Ide Bisnis bagi Pemula


Dear friends,

Ide bisnis bagi pemula bagi kalian yang ingin memulai bisnis sendiri. Bicara soal peluang usaha, saat ini sedang banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk membuka usaha. Terutama para karyawan yang terdampak pandemi. Kebanyakan mencoba peruntungan untuk membuka usaha dari rumah. Termasuk saya. Secara tidak langsung saya juga termasuk pekerja yang terdampak pandemi. Banyaknya pekerjaan yang ditunda dan dibatalkan, saya harus memutar otak agar tetap bisa berpenghasilan meski hanya dari rumah saja. Beberapa waktu lalu saya sudah memulainya. 

Saya memulai dengan kemampuan yang saya punya, yaitu kemampuan mengolah makanan. Saya membuat kue, lauk, dessert yang bisa cepat laku. Biasanya dalam beberapa hari saya open PO dan membuat makanan sesuai pesanan. Alhamdulillah, tiap saya open PO, adaa saja yang pesan. 

Melihat ada peluang untuk memulai bisnis sendiri, saya ingin serius menjalankan bisnis ini. Salah satunya yang kekinian adalah membuka bisnis online. Di era digital ini, saya rasa penting untuk memiliki pola pikir yang terbuka dan sadar tentang perkembangan teknologi. Karena berkembangnya teknologi, dapat mempermudah kita dalam menjalankan berbagai hal, salah satunya adalah membuka peluang kita untuk memulai bisnis online. 

Jiwa enterpreneurship atau jiwa pengusaha memang perlu ditumbuhkan dalam diri anak muda. Karena merekalah yang menjadi ujung tombak dalam memakmurkan negara. Apabila semakin banyak pemuda Indonesia yang memiliki jiwa pengusaha, maka akan semakin besar juga kesempatan untuk bekerja karena banyaknya lapangan kerja yang tersedia. Hal ini tentu saja beriringan dengan semakin banyak pula harapan kesejahteraan bagi penduduk Indonesia.

Peluang usaha untuk pemula umumnya usaha yang tidak membutuhkan modal besar atau keahlian khusus. Bukan pula usaha yang butuh sistem manajemen yang komplek. Soalnya, pengusaha pemula belum memiliki pengalaman soal bisnis.

Tetapi jangan pula percaya bahwa setiap keberhasilan harus melalui serangkaian kegagalan. Menjadi pengusaha pemula bukan berarti selalu akan mengalami kegagalan. Tetapi sudah pasti, sebagai pemula kita harus ekstra hati-hati memilih peluang. 

Nah, apa aja sih yang bisa dijadikan peluang untuk memulai bisnis/ usaha?

Jadi Reseller 

Ini adalah pilihan yang paling tidak beresiko jika kita jalankan dengan baik. Reseller berarti kita menjualkan produk orang lain. Modal utama usaha ini adaah kepercayaan antara kita, pembeli dan pemilik atau produsen.

Mekanismenya sederhana saja. Kita mendapatkan toko atau pemilik produk baik rumah industri atau koveksi. Lalu kita membuat perjanjian soal patokan harga. Soalnya, keuntungan yang akan kita dapatkan berasal dari selisih harga yang kita tetapkan.

Nah, begitu ada pembelian, si pembeli akan transfer pada kita. Bagian ini yang paling sulit karena kita harus meyakinkan si calon pembeli bahwa kita adalah penjual yang amanah dan tidak akan melakukan penipuan.

Bisnis makanan kecil

Peluang usaha untuk pemula lainnya adalah berjualan makanan kecil. Tak perlu membuat sendiri makanan-makanan itu. Kita bisa membeli beragam jenis makanan kecil dalam jumlah agak besar.

Kita bisa mengemas makanan itu dalam plastik berbagai ukuran. Bisa ukuran 500 gram atau lebih kecil lagi dengan cara membungkus yang baik. Lalu berbagai jenis makanan itu bisa dititipkan ke warung-warung di sekitar tempat tinggal atau dijual secara online.

Membuka Jasa Laundry

Sudah banyak dilakukan orang tetapi tetap saja laris jika dilakukan. Soalnya, cuci mencuci baju adalah kebutuhan orang setiap hari. Itulah yang membuat usaha laundry tak pernah mati.

Modal usaha ini hanya butuh satu mesin cuci, alat seterika, timbangan dan beberapa perlengkapan kecil lainnya. Selanjutnya kita hanya butuh satu atau dua karyawan yang bisa membantu kita mencuci dan menyetrika. 

Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan sebagai usaha sampingan. Pasalnya, teman kantor, teman kos, dan sebagainya adalah pasar yang tepat dan menggiurkan. Menurut info yang saya dengar, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta bahkan mampu memiliki omzet Rp20 triliun setahun. Wow.

Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan kita bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah, yaitu teman atau tetangga sendiri.

Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda. Namun secara umum kita cukup mendaftar dan melakukan deposit. Kemudian, saldo kita bisa digunakan untuk transaksi semua produk. 

Menjual Aneka Kue dan Minuman 

Bagi yang memiliki hobi memasak kue, maka ide berikut adalah ide yang sempurna. Kita bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang kita gemari ini. Setelah seharian bekerja, kemudian sore harinya setelah pulang dari kantor, Anda bisa menyalurkan hobi membuat kue itu, yang mana bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Pastinya menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula.



Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti donat, brownies kukus, klappertart, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur. Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. 

Selain kue, kita juga bisa menjual aneka minuman kekinian seperti kopi, susu almond, atau jus buah yang dikemas dalam botol. Inovasi adalah kunci penting, untuk menjaga mood agar tidak bosan. 

Sebagai pemula, sudah pasti bakal ada berbagai hal baru yang akan kita hadapi. Jika ingin maju, jangan sampai hal-hal baru yang peuh tantangan membuat kita patah semangat. Karena letak keberhasilan adalah kemampuan mengatasi tantangan itu. Sehingga peluang usaha untuk pemula akan langsung membawa kita kepada kesuksesan.

Poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil dari ide usaha sampingan yang berkembang dan populer beberapa tahun belakangan ini. Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahkan ribuan ide usaha sampingan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya. Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan kita pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang sukses pun semakin besar.

Semangat berusaha, ya!




No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com