Bulan Inklusi Keuangan 2021 bersama Prudential

Dear friends,

Siapa disini yang kadang mengeluh capek mikirin duit yang cuma lewat doang? Apa jangan-jangan saya doang nih yang enggak. Apa karena saya emang nggak mikirin ya? hihi. 

Di rumah saya, yang mengatur segala urusan keuangan itu bukan saya. Yang mengurus keuangan, dan segala tetek bengeknya itu ya suami saya. Sudah sejak lama, saya pensiun mengurus keuangan rumah tangga. Saya nggak mau pusing. Saya pilih mengurus apa yang saya bisa yaitu urusan dapur aja. Yang lain-lain biar suami saya aja yang urus. 

Mengenal Bulan Inklusi Keuangan 

Berdasar pengalaman, yang biasanya memegang kendali keuangan rata-rata adalah istri. Akan tetapi hal itu nggak dibarengi dengan pemahaman tentang literasi keuangan yang kuat. Kemampuan literasi keuangan perempuan masih lebih rendah dibanding dengan kemampuan literasi keuangan laki-laki. 

literasi keuangan BIK 2021
literasi keuangan 

Bulan inklusi keuangan bersama Prudential berlangsung dari tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021. Belakangan ini literasi keuangan sedang menjadi topik perbincangan hangat ya. Iyaps, namanya juga ekonomi di negara kita sedang bangkit lagi ya. 

Inklusi keuangan ini merupakan ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Peraturan OJK No. 76/POJK.07/2016 tahun 2016). Ah iya, sejak tahun 2016 bulan Oktober memang diperingati sebagai Bulan Inklusi Keuangan. Salah satu manfaat inklusi keuangan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terhadap pemerataan akses produk dan layanan keuangan. 

Tahun ini BIK diselenggarakan secara virtual oleh OJK, mengingat Indonesia masih belum kondusif dari pandemi. Pameran  Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 secara virtual ini sekaligus memperingati Hari Asuransi dengan tema “Literasi Asuransi untuk Negeri, Kenali-Pahami-Miliki”. FinExpo 2021 ini secara tidak langsung juga menjadi kampanye literasi dengan melibatkan masyarakat. 


Teman-teman yang ingin berkunjung ke pameran virtual Fin Expo 2021 ini silakan ke www.finexpo-bik2021.id yaSebelumnya kalian bisa registrasi terlebih dulu sebelum menuju booth-booth yang telah disediakan. 

Pada FinExpo 2021 ini saya mencoba untuk berkunjung ke booth Asuransi Prudential. Di booth ini  kita bisa memperoleh informasi tentang pentingnya asuransi yang disajikan melalui tayangan video.

Saya sempat melihat salah satu video Merry Riana yang menjelaskan mengenai 4 produk asuransi jiwa dan cara pembayarannya. Dari video tersebut kita bisa mendapatkan informasi agar tidak salah memilih jenis asuransi. 

Setelah mencari informasi mengenai asuransi secara umum lewat video, kita juga ditawarkan berbagai promo atau program oleh Prudential yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Promo produk lainnya dari asuransi Prudential bisa kita dapatkan dengan menghubungi agen asuransi dengan mengklik tombol yang sudah disediakan untuk bertanya lebih detail lagi. 

Diharapkan adanya sosialisasi Bulan Inklusi Keuangan dengan mengedukasi masyarakat melalui  FinExpo 2021, masyarakat bisa mengenali produk-produk asuransi yang ada termasuk dari Prudential lalu memahaminya dan memilikinya. Masyarakat juga diharapkan mulai sadar pentingnya asuransi. 

Jujur saja, kami masih selalu khawatir dalam menjalani kehidupan ini terutama untuk masa depan kami dan anak-anak. Untuk itulah diperlukan adanya perlindungan total supaya bisa hidup bebas khawatir melalui asuransi dan perencanaan keuangan yang baik. Melakukan persiapan itu penting, demi meminimalisir risiko yang akan terjadi. 

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Hemm pemahaman tentang keuangan memang sangat penting mengingat belakangan ini finansial keadaannya gawat dan kita harus pandai-pandai mengaturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, perlu banget belajar tentang finansial

      Hapus
  2. Dengan adanya Fin Expo BIK 2021 ini saya jadi sedikit melek finansial , Alhamdulillah ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  3. Aku juga berkunjung virtual ke booth Prudential kemarin, mbak. Karena nggak cukup sekali doang, ya besoknya aku ulangi lagi. Nonton video sharing dari Merry Riana tentang pilihan asuransi itu bagus loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh iya mb Wati, aku juga liat sharingnya Merry Riana itu kok, bagus emang

      Hapus
  4. Perlu lebih disiarkan kegiatan semacam edukasi keuangan kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Unt, coba lebih sering ada event beginian yaak

      Hapus
  5. Acara yang luar biasa keren ini sih
    Apalagi virtual, dan banyak ilmunsoal literasi keuangan ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Nyi, harus banyak2 belajar mengenai literasi keuangan nih

      Hapus
  6. Bener sih, kadang uang kaya cuma lewat aja sih.
    Baca tulisan di sini kan jadi melek finansial.
    Makasih mba, postingan manfaat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kalo saya sih mbaa, hihi. Uang cuma numpang lewat doang nggak mau anteng gitu di dompet, hihi.

      Hapus
  7. Perlindunganku terhadap keluarga salah satunya asuransi kesehatan, meskipun masih punya yang negara. Tapi setidaknya ada "penjagaan" keuangan di hari nanti.

    BalasHapus
  8. Aku baru pake yang pendidikan. Info masalah keuangan gini bikin lebih aware karena kadang udah merasa pas, tapi ada aja juga losssnya ha ha ha

    BalasHapus
  9. Iya nih sebagai perempuan harus melek literasi finansial karena bagaimanapun perempuan kan manajer rumah tangga ya jadi wajib belajar. Sekarang belajar bisa lewat virtual ya

    BalasHapus
  10. Moga2 thn depan ada acara Fin Expo ini lagi.
    karena banyaaakk banget faedahnya buat kita ya
    bisa nambah wawasan seputar financial.

    BalasHapus
  11. Kalau suamiku mana mau nih pusing soal Keuangan, malah banyak kebocoran kalau dia yang pegang. Keuangan diserahkan ke istri, makanya PR buatku untuk enggak males belajar literasi finansial

    BalasHapus
  12. sama mbak, saya juga kadang merasa uang kok cepet banget ya, belum akhir bulan dah habis. paadahal jika bisa mengelolanya dengan baik, insyaAllah, uang kita akan ketahuan kemana saja larinya hehe makasih mbak jadi merasa diingatkan dengan baca postingan tentang bulan inklusi ini. memang kita perlu paham literasi finansial ya.

    BalasHapus
  13. Senang bisa ikutan mengunjungi FIN EXPO BIK ini mbak
    aku jadi tahu bagaimana mengelola keuangan keluarga

    BalasHapus
  14. Semoga dengan finexpo ini, makin banyak masyarakat yang makin paham pentingnya literasi keuangan ya. Biar nggak pusing mikir dan ngatur keuangan

    BalasHapus
  15. baru tahu nih kalau inklusi keuangan mirip-mrip dengan pendidikan inklusi ya mbak. sama-sama tentang kemudahan akses baik keuangan dan pendidikan. daaan, leterasi keuangan itu penting banget agar enggak keblas-blasan dan bikin nyesal

    BalasHapus
  16. Sejujurnya, aku penganut mahzab "Yang megang kendali utama keuangan dalam sebuah keluarga itu yang paling cerdas dalam mengatur keuangan."

    Karena itu, aku juga bukan bagian dari jajaran menteri keuangan. Sama seperti kak Ika, aku bagian terima uang pas posnya untuk satu bulan. Bayar-membayar, minta tolong suami. Hehhe...

    Tapi penting banget untuk tahu mengenai literasi keuangan ini yaa..termasuk belajar beinvestasi. Memaksa diri untuk mempersiapkan masa depan untuk diri sendiri dan keluarga.

    BalasHapus
  17. Semoga event kayak gini lebih sering diadain ya mak. Bermanfaat banget nih bisa mengedukasi perempuan Indonesia untuk urusan keuangan

    BalasHapus
  18. Saya tu tahunya Oktober adalah bulan bahasa, dan sering juga disambung dengan banyak acara literasi. Ternyata bulan inklusi keuangan juga ya.

    BalasHapus
  19. Bulan Inklusi keuangan memang harus diperingati setiap tahun dengan memberikan edukasi kepada masyarakat biar kita semua makin melek literasi keuangan/finansial ya.

    BalasHapus
  20. Online sports activities betting is predicted to attract extra bettors within the coming years. In 2022, the forecast variety of online sports activities bettors was 19 million. It is extremely straightforward to methods to|learn to} construct this enterprise choice in 2022. After completing a six-week online course, have the ability to|you'll|you can} prepare your first application. Nevertheless, making a ํŒŒ๋ผ์˜ค์นด์ง€๋…ธ gambling app that gives pleasant games is the primary objective. By clicking ads and purchasing in-game credits, people can come back to play your games every day, making you cash.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com