Tuesday, 22 May 2018

# Event # Life Story

Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik : Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 di Semarang

konektivitas-untuk-menurunkan-biaya-logistik
Pict by Dikoko Production
Tema : Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik
Dear Friends,

Ramadan dan Lebaran adalah bulan paling sibuk bagi Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan. Pasalnya di bulan inilah kebutuhan logistik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di  Indonesia. Karena itulah konektivitas antar wilayah sangat penting untuk mendistribusikan kebutuhan logistik ke seluruh wilayah tepat waktu. Bila konektivitas antar wilayah lancar, diharapkan biaya logistik akan lebih murah lalu harga-harga kebutuhan pokok menjadi lebih stabil. 

Konektivitas untuk Menurunkan Biaya Logistik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam acara Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 di Semarang minggu lalu menyampaikan beberapa pencapaian pemerintah dalam membangun konektivitas, diantaranya :
  • Pembangunan Bandara A. Yani Semarang
    Seperti yang kita ketahui kondisi Bandara A. Yani Semarang hingga saat ini hanya mampu menampung sekitar 800 ribu penumpang per tahun. Kondisi ini tidak memungkinkan karena jumlah penumpang pesawat terbang makin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini Bandara A.Yani diperluas hingga 9 kali lipat dan diperkirakan mampu menampung hingga 9 juta penumpang per tahun. Dalam waktu dekat, Bandara A. Yani yang baru akan segera diresmikan.
  • Pembangunan Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga
    Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan transportasi udara di wilayah selatan dan barat pulau Jawa, 23 April 2018 lalu Presisen Joko Widodo meresmikan pembangunan bandara di Purbalingga. Diharapkan pembangunan bandara ini akan selesai akhir tahun 2019. 
  • Pembangunan Jalan Tol 
    Pemerintah telah menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 1800 km hingga tahun 2019. Di Jawa tengah sendiri ada beberapa ruas jalan tol yang telah selesai dan sedang dalam tahap pembangunan. Dengan adanya jalan tol, diharapkan distribusi logistik akan lancar. 
  • Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Lintas Selatan Jawa
    Saat ini pemerintah sedang membangun jalur ganda kereta api lintas selatan Jawa sepanjang  kurang lebih 800 km. Diperkirakan jelur ganda ini akan selesai dan beroperasi tahun depan. 
  • Mudik Gratis melalui Jalur Laut dan Kereta Api 
    Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratis tahun 2018 melalui jalur laut. Pemerintah menargetkan mampu mengangkut 15.200 unit sepeda motor dan 30.400 penumpang. Kalo kalian pengen ikut mudik gratis, cari infonya di http://mudikgratis.dephub.go.id/  , ya!

Sinergi Kemenhub dan Kemendag untuk Distribusikan Logistik

Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik
Pict by Dikoko Production. Bapak Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan

Dialog Nasional Indonesia Maju ini juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Bapak Enggartiasto Lukita. Bahkan sebelum menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 di UTC, Menteri Perdagangan melakukan kunjungan ke Pasar Karangayu untuk memantau pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok. Menurut Pak Mendag sih, beberapa harga kebutuhan pokok 

Sebelum memulai acara, Pak Mendag berdialog dengan beberapa pedagang dan mahasiswa. Setelah berdialog dengan mereka, Mendag memberikan sejumlah modal usaha sebagai bentuk support kepada pedagang kecil. Alhamdulillah. 

Pak Mendag menyampaikan bahwa Presiden memerintahkan secara langsung untuk menurunkan harga bahan pokok dan memantau ketersediaannya di lapangan. Seperti hal nya Ramadan tahun lalu, pemerintah berhasil menstabilkan harga bahan pokok sehingga semuanya aman terkendali. Pemerintah juga fokus untuk mengendalikan harga beberapa barang pokok seperti beras, gula, minyak dan daging agar bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat dengan menerapkan HET (Harga Eceran Tertinggi). Semoga saja tahun ini semua harga kebutuhan pokok juga aman terkendali, ya. Nah, hal ini merupakan salah satu wujud keberhasilan konektivitas antar wilayah dalam rangka menurunkan biaya logistik. 

“Kemendag dan Kemenhub bersinergi untuk mendistribusikan bapok melalui tol laut sehingga bapok dapat tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebelum memasuki bulan puasa dan Lebaran secara bertahap sesuai kebutuhannya. Kemendag terus melakukan berbagai upaya untuk menjalankan amanat dan arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bapok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018,” tegas Mendag.

Pak Mendag mengakhiri dialog dengan membacakan puisi berjudul "Kursi Berduri Menteri" yang menggambarkan bahwa Menteri merupakan pembantu Presiden yang bertugas memastikan perekonomian negara Indonesia harus merata

Oh iya, hati-hati buat para pedagang yang suka nimbun bahan pokok nih, karena jika terbukti melakukan penimbunan akan ditangkap dan dikenai hukuman oleh pihak berwajib, loh. Jangan pernah berpikir untuk mengambil keuntungan diatas penderitaan orang banyak. Itu kejahatan ya, friends.

Program Keluarga Harapan untuk Mengurangi Kemiskinan

Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik
Pict by Dikoko Production. Bapak Idrus Marham, Menteri Sosial

Berlanjut pada dialog terakhir bersama Menteri Sosial, Bapak Idrus Marham yang baru dilantik bulan Januari lalu. Pak Mensos menyampaikan kabar gembira terkait menurunnya angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Tahun 2017 lalu angka kemiskinan turun hingga 1,2 juta loh. Wow banget, kan. Target pemerintah saat ini adalah menurunkan angka kemiskinan hingga 10%.

Untuk mewujudkannya pemerintah telah membuat beberapa program untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Ada sekitar 1,5 juta keluarga di Jawa Tengah yang menerima bantuan melalui Program Keluarga Harapan ini. Tahun depan pemerintah akan mengusahakan bantuan minimal 2 juta rupiah dan maksimal 3,5 juta rupiah per keluarga. Dengan adanya program semacam ini diharapkan angka kemiskinan akan turun.

Pun dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pemerintah memberikan beasiswa kepada lebih dari 100 ribu mahasiswa, karena pemerintah meyakini bahwa di tangan anak-anak muda inilah bangsa Indonesia akan menjadi negara yang kuat. Makanya, Mensos lalu memanggil beberpa mahasiswa untuk menjelaskan makna dari yel-yel  "Siapa Kita? Indonesia", "Indonesia? Sehat dan Pintar", "Siapa Presiden Kita? Bapak Ir. H. Joko Widodo".  Nah, kalo menurut kalian, apa makna dari yel-yel tersebut, friends?

Di akhir dialognya, Mensos mengharapkan masyarakat jangan hanya mengeluh dan menyalahkan pemerintah saja dengan kondisi yang ada saat ini, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam membangun negara. Boleh mengkritisi tapi juga harus mampu memberikan solusi.

Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik
Pict by Dikoko Production.  Peserta Dialog Nasional Indonesia Maju 12 di Semarang

Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 yang diadakan di Semarang ini dihadiri oleh sekitar 3000 orang dari berbagai kalangan, baik pemerintahan, mahasiswa hingga masyarakat umum. Rame banget, friends.

Dialog Nasional Indonesia Maju ini diselenggarakan oleh LPP Edukasi. LPP Edukasi merupakan lembaga pengkajian yang berkomitmen untuk memberikan bantuan, dorongan dan motivasi kepada para guru untuk menulis dan membuat karya ilmiah. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk kenaikan pangkat atau golongan, guru harus bisa membuat sebuah karya ilmiah. LPP Edukasi ini didirikan oleh Dr. Wahyu Purwanto, MSIE  pada tahun 2012  di Yogyakarta. Dalam acara Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 di Semarang ini, Ketua LPP Edukasi Ir. Dwi Soetjipto memberikan sambutannya di awal acara.

Buat kalian yang ketinggalan acara Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 di Semarang, nantikan kehadirannya di Salatiga setelah lebaran nanti, ya. Datang aja, siapa tahu kalian beruntung bisa bertemu dengan para Menteri dan dapat hadiah. Hihi.

Konektivitas Menurunkan Biaya Logistik
Pict by Dikoko Production. Selesai acara, narsis dulu

Kesimpulan yang saya dapat dari Dialog Nasional Indonesia Maju ke 12 ini adalah bagaimana pemerintah mengupayakan konektivitas untuk menurunkan biaya logistik agar harga kebutuhan pokok stabil dan lancar dalam hal pendistribusiannya. Dengan demikian kebutuhan bahan pokok rakyat tercukupi, tidak ada kelangkaan bahan pokok dan rakyat pun sejahtera.




4 comments:

  1. Wah pesertanya rame, moga Indonesia makin kaya ya mba. Banyak bandara baru mulai dibangun

    ReplyDelete
  2. Keren. Yg bandara baru juga udah jadi yaah

    ReplyDelete
  3. Semoga hasil dialognya menyebar lintas dinas.
    Semangat bekerja bersama, demi Indonesia makin maju dan rakyat makin sejahtera.
    Aamiin ya Allah.

    ReplyDelete
  4. Keep the good work pemerintah Indonesia!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1