Wati teman sekamar saya sempat bercengkerama di teras sembari menunggu waktu yang pas untuk sarapan. Kebetulan banget restoran Pringgondani terletak di bawah Alamanda Executive Room.

Sarapan di Resto Pringgondani

Sekitar pukul 7 pagi, mulai terlihat lalu lalang para tamu yang hendak sarapan pagi. Ternyata banyak juga ya wisatawan asing yang menginap di Puri Asri ini. Pagi itu ada yang spesial dari Resto Pringgondani. Dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, resto Pringgondani mempersembahkan tumpeng merah putih. Kami pun berkesempatan mencicipinya bersama-sama.

Dokpri. Tumpeng merah putih ala resto Pringgondani

Dokpri. Suasana resto Pringgondani di pagi hari







Menu dan varian makanan serta kudapan yang disediakan rseto Pringgondani begitu bervariasi, sampai-sampai saya bingung untuk memilihnya. Begitu pun dengan minuman. Disediakan mulai dari juice, air putih atau infuse water. Kalo mau yang hangat-hangat, bisa pilih teh atau kopi. Perut kenyang, hati senang deh. Saya dan teman-teman bersiap menghadapi hari.

Setelah puas sarapan, saya dan teman-teman segera bergegas menuju ke pinggi sungai Progo. Kira-kira saya dan teman-teman mau ngapain ya?

Tunggu ceritanya di bagian berikutnya, ya!


Wednesday, 8 August 2018

6 Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang

11:39:00 22 Comments


Dear Friends,

Jepang merupakan salah satu “negeri impian”, dimana banyak orang yang ingin mengunjunginya. Kayaknya sih nggak ada tempat lain di dunia dimana orang-orangnya sangat sopan, makanannya enak, kondisi alam yang asri, dan punya teknologi yang super canggih seperti Jepang. 

Meski begitu, Jepang termasuk negara dengan biaya hidup sangat tinggi. Kalian yang pengen banget pergi ke Jepang, jangan coba-coba pergi kesana saat dompet kalian sedang tipis. Bisa-bisa kalian jadi gelandangan disana. Hihi..

Tak hanya dirasakan oleh wisatawan asing saja, biaya hidup yang tinggi juga dirasakan oleh penduduk asli Jepang. Itulah mengapa tiap ibu rumah tangga di Jepang terbiasa hidup hemat. 

Nah, buat kalian yang susah berhemat, coba deh cek 6 tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang berikut ini!

1. Membawa Daftar Belanjaan

Salah satu kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga di Jepang yaitu membawa daftar belanjaan saat shopping di supermarket. Yups, kebiasaan membawa daftar belanjaan ini sering dilakukan ibu-ibu di Jepang dengan tujuan agar mereka bisa terhindar dari over-budget. Kalian pun bisa mencontoh kebiasaan orang-orang Jepang ini dengan cara menyiapkan daftar belanjaan dari rumah. Setelah di supermarket, kalian nggak akan bingung lagi harus beli apa. Selain itu, dengan adanya daftar belanjaan ini kalian dapat terhindar dari membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

2. Tarik Tunai



Kebiasaan baik ala ibu-ibu Jepang lainnya yaitu selalu menarik tunai semua uang yang ada didalam rekening. Jadi ketika ibu-ibu ini mendapatkan uang dari hasil bisnis atau kiriman suami, maka mereka akan langsung menariknya dalam bentuk cash. Setelah diambil, uang tunai tersebut disimpan baik-baik di rumah. Tujuan dari penarikan tunai ini yaitu agar lebih mudah dalam mengelola keuangan. Jika disimpan di bank, maka siapapun mesti bolak-balik ke ATM ketika memerlukan uang. Berbeda jika ditarik tunai, kalian akan dapat dengan mudah memanfaatkan uang yang ada. Misalnya ketika akan membayar listrik, belanja keperluan dapur, atau belanja keperluan anak, kalian tinggal mengambilnya di dompet. Lebih simple, kan.

3. Selektif Ketika Belanja

Ibu rumah tangga di Jepang selalu melakukan survey sebelum shopping, baik ketika akan belanja di toko fisik maupun online. Mereka selalu melakukan komparasi produk, kira-kira produk mana saja yang harganya murah namun tidak murahan. Kalian pun bisa mencontoh ibu-ibu di Jepang ini dengan selalu melakukan survey produk-produk. Supaya lebih hemat, kalian cobalah mencari produk-produk dengan diskon.

4. Tak Pernah Menyepelekan Uang Koin


Uang koin nominalnya memang kecil, tapi kalo dikumpulkan, uang koin ini bisa menyelamatkan keuangan keluarga. Ibu-ibu di Jepang juga sangat peduli dengan uang koin ini dan tak pernah menyepelekannya satupun. Mereka selalu berusaha menyimpan uang-uang koin yang ada di celengan atau tempat-tempat lainnya di rumah. Jika dikumpulkan secara rutin, uang koin ini bisa dijadikan backup dana bulanan loh. Nggak cuma itu, uang koin ini juga berguna untuk berbagai keperluan seperti bayar parkir, ngasih pengamen, uang jajan anak, dan lain-lain.

5. Bawa Botol Minuman Sendiri

Kebiasaan orang Jepang lainnya yang layak ditiru yaitu selalu membawa botol minuman sendiri kemanapun mereka pergi. Hal itu dilakukan selain untuk menghemat uang, juga karena untuk menghindari pembelian soft drink. Jangan malu membawa botol minuman sendiri, karena selain hemat, kalian juga bisa terhindar dari dehidrasi.

6. Mengelola Barang Bekas

Kebiasaan baik lainnya yang biasa dilakukan ibu-ibu di Jepang yaitu mengelola barang bekas. Barang bekas yang terkumpul di rumah dikelola lalu disimpan dengan tujuan agar nantinya barang-barang tersebut bisa dijual kembali. Lumayan kan, buat nambah-nambah uang belanja.

Jepang memang dikenal memiliki society yang sangat teratur dan memiliki disiplin tinggi. Ada banyak hal positif yang bisa kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Semoga tips hemat ala ibu rumah tangga Jepang tadi bermanfaat, ya. 



Saturday, 4 August 2018

Serunya Mewarnai dan Bermain bersama Colour To Life Faber-Castell

14:33:00 31 Comments
colour-to-life-faber-castell


Dear Friends,

Sudah hampir 5 tahun saya berhenti mengajar, tepatnya setelah memutuskan untuk menyusul suami ke kota Semarang. Sebelumnya saya dan suami menjalani LDM alias long distance marriage selama kurang lebih 6 tahun. Saya tinggal di Purworejo bersama anak-anak, sedangkan suami tinggal di Semarang. Dulu suami harus bolak-balik Semarang-Purworejo tiap dua pekan sekali. Kalo sedang banyak pekerjaan, suami terpaksa pulang saat akhir bulan.

Kebayang kan, gimana rasanya nggak bisa ketemu keluarga setiap hari? Suami bahkan bisa menelpon hingga puluhan kali setiap harinya sekedar mendengar suara anak-anak atau mengobrol dengan anak-anak. Makanya setiap suami pulang, beliau betul-betul memanfaatkan quality time bersama anak-anak untuk menebus waktu yang hilang selama tinggal berjauhan.

Biasanya saat quality time bersama anak, suami selalu mengajak anak-anak bermain. Kadang anak-anak minta ditemani bermain ke sawah, mencari belut atau bermain layangan. Sering juga anak-anak diajak mengerjakan hobi bersama. Suami memiliki hobi menggambar dan membuat kaligrafi. Dan sepertinya anak-anak mewarisi bakat dari ayahnya yaitu menggambar. Kalau sedang menggambar atau mewarnai, mereka seperti lupa waktu. Asik banget.

colour-to-life-faber-castell
Dokpri. Beberapa hasil gambar si kakak

Setelah kami berkumpul kembali di Semarang, kebiasaan melakukan hobi bersama ini masih dilakukan. Suami bahkan sampai membelikan mereka peralatan melukis dan mewarnai untuk anak-anak, mulai dari cat minyak, canvas, kuas dengan berbagai ukuran, connector pen dan crayon. Selama untuk hal positif, saya tentu mendukung saja (yang penting belinya nggak pake uang belanja saya. LOL).

Oh iya, kalian juga harus tahu bahwa ternyata kegiatan mewarnai ini banyak banget loh manfaatnya untuk anak-anak. Nah, berikut ini beberapa diantaranya :

Sebagai media berekspresi
Aktivitas mewarnai merupakan cara bagi anak-anak untuk mengungkapkan perasaaan dirinya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.

Melatih kemampuan koordinasi
Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam pensil warna, memilih warna dan menajamkan pensil warna. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar anak saat mereka besar nanti.

Mengembangkan kemampuan motorik
Aktivitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak.

Warna adalah media terapi
Warna merupakan sebuah media terapi bagi banyak orang, bahkan digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Selain itu cara anak-anak menorehkan warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar mereka.

Mewarnai dapat meningkatkan konsentrasi
Aktivitas mewarnai dapat melatih konsentrasi anak agar tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya.

Nah, belakangan ini suami dan anak-anak sedang menggandrungi permainan colour to life dari Faber-Castell. Colour to life adalah teknologi terbaru dari Faber-Castell yang menggabungkan gambar dari hasil mewarnai dengan aplikasi berteknologi Augmented Reality (AR). Jadi, gambar yang sudah diwarnai menggunakan connector pen Faber-Castell bisa nampak nyata. Bahkan gambarnya ini bisa diajak bermain game dan selfie, loh.

Kalau kalian pengen ikutan bermain colour to life juga, begini caranya :

Pertama, kalian bisa unduh aplikasi Colour To Life terlebih dulu.


Aplikasi Colour to Life ini bisa diunduh via Google Playstore maupun App Store. Setelah diunduh, kita bisa langsung memainkannya, kok. Oh iya, sebelum bermain, gambarnya musti diwarnai dulu ya menggunakan connector pen Faber-Castell.

Setelah gambar selesai diwarnai, buka aplikasi Colour to Life, lalu klik start.



Setelah itu pilih karakter yang mau kalian mainkan. Ada 5 karakter yang bisa kalian pilih, loh. Ada Giddy Up si prajurit berkuda, Pogo Boy, Dress-Up challenge ala putri kerajaan, Balance Your Brain atau Safe Flight. Anak-anak sih, suka semuanya. Makanya semuanya diwarnai.



Setelah karakter dipilih, lalu mulai scan dengan jarak kurang lebih 30 cm. Scan sampai muncul warna hijau yang menandakan kalau scanning berhasil. Setelah itu, akan muncul gambar yang tadi kita scan di layar. Lucunya, gambarnya seolah hidup, loh. Selanjutnya kalian bisa pilih, mau selfie atau bermain game. Gampang banget, kan.

Mas Aufa mewarnai ditungguin Giddy
Princess Rara dan Princess siapa ya




Anak-anak jadi keasikan nih, mewarnai dan main colour to life Faber-Castell. Saya jadi makin yakin kalau Faber-Castell memang produsen peralatan mewarnai yang sangat unggul karena selalu berinovasi dalam era digital ini. Hal ini membuktikan bahwa Faber-Castell adalah perusahan yang luar biasa karena sudah menghasilkan peralatanan seni berkualitas terbaik di dunia.

Buat kalian yang penasaran pengen ikut nyobain, bisa langsung beli paket Faber-Castell Colour to Life di Tokopedia, Gramedia, atau toko buku terdekat di kota kalian.

Ayo, jangan sampai ketinggalan serunya mewarnai dan bermain bersama colour to life Faber-Castell!


Thursday, 2 August 2018

Pengalaman Mengkhitankan Anak Menggunakan Laser

12:23:00 11 Comments
khitan-menggunakan-laser


Dear Friends,

Akhir bulan Juni lalu, mas Aufa anak kedua saya akhirnya khitan juga. Alhamdulillah, akhirnya  salah satu kewajiban saya dan suami sebagai orangtua tertunaikan juga. Ini juga untuk pertama kalinya punya pengalaman mengkhitankan anak menggunakan laser. Sebenarnya saya dan suami menawarkan pada si mas untuk khitan saat libur semesteran saja, tapi rupanya dia sudah nggak sabar untuk khitan. Ya sudah, mumpung liburnya masih agak lama akhirnya saya dan suami memenuhi permintaan si mas. 

Sunat atau khitan bertujuan mengangkat jaringan yang menutupi ujung penis. Jaringan penutup ini biasa dikenal dengan sebutan kulup. Sunat bisa dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir, tetapi umumnya dilakukan kepada anak laki-laki yang beranjak remaja. Eh tapi ada juga sih, laki-laki yang melakukan sunat saat usia dewasa. 

Sebelum khitan, saya dan suami berdiskusi tentang medote khitan apa yang kiranya cocok buat Aufa. Suami lalu mencari tahu ke beberapa rumah sakit dan rumah khitan yang lokasinya nggak terlalu jauh dari rumah. Suami membawa beberapa brosur dari sebuah rumah rumah sakit. Rupanya beliau tertarik pada salah satu metode khitan yang sedang menjadi tren belakangan ini yaitu metode smart klamp.

Dokpri. Smart Klamp

Akhirnya suami mengajak Aufa untuk cek kesehatan dan melakukan pengukuran penis untuk menyesuaikan "klamp" nya. Setelah diperlihatkan alatnya, nyali Aufa langsung ciut. Rupanya dia sudah membayangkan bagaimana rasanya  dijepit langsung menolak khitan dengan metode smart klamp. Aufa memilih dikhitan menggunakan laser saja. Ya udah lah daripada anaknya nggak mau dikhitan, saya dan suami menuruti kemauan si mas aja.

Pengalaman Mengkhitankan Anak Menggunakan Laser

Sunat laser adalah istilah yang lazim digunakan untuk menyebutkan jenis sunat yang menggunakan gelombang elektromagnatik yang diamplikasi sebagai alat potong. Sebenarnya sih, disunatnya bukan pakai laser, tetapi pakai alat yang disebut electric cauter.

Electric cauter adalah alat bedah yang digunakan untuk memotong kulit atau pembuluh darah sehingga meminimalisir pendarahan. Alat ini sudah banyak digunakan di klinik bedah, namun ada yang dimodifikasi sedemikian rupa. Penggunaan alat ini seperti pisau bermata dua. Kalau tepat menggunakannya dipastikan tindakan sunat jadi lebih cepat, menjahit jadi lebih mudah dan risiko infeksi lebih rendah. 

Sunat laser ini punya kelebihan prosesnya lebih cepat, tidak banyak pendarahan dan kadang malah nggak perlu dijahit. Tapi kemarin Aufa dijahit sih, pake benang yang bisa lepas sendiri. 

Meski begitu, sunat laser juga punya kekurangan diantaranya hasil sunat sulit diprediksi, sunat laser bisa menimbulkan luka bakar yang bisa mengakibatkan pembengkakan, terasa panas pada di area yang terpotong dan adanya resiko penis terjepit dan glands terpotong tinggi. 

khitan-menggunakan-laser
Dokpri. Ini dia penampakan alatnya

Tanggal 29 Juni adalah hari yang dipilih untuk mengkhitankan Aufa. Sayangnya dokter yang dijadwalkan akan mengkhitan Aufa mendadak keluar kota dan akhirnya jadi digantikan dokter lain pada malam harinya. 

Saya dan suami sempat khawatir nantinya hasil khitan nggak sempurna karena ukuran "penis" Aufa yang kecil. Mengkhitan penis berukuran kecil rupanya berisiko tinggi lho. Bahkan kata dokter bisa berakibat pada pengulangan tindakan khitan kalau ada kesalahan dalam masa perawatan. Ukuran penis si mas yang kecil itu disebabkan karena  kekurangan protein. Saya bahkan sempat protes sama dokter karena setiap hari saya tak pernah absen menyediakan sayur atau lauk pauk yang mengandung protein buat anak-anak saya. 

Untunglah apa yang kami khawatirkan tidak terjadi. Hasil khitan Aufa baik-baik saja dan nggak ada masalah. Alhamdulillah.

Dokpri. Saat tindakan 

Beruntung Aufa ini nggak pernah rewel kalo berurusan dengan rumah sakit. Tidak nampak sedikitpun rasa takut atau gugup di wajahnya. Santai banget anaknya (yang ada emaknya yang nervous). LOL. Setelah efek biusnya hilang, Aufa cuma meringis aja sih. Panas katanya. 

Perawatan Setelah Tindakan Khitan

Setelah khitan, tugas sebagai orangtua belum selesai. Saya dan suami musti memperhatikan beberapa hal saat melakukan perawatan pada luka di area penis Aufa agar lekas pulih. 

Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat luka pasca khitan adalah :

  1. Membersihkan area penis. Setelah khitan, penis harus tetap dalam keadaan kering selama beberapa hari. Paling hanya ditetesi betadine saja supaya tidak infeksi. Setelah lepas perban, bersihkan penis dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel tiap selesai buang air. Area sekitar penis juga musti diperhatikan supaya tidak ada kuman yang menempel di penis. 
  2. Memberikan obat sesuai dosis. Setelah khitan, dokter memberikan obat antibiotik dan obat pereda rasa nyeri. Aufa termasuk anak yang nggak susah saat harus minum obat. Kadang malah dia yang ngingetin kapan waktunya minum obat. 
  3. Membersihkan badannya dengan washlap
  4. Selama masa pemulihan, gunakan washlap untuk membersihkan tubuh.
  5. Tidak memberikan makanan yang menimbulkan alergi dan memicu gatal pada luka. Berikan makanan yang mengandung protein untuk mempercepat penyembuhan.
  6. Mengoleskan salep antibiotik (dengan resep dokter) atau petroleum jelly yang biasa kita pakai untuk melembapkan kulit. Ternyata semakin lembab kulit, maka luka sunat akan lebih cepat sembuh. Dan sebaliknya, bila kulitnya kering, maka luka sunat akan makin lama sembuh.

Selama masa perawatan, Aufa sangat kooperatif dan patuh pada apa yang dikatakan dokter. Normalnya masa pemulihan berlangsung sekitar 7-10 hari pasca khitan tapi nggak sampai 10 hari Aufa sudah bisa kembali aktif bermain dan naik sepeda. 

Mengkhitankan anak laki-laki merupakan salah satu kewajiban kita sebagai orangtua untuk mengantarkannya menjadi lelaki seutuhnya. 


Wednesday, 1 August 2018

SADARI dan Kenali Gejala Kanker Payudara

11:44:00 24 Comments
Dear Friends,

Sudah banyak yang tahu bahwa kanker masih menjadi penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung di dunia. Banyak pula yang menulis tentang kanker, ciri, gejala hingga bagaimana cara menanganinya agar semakin banyak yang teredukasi mengenai kanker dan berbagai seluk beluk tentangnya. Seperti hal nya saya, yang ingin turut andil dalam hal ini. Apalagi banyak kawan kita yang akhirnya menyerah dan meninggal karena kanker. Rata-rata dari mereka, terlambat mengetahui dan terlambat menanganinya. Mari kita aware ya,  friends.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker penyebab kematian tertinggi pada wanita.  Carcinoma Mammae atau yang secara umum disebut sebagai kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker ganas yang dapat menyerang wanita. Kanker ini dapat tumbuh dalam jaringan payudara seperti saluran dan kalenjar susu serta jaringan lemak ataupun jaringan ikat pada payudara. Biasanya kanker payudara menyerang wanita, dengan gejala yang diam-diam terjadi pada tubuh tanpa disadari. Wanita diatas usia 35 tahun yang tidak memiliki anak, tidak menyusui, alkoholik dan memiliki riwayat trauma, beresiko tinggi akan kanker payudara. Duh, ngeri kan. 

Sebenarnya, kanker  payudara dapat disembuhkan apabila penderitanya segera mengetahui dan melakukan pengobatan. Tetapi sayangnya, kebanyakan penderita kanker payudara baru menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara setelah berada di stadium lanjut. Sehingga penanganan yang dilakukan hanyalah untuk mengurangi rasa sakit.



Kanker payudara pada stadium 1 sebenarnya sudah bisa diketahui, kalau kita bisa mengenali gejalanya. Antara lain :
  • Adanya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak dengan diameter tak kurang dari 2 cm. Benjolan ini tidak menyebabkan nyeri. Itu sebabnya, banyak wanita yang tidak menyadarinya.
  • Keluar cairan putih seperti susu (tidak berbau) bila kita menekan payudara.
  • Kulit payudara mengerut dan pori-pori kulit payudara menjadi kasar.
Wanita yang mengetahui bahwa dirinya menderita kanker payudara pada stadium awal memiliki peluang untuk sembuh, karena pengobatan pada tahap ini memang untuk menyembuhkan.
Sedangkan gejala kanker payudara stadium lanjut antara lain :
  • Timbulnya benjolan pada daerah ketiak.
  • Bentuk dan ukuran dari payudara berubah.
  • Puting susu  mengeluarkan cairan yang tidak normal seperti darah, cairan berwarna kuning dan hijau serta nanah.
  • Warna serta tekstur kulit payudara akan berubah.
  • Rasa nyeri pada payudara.
Sebagai wanita, kita hendaknya mengetahui gejala-gejala tersebut, agar dapat lebih mudah mendiagnosa pada saat terjadi resiko stadium awal. Lalu, bagaimana cara kita mengetahui gejala kanker payudara pada diri kita? Lakukan SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Berdiri tegak, lalu cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting. Tetapi jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala kemudian dorong siku ke depan dan cermati payudara. Selanjutnya dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada kita dengan sendirinya berkontraksi saat kita melakukan gerakan ini.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada kita.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan kita.
  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Segera konsultasi ke dokter bila hal itu terjadi.
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi berlawanan, untuk mencermati payudara sebelah kiri.
Lakukan SADARI sebagai bentuk antisipasi untuk mengetahui gejala kanker payudara sejak dini. Selain itu cari tahu apa saja faktor  penyebab kanker agar kita bisa menangkal dan menghindari timbulnya kanker pada diri kita.

Kalau tidak mau sel-sel kanker bercokol dalam tubuh kita, sebaiknya hindari :
  • Alkohol
  • Makanan yang mengandung pewarna
  • Makanan yang dibakar atau diasap
  • Rokok
  • Makanan berlemak
Selain itu lakukan olahraga secara rutin, makan makanan yang kaya serat, mengonsumsi vitamin A,C, E  untuk mencegah kanker. Lalu menjalankan pola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik agar terhindar dari  timbulnya sel-sel kanker.

Tubuh kita merupakan aset kita yang paling berharga. Jadi, yuk peduli dan jaga kesehatan kita!

Sumber :
Yayasan Kanker Indonesia

Follow Me @ikapuspita1