Begini Caranya Migrasi dari Blogger ke WordPress



Dear friends,

Tahun 2009 lalu, saya pertama kali membuat blog menggunakan platform blogger. Waktu itu saya berpikir bahwa blogger merupakan platform blog yang paling mudah diaplikasikan. Dan, memang betul saya masih nyaman menggunakannya hingga saat ini. 

Tapi belakangan ini saya tergoda untuk migrasi ke platform lain yaitu WordPress. Gara-garanya beberapa teman saya sudah migrasi ke WordPress dan ternyata mereka enjoy menggunakannya. 

Kenapa harus WordPress?

Teman-teman yang lebih dulu migrasi ke WordPress mengatakan kalau platform WordPress lebih memberikan kemudahan dibandingkan Blogger, baik dari segi tampilan, kelengkapan fitur, bahkan SEO. Nah ini nih yang membuat saya jadi makin tertarik untuk migrasi. Ada beberapa poin mengenai kelebihan  WordPress dibandingkan Blogger, antara lain :

Tampilan Website
Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas, sedangkan WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website kita jadi menarik.

Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
Jika kita menggunakan WordPress, kita akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misal ketika kita ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder, semuanya dapat kita lakukan dengan mudah.

Pengelolaan Mudah
WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard yang telah disediakan.

Akses Website Lebih Cepat
Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML. Wooah, keren kaan. 

Kontrol Website
Apabila kita menggunakan website WordPress Hosting, kita dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. Kita dapat menetapkan pengaturan apapun yang kita inginkan.

Nah, sekarang gimana caranya migrasi tanpa merusak ranking Google?

Sebelum benar-benar memutuskan untuk migrasi, pastinya kita mikir dong, apakah ranking website kita sebelumnya bakalan rusak setelah migrasi? Tentunya sayang banget bila kita kehilangan peringkat teratas Google hanya karena memutuskan untuk migrasi ke WordPress. Padahal, sebenarnya kita nggak perlu khawatir karena kita bahkan dapat memindahkan semua postingan termasuk komentar pada blog kita. 

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk migrasi blog dari Blogger ke WordPress :

1. Hosting WordPress untuk Website 
Sebelum migrasi, kita memerlukan hosting WordPress untuk menampung data website kita. Pilih layanan hosting yang menyediakan layanan hosting Indonesia terbaik seperti Qwords. Dengan menggunakan layanan WordPress Hosting di Qwords, kita akan menggunakan Cloud Based Hosting sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa. Jangan lupa, untuk menyiapkan nama domain untuk blog WordPress baru kita. Setelah mengaktifkan hosting, instal WordPress di hosting melalui cPanel. Jika belum mengetahui cara instal WordPress, ikuti panduan berikut ini ya!

2. Export Data dari Blogger
Sebelum kita migrasi dari blogger ke WordPress, ambil seluruh data Blogger Anda dan backup ke kompter dengan formal XML.
Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.
Pada menu Impor & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.
Setelahnya akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. Klik Simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data kita akan terunduh pada komputer/laptop dengan format XML.

3. Import dari Blogger ke WordPress
Setelah download data Blogger berhasil, kita lanjut beralih ke WordPress. Pastikan domain dan hosting kita telah aktif dan telah terinstal WordPress.
Masuklah ke admin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih Blogger.
Pilih Install Now di dashboard WordPress kita. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. KIta memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML kita ke website WordPress.
Aktifkan plugin dengan klik tautan Activate Plugin & Run Importer sebelum kita mulai memindahkan data WordPress. Jika aktivasi plugin telah dilakukan, selanjutnya unggah file XML yang sudah diunduh di komputer.
Yaps. Selesai! Kini Blogger kita telah berpindah ke WordPress. Tapi ingat, kita tetap harus memastikan  tidak kehilangan Google Ranking setelah berpindah ke WordPress. Maka selanjutnya lakukan setting Permalink dan Redirection agar tidak kehilangan pengunjung website kita.

4. Pengaturan Permalink
Setelah berhasil melakukan migrasi Blogger ke WordPress, jangan lupa untuk melakukan pengaturan Permalink di WordPress. Kita tentu nggak mau kehilangan index Google yang telah dibangun sebelumnya di Blogger, kan?
Permalink merupakan struktur SEO. Nah, sekarang kita perlu mengaturnya agar menyerupai struktur SEO pada Blogger sebelumnya di WordPress.
Langsung saja masuk ke menu Settings > Permalinks. Pilih Month and name, kemudian klik Save.

5. Pengaturan Redirection
Ini merupakan langkah terpenting untuk menjaga agar website kita tidak kehilangan Google Ranking pada saat dipindahkan dari Blogger ke WordPress.

Pilih kembali ke template klasik. WordPress akan memulai proses import posting blogspot kita satu persatu. Setelah proses selesai, maka langkah selanjutnya adalah kita akan diminta untuk assign posting-posting blogspot kita ke salah satu user wordpress kita. Kita dapat memilih user yang ada saat ini atau membuat user baru.

Yeay, selesai! Sekarang kita telah berhasil melakukan migrasi dari Blogger  ke WordPress.


 Sumber : Qwords.com


2 comments

  1. Memang wordpress lebih menarik Bund, tapi yang versi geratis tidak bisa menggunakan plugin dg maksimal, apalagi post dg htlm, pasti tidak bisa.

    ReplyDelete
  2. Pertama kali bersentuhan dengan blog juga pakai platform blogspot. Dua tahun ini beli hosting terus pakai platform Wordpress. Hasilnya lebih ciamik.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com