Sembuhkan Indonesia dengan Olahraga



Dear friends,

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semua orang paham bahwa olahraga merupakan suatu kewajiban yang perlu kita lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat karena dengan berolahraga kita bisa mendapatkan sejuta manfaat yang baik bagi tubuh. 

Olahraga merupakan jenis kegiatan fisik yang baik untuk pikiran, tubuh, serta jiwa. Melakukan olahraga mampu menjaga kebugaran, kesejahteraan mental, serta interaksi sosial.

Seiring berjalannya waktu, kita kemudian disibukkan dengan pekerjaan dan menikmati gaya hidup tidak sehat, lalu banyak yang mengeluhkan olahraga karena terdengar melelahkan. Jika kita berolahraga secara rutin, maka kita akan mendapatkan hasil yang mengejutkan dalam hal kesehatan loh. Mulailah dengan yang ringan saja seperti berjogging atau sekedar peregangan badan seperti sit up dan back up. Mulai secara perlahan agar tidak terlalu berat ketika menjalankan olahraga.

Dengan berolahraga, tubuh kita akan merasa jauh lebih baik. Selain itu, olahraga merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi berbagai hal yang membebani pikiran, mengurangi depresi karena interaksi yang dijalin dengan berolahraga akan membantu untuk mengurangi nya.

Olahraga secara rutin merupakan satu di antara langkah untuk mengantisipasi pencegahan memiliki risiko penyakit berbahaya dalam tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan semua umur. 


Lalu, apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh?

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke adalah jenis penyakit kardiovaskular. Melakukan olahraga secara rutin mampu mencegah memiliki risiko penyakit jantung dan stroke. Olahraga mampu meningkatkan kekuatan otot jantung, menurunkan kadar tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Rutin berolaharaga selain untuk kebugaran, mampu meningkatkan kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Mengurangi Stress

Berolahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Berolahraga membantu mengatasi gejala-gejala kecemasan dan bisa menjadi alat yang potensial. Dalam penelitian, rutin berolahraga menunjukan indeks kecemasan yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak pernah berolahraga. 

Olahraga efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres. Otak akan melepaskan banyak hormon, termasuk hormon endorphin dan neurotranamitter yang memengaruhi suasana hati.

Menjaga Berat Badan

Manfaat olahraga yang pertama adalah menjaga berat badan yang ideal. Perlu kita ketahui, berat badan berlebih atau obesitas mampu mengundang berbagai macam penyakit datang. Dengan melakukan olahraga secara teratur, kita bisa menjaga berat badan sehingga penyakit ogah datang. Manfaat olahraga yang satu ini dapat dirasakan karena saat otot bergerak, kalori akan terbakar. Apalagi kalau kita melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, seperti lari.

Memperkuat Tulang dan Otot

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat tulang dan otot. Bagi kalian yang masih muda, mungkin masalah tulang dan otot bukanlah kondisi utama yang harus dikhawatirkan. Tetapi buat orang yang usianya sudah lanjut, masalah tulang dan otot adalah mimpi buruk yang harus dihindari.Jangan sampai terlambat. Mulailah berolahraga walau usia kita masih muda, untuk mencegah kelemahan tulang dan otot di usia tua. Perlu diketahui, berolahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang dan kekuatan otot, sehingga di usia tua, nyeri tulang dan otot dapat dihindari.

Meningkatkan Energi

Manfaat olahraga ini dibutuhkan oleh mereka yang seringkali merasa lesu. Ya, meningkatkan energi adalah salah satu manfaat olahraga yang tentunya dibutuhkan tubuh. Sebab, oksigen akan “terdistribusi” dengan baik ke dalam jaringan tubuh, sehingga jantung akan bekerja lebih baik. Saat kesehatan jantung dan paru-paru terjaga, maka energi pun bertambah. 

Memperpanjang Umur

Tidak hanya satu atau dua riset yang membuktikan bahwa manfaat olahraga bisa memperpanjang umur. Nyatanya, aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah kematian akibat penyakit berbahaya seperti penyakit jantung ataupun kanker.

Manfaat olahraga tentu sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Jika masih sulit untuk konsisten dalam berolahraga, cobalah ajak teman atau keluarga, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda yang bisa dilakukan paling tidak 3 kali dalam seminggu. Supaya tidak bosan, kita juga bisa mendengarkan musik sambil berolahraga. 

Selain berolahraga, kita juga dianjurkan untuk menjalankan pola hidup sehat. Pola makan seimbang, makan buah dan sayur juga disarankan. 

Tidak ada alasan buat kita untuk tidak berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat. Tidak ada kata terlambat bagi kita untuk berolahraga dan jangan jadikan usia ataupun berat badan sebagai alasan untuk tidak olahraga. 

No comments

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com