Thursday, 29 November 2018

# Blogging Competition # Life Story

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan dalam Keadaan Darurat



Dear friends,

Bagaimana cara mendapatkan dana pinjaman dalam keadaan darurat? Banyak orang yang bertanya dan mencari tahu soal ini. Banyak juga yang berpendapat bahwa mendapatkan dana pinjaman itu susah kalo nggak ada penjamin atau jaminannya. Iya bener juga sih, namanya juga pinjam pasti lah harus ada jaminan, misalnya aja sertifikat rumah atau surat kendaraan. 

Keadaan darurat itu yang seperti apa, sih?

Dalam hal keuangan, keadaan darurat maksudnya adalah kebutuhan yang tiba-tiba muncul dan harus segera terpenuhi akibat terjadinya sesuatu hal. Mungkin harus segera melunasi biaya sekolah anak, atau mungkin juga untuk biaya rumah sakit. 

Bukankah seharusnya kita sudah harus punya dana khusus untuk pengeluaran-pengeluaran itu?

Kebutuhan setiap orang berbeda dan nggak semua orang mampu menyisihkan dana untuk menutupi biaya-biaya tersebut. Bisa jadi penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jadi tidak ada dana tersisa untuk simpanan.

Biasanya sih, kalau status kita masih single (belum menikah) cadangan dana darurat yang harus dimiliki sebesar 3 kali pengeluaran rutin kita. Jika sudah berkeluarga seharusnya memiliki dana darurat sebesar 6-9 pengeluaran rutin. Perlu diingat juga bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dana darurat yang berbeda. Hal ini tergantung pada kondisi masing-masing. Semakin banyak tanggungannya maka semakin banyak pula dana darurat yang harus di siapkan. Dana darurat pun harus ditempatkan pada instrumen keuangan yang mudah dicairkan, misalnya dalam bentuk tabungan atau deposito berjangka. Intinya sih, dana darurat tersebut mudah kita cairkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.



Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan dana segar pada saat keadaan darurat?

Menjual atau Menggadaikan Aset Berharga
Salah satu cara mendapatkan dana segar adalah dengan menjual atau menggadaikan barang-barang berharga. Kita bisa pilih beberapa barang yang bisa dijual misalnya saja rumah, kendaraan, perhiasan, atau barang elektronik seperti televisi, laptop, atau smartphone. Ketika  menjual aset, ada dua kemungkinan yang bakal terjadi, yaitu kita bisa untung atau rugi. Kalo kita menjual aset secara terburu-buru, bisa jadi kita akan mendapatkan harga jual rendah. Ini bisa jadi bahan pertimbangan buat kalian agar tidak terlalu terburu-buru saat menjual aset kalian. Jual atau gadaikan barang di tempat atau lembaga yang resmi dan terpercaya. Jangan sampai kalian tertipu dengan calon pembeli. Bukannya untung malah buntung, deh.

Mengambil Tabungan
Jika kalian punya simpanan atau investasi, nggak ada salahnya untuk mengambil dana tersebut. Misalnya kalian menyimpan dana dalam bentuk tabungan, atau investasi seperti deposito, reksadana atau emas kalian bisa mencairkannya untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat untuk memenuhi semua kebutuhan.

Pinjam pada Keluarga Dekat
Saat kalian membutuhkan bantuan, pasti keluarga adalah sosok paling pertama yang akan muncul di benak kalian. Saat kalian perlu bantuan dalam bentuk finansial, nggak ada salahnya untuk meminta pertolongan mereka. Keluarga atau kerabat biasanya punya peluang besar untuk memberikan pinjaman dengan cepat. Mereka juga pasti sudah tahu bagaimana kebiasaan kalian sehari-hari, jadi pasti akan lebih percaya untuk meminjamkan uangnya kepada kalian. Kalau pinjam kepada keluarga pasti nggak akan berat oleh bunga. Kalian juga bisa mengatur waktu pengembalian dan keluarga kalian pasti juga Angsuran dana dan bunganya juga menjadi lebih fleksibel, kan. Tapi satu hal yang harus selalu diingat adalah jika kalian sudah dipercaya dan diberi kesempatan untuk pinjam uang, jangan sampai menyia-nyiakan kepercayaan keluarga terhadap kalian. Bayar pinjaman tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat di awal.

Meminjam pada Bank Konvensional
Usaha selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan meminjam kepada bank. Lembaga keuangan konvensional ini memang bisa memberikan berbagai jenis pinjaman bagi siapa saja  asalkan memenuhi persyaratannya. Kalian butuh dana tunai? Ajukan saja kredit tanpa agunan atau berbagai jenis kredit lainnya. Tapi sebelum mengajukan pinjaman jenis apapun di bank, pastikan kalian sudah membaca dan memenuhi persyaratan yang diberikan terlebih dulu. Sebab, proses pengajuan kredit di bank umumnya memakan waktu lebih lama dan ada banyak prosedur dan tahapan yang harus kalian lalui.

Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Disitu.com
Selain bank konvensional, sekarang ini banyak juga lembaga keuangan berbasis teknologi (fintech), salah satunya Disitu.com yang memiliki layanan Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman pun tersedia dalam berbagai bentuk, seperti kartu kredit digital, hingga pinjaman berupa dana tunai. Besaran pinjaman yang bisa diberikan mulai dari 2 juta hingga 300 juta. 



Setidaknya ada 8 lembaga keuangan yang memberikan layanan Kredit Tanpa Agunan di Disitu.com, antara lain :
  • Commonwealth Bank - KTA BizLoan
  • DBS Bank - Dana Bantuan Sahabat
  • CTBC Bank - Dana Cinta
  • Commonwealth Bank - KTA Tyme Digital
  • Permata Bank - PermataKTA
  • Amar Bank - Tunaiku
  • SCB - Kredit Tanpa Agunan, dan
  • Dana Bantuan Sahabat Telkomsel Terpilih
Proses pengajuan Kredit Tanpa Agunan cukup mudah. Kita juga bisa dengan leluasa membandingkan fasilitas dan layanan antara KTA yang satu dengan yang lainnya seperti :

  • Syarat dan ketentuan pinjaman
  • Jumlah pinjaman
  • Bunga pinjaman
  • Waktu pinjaman
  • Proses Pinjaman

Kalau sudah punya pilihan yang kira-kira sesuai dengan kriteria yang diinginkan, kita bisa langsung mengajukan pinjaman dengan mengisi formulir pengajuan secara online. Untuk lebih meyakinkan calon peminjam, ada beberapa informai mengenai produk pinjaman seperti manfaat produk, fitur produk, besaran bunga, risiko produk, tabel ilustrasi angsuran hingga simulasi angsuran pinjaman.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan saat pengajuan Kredit Tanpa Agunan di Disitu.com, diantaranya prosesnya cepat dan mudah, bunga flat selama jangka waktu pinjaman, tidak perlu menyiapkan banyak dokumen, waktu dan jumlah angsuran bisa disesuaikan dengan kemampuan serta pembayaran angsuran pinjaman bisa dilakukan dengan cara debet dari rekening nasabah. Mudah, bukan?

Yang paling penting dalam mengelola keuangan adalah disiplin, karena jika kita tidak disiplin maka kita tidak akan pernah mencapai tujuan. Saya juga selalu menanamkan pada diri sendiri bahwa dana darurat tidak akan saya dipakai jika tidak dalam keadaan darurat. Sebab seseorang yang ingin memiliki dana darurat atau ingin merdeka secara financial membutuhkan pengorbanan. Jadi, yuk mulai disiplin mengelola keuangan kita.





2 comments:

  1. Duuh PR banget ini soal keuangan kak, masih belum bisa disiplin dan konsisten

    ReplyDelete
  2. Sekarang banyak banget pinjaman KTA , dan sangat membantu untuk kebutuhan yang benar benar mendesak. Yang perlu diperhatikan adalah bunganya tentu saja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1