Destinasi Wisata Impian yang Wajib Dikunjungi


Dear friends,

Kalo ditanya tentang destinasi wisata impian, bisa jadi saya bakalan bikin berpuluh-puluh list kota, pulau bahkan negara aja yang pengen banget saya kunjungi. Bersyukur hingga saat ini, sudah ada beberapa wishlist yang tercentang. Itupun bisa saya datangi karena ada pekerjaan di sana. Jadi, sambil menyelam minum air lah saya. Itu saja sudah membuat saya sangat bersyukur, karena saya tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkannya. Saya hanya perlu menyiapkan waktu dan tenaga saja untuk mengunjunginya.

Bersyukur juga, tahun ini saya juga kembali diajak bekerjasama dengan salah satu perusahaan farmasi untuk menggelar event di beberapa kota dan pulau di Indonesia seperti tahun lalu. Alhamdulillah, artinya saya bisa mewujudkan traveling impian ke beberapa kota dan pulau di Indonesia.

Kalian mau tahu nggak, destinasi wisata yang paling saya impikan untuk didatangi?

Pulau Derawan

Derawan

Pulau Derawan berada di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Karena keindahan ekosistem di laut yang masih terjaga keasliannya, nggak heran kalo pulau Derawan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan ditetapkannya Kepulanan Derawan sebagai situs calon situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2005.

Kebetulan, setelah lebaran nanti saya ada pekerjaan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Jadi, saya mau usahain banget buat mampir sekalian ke Derawan. Kan udah mayan deket tuh dari Balikpapan. Tinggal lanjut ke Berau dan naik speed boat buat ke Derawan.

Kepulauan Derawan terdiri dari pulau-pulau indah dan memiliki keunikannya masing-masing. Pulau-pulaunya adalah Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Maratua, dan Pulau Sangalaki. Di kawasan kepulauan Derawan ini, ada begitu banyak hewan laut yang dilindungi dan termasuk dalam hewan langka. Seperti kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, manta dan sejumlah hewan lainnya. Karena dikelilingi beberapa kepulauan, pasir di kepulauan Derawan terlihat berwarna putih bersih dan sangat halus. Nah ini yang bikin saya makin penasaran.

Pulau Maratua


Pulau Maratua ini sebenarnya masih satu kawasan dengan Derawan. Teman saya menyarankan supaya saya sekalian ke Pulau Maratua karena lokasinya nggak terlalu jauh. Pulau Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memang tak setenar Derawan. Namun, pulau ini menyajikan hamparan laut biru yang bersanding manis dengan putihnya pasir pantai. Ditambah dengan keelokan alam bawah laut yang luar biasa, pulau ini layak diakui dunia.

Untuk akses ke Maratua, kita bisa melalui Tarakan atau dari pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Tujuan para traveler datang ke Pulau Maratua ini biasanya untuk diving. Nggak hanya di Pulau Maratua, spot diving lain yang layak disambangi adalah Pulau Kakaban dan Pulau Panjang. Katanya kalo kesini kita musti island hopping biar puas main air di beberapa pulau di kawasan Derawan dan Maratua. Panorama bawah lautnya cukup memukau dan memanjakan mata. Aaaah...semoga Allah mudahkan semuanya dan saya bisa mewujudkan impian saya.

Banda Neira


Kalau membuka peta Maluku, letak Banda Neira berada di tenggara Kota Ambon. Pilihan transportasi hanya ada dua melalui laut atau udara. Itupun tidak setiap hari tersedia. Pulau Banda Neira merupakan pulau utama dalam gugusan Kepulauan Banda. Meskipun bukan pulau terbesar, namun pulau yang merupakan ibu kota Kecamatan Banda ini menyimpan berbagai obyek wisata alam, sejarah, dan bahari yang sangat layak untuk dikunjungi.

Di Banda Neira banyak sekali obyek wisata yang bisa kita kunjungi, misalnya saja Benteng Belgica. Benteng Belgica merupakan benteng VOC yang dibangun di atas sebuah bukit dan ditempuh hanya 10 menit berjalan kaki dari Delfica Guest House. Benteng ini berada di sebelah barat daya Pulau Neira dan terletak pada ketinggian 30 meter dari permukaan laut. Sungguh mengagumkan melihat pemandangan di sekeliling saat berdiri di benteng yang dibangun pada tahun 1611 di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Pieter Bot ini.

Tak lupa, ketika berkunjung ke Banda Neira, mampirlah sejenak ke rumah pengasingan Bung Hatta. Di sana masih banyak benda-benda peninggalan milik Bung Hatta yang bisa kita lihat. Yang paling penting ketika berkunjung ke Banda Neira adalah main air di pantai. Ya maklum lah ya, saya ini keluarga ikan yang matanya selalu berbinar ketika melihat air yang berwarna biru, khas pantai timur Indonesia. Pantas lah kalo Banda Neira sering disebut-sebut sebagai sepotong surga di timur Indonesia.

Karimunjawa 



Apalah saya ini, orang Jawa Tengah yang belum pernah sama sekali ke Pulau Karimunjawa. Padahal pulau ini termasuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah, loh. Ya tapi gimana lagi, kalo mau ke Karimunjawa ya musti nyiapin duit yang ga sedikit juga. Apalagi saya maunya kesana naik pesawat bukan kapal laut.

Kalo ada teman yang posting foto ketika berwisata ke Karimunjawa, saya cuma gigit jari sambil berbisik dalam hati, suatu hari saya musti ke sana. Ke Karimunjawa.

Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Laut Jawa, 80km sebelah Utara Jepara. Tidak akan kalian sangka Pulau Karimunjawa memang benar-benar menyimpan keindahan perairan laut Jawa yang layak disebut sebagai The Carribbean of Java karena pasir putihnya, perairannya yang bening, tenang, dan keindahannya yang eksotis.

Nah, buat kalian yang lagi cari cari inspirasi liburan, boleh loh berkunjung ke destinasi wisata di atas. Apalagi buat kalian pecinta wisata air, kalian puas-puasin deh diving atau snorkling di sana.
Doakan yah, semoga tahun ini saya beneran bisa traveling ke tempat-tempat ini.


4 comments

  1. Sama mba, aku juga pengen ke Karimun Jawa. Gak apa deh naik kapal Pelni,malah gak terasa

    ReplyDelete
  2. memang wisata alam selalu menjadi destinasi terbaik untuk liburan, ya walau hanya lihat gamabarnya aja masih hehe

    ReplyDelete
  3. Unfortunately, I haven't been to these places. All of them are so beautiful and adorable. I definitely need to go there next summer.

    ReplyDelete
  4. Inceranku Karimunjawa nih mbaaa... Semoga aja pandemi segera berakhir ya ini, udah kangen pol jalan-jalan. Kalau bisa bepergian bareng keluarga kan seru gituuuu..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com