Friday, 9 November 2018

# Blogging # Lifestyle

4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusimu untuk Bangsa?

Dear friends,
"Tahun 2030, Indonesia berpotensi menjadi negara maju ke 5 di dunia"
Begitu kalimat pembuka yang diucapkan oleh Dirjen Komunikasi dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Ibu Rosarita Niken Widiastuti pada acara Flash Blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif. Mendengar kalimat yang diucapkan Ibu Rosarita, saya merasakan sebuah optimisme akan masa depan sebuah bangsa.

Rosarita Niken 

Bukan mustahil memang, negara kita sedang menuju kesana. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah hampir ke seluruh pelosok negeri. Salah satu contohnya adalah pembangunan di bidang telekomunikasi. Saat ini pembangunan fasilitas internet di kawasan barat Indonesia bahkan hampir rampung. Kawasan tengah sudah 80% selesai, sedangkan kawasan Indonesia bagian timur sudah mencapai 50% tahap pembangunannya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo  telah memberikan pelatihan kepada pengusaha UMKM untuk mempromosikan produk mereka, melakukan pembinaan usaha atau start up, hingga mempertemukan anak-anak muda dengan para investor agar nantinya mampu menjadi unit core seperti Gojek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia.

Tahun 2019 nanti, Kemenkominfo bahkan berencana memberikan beasiswa kepada 20.000 generasi milenial agar bisa diarahkan menjadi digital talent untuk mengoptimalkan digitalisasi. Nah, buat kalian yang merasa generasi milenial, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari kemenkominfo, ya! 

4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusimu untuk Bangsa?



Salah satu ciri negara maju adalah berkurangnya angka pengangguran. Menurut data BPS, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2018 mencapai 5,13%, atau turun dari periode sama tahun sebelumnya yaitu 5,33%. Dari prosentase tersebut, maka jumlah pengangguran di Indonesia saat ini mencapai 6,87 juta orang atau turun dari sebelumnya yang mencapai 7,01 juta orang. Lumayan signifikan juga ya berkurangnya?

Berkurangnya angka pengangguran di negara kita disebabkan oleh meningkatnya kreativitas generasi muda yang secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran. Banyak diantara mereka yang akhirnya mampu mendirikan perusahaan start up yang bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.



Sebagai generasi milenial kalian juga bisa melakukannya, loh. Bagaimana caranya?

Tentukan pilihan yang sesuai dengan passionmu. Kalian bisa menjadi seorang yang "Peduli", seorang "Kreator", "Eksplorer", "Cendekiawan", "Orang biasa" atau menjadi seorang "Pahlawan"?

Jika kalian merasa memiliki banyak ide dan pemikiran tentang sesuatu, kalian bisa menjadi seorang Kreator. Kalian bisa menciptakan start up ataupun bermusik. 

Mungkin kalian suka melakukan perjalanan untuk menemukan sesuatu yang unik atau pergi ke suatu tempat, itu artinya kalian adalah seorang eksplorer. Lakukan perjalanan dan informasikan kepada khalayak ramai tentang apa yang kalian temukan.

Kalau kalian berkecimpung di dunia pendidikan, mungkin kalian bisa menjadi seorang cendekiawan. Tak ada salahnya jika kalian berbagi ilmu pengetahuan yang kalian miliki kepada masyarakat yang membutuhkan. Bikin sekolah gratis untuk masyarakat kurang mampu, mungkin?

Selalu ingin membantu orang lain, tak tahan melihat orang lain menderita, mau mempertaruhkan jiwa dan raga demi kepentingan bersama adalah ciri orang yang "Peduli". Apakah kalian memiliki ciri itu?

Kalian nggak pernah merasa punya sesuatu yang istimewa atau hanya merasa jadi orang yang biasa-bisa saja? Jangan berkecil hati. Jadi orang biasa pun bisa jadi istimewa, kok. Bekerja keras-lah sesuai dengan passion dan  kemampuan, bersikap jujur dan jadilah warga negara yang baik.



Seperti apa yang kita kerjakan pada hari ini. Menjadi seorang blogger, seorang konten kreator yang menyebarkan informasi positif dan bermanfaat bagi sesama.

Sekecil apapun usaha yang kalian lakukan untuk kepentingan bersama, itu sudah merupakan bentuk kontribusi kepada bangsa dan negara.




7 comments:

  1. Sekecil apapun usaha yang kalian lakukan untuk kepentingan bersama, itu sudah merupakan bentuk kontribusimu kepada bangsa dan negara. ---- sukaaa 😍😍😍😍


    Selamat ya mbak jadi Juara terbaik ketiga. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaww...makasiiih, Ririt. Kamu salah satu teman yang menginspirasiku loh

      Delete
  2. Aku mau jadi eksplorer mbak Ikaaa,, biar nggak kalah sama Dora.

    Wuih tulisan juara emang beda ya,, ada banyak fakta yang dikemas dengan singkat, padat, dan jelas. Selamaaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupuuun mau jadi Eksplorer, kayak Lintang dan Dora. Bertualang kemana-mana.

      BTW, tengkiuuu supportnya yaa

      Delete
  3. Bangga jadi blogger dengan menuliskan konten yang positif. Salah satu kontribusi saya menjadi warga negara yang baik mbaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....bangga menjadi blogger yang bermanfaat

      Delete
  4. Masyaallah keren dan manfaat banget mbak tulisannya. Selamat yaa, layak banget jadi juara.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1