Featured Slider

Tetap Menarik di Usia Cantik


Dear friends,

Salah satu kekhawatiran yang sering dialami oleh perempuan ketika memasuki usia cantik adalah jika terlihat tidak menarik lagi. Penyebabnya tak lain adalah mulai munculnya kerut-kerut halus di sekitar mata, kekenyalan kulit mulai berkurang hingga bercak-bercak hitam yang menghantui. 

Memasuki usia 40 yang mana diidentikkan dengan usia cantik, saya juga sempat merasa khawatir jika mengalami masalah pada kulit saya. Apalagi saya jarang-jarang pergi ke tempat perawatan untuk melakukan perawatan kulit. Saya hanya melakukan perawatan yang standar aja di rumah. Perawatan sehari-sehari, paling hanya mencuci wajah, menggunakan sun screen dan body lotion saja. 

Memiliki kulit yang senantiasa awet muda dan kencang di usia cantik tentu menjadi impian banyak wanita. Karena itulah sangat penting memilih skincare yang tepat mengingat tanda-tanda penuaan semakin nampak. Kita bisa melakukan perawatan harian sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, asal dilakukan dengan rutin.

Untuk merawat agar kulit tetap sehat, cantik dan terjaga kelembabannya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan setiap hari. Pertama adalah lakukan olahraga. Aktivitas fisik akan meningkatkan sirkulasi darah yang memicu bertambahnya oksigen sehingga kulit lebih segar. Minum cukup air putih sesuai kebutuhan dan hindari makanan berminyak serta berlemak.


Untuk merawat kecantikan agar tetap menarik di usia cantik, ada ritual penting yang harus diperhatikan dan dilakukan setiap hari, antara lain :

Membersihkan Wajah
Untuk perawatan wajah bagi wanita usia cantik, disarankan untuk menggunakan pembersih wajah dengan formula cream. Sabun muka bertekstur creamy umumnya mengandung bahan alami untuk membersihkan wajah sekaligus melembabkannya. Ingat! Pilihlah pembersih yang mengandung AHA.

Menggunakan Pelembab & Tabir Surya
Rajin memakai pelembab kemudian dilanjutkan tabir surya akan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar matahari. Hal ini dapat meminimalisir terjadi penuaan kulit. Pilih pelembab berbahan hyaluronic acid, shea butter atau minyak zaitun. Lanjutkan dengan mengaplikasikan krim tabir surya minimal 40 atau 50 SPF.

Krim Malam
Gunakan pelembab yang mengandung retinoid, atau krim retinoid yang diresepkan dokter. Retinoid merupakan bahan aktif yang berfungsi mengatasi efek penuaan. Retinoid menstimulasi kulit untuk memproduksi kolagen dan hyaluronic acid sehingga kulit menjadi lebih kencang. Bahan ini juga mengurangi flek kecoklatan, menebalkan epidermis dan mencegah terjadinya kanker kulit akibat sinar UV. Jika kulit kita cenderung sensitif terhadap retinoid, gunakan setiap dua hari sekali saja.

Memiliki kulit sehat dan bisa tetap tampil menarik di usia cantik adalah dambaan setiap wanita. Maka dari itu, melakukan perawatan kulit secara rutin sangat disarankan, agar kulit selalu sehat dan bisa membuat kita tetap tampil cantik. 



Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Dear friends,

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Hari gini, siapa sih yang nggak kenal e-commerce? Beberapa tahun belakangan ini e-commerce berkembang begitu pesat. Hingga hari ini saja, sudah ratusan bahkan ribuan e-commerce yang eksis di dunia maya. 

Hampir seluruh kalangan masyarakat telah memanfaatkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan sekunder. E-commerce menyediakan hampir semua kebutuhan kita. Adanya e-commerce memudahkan kita ketika membutuhkan sesuatu, terutama pada saat pandemi seperti ini. Kita nggak perlu keluar rumah untuk membeli kebutuhan kita, cukup dari rumah saja. 

E-commerce pertama kali muncul di negara kita pada tahun 1999 dengan lahirnya Kaskus, Bhinekadotcom, Tokobagus lalu Tokopedia. Setelah itu, muncullah e-commerce lain yang jumlahnya kian hari kian banyak. 

Pesatnya perkembangan e-commerce ini juga tak bisa dilepaskan dari keberadaan perusahaan logistik. Tanpa perusahaan logistik, e-commerce nggak akan bisa berjalan dengan lancar hingga hari ini. 

Apa itu logistik?

Menurut Wikipedia, logistik merupakan seni dan ilmu, barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan. 

Dalam dunia e-commerce logistik seringkali menjadi bagian penting dalam dunia e-commerce. Pada event khusus seperti campaign tahunan ataupun sale, dimana volume belanja online berada pada puncaknya maka pemenuhan pesanan konsumen secara efektif dan efisien adalah sebuah tantangan yang harus dipenuhi oleh para pelaku bisnis e-commerce sebagai keseluruhan dari pengalaman belanja konsumen.

Peran Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Tantangan dari sisi logistik bervariasi mulai dari bagaimana memastikan produk sesuai dengan keinginan konsumen tiba dengan tepat waktu, meminimalisir hingga menghilangkan kemungkinan cacat produk, hingga pelayanan reverse logistic. Pelayanan reverse logistic dibutuhkan ketika konsumen meminta pengembalian produk karena rusak atau jika mereka ingin melakukan penukaran tipe, ukuran, warna produk, dan hal-hal lainnya.

Peran logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia cukup krusial. Untuk itulah banyak perusahaan  yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik di bidang logistik, salah satunya SERA yang memiliki memiliki business unit SELOG yang bisa melayani courier service untuk b2b. 


PT Serasi Autoraya ( SERA ) adalah anak perusahaan PT Astra International Tbk yang saat ini telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia. SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan. 

SERA memiliki empat layanan jasa logistik yang ditawarkan untuk para customernya, antara lain  contract logistik, shipping service, shipping logistik dan courier service. SERA melalui SELOG siap mendistribusikan paket-paket kita semua dengan armada yang sangat memadai ke seluruh penjuru tanah air. 




Beli Kacamata Kini Lebih Mudah dengan Sistem Home Try On di SATURDAYS

pict source. Instagram Saturdays


Dear friends,

Kacamata  tak hanya untuk masyarakat yang memiliki gangguan penglihatan, faktanya ada banyak juga diantaranya yang memiliki penglihatan normal, namun tetap memilih memakai kacamata, dengan alasan untuk menunjang penampilan, agar semakin gaya dan juga melindungi mata agar tidak mudah bermasalah. Apalagi bagi yang bekerja terlalu lama di depan layar komputer. Di Indonesia ini sendiri sekarang ada begitu banyak produsen yang mengeluarkan produk kacamata terbarunya ke pasaran. Dalam berbagai model yang kekinian, sehingga masyarakat bisa lebih bebas dalam memilih.

Pada dasarnya memang memilih kacamata tidak semudah yang dibayangkan, karena berhubungan dengan selera masing-masing orang yang berbeda. Ditambah lagi trend yang senantiasa mengalami perubahan, seperti item fashion pada umumnya. Tak heran jika kemudian sebagian banyak masyarakat memiliki banyak koleksi kacamata di rumah mereka, karena selalu mengikuti trend yang ada. Hanya saja konsumen sendiri hendaknya harus selektif dalam menjatuhkan pilihan. Meskipun pada dasarnya ada banyak sekali diantara merk yang menawarkan produknya di pasaran. Namun masalah kualitas juga belum menjamin.

Salah pilih resikonya juga besar, karena berhubungan dengan kesehatan mata Kamu. Ditambah lagi produk yang abal-abal rentan sekali mengalami kerusakan. Sehingga akan membuat Kamu jadi lebih boros biaya untuk kacamata saja bukan. Tak harus mahal-mahal membeli kacamata keluaran brand luar negeri. Jika pada dasarnya di Indonesia sendiri juga begitu banyak brand lokal yang mengeluarkan produk kacamata berkualitas. Bahkan dari segi harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan brand luar negeri. Seperti dari SATURDAYS, salah satu merk baru dari dalam negeri. Brand yang satu ini dibesut oleh Rama Suparta. 

pict.source. Instagram Saturdays


SATURDAYS menawarkan konsep optik yang lain daripada lainnya, karena selain optik biasa maka mereka juga memiliki sebuah kafe yang ada dalam gerai tersebut. Jadi selagi kamu menunggu kacamata yang dipesan tersebut selesai, maka bisa sambil makan atau minum disini. Khusus untuk produk-produk yang dikeluarkannya sendiri juga tak kalah berkualitas, apalagi ada begitu banyak model terbaru dan juga kekinian yang dikeluarkannya. Sehingga pastinya akan sesuai dengan selera anak muda. Tampil gaya untuk menjaga mata agar tetap sehat, karena produknya sudah dibekali dengan lapisan anti radiasi, jadi aman dipakai untuk bekerja atau beraktivitas di luar ruangan.

Saat ini SATURDAYS bahkan menghadirkan konsep pelayanan baru yaitu Home Try On, dimana nantinya produk kacamata yang sudah Kamu pesan akan diantarkan ke rumah. Tentunya ada banyak sekali keunggulannya, yaitu:

1. Praktis, sangat cocok untuk kamu yang sibuk atau malas untuk keluar rumah hanya sekedar untuk membeli kacamata. Karena bahkan pemesanannya juga bisa dilakukan secara online, barang akan langsung diantar ke rumah setelah jadi.

2. Tidak membuang banyak waktu, hal yang paling tidak disukai oleh setiap orang tentunya adalah menunggu. Apalagi menunggu pengerjaan kacamata tersebut selesai, waktu yang digunakan untuk menunggu bisa dipakai melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Sistem HTO ini membuat kamu tidak perlu banyak menunggu, bisa di tinggal pulang ke rumah setelah melakukan pemesanan.

3. Lebih aman, dalam kondisi pandemi Covid 19 seperti sekarang tentunya agak riskan jika harus keluar rumah bukan. Sistem Home Try On bisa dipilih, karena Kamu tak perlu datang ke gerainya langsung, sehingga dapat mengurangi resiko penularan. Semua layanan ini GRATIS loh, tanpa harus melakukan pembayaran di awal.

Langsung saja kunjungi website resminya untuk informasi pemesanan atau datang langsung ke gerai optik SATURDAYS terdekat. Dan selamat memilih kacamata!

Asiknya Bertualang di Pulau Bali

 

Dear friends,

Bali memang tidak pernah mengecewakan siapapun yang mengunjunginya. Bali bahkan membuat banyak orang terkesima dan selalu ingin kembali kesana, termasuk saya. Terhitung, baru dua kali saya mengunjungi Bali. Pertama kali ke Bali tahun 1996, pada saat kelas dua SMA. Waktu itu, sekolah saya mengadakan karya wisata ke Bali yang wajib diikuti oleh siswa kelas dua. Dan, kunjungan kedua pada bulan September tahun 2018. Tepat dua tahun lalu, akhirnya saya bisa kembali datang ke Bali.

Berawal dari ajakan teman untuk berkunjung sebuah tempat yang akan dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata berkelanjutan (sustainable tourism) di daerah Tejakula, Kabupaten Buleleng. Meski nggak sepenuhnya untuk liburan, tapi petualangan menyusuri Pulau Bali nggak bakal saya lewatkan.

Saya dan teman-teman menggunakan pesawat dengan penerbangan paling pagi dari Semarang. Sekitar pukul 09.30 WITA kami tiba di bandara Ngurah Rai dan memulai perjalanan menuju Kabupaten Buleleng. Bener-bener perjalanan membelah Pulau Bali, deh. Gimana enggak, Kabupaten Buleleng itu terletak di pesisir utara Pulau Bali, sedangkan kami memulai perjalanan dari bandara Ngurah Rai yang berada di pesisir selatan Bali.

Menurut Pak Komang, sopir yang mengantarkan kami selama berada di Bali, perjalanan dari Denpasar ke Tejakula Kabupaten Buleleng memerlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Itupun kalau tidak macet. Saya udah ngebayangin betapa akan membosankannya perjalanan ini. Kami sempat sarapan di sebuah warung muslim, tak jauh dari bandara. Setelah itu kami harus bergegas karena khawatir akan terjebak macet.

Beruntung sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan yang indah, mulai dari deretan perkebunan jeruk hingga kebun bunga. Jalanan yang kami lalui merupakan wilayah pegunungan yang cukup terjal dan berkelok-kelok.

dokpri. Nyicipin kopi Bali

Menjelang tangah hari, kami tiba di wilayah Kabupaten Badung. Pak Komang memberhentikan mobil di pinggir sebuah warung yang berada tak jauh dari sebuah jembatan. Kami tak bisa menolak saat Pak Komang menawari untuk ngopi. "Biar nggak ngantuk, kita ngopi Bali dulu," kata Pak Komang.

dokpri. Berpose di Jembatan Tukad Bangkung

Jembatan itu bernama Tukad Bangkung, yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Badung, Buleleng dan Bangli. Jembatan Tukad Bangkung memiliki panjang 360m, lebar 9,6m dan pilar penyangga jembatan setinggi lebih dari 71,14m. Kabarnya jembatan ini merupakan jembatan tertinggi se-Asia Tenggara, loh. Selain itu, jembatan baru ini juga sering digunakan sebagai spot foto bagi wisatawan yang melintasinya, termasuk saya. Hihi.

Sayangnya kami nggak bisa terlalu lama berhenti karena harus segera tiba di Tejakula. Lumayan lah, mata kami jadi melek setelah minum kopi. Kami baru menempuh sepertiga dari perjalanan. Mata saya tak henti menatap pemandangan dari balik jendela mobil yang melaju.

Akhirnya sekitar pukul 2 siang, kami tiba di Tejakula. Kami disambut oleh pemilik resort yang akan menjadi destinasi wisata berkelanjutan dan beberapa karyawannya. Kami lalu diajak menuju sebuah bale untuk berbincang sejenak sambil menikmati es kelapa dan laklak. Laklak ini sejenis makanan tradisional khas Bali yang mirip serabi yang terbuat dari tepung beras dan dinikmati bersama kelapa parut dan kinca (gula merah cair).

dokpri. Lak-lak, makanan khas Bali

Selesai makan siang, kami diantar menuju homestay yang letaknya tak begitu jauh dari resort. Suasana Bali yang kental begitu terasa ketika kami tiba di homestay milik Nini (nenek). Homestay Nini sederhana dan bersih. Suasananya nyaman meski tanpa AC dan kipas angin. Angin berhembus melalui jendela-jendela kamar yang dibuka lebar.


Keesokan harinya, kami diajak keliling desa dan melihat pembuatan gula aren (nira). Beruntung kami bisa bertemu dengan pembuat gula yang baru saja mengambil nira. Kami bahkan melihat langsung bagaimana proses pembuatan gula aren, mulai dari pengambilan nira, perebusan hingga menjadi gula padat.

dokpri. Belajar membuat gula nira

Kami juga diajak ke sebuah tempat pembuatan anyaman untuk tempat persembahan dan piring yang berbahan lidi aren. Lokasinya nggak begitu jauh dari homestay Nini. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari homestay Nini. Kami hanya memperhatikan tangan-tangan terampil yang dengan cekatan merangkai lidi-lidi aren menjadi sebuah wadah cantik.

dokpri. Belajar membuat anyaman

Andai bisa tinggal lebih lama di homestay Nini, saya pengen banget bisa belajar menganyam. Sayangnya kami harus bergegas untuk melanjutkan perjalanan menuju Canggu. Menurut Pak Komang, kami akan menghabiskan setengah hari perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan, Nini meminta kami untuk makan bubur khas Bali yang telah disiapkan untuk kami. Bubur buatan Nini mirip dengan bubur Manado yang berisi sayuran, jagung, ubi dan daging ikan. Bubur ini memiliki rasa rempah-rempah yang kuat dan pedas. Enaaak banget.

dokpri. Bubur Bali bikinan Nini

Kebaikan dan keramahan Nini membuat kami seolah enggan pulang. Belum puas rasanya menjelajah Tejakula. Kami berjanji suatu hari nanti akan kembali ke rumah Nini lagi.

dokpri. Foto bersama Nini sebelum melanjutkan perjalanan

Tepat pukul 11 kami memulai perjalanan menuju Canggu. Pak Komang mengingatkan kami untuk menyiapkan perbekalan untuk persiapan perjalanan supaya tidak terlalu sering berhenti. Seperti hari sebelumnya, kami akan melakukan perjalanan selama kurang lebih 5 hingga 6 jam.

Seperti hari sebelumnya, tak banyak yang kami lakukan selama perjalanan selain mengobrol dan ngemil. Hihi. Untunglah sepanjang jalan banyak pemandangan indah yang bisa kami lihat, jadi nggak bosan-bosan amat berada di dalam kendaraan selama 6 jam terus menerus.

Tujuan kami kali ini adalah menginap di sebuah hotel di dearah Canggu. Kami memang sudah berencana menginap di hotel ini dan susah memesannya di Traveloka beberapa hari sebelum berangkat ke Bali. Kabarnya hotel ini merupakan salah satu Hotel Terbaik di Bali

dokpri. The Kirana Hotel

Akhirnya, setelah hampir setengah hari perjalanan dari Tejakula ke  Canggu, saya dan teman-teman bisa beristirahat juga di hotel. Kami bisa melepaskan penat dan bersiap menghadapi perjalanan kembali esok hari. Segampang itu kok, cari hotel buat nginep selama di Bali. Tinggal klak klik aja udah dapat hotel sesuai budget dengan cepat.

Ternyata road trip membelah Pulau Bali seru juga, loh. Selain bisa menikmati perjalanan kami juga mendapat banyak cerita dan pengalaman. Hmm, rasanya belum puas menikmati Bali dan segala keindahannya.

Bali, tunggu kami kembali ya!



Sayangi Jantungmu, Jantungku, Jantung Kita Semua


Dear friends, 

Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Di negara kita, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Diharapkan seluruh masyarakat mengambil peran dalam mencegah tingginya angka kesakitan dan kematian. Penyakit jantung masih menjadi berita buruk karena merupakan pembunuh nomor satu. 

Serba-serbi Penyakit Jantung dan Penyakit Kardiovaskuler



Penyakit jantung dan pembuluh darah (penyakit kardiovaskular) adalah berbagai kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina), atau stroke. Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar kapalan tangan. Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung menggambarkan serangkaian kondisi yang memengaruhi jantung. Beberapa kondisi yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan jantung adalah penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, gangguan detak  jantung, dan juga cacat jantung bawaan.

Penyakit ini tak hanya menyerang orang-orang lanjut usia saja, tetapi juga orang-orang yang berusia muda. Faktanya, 20% orang yang mengalami serangan jantung tersebut ditemukan masih berusia 40 tahun kurang. Masih lekat dalam ingatan, kejadian yang menimpa Asraf Sinclair dan Aji Massaid yang meninggal mendadak? Mereka meninggal dengan indikasi serangan jantung. Mereka berdua adalah orang yang sangat menjaga kesehatan, rajin berolahraga tapi meninggal akibat serangan jantung. 

Penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Seluruh masyarakat perlu bergerak bersama. Seperti Kementerian Kesehatan dengan profesional kesehatan yang telah membentuk komite nasional untuk membuat program pencegahan penyakit jantung jangka panjang agar bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian. Menyambut Hari Jantung Sedunia ini, upaya edukasi ditargetkan untuk membuat masyarakat paham penyakit jantung sampai tahu bagaimana menangani korban agar cepat ditolong.

Tingginya angka kematian penyakit jantung di Indonesia membuat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terus menggiatkan pencegahan dini penyakit jantung. Berbagai langkah konkret dilakukan, antara lain dengan sosialisasi dan diseminasi di  berbagai media cetak, elektronik, dan media lainnya serta pemasangan spanduk dan umbul-umbul. 

Penyebab Penyakit Jantung

Ada banyak penyebab penyakit jantung tergantung faktor yang memicunya. Kalau penyakit jantung koroner terjadi jika aliran darah ke jantung terhambat oleh adanya lemak. Duh, pe er banget buat saya yang punya lemak dimana-mana. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dengan aterosklerosis yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Aterosklerosis bisa mengurangi suplai darah ke jantung serta menyebabkan terbentuknya penggumpalan darah.

Jika hal tersebut terjadi, maka aliran darah ke jantung akan terblokir sepenuhnya dan serangan jantung dapat terjadi. Faktor pemicunya meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung, diantaranya :

  • Kebiasaan merokok.
  • Kadar kolesterol yang tinggi.
  • Pola hidup tidak terjaga.
  • Hipertensi atau tekenan darah tinggi meningkat.
  • Kelebihan berat badan.
  • Adanya penyakit diabetes.
  • Faktor usia dan jenis kelamin.
Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit jantung ini? 

Berolahraga/ Aktif Bergerak


Cara mencegah penyakit jantung bisa secara perlahan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat, aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi seperti lari dan jogging atau bersepeda. 

Cara mencegah penyakit jantung sebagai tambahan, kita bisa melakukan latihan menguatkan otot baik itu di bagian kaki, pinggul, punggung, perut, pundak, dan lengan selama dua hari atau lebih. Hal ini juga bisa dilakukan bersama anak-anak untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

Melakukan Pola Makan Sehat


Ini adalah cara mencegah penyakit jantung ini yang paling dasar. Makanan yang kita konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pilih makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Perbanyak makan buah dan sayur. 

Sebagai bagian dari diet sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, gandum utuh yang kaya serat, ikan (paling enggak dua kali seminggu), kacang-kacangan, dan biji-bijian. Cara mencegah penyakit jantung usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging. Pilih produk olahan susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika kamu memilih untuk makan daging, pilihlah yang paling sedikit mengandung lemak.

Hindari Asap Rokok atau Hindari Asap Rokok

Zat kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat memicu pengerasan pada arteri jantung, sehingga aliran darah menuju jantung jadi tidak lancar. Terhambatnya asupan nutrisi dan oksigen yang dibawa darah yang dibutuhkan jantung membuat jantung mengalami kematian sel hingga akhirnya memicu serangan jantung. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk perokok aktif, tapi juga perokok pasif.

Hindari Stress



Stres ternyata dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Cara mencegah penyakit jantung, kita harus pandai-pandai mengelola emosi. Jika stress sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Cara mencegah penyakit jantung juga dapat dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres yang kita alami.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Cara lain mencegah penyakit jantung adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Bagi wanita, batasi asupan alkohol tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Sementara bagi pria, batasi asupan alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari. Tapi yang paling baik sih, nggak usah mengonsumsi alkohol sama sekali ya. 

Bersosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mendapat dukungan sosial, baik dari keluarga, pasangan atau teman, akan memiliki risiko masalah jantung yang sangat kecil. Ini berkaitan dengan rendahnya tingkat stres saat kita memiliki teman setia untuk berbagi beban hidup. Menjaga pikiran dan hati tetap tenang, dinilai sebagai salah satu cara yang efektif untuk cegah serangan jantung. 

Mumpung belum terlambat, yuk lakukan pencegahan. Mulai hidup sehat dari sekarang. Sayangi jantungmu, jantungku dan jantung kita semua. Indonesia sehat, Indonesia berjaya!