Mitos dan Fakta Seputar Manfaat Minum Air Hangat secara Rutin

Dear Friends,

Mitos dan fakta seputar manfaat minum air hangat secara rutin. Alhamdulillah sudah sebulan lebih kita menjalani aktivitas di tahun 2019 ini, ya. Bagaimana resolusi hidup sehatnya? Udah mulai dijalankan atau masih menunda-nunda? Padahal kita bisa memulainya dengan kebiasaan sederhana ini, loh. 

Apakah itu? 

Minum air hangat di pagi dan malam hari secara rutin. Yups, kabarnya meminum air hangat memiliki manfaat bagi kesehatan dibandingkan minum air dingin.

mitos-fakta-minum-air-putih-hangat


Bener nggak sih? Atau jangan-jangan hanya mitos aja? 

Mitos itu adalah sesuatu yang kita yakini kebenarannya tetapi ternyata salah. Ternyata ada kondisi-kondisi tertentu yang tidak bisa diatasi dengan minum air hangat.

Air hangat dapat membersihkan saluran pencernaan

Ada yang pernah mengatakan bahwa minum air hangat yang dicampur dengan garam tak beryodium merupakan salah satu cara untuk detoksifikasi tubuh. Kabarnya setelah minum air hangat bercampur garam tersebut efeknya dapat menyebabkan buag air besar dan dipercaya mampu membersihkan usus besar, membersihkan racun dan parasit dalam usus serta mengobati sembelit.

Faktanya, ternyata cara ini masih diragukan efektivitasnya karena belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa minum air putih hangat bercampur garam mampu mendetoksifikasi tubuh atau membersihkan racun di dalam saluran pencernaan. Minum air putih hangat bercampur garam ini hanya efektif menstimulasi gerakan usus saja.

Minum air hangat bisa membakar kalori lebih banyak dibanding air dingin

Beberapa orang mengklaim bahwa minum air hangat bisa membakar kalori lebih banyak dibanding dengan minum air dingin.

Faktanya, air dingin justru lebih efektif membakar kalori karena suhu badan akan meningkat untuk menghangatkan air dingin di dalam tubuh. Tapi hasilnya tidak signifikan sih, karena kalori yang terbakar hanya sedikit.

Meski terbukti bahwa hal tersebut hanya mitos semata tetapi banyak orang yang masih memercayainya, loh.

Nah, kalau kedua hal di atas hanya sebuah mitos, lalu apakah sebenarnya manfaat minum air hangat dengan rutin benar-benar ada?

Ada, dong.

Berikut ini beberapa manfaat air hangat apabila diminum secara rutin :
  • Meredakan nyeri saat menstruasi 
    Minum air hangat bermanfaat untuk meredakan dismenorrhea (nyeri haid), merelaksasi otot yang kram serta melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Minum air hangat yang cukup akan mencegah tubuh menahan cairan di dalam sehingga nyeri haid dapat dicegah."
  • Meredakan sakit dan nyeri sendi
    Air hangat bermanfaat untuk menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh, sehingga dapat meredakan nyeri pada sendi.
  • Meringankan gejala akalasia
    Akalasia merupakan sebuah kondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mendorong makanan ke dalam lambung (sulit menelan makanan). Air hangat dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.
  • Meredakan stress
    Minum air hangat bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Nah, efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres serta rasa cemas.  Mandi atau minum air hangat juga dapat membantu kita agar bisa tidur nyenyak. Apalagi jika ditambah segelas susu atau coklat hangat, kita pasti akan merasa lebih tenang dan nyaman.
  • Meredakan gejala flu
    Minum air hangat dapat membantu meringankan gejala flu seperti pilek, sakit tenggorokan serta dehidrasi. Uap dari air hangat ini akan mengencerkan lendir yang biasanya menyumbat saluran pernafasan. Bisa juga ditambahkan lemon dengan madu atau jahe. Jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam setidaknya 3 kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pada tenggorokan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan kebiasaan minum air hangat ini secara rutin karena efek yang didapatkan tidak instan. Perhatikan juga suhu air saat hendak diminum. Jangan sampai terlalu panas karena bisa membuat lidah melepuh. Selain itu jangan lupa untuk rutin minum air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi.

Yuk, mulai kebiasaan sehat dari sekarang.




No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com