Thursday, 25 April 2019

# Bisnis # Life Story

5 Langkah Memulai Bisnis Online


5 langkah memulai bisnis online. Belakangan ini bisnis online kian menjamur. Banyak pedagang yang mengalihkan transaksi jual belinya secara online. Artinya, antara penjual dan pembeli nggak perlu bertatap muka untuk urusan bisnisnya. Penjual juga nggak perlu menyewa tempat untuk mendisplay dagangannya. 

Maraknya bisnis online ini juga menarik minat saya untuk mencoba berbisnis online. Meski pernah beberapa kali gagal menjalankan bisnis tapi saya nggak kapok untuk berbisnis kembali. Apalagi bisnis yang akan saya lakukan secara online ini peluangnya besar sekali. 
Pengalaman kegagalan bisnis terdahulu membuat saya belajar banyak hal, terutama dalam strategi menjalankan bisnis. Saya belajar  banyak dari para pebisnis yang sukses dengan bisnis online-nya. Ada beberapa hal yang pelajari untuk memulai berbisnis online, diantaranya :

1. Tentukan dan pahami produk yang akan dijual
Pertama kali yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online adalah menentukan produk yang akan dijual. Apakah mau jualan produk fashion, kuliner, jasa dan sebagainya. Jangan hanya ikut-ikutan aja tapi juga harus sesuai dengan passion kita. Namanya bisnis kan harus sesuai dengan apa yang kita sukai, agar bisa kita jalani dengan sepenuh hati.

Setelah itu pahami produk yang telah dipilih dengan detail. Hal ini bisa dimulai dengan mencari tahu bagaimana kualitas produk yang akan dijual. Mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi hingga proses packing. Demikian juga dengan perhitungan harga jual belinya. Jual produk yang berkualitas dengan harga pantas.  

2. Melakukan riset dan memahami pasar
Setelah menentukan produk apa yang akan dijual dan memahami kualitas produk, kita juga harus melakukan riset pasar. Apakah produk yang akan kita jual ini banyak dicari dan disukai oleh banyak orang? Bagaimana pangsa pasar produk kita? Siapakah yang jadi kompetitor produk kita? Kapan waktu yang tepat untuk memasarkan produk kita? Siapakah target market produk kita? 

Kita juga bisa belajar dari kompetitor, loh. Cari tahu kelebihan dan kekurangan mereka. Bisa saja, kelemahan kompetitor malah akan menjadi keunggulan yang bisa kita tawarkan kepada konsumen. Misalnya aja respon yang cepat saat ada order, pengemasan barang yang rapi, harga yang kompetitif  hingga respon saat ada pertanyaan atau komplain dari pelanggan. 

3. Memilih supplier yang tepat
Memilih supplier yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan kita memang gampang-gampang susah. Mirip lah dengan cari jodoh, hihi. Kita nggak boleh sembarangan ketika memilih supplier. Jangan asal tertarik dengan harga murah yang ditawarkan. Lihat dan teliti juga bagaimana kualitas bahan baku yang ditawarkan. Apakah sesuai dengan kriteria yang sudah disepakati atau tidak. 

Pilih supplier yang menghargai waktu sehingga saat kita butuh bahan baku mereka bisa mengirimkan kebutuhan kita tepat waktu. Jadi, tidak akan mengganggu waktu produksi.

4. Ciptakan branding yang tepat
Percaya atau enggak, brand merupakan salah satu faktor yang membuat produk kita dikenal luas oleh masyarakat. Sebelum menentukan brand, tentukan dulu tujuan bisnis kita. Kalau tujuan kita ingin produk kita dikenal dan dipercaya masyarakat, maka kita harus memikirkan masak-masak apa nama yang tepat untuk brand produk kita.

Pertama kali yang harus dipikirkan adalah nama brand-nya. Carilah nama brand yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Buat juga logo brand yang eye catching, sehingga orang-orang akan mudah mengingatnya. 

Produk dengan brand dan logo yang mudah diingat membuat orang-orang akan percaya bahwa kita merupakan pebisnis yang professional. 

5. Buat website khusus 
Selain membuat akun media sosial seperti Instagram serta Facebook Pan Page untuk mempromosikan produk kita, ada baiknya juga kita membuat website khusus untuk produk kita. Website sangat penting,  karena banyak konsumen yang mencari informasi merek dengan berkunjung langsung ke website. Website bisa juga dianggap sebagai kantor resmi  kita dalam versi digital, yang merupakan muara dari semua informasi yang kita sebarkan melalui media sosial.

Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan ketika kita membuat website khusus untuk bisnis kita. Apa aja sih keuntungannya?

• Menimbulkan kesan profesional
Sebuah usaha atau bisnis yang memiliki website pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari konsumen maupun calon konsumen. Mereka pastiakan lebih tertarik pada usaha  atau bisnis yang sudah memiliki website. 

• Memperkenalkan profil usaha kita 
Website merupakan salah satu media untuk menyebarluaskan profil usaha atau bisnis kita dengan cepat dan mudah.

• Sebagai media penjualan produk 
Website bisa berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan produk kita melalui dunia internet. Banyaknya pemakai internet, kita berpeluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak.

• Menarik konsumen 
Website juga dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen baik dari dalam maupun luar negeri. Seperti yang kita ketahui, pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. 

• Mendapatkan partner baru 
Banyak perusahaan yang kadang mencari partner untuk bekerjasama. Dengan mempublikasikan perusahaan kita melalui  website, tentunya akan semakin banyak orang yang tahu mengenai perusahaan kita. Siapa tahu usaha kita bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan saling menguntungkan.

• Mempermudah komunikasi 
Melalui website, kita bisa berkomunikasi dengan konsumen, calon konsumen ataupun calon partner bisnis dengan mudah. Website bisa dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan mereka. 

• Menciptakan branding
Kita bisa mendesain website yang  memberikan pengalaman kepada pengunjung dengan menyajikan informasi lengkap mengenai keunggulan-keunggulan produk kita. Kita  bisa menawarkan pengalaman kepada konsumen secara langsug. 

Membuat sebuah website juga nggak boleh sembarangan. Kita juga musti mengetahui dan memilih penyedia hosting yang professional dan memiliki reputasi baik diantara penyedia Hosting Indonesia. Salah satunya adalah Qwords. Nah, jika website yang akan kita buat membawa misi penting, dimana usaha atau bisnis kita seolah-olah tak bisa “hidup” tanpanya, maka cloud hosting adalah pilihan yang tepat. Layanan ini biasanya dipilih oleh banyak toko e-commerce, situs lead generation, website perusahaan, maupun proyek dengan trafik tinggi. 

Nah, kalau usaha atau bisnis kita sudah punya website maka kita tinggal mengoptimalkannya dengan baik agar target-target kita terpenuhi. 

Gimana teman-teman. Sudah ada bayangan juga kah tentang bagaimana menantangnya untuk memulai bisnis online



39 comments:

  1. bisnis online memang potensinya luar biasa di era digital seperti sekarang ini. adanya website juga penting, terutama untuk informasi produk

    ReplyDelete
  2. Mulain merancang2 aaahh ntar website buat usahaku. Halah halaaahh gayaku yo mba :))
    Pengin banget tapi koq punya usaha sendiri. Insya Allah kalau berkembang kan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

    ReplyDelete
  3. Aku sendiri masih bermimpi mba heheehe

    ReplyDelete
  4. TFS mba..jadi punya bayangan langkah2 apa saja yg harus kita lakukan sebelum memulai bisnis online. Mantuul deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ada teman yg berminat dg bisnis ini..jadi bisa langsung kutunjukkan tulisan mbak utknta, sehingga dia tahu langkah2nya.. Thx ya mba..

      Delete
  5. iya, buat yang bisnis online itu memilih hosting harus yang tepat ya, biar terpercaya dan aman juga data-data kita

    ReplyDelete
  6. Branding tu memang penting ya mbak. Cari nama yg gampang diingat, logo yg eyecathcing trs bikin website dgn hosting yg mumpuni

    ReplyDelete
  7. Promosi di website itu sekarang jadi pilihan banyak pebisnis online ya mba. Adik iparku pun udah bikin, sayangnya nggak ada waktu untuk mengelolanya

    ReplyDelete
  8. Makasih udah sharing tulisan ini, Mbak.
    Baca ini jadi sadar, musti lebih banyak belajar tentang bisnis. Terlebih bisnis online yang kompetitornya juga nggak main-main. hoho

    ReplyDelete
  9. MEnciptakan branding ini kadang yang paling lama Bund ahhaha
    aku juga lagi pengen punya website untuk bisnis kecil-kecilanku semoga pelan-pelan bisnis ini bisa membesar aamiin.

    ReplyDelete
  10. Bikin branding butuh waktu. Perlu usaha ama promosi yg ampuh

    ReplyDelete
  11. Sempat jualan online buku paket tapi sekarang mau ditutup ngga ada tenaga buat mengelolanya huhu pilu

    ReplyDelete
  12. Iya ya mbak. Tahun milenial gini, punya website untuk jualan itu semacam kewajiban. Minimal konsumen tahu info brand kita dari website lho.

    ReplyDelete
  13. Kujadi pengen memulai lagi jualan onlineku yang mati suri, Mbak...
    sekarang masih sih, jualan perlengkapan bayi, tapi ya gitu, kurang ter-manage. Bener banget deh, harusnya punya website khusus jualan..

    ReplyDelete
  14. bener banget mbak jaman sekarang peluang sebenarnya terbuka lebar khususnya di bidang bisnis online. saya sempet mencoba berbagai produk mulai dari bunga wisuda sampai terakhir buku. Tapi yaa karena bermodal iseng dan gak terlalu serius malah emang beneran ga lanjut hehe. Tips-tipsnya mantap mbak, saya jd sadar dulu ga terlalu memikirkan 5 hal tsb pantesan gagal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan nih denganku, dulu padahal pas punya bisnis online rame orderan craftku. Karena kurang bisa memanage, akhirnya mati suri deh. Yuk ah makin semangat mengembangkan kembali bisnis online.

      Delete
  15. Setuju banget, dalam berbisnis tuh jangan hanya ikut-ikutan saja, liat si A kayaknya laris jualan ini, eh kita ikutan juga padahal gak ada sama sekali passion menjual.
    Akhirnya ketemu tantangan dikit langsung melempem haha

    Setuju banget juga, punya website khusus juga penting.
    Biar lebih menjangkau banyak market dan mempermudah pekerjaan kita :)

    ReplyDelete
  16. aku yang susah tuh bagian branding, kadang bingung brandingnya tuh mau gimana, jadi aja gak maju2, padahal brand lain yang udah bisa branding, penjualannya laku kerasss ya

    ReplyDelete
  17. Iya banget ya, hari gini, kalo punya usaha kudu deh punya website. Walopun ada marketplace, tetep aja kedudukan website tak tergantikan. Prestise juga buat usaha. Aku aja, kalo dapet produk, terus kepengen tahu lebih lanjut, biasanya nyari websitenya. Ketinggalan deh kalo gak punya website.

    ReplyDelete
  18. Awal mula usaha online Shop kendalanya di pilih suplier, kadang nemu yang bagus, kadang karena tergiur dengan harga murah eh pas datang barangnya jelek. Makannya sekarang harus lebih Hati2

    ReplyDelete
  19. Wah makasih tipsnya mbak. Aku jg lagi mau naikin lagi usahaku, lagi mikir2 cara untuk ngukur target pasarnya cucok ato ngga...

    ReplyDelete
  20. Pernah ngerasain usaha online, perlu fokus dan sabar buat upload produk, kadang turun naik penjualan. Ada rasa senang tapi kemudian saya sadar passion saya lebih banyak di nulis. Jadi belum bisa fokus.

    Suka takjub sama temen yang punya usaha bisnis online. Karena setiap orang punya minat bakat masing2. Branding iya perlu banget juga setuju

    ReplyDelete
  21. Membranding produk penting banget ya, pakai website jadi terprogram gitu malah. Aku sarankan pada suami yang mau bikin website deh mba. Sama mau nyari nama dulu, dari kemarin kok belum ketemu yang cocok

    ReplyDelete
  22. Saya belajar banget dari artikel ini lho mbak. Baguuus, karena saya memang sedang membidik-bidik bisnis online. Rasanya punya media sosial sayang banget nggak dimanfaatkan untuk menambah penghasilan ya.

    ReplyDelete
  23. Banyak langkah penting yang bisa dan perlu kita lakukan sebelum melakukan bisnis pnline ya mba.. yang pasti perencanaan yg baik sangat penting

    ReplyDelete
  24. Salah satu yang terpenting dalam bisnis online adalah menciptakan branding sehingga banyak calon klien atau konsumen yang akan datang. Branding juga membuat kita lebih dikenal secara spesifik.

    ReplyDelete
  25. Wow, lengkap banget tips dan triknya Bun. Aku sendiri belum coba yang bikin website untuk produk jualanku nih. Mau coba bikin website jadinya...

    ReplyDelete
  26. Anakku mau mulai bisnis online nih mbak. Belajar bisnis untuk mandiri

    ReplyDelete
  27. Pengen banget bisa memulai bisnis oline biar bisa dikerjakan di rumah tapi masih bingung dengan produknya nih

    ReplyDelete
  28. Semua poin yang dijabarkan itu secara utuh benar mbk emang sangat penting untuk memulai bisnis kalau aku tambahin harus pantang menyerah dan ulet karena memulai itu banyak godaannya

    ReplyDelete
  29. Aku pernah punya bisnis online, memang branding penting banget, untuk mendapat buyer lebih banyak mereka harus yakin dulu dengan profil OS kita :)

    ReplyDelete
  30. menciptakan branding itu yang lumayan effortnya mba hehehe. Orang biasanya akan beli suatu produk kalau nama brandnya sudah lumayan dikena.

    ReplyDelete
  31. Dari dulu pengen banget tahu bisns online apa yang ingin aku lakukan tapi mentok mba. Tampaknya memang harus mengenali potensi dan kemampuan diriku deh

    ReplyDelete
  32. Pas belum ngerti banyak tentang dunia digital, aku padahal sering jualan lho Mba. Ya baju, tas, dll. Sekarang pengen nyoba lagi kok yaaa masih aras-arasen, hahaha.

    Padahal jualan online jauuuuh lebih mudah ya, meski tantangannya juga pasti ada. Sekarang malah kerja ngurusin website jualan orang, wkwkwk.

    ReplyDelete
  33. Kendalaku juga yang paling susah itu merisert kemauan pasar bun
    Bisnis online memang nggak boleh main-main ya, aku juga pengen fokus di sini heheeh
    karena katanya kalo buat sampingan ya rejekine sampingan duh

    ReplyDelete
  34. Gak cuma influencer ya,
    Branding di olshop juga penting biar bisa diingat terus pembeli :)

    ReplyDelete
  35. Aku kagum sama pengusaha online ini.
    Karena riset usahanya harus lebih mendalam dan inovasinya harus terus ada.

    Jadi,
    Kalau punya web kan jadi lebih mudah yaa..

    ReplyDelete
  36. Sekarang melakukan bisnis online gampang gampang susah ya karena kemudahan harus diikuti oleh konsistensi dan kesabaran juga

    ReplyDelete
  37. Riset emanbg penting utk buka usaha ya mbak. Website jg penting supaya kita keliatan profesional gtu sih. Pelanggan akan datang kalau kita keliatan pro.
    Personal branding jg penting supaya org mudah inget web kita jualan apa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com

Follow Me @ikapuspita1