Featured Slider

Cegah Kanker dengan Lakukan Kebiasaan Ini!


Dear friends,

Cegah kanker dengan lakukan kebiasaan ini. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Hampir 90% orang yang terkena kanker sulit untuk diobati apalagi jika sudah stadium 2 ke atas. Untuk mencegahnya kita harus ekstra hati-hati dalam segala hal, mulai dari gaya hidup, pola makan, maupun lingkungan sekitar.

Apa itu kanker?

Menurut Wikipedia, kanker juga biasa disebut neoplasma ganas merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Nah, tiga karakter ganas inilah yang membedakan antara kanker dan tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, namun ada beberapa yang tidak, contohnya seperti leukemia.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Untuk mendiagnosis kanker biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan cara biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker dapat menyebabkan kematian. Beberapa kasus yang terjadi pada survivor cancer seperti Ria Irawan, Julia Perez contohnya. Mereka sudah menjalani perawatan bertahun-tahun tetapi akhirnya tidak dapat bertahan.

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Meski begitu, jika diketahui sejak dini dan melakukan perawatan rutin, kanker bisa disembuhkan kok. Ada banyak juga survivor cancer yang bisa sembuh dari kanker. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal didiagnosis kanker.

Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Kanker?

Penyakit kanker biasanya muncul ketika si penderita memiliki pola hidup yang tidak sehat.  Biasanya kanker terdeteksi jika sudah mencapai stadium lanjut. Kebanyakan dari penderita tidak menyadari bahwa mereka sudah terkena kanker.

Berbanding terbalik dengan biaya pengobatan, cara mencegah kanker sebenarnya murah dan mudah. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan dasar dari cara mencegah terjadinya kanker. Seperti ungkapan "lebih baik mencegah dari pada mengobati" maka untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan yang luas, serta disiplin dalam menjaga kualitas hidup.



Agar penyakit kanker tidak menghinggapi tubuh kita, lakukan cara-cara sederhana seperti berikut ini :

  •  Menjalankan Pola Hidup Sehat
    Sebenarnya jika ada kemauan, mudah sekali menjalankan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Akan tetapi lingkungan sangat memengaruhi seseorang untuk hidup sehat. Bila tidak punya komitmen yang kuat akan hidup sehat, biasanya seseorang akan kembali pada pola hidup tidak sehat. Butuh komitmen yang kuat bagi seseorang yang ingin terhindar dari berbagai penyakit terutama kanker.
  • Tidak Merokok
    Jauhi rokok. Bila kalian seorang perokok, usahakan untuk berhenti. Untuk kita yang tidak merokok, sebisa mungkin menghindari asap rokok. Perokok pasif memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit dibanding perokok aktif itu sendiri.
  • Tidak Minum Alkohol
    Alkohol dalam jumlah tertentu mungkin bisa jadi obat, tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan akan membahayakan bagi kesehatan. Resiko terbesarnya adalah terkena kanker. Daripada mengonsumsi alkohol, lebih baik konsumsi air putih yang baik bagi kesehatan.
  • Rutin Berolahraga
    Banyak orang yang hanya suka berwacana untuk rutin berolahraga ini itu, namun kenyataannya tak pernah dilakukan (ini ngomongin diri saya sendiri. LOL). Padahal olaraga itu cara paling gampang untuk sehat. Nggak perlu pergi ke gym atau beli alat olahraga mahal. Cukup rutin jogging atau jalan kaki di sekitar rumah seminggu 2 sampai 3 kali selama 30 menit hingga 1 jam. Badan akan terasa lebih ringan dan bugar.
  • Konsumsi Makanan yang mengandung Antioksidan
    Makanan yang kaya akan antioksidan bagus sekali untuk mencegah kanker, misalnya bawang putih, daun kelor (moringa), minyak zaitun (olive oil), kurma, anggur, dan sebagainya. Kalian bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi berbagai makanan itu secara rutin.
  • Konsumsi Buah dan Sayuran
    Kebiasaan baik yang akan membawa kita kepada kualitas hidup yang lebih sehat adalah mengonsumsi buah dan sayur. Makan sebutir apel tiap pagi akan membuat kesehatan kita lebih baik. Ingat pepatah "one apple a day, makes doctor away".  Kebiasaan sederhana tetapi bisa membuat hidup kita sempurna. 




Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan kebiasaan hidup sehat sebelum menyesal nanti. Hidup sehat itu mudah dan murah, asalkan kita berkomitmen supaya kualitas hidup kita terjaga dan hidup sehat sampai tua.

Menjaga kesehatan adalah salah satu upaya mencintai diri sendiri. Bagaimana orang lain akan mencintai kita kalau kita tidak mencintai diri kita?

Bagaimana denganmu, teman? Sudahkah memulai hidup sehat? Share cerita sehat kalian di komen, ya!




Harga Genset Kecil, Tips Keamanan, dan Cara Pengoperasiannya



Dear friends,

Genset merupakan benda yang mampu merubah bahan bakar menjadi energi listrik. Genset sendiri sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendukung bisnis ataupun hanya untuk kebutuhan rumah tangga. 

Dari kebutuhan konsumsi genset, maka produsen menciptakan jenis genset dengan harga genset yang juga berbeda. Harga genset besar tentunya berbeda dibandingkan harga genset kecil.  Perbedaan harga genset itu ditentukan oleh patokan kapasitas dalam genset tersebut. Bukan hanya itu saja, perbedaan harga genset kecil bisa juga karena memiliki tipe dan merek yang berbeda. 

Secara umum, harga genset kecil cukup terjangkau. Mulai dari yang hagranya kurang dari Rp1 juta sampai yang berkisar Rp 1 jutaan juga banyak tersedia. Kalian dapat coba melihatnya langsung di Bhinneka.com.

Tips Keamanan Menggunakan Generator Set

Bagi kalian yang ingin membeli genset baik itu berukuran kecil ataupun besar tentunya sama-sama perlu tahu bagaimana cara aman menggunakan genset. Oleh karena itu, di bawah ini ada tips aman menggunakan generator set,  sebagai berikut : 

1. Melakukan pengoperasian genset ditingkat permukaan dan genset tidak mengalami atau terkena kelembapan berlebih. Apalagi terkena kotoran, debu, beserta uap yang korosif. 
2. Dilarang melakukan pengisian tangki bahan bakar genset secara berlebih. Tentunya ini akan menimbulkan potensi berbahaya tersendiri. 
3. Jangan sampai kalian memasukkan bahan bakar dari genset disaat mesin sedang bekerja dan kondisi genset masih panas. Lebih baik kalian tunggu mesin genset dingin sebelum melakukan penambahan bahan bakar genset. 
4. Kalian perlu memperhatikan letak penyimpanan genset. Jangan sampai menempatkan generator set di tempat yang berbahaya seperti dekat dengan titik api. 
5. Kalian harus mematuhi segala yang telah tercantum di dalam buku pedoman.tujuannya supaya saat pengoperasian genset berlangsung dengan aman.
6. Di sekitar genset harus tidak ada benda yang berbahaya atau berpotensi untuk terbakar. Setidaknya pada posisi 5 meter di sekitar genset harus aman sehingga potensi bahaya dapat dicegah.
7. Melakukan pemeriksaan secara berkala. Bisa juga cari service genset jika mengalami gangguan. 
8. Jangan membebani genset secara berlebihan. Perlu kalian ketahui bahwa jangan sampai mengoperasikan peralatan (genset) diluar batasnya. Ikuti petunjuk yang benar saat mengoperasikan genset dan pahami kapasitas genset tersebut.  
9. Jangan mengotak-atik keadaan genset pada saat mesin beroperasi. 

Cara Mengoperasikan Genset :

Setelah mengetahui beberapa tips aman menyalakan genset, maka kali ini akan membahas mengenai cara mengoperasikan genset. Nah, berikut ini beberapa tipsnya:   

1. Membaca buku pedoman penggunaan genset
Ketika anda membeli genset tentunya akan mendapatkan pedoman di dalamnya. Tentunya dengan memahami buku petunjuk penggunaan genset akan memudahkan anda dalam menggunakan atau mengoperasikan genset. 

2. Mengetahui bahan bakar genset
Salah satu cara untuk mengoperasikan genset yang anda beli adalah dengan mengetahui bahan bakar yang digunakan. Dengan menyediakan bahan bakar tersebut, akan membuat mesin genset berjalan lancar. Bahan bakar genset tergantung jenis genset. Anda bisa mengetahui saat pertama kali hendak membelinya.

3. Pemeriksaan kondisi mesin
Lakukan pemeriksaan kondisi mesin secara rutin, baik memperhatikan kondisi Accu dan juga kondisi oli mesin. Sebelum genset dinyalakan, pastikan komponen tersebut tidak ada masalah. Kalau ada masalah, maka akan mempengaruhi perfoma genset. 

4. Memastikan saklar genset di posisi benar
Pastikan posisi saklar genset di posisi yang benar. Jangan memasukkan saklar genset di posisi yang tidak benar karena akan berakibat fatal.

Itulah teknis cara menyalakan genset. Benda yang satu ini memang perlu kehati-hatian saat menyalakannya, meskipun sebetulnya caranya juga mudah. 

Kalian dapat membeli genset secara online di Bhinneka.com. Harga genset kecil, mulai dari yang menengah hingga besar semuanya tersedia. Kalian juga dapat melihat spesifikasinya dengan lebih jelas. Jika ada yang kurang jelas, kalian pun dapat menghubungi customer service yang tersedia. 

Harga genset mini ukuran 1.000, 1.200 dan 2000 watt dapat ditemukan di toko online Bhinneka. Harga genset itu pun sangat bersaing akrena Bhinneka memiliki banyak supplier dari produsen genset terkenal. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan harga terbaik. 

Pembelian genset kecil online di Bhinneka terjamin aman. Sebab Bhinneka merupakan toko online yang selama ini begitu terkenal dan memiliki toko fisik di Jakarta dan Surabaya. Jika ada masalah, kalian pun bisa langsung menghubungi toko genset online terpercaya ini.


Nggak Males ke Bengkel Lagi berkat Bengkel Baik

Dear friends,

Biasanya urusan bawa kendaraan ke bengkel itu kerjaan para lelaki ya. Tapi sekarang, mau nggak mau perempuan juga musti bisa ngurusin juga. Apalagi kalau kondisi kendaraan sudah harus diservis, apa iya mau nunggu sampai bobrok? 

Sebenarnya beberapa tahun lalu saya juga biasa ke bengkel sendiri (waktu LDM sama suami). Karena jauh dari suami, jadi apa apa ya harus diurus sendiri. Tapi semenjak pindah ke Semarang, semua yang berhubungan dengan perbengkelan diurus sama suami. Bahkan pernah dalam sehari dia bawa tiga kendaraan sekaligus untuk diservis. Mumpung libur katanya. Saya sih, terima beres aja. Yang penting motor Vario saya aman dan enak dikendarai. Apalagi kalau BBM nya full. Ulalaaa. 

Nah, beberapa hari lalu, Vario, motor matic kesayangan saya ini agak bermasalah. Lajunya nggak sekencang dulu. Saya bertanya ke suami, kenapa si Vario nggak bisa melaju kencang seperti dulu. "Mungkin sudah waktunya servis sama ganti oli, Bun," jawab suami. "Bunda bisa kan, bawa motornya ke bengkel. Ayah belum sempat. Kalau nunggu ayah pasti tambah parah kondisinya."

Kalau sudah begini, saya nggak bisa ngeles, deh. Daripada si Vario makin parah, mending saya bawa ke bengkel aja lah. Udah kebayang sih, bakalan bete karena bakalan antri lama kalau di bengkel. Manalah pula, kalau di bengkel nggak bakal nyaman karena rata-rata pengunjungnya laki-laki. Pokoknya yang kebayang, nggak enak-enaknya lah. 

Untungnya, pas lagi galau antara mau ke bengkel atau enggak, seorang teman ngasih tahu kalau sekarang ada aplikasi Bengkel Baik yang bisa ngasih solusi dalam hal perbengkelan. Meski baru saja diluncurkan, tetapi aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk pemesana jasa servis. Baiklah, tanpa pikir panjang saya langsung mengunduh aplikasi Bengkel Baik di hape saya. 

Aplikasi Bengkel Baik


Bengkel Baik ini merupakan aplikasi yang membantu para konsumen untuk mencari bengkel dan melakukan booking pelayanan jasa yang tersedia di bengkel mitra. Tapii, aplikasi ini baru tersedia di area Semarang aja. Semoga suatu saat nanti aplikasi Bengkel Baik ini bisa tersedia di seluruh wilayah Indonesia, ya.

Aplikasi Bengkel Baik memiliki beberapa fitur. Ada fitur Bengkel yang bisa digunakan untuk mencari bengkel terdekat, POM untuk mencari lokasi POM mini bahkan tambal ban. Sedangkan fitur Motor bisa digunakan untuk melihat atau membandingkan spesifikasi  motor impian kalian.

Nggak cuma itu, aplikasi Bengkel Baik juga punya fitur buat kalian yang sedang "gabut" yaitu Game. Yakali bosen nungguin kendaraan yang sedang diservis, mending sambil nge-game kan? Bahkan game nya ini berhadiah poin yang bisa kalian tukarkan dengan voucer. Voucher potingan servis ringan, voucher potongan ganti oli atau voucher untuk ngopi di Kopi Baik. Asik, kaan.

Cara Menggunakan Aplikasi Bengkel Baik

Sebelum saya ke bengkel, saya melakukan booking terlebih dulu di bengkel terdekat dengan tempat tinggal saya. Bengkel Baik yang ada dekat rumah saya sesuai aplikasi adalah Bengkel AutoFit. Setelah booking, saya cek di bagian Aktivitas Booking dan melihat nomor antrian yang berguna untuk menyesuaikan dengan waktu kita agar tidak terlalu lama menunggu di bengkel. 


Setelah booking, saya klaim voucher untuk ganti oli kaena kebetulan si Vario sudah waktunya ganti oli. Lumayan lah bisa dapat potongan 10 ribu. Sisa biaya bengkelnya bisa buat beli es krim, hihi.

Varioku sedang ditangani

Para pekerja bengkel pun dengan cekatan melakukan pengecekan standar dan membersihkan tangki oli. Saya pikir prosesnya bakalan lama, ternyata saya salah. Sevis dan ganti oli ternyata nggak begitu lama. Sudah gitu saya dapat garansi selama seminggu. Jika kendaraan kembali bermasalah atau kondisinya tidak memuaskan, kita bisa kembali lagi ke bengkel dan minta agar kendaraan kita diperbaiki kembali.

Setelah dicoba, ternyata si Vario bisa kembali melaju dengan kencang loh. Udah bisa dipake ngebut lagi. Oopss, ketahuan deh kalau saya hobi ngebut, hihi.



Ternyata servis kendaraan di bengkel tuh nggak seperti yang saya bayangkan. Pastinya saya bakalan balik lagi ke Bengkel Baik ini, deh. Jadi kesimpulannya, mbengkel di Bengkel Baik ini rekomended ya, friends. Pengen ngerasain juga nyervisin kendaraan kalian di Bengkel Baik terdekat rumah kalian? Cobain deh, pake aplikasi Bengkel Baik. Saya tunggu cerita dan pengalaman kalian, ya!





Belanja di Pasar Tradisional lebih Mudah dengan Aplikasi Tumbas.in


Dear friends,

Meski hampir 20 tahun menjadi ibu rumah tangga, saya termasuk orang yang jarang belanja di pasar tradisional. Jarang ke pasar bukan berarti nggak pernah sama sekali lho, ya. Sesekali kalau sedang kepengen ya saya ke pasar. Untuk masak sehari-hari biasanya saya belanja di tukang sayur keliling atau ke warung langganan. 

Banyak alasan kenapa saya enggan pergi ke pasar. Yang pertama, saya nggak betah dengan aroma pasar yang ya gituu deh (tahu sendiri kan aromanya gimana?). Yang kedua, saya nggak bisa berada di tengah keramaian. Bisa mendadak pusing gitu. Kan bahaya jadinya. 

Karena itulah saya pilih belanja di tukang sayur atau ke warung langganan, deh. Sayangnya, baik tukang sayur dan warung langganan sering banget liburnya. Kalau sudah begini, biasanya saya jadi nggak masak alias jajan. Kalau nggak jajan, pasti ya mlipir ke supermarket cuma buat beli sayur dan lauk. Kebayang kan, harga sayurannya pasti juga berkali lipat dari tukang sayur atau warung langganan. Kalau begini terus, jatah belanja bulanan bakalan habis sebelum waktunya. Huhuu...

Di tengah kegundahan saya sebagai ibu rumah tangga yang sering mager kalau harus ke pasar sendiri, bersyukur banget karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu. Namanya aplikasi Tumbasin. 

Aplikasi tumbasin ini adalah aplikasi karya dari anak muda Semarang, loh. Sebagai warga kota Semarang, saya patut berbangga hati, karena ada aplikasi karya anak muda asli Semarang yang keren. Bahkan aplikasi ini didukung oleh Pemkot Semarang, loh. Aplikasi tumbasin membantu masyarakat kota Semarang terutama para ibu rumah tangga dan ibu bekerja yang tak punya waktu untuk pergi ke pasar tradisional. Tumbas.in siap membantu membelanjakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

dokpri. Berbagai kebutuhan yang bisa dibeli melalui tumbasin

Kalian semua musti nyobain aplikasi keren ini. Kenapa? Ada beberapa alasan mengapa kalian musti nyobain tumbas.in ini

Hemat Waktu, Tenaga dan Biaya

Buat saya yang males pergi ke pasar, jelas aplikasi tumbasin ini bantu banget. Saya nggak perlu lagi berkejaran dengan waktu antara belanja, masak dan mengantar anak-anak ke sekolah. Tahu sendiri lah, gimana riweuhnya aktivitas ibu-ibu di pagi hari. Mulai dari menyiapkan sarapan buat keluarga (ini kadang juga dikerjain sambil nyuci baju, nyuci piring dan sebagainya), menyiapkan anak-anak berangkat sekolah dan suami yang akan berangkat kerja hingga mengantar anak-anak ke sekolah. Saya bisa memanfaatkan waktu yang harusnya saya pergunakan untuk ke pasar dengan melakukan aktivitas lain, misalnya bersih-bersih rumah atau beresin kerjaan lain sambil nunggu belanjaan saya diantar kurir deh.

Biasanya saya pesan belanjaan malam hari, supaya bisa diantar kurir tumbasin pagi-pagi. Sebenarnya sih, bisa aja pesen pagi-pagi, asal nggak lebih dari jam 8 pagi, tapi takut paginya bakalan riweuh nggak bisa pegang hape, malah nggak jadi belanja. Kan berabe, bisa nggak masak lagi, deh.

Nah, itung sendiri deh, berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang bisa saya hemat karena tumbasin.

Kualitas Barang Terjamin

Seorang ibu pasti akan selalu memberikan yang terbaik bagi keluarganya, apalagi bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga. Saya selalu mengutamakan kualitas ketika berbelanja. Yang paling saya suka dari tumbasin adalah meski belanja di pasar tradisional, tetapi tumbasin menjamin kualitas barang yang kita beli. Tumbasin bermitra dengan pedagang pasar yang hanya menjual barang-barang berkualitas. Terbukti, ketika saya belanja sayur, bumbu-bumbu dapur maupun lauk pauk, semuanya sampai ke tangan saya dalam kondisi segar.

dokpri. Belanjaan saya diantar pagi-pagi nih sama mas kurir

Banyak Promo

Perempuan mana yang nggak suka promo? Belanja lewat tumbasin dapat promo free tofu atau 1/4 kg telur ayam kalau kita belanja dalam jumlah tertentu. Lumayan banget, kan? Bisa ngurangin jatah belanja lauk deh. Bahkan, ada juga promo free beras. Omaigat, maaauuu.

Selain itu, kalau kita belanja 100 ribu aja, kita bakalan dapat free ongkir alias bebas biaya pengiriman. Tuh kan, makin hemat lagi jadinya.

dokpri. Pesanan saya

Aplikasi Mudah Digunakan

dokpri. Aplikasi tumbasin

Para founder aplikasi tumbasin ini tahu banget, kalau aplikasi ini menyasar para ibu rumah tangga. Jadi mereka membuat aplikasi tumbasin agar bisa digunakan dengan mudah. Istilahnya "user friendly" gitu. Mudah digunakan dan nggak ribet. Setelah mendaftar, kita langsung bisa gunakan untuk belanja-belanja. Tinggal pilih pasar tradisional terdekat dengan domisili kita, pilih barang belanjaan, lalu pilih cara pembayaran. Bisa pilih transfer atau bayar di rumah. Buat kalian yang nggak punya m-banking nggak perlu repot ke ATM, pilih aja untuk membayar di rumah. Tinggal siapkan uang tunai sesuai jumlah belanjaan yang musti kita bayarkan. Begitu kurir datang, tinggal kasihkan aja. Praktis poll.

Didukung Pemerintah untuk Membantu Keberadaan Pasar Tradisional

Satu hal yang membanggakan adalah dukungan pemkot Semarang terhadap aplikasi tumbasin, hingga akhirnya pada tanggal 20 Januari 2020 terjadi penandatanganan MoU antara Walikota Semarang Hendrar Prihadi dengan CEO Tumbasin, Bayu Mahendra Saubig di kantor Walikota Semarang. Pemkot Semarang memang sedang berupaya mewujudkan kota Semarang sebagai Smart City dan berharap warga kota Semarang mendukung upaya ini dengan mulai menggunakan aplikasi tumbasin.

Dengan begini, secara tidak langsung kita juga turut membantu keberlangsungan pasar tradisional yang mulai ditinggalkan. Melalui aplikasi tumbasin, pasar tradisional bisa go digital dan mulai bergairah kembali.

Gimana teman-teman, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan belanja di pasar tradisional melalui tumbasin, kan?

Nggak usah ragu lagi, buruan download aplikasi tumbasin di playstore dan cobain. Rasakan sendiri pengalaman belanja yang asik dan berbeda melalui tumbasin!

Kalau sudah nyobain, ceritain dong pengalaman kalian di komen ya!




Lagu-lagu Didi Kempot yang Membuat Hati Ambyar

Sewu kutho uwes tak liwati, sewu ati tak takoni....
Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Belakangan ini lagu-lagu bersyair Jawa ini kembali booming, ya. Kayaknya hampir semua kalangan kini menggandrungi lagu-lagu dari The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot. 

Pada tahun 90an hingga awal 2000an, lagu-lagu Didi Kempot sudah dikenal bahkan hingga ke mancanegara. Hanya saja karena segmennya lagu-lagu Jawa, jadi yang menyukai lagu-lagunya hanya orang-orang yang sudah sepuh saja.

Hingga akhirnya, pada tahun 2018 secara tak terduga para generasi milenial malah membuat lagu-lagu Didi Kempot kembali booming. Apa jangan-jangan karena syair-syair di lagunya Didi Kempot mewakili perasaan mereka, ya? 

Nah, kira-kira apa saja lagu Didi Kempot yang mampu membuat hati para milenial makin ambyar ketika mendengarkannya?

pict source. shopee.id

1. Stasiun Balapan
Lagu Stasiun Balapan ini mungkin salah satu di antara lagu Didi Kempot yang paling terkenal. Meski secara musikal lagu ini terdengar asyik dan ada unsur perpaduan campursari yang apik, namun jika diperhatikan lirik lagunya bermakna cukup mendalam dan sedih.

Perhatikan saja lirik lagunya, nih, "Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia "Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku." Duuh, jadi ambyar kan hatimu? Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang pasangan yang kisah cinta pertama dan terakhirnya letaknya di Stasiun Solo Balapan, di kota Surakarta.

2. Lingsir Wengi
Mendengar judul lagu ini, pasti banyak dari kalian yang pada takut, nih. Pasalnya banyak yang mengaitkan lagu ini dengan kehadiran sosok tak kasat nyata yang cukup fenomenal, yaitu mbak Kun. Tetapi sebenarnya, lagu yang berjudul Lingsir Wengi ini menceritakan tentang kerinduan seseorang di tengah malam. Coba deh, baca lirik lagunya, "Lingsir wengiii, sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, "Sepi tidak bisa tidur, tergoda bayanganmu di dalam hatiku." Haduh, haduh, siapa tuh yang di rinduin?? 

Lagu yang bernuansa campursari ini ternyata merupakan syair dari Sunan Kalijaga. Konon lagu ini malah dibuat untuk menjauhkan bala, loh. Jadi jangan salah sangka apalagi takut karena rumor lagu ini dapat memanggil hantu.

3. Cidro
Nah, kalau lagu yang satu ini memang lagunya para “galauers”. Arti dari lirik Cidro ini sendiri memang bikin baper nggak karuan. Coba kalau kamu memiliki janji yang tak terbalaskan dengan mantan terindah. Lirik lagunya, "Remuk ati iki yen eling janjine, Ora ngiro jebul lamis wae."  Diartikan dalam Bahasa Indonesia jadi, "Hancur hati ini jika ingat janjinya, Tak terkira ternyata hanya dusta." Jaman sekarang, cari jodoh memang susah, ya. Apalagi kalau pernah dikhianati orang yang disayang. Huhu...sediiih. 

4. Sekonyong Konyong Koder
Kalian pernah nggak sih, mengalami momen cinta lokasi ataupun jatuh cinta mendadak pada seseorang? Kayaknya kalian harus coba dengerin lagu Sekonyong Konyong Koder dari Didi Kempot, nih! Begini bunyi lirik lagunya, "Modal bensin sakliter montorku tak setater, Tak ampiri arep tak ajak muter-muter" artinya "Modal bensin satu liter saja ku stater, buat nyamperin kamu dan kuajak berkeliling." Hihi, ini kayak siapa yaa? 

Tapi ternyata, meski lagunya seperti lagu gembira, ternyata kesan menyayat hati sangat terasa kalau sudah mendengar lirik berikutnya,"Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku tak ulet ngangge pomit, Malah kore lungo plencing, Ora pamit mit mit miiit (Koyo demit)" artinya "Aku sudah dandan klimis, Rambut sudah kuusap minyak pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit mit mit miiit (Kayak hantu)". Duh duh duh, ambyar lagi deh!

Sebenarnya sih kasihan banget ya orang yang diceritakan sama Didi Kempot. Di lagu ini, Didi Kempot kabarnya mendapat inspirasi dari candaan untuk memberikan gambaran romansa cinta masyarakat kelas bawah. Wah bisa aja nih master Didi Kempot, ternyata inspirasi bisa datang dari mana aja, ya. 

5. Sewu Kutho
Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari belahan jiwanya yang tak pernah memberikan kabar padanya. Seseorang yang diceritakan di lagu ini mencari belahan jiwanya yang selama bertahun-tahun tak pernah bertemu.

"Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni/ Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni." artinya "Seribu kota sudah kulalui, seribu hati kutanya, namun semua juga tidak tahu, kau pergi kemana, berapa tahun diriku mencari."

Kabarnya, lagu ini sudah didengar lebih dari satu juta kali di platform streaming musik. Ya nggak heran sih, kalau ada orang yang mengatakan "Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang."

Lagu-lagu karya Didi Kempot kini hampir selalu terdengar di berbagai tempat. Saking banyaknya orang yang suka dengan lagu-lagunya, nggak heran kalau Didi Kempot kemudian didapuk menjadi brand ambyarssador terbarunya Shopee. 

pict. source. shopee.id

Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi. Jangan sampai ketinggalan promo spesial Men Sale dari Shopee, ya!