Belanja di Pasar Tradisional lebih Mudah dengan Aplikasi Tumbas.in


Dear friends,

Meski hampir 20 tahun menjadi ibu rumah tangga, saya termasuk orang yang jarang belanja di pasar tradisional. Jarang ke pasar bukan berarti nggak pernah sama sekali lho, ya. Sesekali kalau sedang kepengen ya saya ke pasar. Untuk masak sehari-hari biasanya saya belanja di tukang sayur keliling atau ke warung langganan. 

Banyak alasan kenapa saya enggan pergi ke pasar. Yang pertama, saya nggak betah dengan aroma pasar yang ya gituu deh (tahu sendiri kan aromanya gimana?). Yang kedua, saya nggak bisa berada di tengah keramaian. Bisa mendadak pusing gitu. Kan bahaya jadinya. 

Karena itulah saya pilih belanja di tukang sayur atau ke warung langganan, deh. Sayangnya, baik tukang sayur dan warung langganan sering banget liburnya. Kalau sudah begini, biasanya saya jadi nggak masak alias jajan. Kalau nggak jajan, pasti ya mlipir ke supermarket cuma buat beli sayur dan lauk. Kebayang kan, harga sayurannya pasti juga berkali lipat dari tukang sayur atau warung langganan. Kalau begini terus, jatah belanja bulanan bakalan habis sebelum waktunya. Huhuu...

Di tengah kegundahan saya sebagai ibu rumah tangga yang sering mager kalau harus ke pasar sendiri, bersyukur banget karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu. Namanya aplikasi Tumbasin. 

Aplikasi tumbasin ini adalah aplikasi karya dari anak muda Semarang, loh. Sebagai warga kota Semarang, saya patut berbangga hati, karena ada aplikasi karya anak muda asli Semarang yang keren. Bahkan aplikasi ini didukung oleh Pemkot Semarang, loh. Aplikasi tumbasin membantu masyarakat kota Semarang terutama para ibu rumah tangga dan ibu bekerja yang tak punya waktu untuk pergi ke pasar tradisional. Tumbas.in siap membantu membelanjakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

dokpri. Berbagai kebutuhan yang bisa dibeli melalui tumbasin

Kalian semua musti nyobain aplikasi keren ini. Kenapa? Ada beberapa alasan mengapa kalian musti nyobain tumbas.in ini

Hemat Waktu, Tenaga dan Biaya

Buat saya yang males pergi ke pasar, jelas aplikasi tumbasin ini bantu banget. Saya nggak perlu lagi berkejaran dengan waktu antara belanja, masak dan mengantar anak-anak ke sekolah. Tahu sendiri lah, gimana riweuhnya aktivitas ibu-ibu di pagi hari. Mulai dari menyiapkan sarapan buat keluarga (ini kadang juga dikerjain sambil nyuci baju, nyuci piring dan sebagainya), menyiapkan anak-anak berangkat sekolah dan suami yang akan berangkat kerja hingga mengantar anak-anak ke sekolah. Saya bisa memanfaatkan waktu yang harusnya saya pergunakan untuk ke pasar dengan melakukan aktivitas lain, misalnya bersih-bersih rumah atau beresin kerjaan lain sambil nunggu belanjaan saya diantar kurir deh.

Biasanya saya pesan belanjaan malam hari, supaya bisa diantar kurir tumbasin pagi-pagi. Sebenarnya sih, bisa aja pesen pagi-pagi, asal nggak lebih dari jam 8 pagi, tapi takut paginya bakalan riweuh nggak bisa pegang hape, malah nggak jadi belanja. Kan berabe, bisa nggak masak lagi, deh.

Nah, itung sendiri deh, berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang bisa saya hemat karena tumbasin.

Kualitas Barang Terjamin

Seorang ibu pasti akan selalu memberikan yang terbaik bagi keluarganya, apalagi bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga. Saya selalu mengutamakan kualitas ketika berbelanja. Yang paling saya suka dari tumbasin adalah meski belanja di pasar tradisional, tetapi tumbasin menjamin kualitas barang yang kita beli. Tumbasin bermitra dengan pedagang pasar yang hanya menjual barang-barang berkualitas. Terbukti, ketika saya belanja sayur, bumbu-bumbu dapur maupun lauk pauk, semuanya sampai ke tangan saya dalam kondisi segar.

dokpri. Belanjaan saya diantar pagi-pagi nih sama mas kurir

Banyak Promo

Perempuan mana yang nggak suka promo? Belanja lewat tumbasin dapat promo free tofu atau 1/4 kg telur ayam kalau kita belanja dalam jumlah tertentu. Lumayan banget, kan? Bisa ngurangin jatah belanja lauk deh. Bahkan, ada juga promo free beras. Omaigat, maaauuu.

Selain itu, kalau kita belanja 100 ribu aja, kita bakalan dapat free ongkir alias bebas biaya pengiriman. Tuh kan, makin hemat lagi jadinya.

dokpri. Pesanan saya

Aplikasi Mudah Digunakan

dokpri. Aplikasi tumbasin

Para founder aplikasi tumbasin ini tahu banget, kalau aplikasi ini menyasar para ibu rumah tangga. Jadi mereka membuat aplikasi tumbasin agar bisa digunakan dengan mudah. Istilahnya "user friendly" gitu. Mudah digunakan dan nggak ribet. Setelah mendaftar, kita langsung bisa gunakan untuk belanja-belanja. Tinggal pilih pasar tradisional terdekat dengan domisili kita, pilih barang belanjaan, lalu pilih cara pembayaran. Bisa pilih transfer atau bayar di rumah. Buat kalian yang nggak punya m-banking nggak perlu repot ke ATM, pilih aja untuk membayar di rumah. Tinggal siapkan uang tunai sesuai jumlah belanjaan yang musti kita bayarkan. Begitu kurir datang, tinggal kasihkan aja. Praktis poll.

Didukung Pemerintah untuk Membantu Keberadaan Pasar Tradisional

Satu hal yang membanggakan adalah dukungan pemkot Semarang terhadap aplikasi tumbasin, hingga akhirnya pada tanggal 20 Januari 2020 terjadi penandatanganan MoU antara Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan CEO Tumbasin, Bayu Mahendra Saubig di kantor Walikota Semarang. Pemkot Semarang memang sedang berupaya mewujudkan kota Semarang sebagai Smart City dan berharap warga kota Semarang mendukung upaya ini dengan mulai menggunakan aplikasi tumbasin.

Dengan begini, secara tidak langsung kita juga turut membantu keberlangsungan pasar tradisional yang mulai ditinggalkan. Melalui aplikasi tumbasin, pasar tradisional bisa go digital dan mulai bergairah kembali.

Gimana teman-teman, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan belanja di pasar tradisional melalui tumbasin, kan?

Nggak usah ragu lagi, buruan download aplikasi tumbasin di playstore dan cobain. Rasakan sendiri pengalaman belanja yang asik dan berbeda melalui tumbasin!

Kalau sudah nyobain, ceritain dong pengalaman kalian di komen ya!




Lagu-lagu Didi Kempot yang Membuat Hati Ambyar

Sewu kutho uwes tak liwati, sewu ati tak takoni....
Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Belakangan ini lagu-lagu bersyair Jawa ini kembali booming, ya. Kayaknya hampir semua kalangan kini menggandrungi lagu-lagu dari The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot. 

Pada tahun 90an hingga awal 2000an, lagu-lagu Didi Kempot sudah dikenal bahkan hingga ke mancanegara. Hanya saja karena segmennya lagu-lagu Jawa, jadi yang menyukai lagu-lagunya hanya orang-orang yang sudah sepuh saja.

Hingga akhirnya, pada tahun 2018 secara tak terduga para generasi milenial malah membuat lagu-lagu Didi Kempot kembali booming. Apa jangan-jangan karena syair-syair di lagunya Didi Kempot mewakili perasaan mereka, ya? 

Nah, kira-kira apa saja lagu Didi Kempot yang mampu membuat hati para milenial makin ambyar ketika mendengarkannya?

pict source. shopee.id

1. Stasiun Balapan
Lagu Stasiun Balapan ini mungkin salah satu di antara lagu Didi Kempot yang paling terkenal. Meski secara musikal lagu ini terdengar asyik dan ada unsur perpaduan campursari yang apik, namun jika diperhatikan lirik lagunya bermakna cukup mendalam dan sedih.

Perhatikan saja lirik lagunya, nih, "Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia "Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku." Duuh, jadi ambyar kan hatimu? Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang pasangan yang kisah cinta pertama dan terakhirnya letaknya di Stasiun Solo Balapan, di kota Surakarta.

2. Lingsir Wengi
Mendengar judul lagu ini, pasti banyak dari kalian yang pada takut, nih. Pasalnya banyak yang mengaitkan lagu ini dengan kehadiran sosok tak kasat nyata yang cukup fenomenal, yaitu mbak Kun. Tetapi sebenarnya, lagu yang berjudul Lingsir Wengi ini menceritakan tentang kerinduan seseorang di tengah malam. Coba deh, baca lirik lagunya, "Lingsir wengiii, sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, "Sepi tidak bisa tidur, tergoda bayanganmu di dalam hatiku." Haduh, haduh, siapa tuh yang di rinduin?? 

Lagu yang bernuansa campursari ini ternyata merupakan syair dari Sunan Kalijaga. Konon lagu ini malah dibuat untuk menjauhkan bala, loh. Jadi jangan salah sangka apalagi takut karena rumor lagu ini dapat memanggil hantu.

3. Cidro
Nah, kalau lagu yang satu ini memang lagunya para “galauers”. Arti dari lirik Cidro ini sendiri memang bikin baper nggak karuan. Coba kalau kamu memiliki janji yang tak terbalaskan dengan mantan terindah. Lirik lagunya, "Remuk ati iki yen eling janjine, Ora ngiro jebul lamis wae."  Diartikan dalam Bahasa Indonesia jadi, "Hancur hati ini jika ingat janjinya, Tak terkira ternyata hanya dusta." Jaman sekarang, cari jodoh memang susah, ya. Apalagi kalau pernah dikhianati orang yang disayang. Huhu...sediiih. 

4. Sekonyong Konyong Koder
Kalian pernah nggak sih, mengalami momen cinta lokasi ataupun jatuh cinta mendadak pada seseorang? Kayaknya kalian harus coba dengerin lagu Sekonyong Konyong Koder dari Didi Kempot, nih! Begini bunyi lirik lagunya, "Modal bensin sakliter montorku tak setater, Tak ampiri arep tak ajak muter-muter" artinya "Modal bensin satu liter saja ku stater, buat nyamperin kamu dan kuajak berkeliling." Hihi, ini kayak siapa yaa? 

Tapi ternyata, meski lagunya seperti lagu gembira, ternyata kesan menyayat hati sangat terasa kalau sudah mendengar lirik berikutnya,"Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku tak ulet ngangge pomit, Malah kore lungo plencing, Ora pamit mit mit miiit (Koyo demit)" artinya "Aku sudah dandan klimis, Rambut sudah kuusap minyak pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit mit mit miiit (Kayak hantu)". Duh duh duh, ambyar lagi deh!

Sebenarnya sih kasihan banget ya orang yang diceritakan sama Didi Kempot. Di lagu ini, Didi Kempot kabarnya mendapat inspirasi dari candaan untuk memberikan gambaran romansa cinta masyarakat kelas bawah. Wah bisa aja nih master Didi Kempot, ternyata inspirasi bisa datang dari mana aja, ya. 

5. Sewu Kutho
Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari belahan jiwanya yang tak pernah memberikan kabar padanya. Seseorang yang diceritakan di lagu ini mencari belahan jiwanya yang selama bertahun-tahun tak pernah bertemu.

"Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni/ Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni." artinya "Seribu kota sudah kulalui, seribu hati kutanya, namun semua juga tidak tahu, kau pergi kemana, berapa tahun diriku mencari."

Kabarnya, lagu ini sudah didengar lebih dari satu juta kali di platform streaming musik. Ya nggak heran sih, kalau ada orang yang mengatakan "Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang."

Lagu-lagu karya Didi Kempot kini hampir selalu terdengar di berbagai tempat. Saking banyaknya orang yang suka dengan lagu-lagunya, nggak heran kalau Didi Kempot kemudian didapuk menjadi brand ambyarssador terbarunya Shopee. 

pict. source. shopee.id

Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi. Jangan sampai ketinggalan promo spesial Men Sale dari Shopee, ya!


Ubah Pola Makan demi Jaga Kesehatan

Dear friends,

Memiliki tubuh sehat dan kuat adalah impian banyak orang, apalagi kalau bonusnya adalah badan yang ramping dan singset. Sayangnya, banyak orang hanya berangan-angan saja tanpa melakukan tindakan. Cuma mimpi punya tubuh sehat, kuat dan langsing tapi nggak mau usaha. Nggak pernah olahraga, bahkan makan minum juga nggak dijaga. Kalau sudah begitu, punya badan sehat dan kuat hanya impian belaka. 

Tahun lalu saya, setelah hanya menyusun rencana-rencana dan wacana, akhirnya saya memulainya. Saya merasa badan saya semakin hari semakin berat, mudah capek, loyo dan mudah banget ngantuk. Saya merasa diri saya dalam bahaya. Akhirnya dengan tekad bulat saya mulai menjalankan pola hidup sehat. Mulai olahraga juga, meski hanya jalan kaki dan senam di rumah.

Pola hidup sehat juga menjadi salah satu resolusi yang saya jalankan tahun ini. Saya mulai googling dan bertanya pada teman-teman yang sudah menjalankan pola hidup sehat. Saya juga masih melakukan diet IU 5 hari dalam sebulan.

Untuk makanan sehari-hari, saya berusaha selalu menghadirkan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. No more karbo, no more junk food. Saya juga sedang berusaha "eat clean", yaitu makan makanan yang tidak terlalu banyak diproses.

pict. source by pixabay

Sebenarnya, beberapa tahun lalu saya pernah menjalani pola food combining, bahkan saya juga masuk ke dalam grup FC. Awalnya karena saya mengeluh sakit kepala yang terus menerus (sampai sekarang masih sering kambuh), hingga suatu hari adik saya menyarankan untuk bergabung dengan grup FC tersebut. Namun sayangnya, saya hanya bertahan beberapa saat saja karena tidak konsisten.

Pola makan saya mulai kacau dan ngawur lagi. Berat badan mulai merangkak naik, karena sudah tidak pernah olahraga. Duuh, pokoknya kacau banget deh. Badan yang tadinya lumayan enteng, kembali berat lagi. Persendian sering terasa sakit dan rasanya berat ketika bergerak. Nggak enak banget deh, pokoknya.

Saya merasa tubuh saya seperti sudah renta sekali, karena mudah lelah dan lemah. Kesehatan dan kualitas hidup saya terasa menurun, hingga akhirnya saya sadar saya harus segera berubah. Saya harus meninggalkan "cangkang" saya yang lama. Cangkang yang membuat saya abai terhadap kesehatan dan malas bergerak.

Saya pernah tiba-tiba menangis karena tiba-tiba takut mati, sedangkan anak-anak saya masih kecil dan masih butuh perhatian saya. Bukannya saya menentang kuasa Tuhan ya, tapi kalau boleh meminta, saya minta dipanjangkan umur agar dapat memperbaiki kualitas hidup saya

"You are what you eat" itu memang benar.  Badan saya membesar begini karena cara makan saya yang salah. Saya nggak pernah mikir efek dari apa yang saya makan. Duuh, terus terang ini juga bikin saya ketakutan. Pasalnya saya suka makan makanan yang enak-enak (berbahaya).

dokpri. Sesekali nge-gym bareng teman

Tahun ini usia saya memasuki 41 tahun. Sudah bukan usia muda lagi. Saatnya berbenah diri, memperbaiki pola hidup supaya bisa menjalani masa tua dengan sehat.  Saya belajar dari beberapa teman yang sudah menjalankan pola makan eat clean, eat right dan eat smart dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Saya juga memadukan konsumsi herbal ala dokter Zaidul Akbar. Saya membuat ramuan herbal dari rempah-rempah yang membantu membersihkan racun-racun tubuh.

Untuk detox, saya juga melakukan intermittent fasting. Saya hanya makan dalam waktu 5-8 jam, sedangkan sisanya saya berpuasa. Hal ini sangat membantu saya dalam upaya detoksifikasi tubuh juga. Selain itu, setiap menjelang tidur dan bangun tidur, saya rutin minum air putih hangat satu gelas besar. Kabarnya jika dilakukan dengan rutin, cara ini bisa membantu metabolisme tubuh sehingga bisa lebih cepat menurunkan berat badan.

Kalo kalian mau tahu kebiasan saya mengatur pola makan sehari, bisa cek dibawah ini. Boleh kok ditiru kalau memang cocok dengan kondisi badanmu.

  • Minum segelas air putih hangat, setelah bangun tidur. Lanjut dengan segelas jeniper (jeruk nipis peras) hangat. Setelah itu, minum segelas air hangat lagi (kalau masih sanggup ya). Kalau saya sih sanggup-sanggup aja minum 3 gelas air sekaligus. Malah bikin kenyang, loh.
  • Sarapan buah potong atau sebutir apel atau pear. Pokoknya buah yang mengandung air dan bisa mengenyangkan.
  • Jam 8 pagi, makan rebusan labu siam mini atau rebusan wortel. Sekenyangnya (tiap orang beda-beda kan, ya)
  • Jam 12-13 makan siang, sayur plus protein (bebas mau protein hewani atau nabati). Saya skip nasi, meski kadang masih makan karbo kompleks seperti ubi, jagung rebus atau singkong rebus (tergantung sayurnya apa)
  • Jam 15, snack time ya. Biasanya makan getuk, singkong atau ubi rebus yang ditumbuk. Gausah ditambah gula pasir,  ya. Tapi kalo pengen lebih manis rasanya, makan getuknya bisa sambil liatin foto saya (lempar plastik). LOL
  • Malam hari, saya tutup dengan minum milkshake (susu protein)

Gitu doang sih, gampang banget kan. Sayangnya, saya tuh angot-angotan alias nggak konsisten. Awalnya menggebu, tapi akhirnya males-malesan lagi. Coba saya konsisten dari dulu, mungkin badan saya sekarang sudah kembali ideal seperti jaman dulu. Duuh, semangatin saya doong.

dokpri. Ikutan PowerSwing

Selain mulai memperbaiki pola makan, saya juga mencoba untuk ikutan kelas olahraga seperti PowerSwing. Olahraga ini perpaduan antara yoga dan gymnastic. Bikin gobyos pokoknya. Katanya sih, kalau dilakukan secara rutin juga bisa mempercepat penurunan berat badan juga, loh.

Tahun ini saya berjanji untuk lebih tegas pada diri sendiri (maklum, saya permisif banget orangnya). Tahun saya harus lebih sehat dan lebih aktif bergerak. Saya harus keluar dari grup hobi rebahan dan masuk ke grup jaga kesehatan.

Maaf ya lemak, kolesterol, sakit kepala dan lainnya....saya harus meninggalkan kalian, demi kesehatan saya. Tolong, jangan nemplok-nemplok ke saya lagi.




Ungkapkan Cinta dengan Bunga dan Dua Dekade Merawat Cinta

pict by. Pixabay
 Dear friends,
Setangkai mawar merah itu terselip di antara buku-buku yang menumpuk di meja perpustakaan, lebih tepatnya di meja saya. Saya celingukan mencari siapa yang meletakkan bunga itu di buku saya. Di saat yang bersamaan, saya mendengar bisik-bisik di seberang meja saya. "Ambil bunganya. Itu ada suratnya juga, buruan baca!" ujar seseorang di antara mereka.  
Dengan perlahan, saya buka kertas yang ternyata berisi tulisan dari seseorang yang belum saya ketahui namanya. Saya memang tidak kenal mereka. Saya hanya tahu, mereka adalah kakak kelas yang memang biasa nongkrong di perpustakaan. Entah mereka beneran baca buku atau cuma sekedar nongkrongin cewek-cewek yang datang ke perpus saja. 

Saya terkikik ketika mengingat betapa lucunya masa SMA saya, 23 tahun yang lalu (yawla tua banget saya. LOL). Pertama kali menerima surat cinta dan setangkai mawar merah dari kakak kelas saya. Lebih geli lagi karena ternyata mawar merah yang diberikan kepada saya ternyata diambil dari taman bunga yang ada di halaman perpustakaan. Untung aja saya nggak terima cintanya. Ya gimana mau nerima, tanda cintanya aja hasil nyuri di halaman perpus. Hihi. 

Ternyata bunga mawar merah memang bunga yang sering digunakan untuk menyatakan cinta. Saya sering melihat orang-orang yang sedang menjalin kasih, kadang menggunakan bunga mawar merah untuk mengungkapkan perasaannya. Aiiih...betapa romantisnya. 

Saya juga pecinta bunga, bisa dilihat dari nama yang diberikan oleh orangtua saya. Puspita yang memiliki makna bunga. Mungkin orangtua saya berharap saya bisa cantik seperti bunga, hihi. Kadang saya beli beberapa tangkai bunga sedap malam untuk saya taruh di vas, sebagai pewangi alami rumah saya. 

Saat ini saya sedang menyusun proyek untuk membuat taman bunga di halaman rumah baru saya. Rencananya sih, saya mau menanam bunga warna-warni seperti bunga matahari, bunga mawar berbagai warna, bunga melati, hingga bunga kertas. Saya sudah membayangkan betapa indahnya taman bunga saya nanti. Tiap saya buka jendela, mata saya akan dimanjakan oleh warna-warni keindahannya. 

pict.by worldofghibli

Tahun ini, tepatnya, tanggal 5 Februari nanti kami akan merayakan anniversary ke 20. Selama dua dekade ini, bukan sekali dua kali kami mengalami permasalahan. Ya wajar dong, namanya aja dua individu yang berbeda. Nggak mungkin selalu memiliki pemikiran yang sama. Pasti adaaa aja masalahnya. Tapi untungnya dintara kami pasti ada yang selalu mengalah. Bukan kalah karena salah ya, tapi mengalah demi cinta, demi kebaikan bersama. 

Jika diantara kami berdua ada yang keras hati, kami saling berusaha untuk melunakkannya kembali. Biasanya dengan memberikan sesuatu untuk pasangan. Entah itu dimasakin, dibeliin makanan favorit atau bahkan dikasih bunga. Kalo sudah begitu, lenyap sudah rasa kesal, rasa marah di hati. 

Saya paling suka kalau suami memberi bunga (meskipun jarang, sih). Rasanya melebihi dibelikan sesuatu deh. Apalagi kalau bunganya mawar merah kesukaan saya. Wuaaa, saya pasti langsung bertekuk lutut padanya, deh. Kalau sedang begini, saya merasa suami jadi lebih romantis. Hihi. 

Sebenarnya pas banget kalau lagi ngomongin tentang bunga-bungaan begini. Bulan depan adalah bulan anniversary kami. Bulan yang juga sering disebut sebagai bulan kasih sayang. Saya sih berharapnya, suami akan kasih saya bunga mawar merah, sebagai tanda kasih sayangnya kepada saya (berharap, boleh kan). Apalagi bunganya juga disertai bunga bank. Ihiiiy....makin cintaa deh sama suami. 

dokpri. Berbunga-bunga ketika menerima bunga

Dua dekade bukanlah waktu yang sebentar bagi saya dan suami untuk selalu merawat cinta. Ibarat seorang anak, usia 20 tahun adalah usia menjelang dewasa. Tiap permasalahan yang ada tak bisa lagi diselesaikan dengan egoisme dan kerasnya kata-kata. Pokoknya harus bisa diselesaikan dengan romantis laah. Kayak di film-film itu lhoo (ketahuan deh kalo suka berkhayal). 

Suami saya bukan type suami yang suka "menye-menye" atau budak cinta (halah istilahnya. LOL) tapi juga bukan suami yang lempeng aja (nggak pernah mengekspresikan cinta). Meski jarang ngasih bunga tapi suami saya seorang yang super helpfull pada istrinya. Dia sering bantuin istrinya ngurus anak-anak, mau mijitin kaki dan mau bantuin beresin rumah. Baginya, itu lebih bermanfaat daripada cuma ngasih kata-kata romantis buat istrinya. 

Tapi yang namanya perempuan (normal) kadang pengen juga sih, sesekali dikasih bunga. Terutama pada saat hari spesial. Type orang kayak suami saya ini nggak bakal mempan kalau cuma dikasih kode-kode. Mendingan saya aja yang duluan ngasih kejutan, deh. 

Rencananya saya bakal kirim bunga ke suami. Tapi dimana dan gimana belinya ya? Saya pengennya kirim bunga yang nggak biasa. Setelah tanya sana-sini, akhirnya ketemu juga dengan toko bunga Jakarta yang bisa memenuhi harapan saya untuk memberi kejutan pada suami. 

Toko bunga bernama Flower Advisor ini bisa melayani pembeli dengan cara online dan bisa melakukan pengiriman nggak cuma ke seluruh wilayah di Indonesia, tetapi juga ke beberapa negara di mancanegara.  Aiiih...begitu saya buka website nya ternyata banyak banget jenis bunga yang bisa dipilih. Bahkan ada promo yang bisa diambil juga, nih. 

pict.by. Flower Advisor. Banyak pilihan buket bunga

Meskipun saya tinggal di Semarang, tetapi saya bisa memesan bunga melalui Flower Advisor, loh. Kita juga bisa memilih bunga sesuai dengan budget yang dimiliki, karena ada rentang harga yang bisa dipilih. Karena saya pecinta mawar, akhirnya saya pilih bunga mawar merah yang melambangkan cinta dan kecantikan. 

pict by. Flower Advisor

Masih bingung dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara pesan bunga di Flower Advisor?

Caranya :
  1. Buka situs Flower Advisor
  2. Pilih Jenis Bunga di bagian menu
  3. Pilih bentuk bunga dan buket yang diinginkan
  4. Isi data diri dengan lengkap
  5. Lakukan pembayaran
  6. Konfirmasi jika sudah dibayar
  7. Tunggu buket bunga datang, deh.
Rencananya saya mau kirim bunga ini ke kantor suami saja, jadi biar dia sendiri yang menerima bunganya (padahal saya pengen tahu gimana reaksinya ketika dikirimi bunga. LOL)

Buket bunga mawar yang saya pesan itu sekaligus sebagai hadiah di hari Valentine buatnya. Ssstt, buat kalian yang ingin merayakan hari kasih sayang bersama pasangan, bisa juga pesan buket bunga Valentine di Flower Advisor. Bisa dipastikan Valentine kamu bersama pasangan akan semakin romantis dan harmonis. 

Apa sih keuntungan yang bisa didapatkan ketika memesan bunga di Flower Advisor? 
  • Bisa dihubungi dalam waktu 24 jam, melalui telepon maupun whatsapp
  • Bisa dipesan dan dikirim kemana saja, bahkan ke mancanegara
  • Bunga dikirim dari toko bunga terdekat, jadi terjamin kesegarannya
  • Bisa memilih jenis bunga sesuai dengan budget
  • Bisa dikirim di hari yang sama 
  • Bebas ongkir untuk wilayah Jakarta
  • Bisa memilih metode pembayaran, baik melalui bank transfer, e-banking, credit card, virtual account, Gopay, OVO, LinkAja, e-Wallet, mini market seperti Alfamart hingga PayPal.
Untuk suami, terima kasih sudah bersedia dan sabar mendampingi selama 20 tahun ini. Bunga mawar merah yang saya kirimkan ini mungkin tidak cukup untuk mengungkapkan rasa cinta untukmu. Mawar merah ini hanya simbol cinta dan hati saya untukmu. 

Terima kasih Flower Advisor yang sudah #BridgingTheDistance dan memenuhi harapan saya untuk merawat cinta. 

Buat kalian yang ingin merawat cinta dengan bunga, serahkan pada ahlinya. Kepoin saja media sosial Flower Advisor di bawah ini. 


IG : @floweradvisorid
FB : FlowerAdvisor Indonesia
Twitter : @floweradvisor




Yuk Lebih Dini Cegah Kanker Payudara Dengan Mendeteksi Penyebabnya!

Dear  friends,

Segala kejadian baik dan buruk pasti ada sebabnya. Meski dalam kasus tertentu, ada sejumlah kejadian istimewa yang terjadi begitu saja sesuai kehendak-Nya. Begitu pula dengan kanker payudara. Kecil kemungkinan bagi penyakit ini untuk tiba-tiba hinggap di tubuh manusia, jika tidak disulut oleh faktor penyebab kanker payudara. Makanya, kewaspadaan dan pencegahan harus selalu kita tingkatkan agar terhindar dari penyakit yang merepotkan ini. 



Dikatakan merepotkan, sebab kanker payudara merupakan salah satu dari penyakit paling mematikan yang bisa menyerang pria maupun wanita. Setiap tahunnya, terjadi jumlah peningkatan yang signifikan terkait jumlah pengidap kanker payudara. Pengobatannya pun tinggi biaya, serta harus dilalui dengan proses yang menyakitkan. 

Maka alangkah baiknya jika kita pandai-pandai melakukan pencegahan, dengan menghindari segala faktor yang menyebabkan kanker payudara. Adapun hal-hal yang menjadi penyebab kanker payudara akan dijelaskan dalam uraian berikut ini. 

1. Faktor Usia
Seperti hukum alam yang berlaku umum, semakin tua usia seseorang, semakin sulit pula proses regenerasi sel-sel tubuhnya. Dampaknya, tubuh secara perlahan akan melemah dan bisa jadi rentan terdampak sejumlah penyakit. Ketika usia terus bertambah, peluang kanker payudara hinggap juga terbuka lebar. Terutama bagi kaum hawa, kanker payudara bisa menyerang, karena disulut oleh pertambahan usia yang semakin menua. 

2. Paparan Radiasi
Seseorang yang pernah terkena menjalani radioterapi disebut-sebut rentan terserang kanker payudara. Ini disebabkan dalam proses tersebut, tubuh terkena paparan radiasi secara intens sehingga membuka peluang munculnya kanker payudara.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol akan rentan diterpa berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker payudara. Kebiasaan buruk lainnya yang menyulut kanker datang adalah merokok dan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung pengawet. Jarang olahraga juga memicu tubuh kedatangan ragam penyakit berbahaya, termasuk kanker payudara.  

4. Faktor Keturunan
Jika salah satu anggota keluarga dekat kita memiliki riwayat penyakit kanker payudara, maka risiko terserang kanker juga bisa berpeluang besar menimpa diri kita. Ini disebabkan sel kanker yang bisa bermutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2 sehingga dapat membuat kanker payudara dapat diwariskan dengan mudah kepada keturunan. 

5. Wanita Dengan Kondisi Tertentu
Wanita dewasa yang berusia di atas 30 tahun dan belum pernah hamil atau menyusui disebut-sebut berisiko tinggi terkena kanker payudara. Sebaliknya, pengalaman hamil dan menyusui menandakan organ reproduksi berfungsi sehingga risiko terkena kanker payudara lebih rendah. Di sisi lain, wanita yang mengalami menstruasi pertama di usia yang terlalu muda, yakni di bawah 12 tahun juga rentan terkena kanker payudara beberapa tahun kemudian. 

Pada intinya, terdapat beberapa faktor penyebab kanker payudara yang mungkin saja bisa diantisipasi, tapi bisa juga tidak. Makanya, kewaspadaan harus selalu diterapkan, tapi juga jangan merasa khawatir berlebihan. 

Untuk mengantisipasi serangan kanker payudara yang terkadang tak terduga, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter secara berkala. Jika mendapati ada gejala aneh di area payudara, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Misalnya dengan melakukan pemeriksaan sendiri (SADARI), klinis (SADANIS), atau mammografi (tes pencitraan menggunakan sinar X).

Demikianlah artikel tentang penyebab kanker payudara. Mari selalu simak https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ agar pengetahuan kalian mengenai kanker payudara bertamba. 


Rekomendasi Wisata Kuliner Bogor Dekat Stasiun, No.4 Wajib Dicoba

Dear friends,

Saat ini sebagian masyarakat masih suka menggunakan transportasi umum, terlebih kualitas transportasi umum sekarang sudah semakin baik, sehingga masyarakat juga merasa aman dan nyaman. Biasanya para traveler lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk berpergian. Sembari menunggu, biasanya traveler sambil keliling mencari cemilan ataupun makanan di daerah stasiun. Bahkan mereka sering bertanya apakah ada wisata kuliner Bogor dekat stasiun. Tentu ada dong.

Kamu tidak perlu takut kelaparan jika berada di Stasiun Bogor karena banyak sekali kuliner yang enak, halal dan aman di kantong di dekat stasiun yang bisa kamu coba. Yuk, baca ulasan tentang daftar wisata kuliner Bogor dekat stasiun berikut ini :

1. Toge Goreng Pak Gebro


Buat kamu yang pengen cobain Toge Goreng Bogor bisa langsung datang ke Kedai Toge Goreng Pak Gebro, lokasinya ada di area stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar. Meskipun namanya toge goreng, namun aslinya toge ini direbus, kemudian ditambahkan campuran mie kuning, ketupat, tahu, serta bumbu berbahan dasar oncom dan tauco. 

Bumbu dasar oncom dan tauco inilah yang menjadi citarasa khas dari toge goreng. Toge goreng ini lebih nikmat jika disantap selagi hangat. Harga toge goreng ini dijual mulai dari harga Rp 10.000,- per porsi. Wah, sepertinya enak banget ya disantap sambil menunggu jadwal keberangkatan, dijamin tidak akan kelaparan deh. 

2. Soto Mi Bogor
Kalau udah musim dingin enaknya memang pilih makan makanan yang panas dan berkuah. Sambil menunggu jadwal berangkat, saya sarankan kamu untuk mencoba Soto Mi Bogor. Dalam satu porsi Soto Mi Bogor tediri dari campuran mi kuning, irisan tomat, daun seledri dan daging, kemudian dicurahi kuah yang menambah kenikmatan citarasanya. Harga per porsinya mulai dari Rp 15.000,- tanpa nasi. Kamu bisa temukan Soto Mi Bogor ini di sekitaran Taman Ade Irma Suryani atau biasa dikenal dengan Taman Topi Bogor.

3. Doclang
Jika dilihat sekilas wujud penampilan Doclang seperti siomay, namun berbeda. Seporsi Doclang terdiri dari campuran potongan lontong, tahu, kentang dan telur, kemudian disirami saus kacang. Di atasnya ditaburi bawang goreng dan kerupuk, sehingga menambah sensasi rasa dan kenikmatan saat menyantapnya. Harga satu porsi dijual mulai dengan harga Rp 12.500,-. Makanan ini memang terlihat sederhana, namun ternyata sangat menggugah selera. Doclang bisa kamu temukan tidak jauh dari Stasiun Bogor, yaitu di kawasan Jalan Merdeka, atau dekat Pasar Devris.

4. Asinan Bogor


Setelah menyantap makanan berat, lebih nikmat kalau ada menu pencuci mulut, agar lemak dan bumbu dari makanan tadi tidak terasa lagi. Kalau biasanya kamu memilih salad atau potongan buah segar sebagai makanan penutup, maka saya menyarankan untuk mencoba Asinan Bogor. Asinan Bogor sepertinya sudah tidak asing lagi ya. 

Asinan Bogor terdiri dari potongan buah-buah muda dan sayuran segar, kemudian disiram dengan kuah cuka asam. Sensasi asam dari cuka bertemu buah dan sayuran segar sungguh nikmat. Wah segar dan cocok untuk cemilan saat cuaca panas ini. Kamu bisa mendapatkannya di Asinan Merdeka, salah satu toko terkenal yang menjual Asinan Bogor. Asinan Merdeka tepatnya terletak di Jalan Merdeka. Buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

5. Mi Kocok
Meskipun bukan makanan khas Bogor, namun Mi Kocok memiliki banyak peminatnya dan ternyata ada yang menjualnya di sekitaran Stasiun Bogor. mi Kocok merupakan makanan khas Kota Bandung. Dalam satu porsinya terdiri dari campuran mi kuning besar, bakso, potongan kikil, suwiran daging ayam kampung dan daun seledri, kemudian disirami kuah kaldu sapi yang menambah citarasanya semakin kuat. 

Kalau di Bogor, Mi Kocok yang terkenal adalah Mi Kocok Pak Husein, terletak di Ruko Jembatan Merah, Bogor. Mi Kocok Pak Husein ini selalu ramai pengunjung dan sudah ada sejak tahun 2000. Satu porsinya dijual Rp 25.000,-. Jam operasional mulai  pukul 09.00-18.00 WIB. 

Masih banyak lagi tempat-tempat kuliner yang bisa kamu kunjungi di daerah Stasiun Bogor dan seluruh daerah Kota Bogor pastinya. Kamu juga bisa mengunjungi artikel ini https://www.cekaja.com/info/daftar-tempat-wisata-kuliner-enak-di-bogor-dengan-harga-murah/ untuk menambah referensi wisata kuliner kamu. 

Aaaah, jadi ingat waktu tinggal di Bogor bertahun-tahun lalu. Jadi kangen kulinernya, deh. Tmen-teman, tetap selalu jaga keamanan diri saat berada di stasiun ya dan jangan lupa untuk berburu kuliner yang ada di sekitar Stasiun Bogor. Selamat menikmati kuliner Bogor.




Karakteristik Seseorang dengan Kepribadian Shio Ayam

Dear friends,

Tahun 2020 ini menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa adalah Tahun Tikus Logam. Nah, menurut kepercayaan orang China, shio merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Sebab, shio adalah suatu ramalan yang sangat dipercaya oleh orang-orang China dan dapat menentukan sifat atau karakter seseorang. Ya, dengan mengetahui shio seseorang maka kita sudah bisa tahu bagaimana karakteristik orang tersebut. Terlebih karakteristik seseorang dengan kepribadian shio ayam.



Berkenalan dengan shio ayam

Terdapat banyak shio yang dipercaya oleh orang China, salah satunya adalah shio ayam. Shio ayam digambarkan sebagai pahlawan gagah berani dan memiliki pembawaan yang tegap, ramping, dan selalu memiliki ketegasa. Seseorang yang memiliki shio ayam biasanya lahir pada saat matahari menyingsing atau matahari terbenam. Sedangkan seseorang yang memiliki shio ini biasanya lahir pada tahun 1993, 1945, 1957, 1969, 1981, 2005, 2017,dan  2029. 

Kepribadian Shio Ayam Berdasarkan Lima Unsur

Selain memiliki pembawaan yang tegas meskipun pemiliki shio ayam seorang yang pemalu, tetap saja terlihat tegas dalam pembawaannya. Namun ada beberapa karakteristik yang bisa dilihat dari lima untur pada shio ayam. Berikut kelima unsur shio tersebut.

1. Unsur Air
Termasuk orang yang teliti dan prefeksionis dalam segala hal, seperti mampu menganalisis hal-hal yang masih dirasa ganjil. Selain itu juga mahir dalam hal surat-menyurat, komputer, dan selalu berpikiran jernih dama mengejar cita-citanya.

Sisi buruk dari shio ini adalah mereka bisa mempengaruhi seseorang untuk mengubah sebuah keputusan atau sebuah aturan, sedangkan dirinya sendiri sangat teguh pendirian pada keyakinanya. Terlalu terpaku pada hal-hal yang detail sehingga dapat membuyarkan konsep atau keputusan yang ada.

2. Unsur Logam
Seperti unsurnya yaitu logam bersifat keras. Sama halnya dengan seseorang yang memiliki shio ini. mereka cenderung lebih mementingkan keyakinanya sendiri dan kurang menerima keputusan atau keyakinan dari orang lain. Namun disamping itu juga memiliki kepribadian yang giat, menawan, praktis, idealis, dan optimis.

Dapat terjun dalam lingkungan sosial dan bahkan jika dia terjun ke dalamnya dan terlibat, dia memiliki kebanggan tersendiri akan hal itu. Dia merasa puas jika dilibatkan dalam hal-hal sosial seperti itu.

3. Unsur Api
Shio ayam yang terkenal dengan pendiriannya yang kuat, ternyata juga sulit jika harus menggoyahkan keyakinanya tersebut. Namun dia juga dapat bersikap profesional dan sopan untuk menerima keputusan dari orang lain. 

Memiliki pesona kepemimpinan untuk memimpin sebuah kegiatan, sehingga dapat dijadikan seorang pemimpin yang handal. Dia juga bisa melakukan atau menyelesaikan sebuah pekerjaan seorang diri dengan teliti dan rapi. Selian itu dia juga dapat bersikap gugup dan terlalu mendramatisir keadaan.

4. Unsur Kayu
Berdasarkan unsur kayu, seseornag yang memiliki shio ayam kayu cenderung bersifat tulus, jujur, terbuka, adil, dan berjiwa sosial yang tinggi bahkan dapat mengesampingkan kepentingannya sendiri. 

Di samping itu juga sering menangani permasalahan yang rumit sekalipun dan terjebak pada pola pikirnya sendiri. Namun disamping itu semua dia juga memiliki sifat yang selalu bersemangat.

5. Unsur Tanah
Unsur terakhir yaitu unsur tanah, memiliki karakteristik yang rajin, teliti, dan menyelidik. Dari ketegasannya tersebut dia dapat menjalankan tugas secara cepat, akutar, dan efisien. Sehingga dia lebih sering mengemban tugas yang cukup berat.

Unsur tanah termasuk seseorang yang memiliki sifat yang sistematis, sering mencatat hal-hal yang dianggapnya penting dalam sebuah catatan. Dengan semangat dan keuletannya tersebut, dia dapat meraih apa yang dicita-citakannya sedikit demi sedikit.

Jika masih terdapat kebingugan atau belum paham kalian bisa mengeceknya di https://www.cekaja.com/info/kepribadian-dan-karakter-shio-ayam-serta-ramalan-tahun-2020/ di kolom pencarian untuk lebih jelasnya.

Kalian dapat mencarinya pada situs Cekaja.com yang merupakan toko finansial online dengan produk-produk finansial berupa kartu kredit, asuransi, investasi, dan pinjaman.


Cara Praktis Budidaya Ternak Ikan Arwana Di Rumah

Dear friends,

Apa kabar friends? Tahun 2020 ini apakah ada yang berniat untuk berwirausaha di bidang peternakan? Ternak ikan mungkin? Ada informasi menarik nih buat kalian, gengs. 

Ikan arwana banyak dibudidayakan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk 1 jenis ikan arwana, misalnya, bisa dibandrol seharga puluhan juta rupiah per ekor! Berminat membudidayakan ikan arwana tapi nggak punya lahan? Nggak usah khawatir, kalian tetap bisa budidaya ternak ikan arwana di rumah.

Membudidayakan ikan air tawar asli Asia Tenggara ini nggak terlalu sulit. Yang kalian butuhkan saat ini adalah mengetahui teknik membudidayakan ikan arwana, sehingga bisa meraup keuntungan yang besar. Ke depannya, jenis ikan yang eksotis ini akan menjadi lahan bisnis yang menggiurkan mengingat nilai jualnya yang fantastis.    



Budidaya Ternak Ikan Arwana Di Rumah

Mengembangbiakkan ikan dengan menggunakan kolam-kolam pembibitan yang besar, tentu membutuhkan modal yang besar pula. Ada cara praktis dan ekonomis agar kalian tetap bisa mengembangkan budidaya ternak ikan arwana di rumah, yakni dengan menggunakan media akuarium. Dengan menggunakan akuarium, ikan arwana bisa sekaligus berfungsi sebagai ikan hias.

Untuk kalian yang ingin membudidayakan ternak ikan yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan memberikan energi yang baik pada lingkungan sekitar. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar benih ikannya cepat besar dan berkembang, tidak ada penyakit, dan tentunya panennya memuaskan.

Persiapan Tempat Budidaya

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam budidaya ternak ikan arwana di rumah adalah mempersiapkan tempat budidaya berupa akuarium. Karena dipakai untuk tujuan budidaya, pastinya memerlukan akuarium yang berukuran cukup besar serta memiliki fasilitas pendukung yang lengkap untuk proses budidaya ikan arwana.  

Agar aquarium bisa berfungsi maksimal, ada beberapa peralatan perlengkapan yang harus disiapkan, diantaranya pengukur suhu, heater, aerator, filter air dan lampu penerang. Alat kelengkapan lainnya adalah pemancar gelembung-gelembung udara yang berfungsi memberikan oksigen didalam air.

Memilih Ikan Arwana dan Indukan

Setelah akuarium siap digunakan, selanjutnya memilih jenis ikan arwana yang akan dibudidayakan di rumah. Kalian memiliki banyak pilihan jenis ikan arwana, karena di Indonesia variannya sangat beragam, mulai jenis silver arowana, black golden, cross black golden, super red, red tail golden, hingga golden pino.

Namun, dari beberapa jenis yang beredar di pasaran, jenis super red paling banyak dipilih untuk budidaya ternak ikan arwana di rumah. Di pasaran ikan arwana jenis ini memiliki harga yang sangat tinggi.  Untuk satu ekor ukuran dewasa, misalnya, dijual dengan harga sekitar Rp5 juta, sedangkan benihnya dijual sekitar Rp1 juta per ekor.

Memilih indukan yang berkualitas sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap perkembangan benih dan hasil panen nantinya. Karena kalian akan memelihara ternak ikan arwana di akuarium, maka indukan yang dipilih harus menyesuaikan ukuran akuarium. Selain itu, agar mudah berkembangbiak, sebaiknya dipilih indukan yang telah berusia lebih dari 4 tahun.

Bagi pemula untuk budidaya ternak ikan arwana di rumah, tidak kalah penting adalah mengetahui perbedaan antara ikan arwana jantan dan ikan arwana betina. Ciri-ciri arwana jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran tubuh dan kepalanya. Arwana jantan umumnya memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dibanding arwana betina.

Pemilihan Waktu Budidaya Ternak Ikan Arwana Di Rumah

Kalian harus memilih waktu yang tepat untuk pengembangbiakkan budidaya ikan arwana. Umumnya, indukan yang siap dikembangbiakan adalah yang telah menemukan pasangannya. Perhatikan baik-baik perilaku mereka. Apabila ada dua ikan yang berlainan jenis sering berenang bersama dengan kepala dan ekor menempel, berarti mereka telah menemukan pasangannya.  

Langkah selanjutnya, ambil dua ikan sejoli tersebut dan pindahkan pada akuarium khusus untuk budidaya ternak ikan arwana di rumah. Akuarium harus dibuat senyaman mungkin agar proses pengembangbiakan berjalan lancar. Untuk proses perkawinan hingga menjadi benih ikan (larva ikan) umumnya memakan waktu sekitar 2 bulan.

Memelihara dan Membesarkan Benih

Agar benih ikan arwana cepat tumbuh dan berkembangbiak, kalian harus memperhatikan pakannya. Pakan yang paling disukai adalah cacing pita. Satu ekor benih ikan arwana biasanya berukuran antara 1 cm hingga 12 cm. Jika benih sudah berukuran 12 cm maka harus dipisahkan dari indukan agar tidak dimakan oleh indukan.  

Sedangkan untuk proses pemeliharaan pada budidaya ternak ikan arwana di rumah, dilakukan hingga benih ikan mencapai ukuran 24 – 24 cm. Warna ikan arwana sangat menentukan harga jual. Agar diperoleh hasil yang alami maka ikan harus dijemur pada pagi hari, karena sinar matahari di pagi hari bisa membentuk warna alami.

Setelah langkah-langkah budidaya ternak ikan arwana bisa dilalui dengan baik, tinggal menunggu ikan dipanen. Ternyata tidak sulit untuk mengembangbiakkan ikan arwana. Tentunya, masih banyak peluang bisnis budidaya ikan lainnya di CekAja.com. Jika Anda berminat, bisa berkunjung ke https://www.cekaja.com/info/tips-budidaya-ternak-ikan-arwana untuk informasi lebih lanjut. 

Selamat mencoba, ya!



Pondok Pinang Mama Papua, Wujud Kontribusi PT Freeport untuk Papua

Dear friends,

Kalo ditanya tentang "Papua" yang pertama kali terbersit di benak saya adalah Raja Ampat, lembah Baliem, suku Asmat dan Freeport. Padahal, jika disuruh mengulik tentang Papua, nggak akan pernah cukup kata untuk menggambarkannya.

Papua adalah harta yang tak ternilai harganya bagi bangsa Indonesia. Tanah yang subur, tanah yang tiap butirnya terkandung emas dan bijih tambang lainnya.

Selain terkenal dengan wisata Raja Ampat nya yang mendunia, nama Papua juga tak bisa lepas dari PT. Freeport Indonesia. Siapa yang tak kenal perusahaan tambang yang termasuk salah satu tambang terbesar di dunia. Bahkan, banyak orang yang berbondong-bondong ingin menjadi karyawan Freeport. Bukan rahasia lagi, kalau banyak yang tergiur dengan gaji yang tinggi meski harus bekerja di pelosok Papua.

Sejarah PT. Freeport Indonesia

pict by. liputan 6

PT. Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia. Freeport yang merupakan afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID) ini menandatangani kontrak dengan masa kontrak selama 30 tahun dengan pemerintah Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Presiden Soeharto. Kemudian pada tahun 1991 (sebelum kontrak selesai) kontrak kerjasama yang seharusnya berakhir tahun 1997 diperbarui kembali oleh Freeport dan pemerintah Indonesia.

Sebagai salah satu produsen temas dan tembaga terbesar di dunia, Freeport sadar betapa pentingnya menyediakan logam-logam esensial ini untuk kebutuhan ekonomi masa kini dan mendatang. PT. Freeport Indonesia menerapkan kebijakan etis, sosial dan lingkungan yang mengarah kepada pengembangan keberlanjutan.

Kontribusi PT Freeport untuk Papua

Program pengembangan PT. Freeport Indonesia bisa disebut sebagai penggerak utama dari berbagai macam inisiatif  tanggung jawab sosial perusahaan. PT Freeport Indonesia berusaha menerapkan program pengembangan masyarakat yang memiliki dasar bisnis yang kuat, memberikan dukungan kepada masyarakat Papua agar berdaya dan konsisten dengan standar-standar pengembangan masyarakat.

Beberapa program pemberdayaan yang telah dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia diantaranya program perikanan, program peternakan, program pertanian dan ketahanan pangan, program pendidikan hingga program pembinaan UMKM.

Salah satu program yang menarik perhatian saya adalah pemberian bantuan pondok pinang kepada 50 orang mama Papua melalui Social Local Department (SLD) serta satu unit gerobak motor kepada distributor pinang.

pict by tribun

Pinang merupakan salah satu komoditas yang paling dicari, mengingat pinang merupakan bagian dari tradisi dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Papua sehari-hari. Kebutuhan pinang yang terus meningkat membuat banyak para mama Papua yang menjual pinang di berbagai tempat seperti di emper toko, pasar tradisional maupun di pinggir-pinggir jalan.

PT Freeport Indonesia melihat hal ini sebagai salah satu hal positif yang harus disupport, apalagi setelah dilakukan survei yang menunjukkan bahwa kontribusi penjualan pinang terhadap perekonomian keluarga sangat besar. Hanya saja selama ini, belum ada dukungan dalam hal modal dan pemasaran.

pict by. salampapua

Oleh karena itu, PT Freeport Indonesia melalui Social Local Department membantu para mama Papua dengan membangun sebuah sistem agar mereka bisa tumbuh dan menjadi penggerak ekonomi daerah.

Program pondok pinang ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing para mama, sehingga mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan kontribusi perempuan dalam pembangunan ekonomi.

Program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT Freeport bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemnafaatan sumber daya alam yang ada di sekitar mereka.

Semua program ini dijalankan dengan mengoptimalkan kemampuan masyarakat dan disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat setempat. Melalui program-program pemberdayaan yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia, diharapkan masyarakat Papua mampu berdaya dan meningkatkan perekonomian keluarga sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat di daerah lainnya.

Kontribusi PT Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua sebagai wujud nyata dukungan dan cinta Freeport terhadap masyarakat Papua.

Sumber referensi :


  • Official website PT Freeport Indonesia
  • https://seputarpapua.com/view/4093-freeport_berdayakan_ekonomi_masyarakat_lewat_pondok_pinang.html
  • https://www.harianpapuanews.com/ekonomi/ptfi-luncurkan-program-pondok-pinang-mama-papua/

Tahun Baru, Perlukah Bikin Resolusi?


Dear friends,

Happy new year, my dear friends. Selamat menyongsong hari baru, semangat baru.!!

Ngomong-ngomong tentang tahun baru, udah pada bikin resolusi belum nih? Atau jangan-jangan, resolusinya nyelesein resolusi tahun lalu? Haha..

Kalo saya sih, alhamdulillah selalu bikin resolusi. Yaah, meskipun nggak selalu tercapai semuanya, tapi setidaknya target saya ada yang terpenuhi lah.

Banyak orang yang rutin menyusun resolusi tiap tahun, tapi nggak sedikit juga yang nyinyirin orang-orang yang suka bikin resolusi.

  "Heleh, ngapain sih bikin resolusi, paling juga dianggurin resolusinya"

  "Palingan juga bikin resolusi karena ikut-ikutan aja"

Biarlah orang nyinyir, kafilah berlalu. Bagi saya, resolusi itu sebuah motivasi untuk hidup. Jadi, hidup serasa lebih bermakna gitu.

Meski nggak selalu langsung tercapai, resolusi saya bertahun lalu bisa terealisasi di tahun kemarin loh. Makanya, saya nggak pernah melewatkan untuk membuat resolusi tiap tahunnya.

Resolusi saya tahun ini nggak banyak. Secara garis besar, saya hanya punya 5 resolusi.

  • Working and Traveling
    Alhamdulillah tahun 2019 saya dapat kesempatan untuk bekerja sambil traveling. Maka, saya berharap, tahun 2020 ini saya mendapat kesempatan yang sama atau bila mungkin kesempatan yang lebih luas lagi.
  • Bisnis dari Rumah
    Meski sering gagal dalam urusan bisnis, tapi saya ingin terus mencoba berbisnis lagi. Saya sedang menjajaki beberapa kemungkinan untuk berbisnis dari rumah dan sedang memilih bisnis mana yang akan terlebih dulu dilakukan.
  • Punya (Beli) Mobil 
    Sejak anak-anak mulai beranjak besar, kami sering kesulitan kalau harus pegi bersama. Pasalnya saya hanya punya sepeda motor. Nggak mungkin kan, mengangkut 5 orang dalam satu motor. Kalo harus naik motor sendiri-sendiri, resikonya juga besar. Akibatnya, tiap kali bepergian saya harus menyewa mobil yang tentunya menghabiskan biaya cukup besar. Mungkin memang sudah waktunya, keluarga saya memiliki mobil. Semoga Allah kabulkan bisa punya mobil di tahun ini. Aminkan ya, friends.
  • Umroh
    Tiap kali ada saudara atau teman yang sedang beribadah ke tanah suci, entah kenapa hati saya selalu bergetar dan air mata mengucur deras. Saya juga sudah sangat rindu untuk bisa ke tanah suci. Saya rindu dan ingin sekali bisa berziarah ke makam Rasulullah. Semoga Allah kabulkan dan beri kemudahan untuk saya dan keluarga menuju kesana.
  • Renovasi Rumah
    Saya tinggal di rumah yang dibangun suami sejak tahun 2013. Sayangnya rumah kami hingga saat ini belum benar-benar selesai pembangunannya. Saya ingin sekali, bisa tinggal di rumah yang meski sederhana tetapi juga rapi. Semoga tahun ini, rumah kami bisa segera direnovasi dan rapi. Jadii, teman-teman bisa mampir ke rumah kami. 
Selain 5 resolusi tersebut, saya juga punya resolusi untuk hidup lebih sehat. Tahun lalu saya berhasil menurunkan berat badan sebanyak 14 kilogram. Tahun ini saya masih punya target untuk turun BB sekitar 15 kilogram lagi menuju BB ideal. Saya sedang berusaha untuk mengatur pola hidup sehat, memperbanyak aktivitas fisik dan ingin rutin berpuasa. 

Doakan agar saya selalu semangat menjalani hari-hari di tahun 2020 mendatang ya, friends. Semoga resolusi saya telah saya buat ini bisa memotivasi saya untuk mewujudkannya.

Gimana friends, sudahkah kalian membuat resolusi? 






Menjadi Seorang KOL, Apa Aja sih Kerjaannya?


Dear friends,

Alhamdulillah, hari ini merupakan hari pertama di tahun 2020. Meski sebagian wilayah di negara kita rata-rata mendung dan cuacanya tidak mendukung untuk beraktivitas di luar rumah, tapi kita harus tetap optimis dong menghadapi tahun baru ini. Kita masih bisa produktif kok meski hanya di rumah. 

Saya berjanji pada diri sendiri untuk makin produktif dalam berkarya tahun ini. Semoga hal positif tahun lalu bisa berlanjut dan makin lebih baik tahun ini. Dalam hal karya, tahun lalu adalah awal yang baik bagi saya. Kebetulan, tahun lalu saya diminta menjadi KOL untuk beberapa brand dari sebuah perusahaan farmasi, padahal saya nggak punya pengalaman menjadi KOL sebelumnya.

Sebenarnya saya sendiri masih belum percaya bahwa saya bisa terpilih menjadi key opinion leader. Bahkan hingga sekarang saya masih bertanya-tanya, apakah sebenarnya saya masuk kriteria sebagai seorang KOL? 

Sebenarnya, KOL (bukan sayuran loh yha *LOL) itu apa dan kerjaannya ngapain aja sih? 

Menurut pemikiran sederhana saya, KOL (Key Opinion Leader) itu merupakan  sosok individu yang ide, pemikiran, dan ucapannya dipercaya oleh sekelompok orang yang dipercaya bisa mempengaruhi (menginfluence) orang-orang yang ada di circle KOL. 

dokpri. Saya diantara  para blogger influencer

Nah, kalo ditanya apa pengaruhnya, ya pasti macem-macem, misalnya aja orang-orang di sekitar KOL jadi  memiliki perubahan baik dari pendapat maupun sikap perilaku.  

Tugas KOL ini erat kaitannya dengan opini publik. Artinya KOL ini hadir untuk mengubah opini publik. Misalnya aja, kalian nggak suka dengan salah satu produk, nah tugas KOL adalah bagaimana membuat kalian menyukai produk tersebut sehingga imbasnya bisa membuat kalian mengatakan bahwa produk tersebut bagus dan membuat kalian membagi pengalaman kalian ke khalayak ramai. Syukur-syukur juga diposting di media sosial kalian juga, hihi.

Waktu itu sih tugas saya sebagai KOL adalah memberikan informasi dan sharing pengalaman pribadi mengenai suatu produk dari brand tersebut (self experience), membuat  report postingan media sosial teman-teman terkait pengalaman mereka terhadap produk/ brand dan mengkondisikan circle saya untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh brand. 

Penting untuk diperhatikan adalah sebelum mempromosikan suatu bisnis atau brand, seorang KOL (key opinion leader)  harus menguasai informasi seputar bisnis atau brand tersebut dengan baik, sehingga proses penyampaian informasi bisa menggunakan cara yang paling efektif. Tak ada jalan untuk menguasai informasi bisnis atau brand tersebut selain memperhatikan dan membaca brief dengan seksama. Jangan sampai pesan yang disampaikan malah keliru dan merugikan brand atau bisnis yang dipromosikan.

Pekerjaan sebagai key opinion leader kini semakin diminati karena dianggap mudah dan potensial menghasilkan banyak uang. Iya, emang bener sih. Tetapi pertanggungjawaban sebagai seorang key opinion leader juga tidak mudah. 

Bersyukur bahwa saya dipercaya menjadi seorang key opinion leader karena akhirnya saya bisa mendapatkan pengalaman berharga. Saya juga dipaksa untuk belajar bagaimana menjadi seorang key opinion leader yang bisa juga menjadi "spoke person" bagi sebuah brand. 

Hingga saat ini saya masih terus belajar untuk menjadi seorang key opinion leader yang baik dan profesional. Semoga saya bisa terus menghasilkan karya-karya yang baik dan bisa dibanggakan hingga masa-masa mendatang. Aamiin.