Susu dengan Nutrisi Lengkap Agar Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh dan Tanggap

Dear friends,

Sebagai orangtua, kita pasti ingin anak-anak tumbuh dan berkembang dengan sehat. Nutrisi memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Makanya, kita perlu memberikan susu dengan nutrisi lengkap agar anak tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap. 

Nutrisi atau gizi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Nutrisi ini diperoleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan dan disebut dengan istilah sari-sari makanan.

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak adalah nutrisi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsinya. Anak-anak membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. 

Nah, apa sajakah nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk membantu tumbuh kembangnya?

Kalsium 
Salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan anak adalah kalsium. Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak agar lebih kuat. Selain itu kalsium juga menjaga fungsi otot dan bermanfaat untuk saraf.

Magnesium 
Magnesium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, seperti menstabilkan irama jantung, menjaga tulang agar kuat, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu otot serta fungsi saraf.

Kalium 
Kalium merupakan zat gizi yang memiliki peran untuk menjaga tekanan darah, serta mengontrol air dalam tubuh.

Zink/Seng 
Zink (seng) adalah salah satu nutrisi untuk perkembangan anak yang penting untuk dipenuhi. Zink dibutuhkan enzim dalam tubuh agar dapat menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, pertumbuhan anak dan metabolism

Zat Besi 
Zat besi berperan penting dalam memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Jika kebutuhan zat besi anak tak terpenuhi, maka anak akan mengalami anemia yang mengakibatkan ia akan merasa lemas, lelah dan mudah tersinggung.

Asam Lemak Esensial
Asam lemak esensial ini membantu pembentukan sel, melancarkan aliran darah, mengatur sistem saraf, mempertahankan fungsi otak, memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Vitamin A 
Vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan mata dan kesehatan tulang si kecil. Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi, mampu menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh seperti kuku, rambut dan kulit.

Vitamin C 
Vitamin C membantu proses perbaikan maupun pembentukan sel darah merah, tulang dan jaringan pada tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu menjaga kesehatan gusi anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, mencegah terjadinya infeksi serta membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang berasal dari makanan.

Vitamin D
Tak kalah pentingnya dengan nutrisi yang lain, vitamin D dapat membantu anak dalam proses penyerapan mineral seperti kalsium untuk pembentukan gigi, serta tulang yang kuat.

Vitamin E 
Vitamin E dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel pada masa pertumbuhan anak. Tak hanya itu, vitamin E juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh anak, proses metabolisme tubuh dan perbaikan DNA. 

Pengalaman melahirkan dan merawat tiga anak tak lantas membuat saya berhenti mencari tahu, apa saja gizi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Apalagi mereka termasuk anak-anak yang cukup aktif, baik di sekolah maupun di rumah.

Berbagai cara saya lakukan agar anak-anak saya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan semua kebutuhan dasar nutrisinya terpenuhi. Nggak hanya dengan menyiapkan menu makanan yang mereka sukai saja, tetapi juga harus bergizi dan bernutrisi. Masih berlanjut juga dengan mencari dan memilihkan susu pertumbuhan untuk anak-anak. Biasanya sih, saya pilih yang rasanya disukai anak-anak sekaligus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Kebetulan dulu saya termasuk orangtua yang sering berganti-ganti merek susu. Selain mencari yang cocok, alasan lain karena anak-anak yang cepat bosan hingga akhirnya saya mengenal susu bubuk Indomilk. 



#SusuBubukIndomilk adalah susu bubuk yang dilengkapi dengan optinutri, yaitu nutrisi optimal yang mengandung Omega 3, sumber protein serta kalsium tinggi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. 

Susu dengan optinutri ini dapat membantu anak tumbuh tinggi secara fisik, tangguh saat menghadapi tantangan dan tanggap saat menerima pelajaran di sekolah. Bersyukur banget Rara dan Aufa menyukainya, jadi saya nggak harus susah payah membujuknya untuk minum susu. 

Yang membuat saya lega adalah susu bubuk Indomilk merupakan susu dengan Omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan otak. Omega 3 ini nggak bisa terbentuk sendiri oleh tubuh, jadi harus diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. 

Susu untuk anak 4 tahun ke atas ini memiliki beberapa keunggulan karena mengandung omega 3, protein dan tinggi kalsium yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.



Omega 3 yang berasal dari minyak ikan laut yang hidup di perairan dalam mengandung DHA dan EPA membantu perkembangan sel-sel otak dan kesehatan jantung anak. 

Kandungan protein di dalamnya membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh anak, sehingga anak menjadi lebih tanggunh dan nggak gampang sakit.

Kalsium berperan dalam proses pembentukan tulang serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Perlu diketahui, bahwa proses pembentukan tulang dimulai sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Jangan sampai karena kelalaian kita sebagai orangtua, anak-anak jadi kehilangan kesempatan untuk tumbuh dengan optimal. 

Susu bubuk Indomilk memiliki 3 varian rasa yang bisa dipilih, yaitu Full Cream, Instant Plain dan Instan Coklat. Kalau Rara dan Aufa lebih suka varian Full Cream Plain yang tidak mengandung gula, jadi aman buat giginya. dan terhindar dari obesitas juga. Ketiga varian tersebut tersedia dalam kemasan box 400gr dan 800gr.



Cara membuatnya sangat mudah.  Siapkan satu gelas air matang hangat,  kurang lebih 180 ml, masukkan 3 sendok makan penuh susu bubuk Indomilk (30 gram) lalu aduk hingga larut. Biasanya saya membuatkan susu untuk Rara dan Aufa 2 kali sehari tiap pagi sebelum berangkat ke sekolah dan sore hari sebelum belajar. 

Bila nutrisi anak terpenuhi, maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Anak akan tumbuh dengan #TinggiTangguhTanggap. 

#SusuBubukIndomilk
#TinggiTangguhTanggap


Posting Komentar

54 Komentar

  1. sama dengan anakku mbak, pernah mencoba beberapa jenis susu tapi tidak cocok. Ada aja reaksi yang timbul. untungnya dengan indomilk bubuk ini dia cocok. semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat ya

    BalasHapus
  2. Kaaak apakah kl aku minum susu ini bisa jadi tangguh melawan kerasnya Jakarta? Hahahahha, sekarang pilihan susu buat anak2 udah banyak ya, jadi ortu bisa lebih banyak pilihan semua disesuaikan kebutuhan anak & budget orang tua :D

    BalasHapus
  3. Kudu minum susu ni biar tangguh menghadapi beban kehidupan yaa, biar jangkung juga bocah-bocah ku, aamiin

    BalasHapus
  4. Hihihi... Kukira cuma aku yg suka gonta-ganti merk susu. Ternyata kita sama ya mbak ��

    BalasHapus
  5. Minum susu deulu sebelum berangkat ke sekolah supaya nutrisi saat sekolah tercukupi ya bisa menangkap pelajaran lebih jelas.

    BalasHapus
  6. Penting banget ya, memperhatikan gizi anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Untung nih, dah nemu susu yang bagus untuknya

    BalasHapus
  7. Anakku tuh pertumbuhan tingginya lumayan signifikan dan dia doyan banget minum susu. Kami juga berpikir, susu ini yang bikin dia cepet tumbuh tinggi kayaknya.

    BalasHapus
  8. Susu lengkap nih, ada kandungan DHA nya pula cocok banget ya untuk anak-anak yg dalam masa pertumbuhan.
    Biar makin pintar yah :)

    BalasHapus
  9. Anakku juga minum susu ini mba. Soalnya memang menyehatkan dan juga nutrisinya lengkap ya mba. SMoga anak anak kita sehat sehat selalu ya mba. Aamiin

    BalasHapus
  10. aku sempet galau pilih susu mba karena ada beberapa susu yang ga ada kandungan Omege 3 dan DHA-nya semept kesel juga sama pramuniaga di mini market yang ngintilin aku gegara aku pilah pilih susu bacain dulu komposisinya wkwkk akhirnya ga jadi beli abis ngeselin gitu diikutin

    next ah beli Indomilk karena ada kandungan omeganya y mba saat ini sih masih suka uht indomilk mba buat anakku

    BalasHapus
  11. Bismillah ya mbak, semoga anak anak tercukupi nutrisinya dengan makanan dan minuman yang bergizi, seperti halnya dengan susu indomilk cair ini yang memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk anak, agar anak tumbuh tinggi, tanggap dan tangguh

    BalasHapus
  12. Faris sekarang gampang-gampang susah mimik susunya mbaaa... Kadang sehari minta sampe berkali-kali, kadang dalam semingguan gitu ga mau minum sama sekali. PR banget nih ngajakin minum susu secara rutin ke dia.

    BalasHapus
  13. Tentang menyeduh susu ini, kudu memperhatikan petunjuk di kemasan.
    Karena aku pernah mengabaikan.

    Aku membuat susu dengan air yang baru mendidih, padahal jelas-jelas di kemasan menyebutkan air hangat.

    Ternyata, hal ini bisa merusak kandungan protein di dalam susu!

    Jika menggunakan air panas dari dispenser sebaiknya jangan langsung menuang air panas dalam susu lalu mencampur air dingin. Tapi air panas dan dingin dari dispenser dicampur terlebih dahulu baru air campurannya dibuat untuk menyeduh susu.

    Begitu juga jika ingin menghangatkan susu yang dibeli dalam bentuk susu cair cukup dihangatkan sebentar saja tidak perlu sampai mendidih.

    Dan sebaiknya susu yang dibuat segera diminum, karena kalau dibiarkan akan memungkinkan terjadinya oksidasi.

    BalasHapus
  14. Nah noted banget ini tambahan dari mb Rosanna di atas, hehe.. O iya mbak TFS yak, soalnya anakku masih bayik, dikit lagi baru kelar ASI, jd butuh tau ttg per"susu" an yg beginian. Ga dipungkiri, pemenuhan nutrisi lengkap emang utamanya dr susu, cukup membantu yes

    BalasHapus
  15. Indomilk mantep banget ya Bun
    Buat tumbuh kembang anak.
    Cepet gede ya dek Rara☺

    BalasHapus
  16. Susu Indomilk paling suka rasa full cream pas waktu SD sekarang juga masih yahhh nutrisinya utus dari dulu hingga kini.

    BalasHapus
  17. Wah boleh juga nih susu bubuk dari indomilk, nanti kalau si Kecil udah disapih mau saya coba susu ini deh. Apalagi kandungan nutrisinya juga lengkap ya mbak.

    BalasHapus
  18. Masa masa pertumbuhan kaya gini emang penting banget buat masa depnannya ya kak, kalo aku sih biasanya membebaskan anakku mau pilih susu merek apa... hehehe

    BalasHapus
  19. kita tidak bisa main-main memang dengan kebutuhan nutrisi anak-anak ya mba..soalnya that's exactly what they need. Semangat selalu untuk anak-anak

    BalasHapus
  20. Anak-anakku suka yang rasa cokelat..Susu Indomilk harganya terjangkau ya.

    BalasHapus
  21. Indomilk susu kesukaan adik Hana jugaa..
    Dan ga mau rasa lain selain vanila.
    Mungkin karena rasa manisnya yang ga bikin eneg yaa..

    BalasHapus
  22. Anakku nih segala macam susu hayuuk aja Mba. Kalau diturutin maunya minum susu terus. Sampai kadang harus kuumpetin, hihi. Tapi mereka sukanya minum susu dingin. Jadi kalau sufor gini aku bikinin pagi² jadi pas waktunya mereka minum udah dingin deh.

    BalasHapus
  23. Anak-anakku pada doyan indomilk. Aku juga pake Indomilk untuk bikin kue. Lebih gurih soalnya

    BalasHapus
  24. Aku suka susu indomilk juga loh mba. Tapi yang rasa coklat hehe. Stok di rumah aman lah buat tiap hari

    BalasHapus
  25. Komplit ya, susu legendaris sejak aku kecil hehehe. Anakku yang masih 2.5 tahun juga minum indomilk mba, tapi yang UHT Kids full cream. Lezat dan bergizi insyaallah

    BalasHapus
  26. Wah lengkap nutrisi si indomilk ini ya mbak? Anak2ku juga minum indomilk tapi yang UHT-nya sih. Saya malah baru tau kalau indomilk ini ada susu bubuknya, kyknya blm pernah nemu, coba ntr cari ah di supermarket TFS :D

    BalasHapus
  27. DHA, Omega 3 & EPA ini penting banget untuk menutrisi otak anak agar mereka lebih cerdas dan berprestasi :)

    Anakku juga suka minum Indomilk ini, Mba :)

    BalasHapus
  28. Di usia sekolah, anak-anak sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu pertumbuhan mereka yaa, Mba. Salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan rajin memberikannya susu pertumbuhan :)

    BalasHapus
  29. anakku juga suka dengan susu Indomilk mbak.. tapi anakku ga suka susu bubuk, jadi ku kasih Indomilk yang UHT Kids mbak.. dari semenjak disapih anakku ga mau minum susu formula, tapi UHT mau.. jadi ya udah, aku terusin aja UHT nya, hehe..

    BalasHapus
  30. Anak-anak ini harus sering main di luar ruangan ya mbak, agar gak kenal gadget aja. Apalagi kalo udah ada susu bernutrisi tinggi macam Indomilk ini

    BalasHapus
  31. Wah, sebentar lagi Kak Ghifa bisa nih minum susu Indomilk bubuk ini. Jangan sampai dia kurang #TinggiTangguhTanggap. Pengalamanku, Mbak, dulu nggak bisa masuk sekolah incaran karena tinggiku kurang 3 cm. Hiks.

    BalasHapus
  32. Waww ulasannya lengkap kap.. Selengkap nutrisi susu bubuk Indomilk ya kak.. Hehe, anakku juga minum. alhamdulillah mendukung aktivitas harian dan belajarnya

    BalasHapus
  33. Wah sama nih. Anakku yang kelas 2 SD juga suka banget minum susu bubuk indomilk ini

    BalasHapus
  34. Susu memang penting ya kak, karena ada kandungan dalam makananan yang kurang lengkap sehingga bisa dicukupkan oleh susu

    BalasHapus
  35. Pengin nyobain susu ini buat Hasna. Dia nggak suka susu bubuk, ni sekarang malah sukanya susu kemasan yg manis banget, padahal dia ga boleh kebanyakan gula

    BalasHapus
  36. Ah iya baru inget kalo bikin susu bubuk, takaran airnya hrs sesuai petunjuk ya biar maksimal asupan gizi yg didapet

    BalasHapus
  37. Pantesan dek Rara keliatan tinggi. Ternyata suka minum susu yaaa 😍

    BalasHapus
  38. Indomilk enak dan bergizi ni mba ika. Aku suka beli yg kotakan cair. Nyummy. 😋

    BalasHapus
  39. Amay Aga juga suka gonta-ganti nih merek susunya. Yang penting mereka suka dan harganya cocok di kantong. Kalo ngga minum susu, khawatir kan kalau di usia mereka saat ini mereka kekurangan nutrisi.

    BalasHapus
  40. Pemenuhan gizi penting banget, ya. Dan salah satunya dengan minum susu yang mengandung banyak gizi.

    BalasHapus
  41. Minum susu untuk melengkapi kebutuhan gizi anak agar tumbuh kembang dengan optimal, sehat, tangguh ya mbak

    BalasHapus
  42. Kalau harganya gimana mb Ika? Ramah kantong kan? ��

    BalasHapus
  43. udah enak kandungan gizinya komplit ya

    BalasHapus
  44. Betul banget nih mba Ika, anak2 harus terus dibiasakan minum susu dg kandungan gizi kumplit begini ..jangan kaya aku..gak suka susu dan terkena osteopeni..hiks..

    BalasHapus
  45. Wah lengkap infonya mbak. Memang susu bubuk indomilk nutrisinya lengkap kap ��

    BalasHapus
  46. Wah ternyata banyak temennya ya minum susu indomilk..anakku juga suka mbak..awalnya bubuk yang plain sekarang yang uht

    BalasHapus
  47. kandungan gizinya banyak juga ya mba.. semangat yaa kakak sekolahnya.. lucu banget

    BalasHapus
  48. Hana doyan banget susu, kalo thifa maunya dicampur cereal.

    BalasHapus
  49. Mbak ika, keren sekali ya. Banyak info positif dari tulisannya

    BalasHapus
  50. Lengkap bgt kandungan nutrisinya ya mba. .

    BalasHapus
  51. aku suka banget minum susu dr kecil mbak, makanya sekarang lumayan lah tingginya meski gak tinggi2 bgt hihi

    BalasHapus
  52. wah nutrisinya banyak dan pastinya menyehatkan ya bun :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com