Manfaat dan Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

 

Dear friends,

Sebagai umat muslim, kita pasti tahu bahwa tanggal 13 Februari lalu kita sudah memasuki bulan Rajab. Artinya, tinggal dua bulan lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tetapi jangan salah, bulan Rajab juga memiliki keistimewaan. 

Bulan Rajab merupakan salah satu diantara empat bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt, yang disebut dengan "Asyhurul Hurum," sebagaimana yang disebutkan dalam Al Qur'an pada surat At-Taubah ayat 36.

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta dengan orang orang yang takwa."  (QS At Taubah ayat 36)


Mengawali ibadah di bulan Rajab, biasanya banyak orang yang berpuasa di 3 hari pertama bulan Rajab. Seperti hal nya keluarga saya. Alhamdulillah anak-anak saya berpuasa di 3 hari pertama Rajab ini. 

Berikut niat puasa bulan Rajab : 

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى 

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’aala. 

Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta’ala. Niat boleh diucapkan di dalam hati dengan bahasa yang dipahami. 

Niat dapat diucapkan pada satu hari sebelum atau saat melakukan puasa.

Bulan Rajab dikenal dengan sebutan Al-Ashom, yaitu bulan yang tuli karena tak terdengarnya suara peperangan di dalamnya. Di bulan Rajab, Allah SWT telah merajam musuh-musuhNya dan para syaiton, sehingga mereka tak dapat mengganggu para aulia dan sholihin. 

Selain itu, bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan Ashab, yakni bulan kucuran rahmat bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat di dalamnya dan adanya limpahan cahaya-cahaya qabulnya bagi seluruh alam. 

Manfaat Puasa Rajab tentu memiliki tujuan untuk mengingatkan kita tentang perjuangan Islam dahulu, dan salah satu cara kita untuk mengenang perjuangan itu dengan melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 10 hari, dan tentunya kita akan mendapatkan manfaat puasa rajab 10 hari tersebut.

Manfaat puasa Rajab selama 10 hari salah satunya yaitu Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan hambanya, dan bila puasa selama 10 hari di bulan Rajab maka Allah akan mengganti dosa-dosa hambanya dengan dengan kebaikan. Adapun tentang kapan pelaksanaan puasa di bulan Rajab dan manfaat puasa Rajab 10 hari, maka salah satu rujukannya adalah keterangan yang ada pada hadits-hadits berikut ini:

"Barangsiapa berpuasa pada pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan".

Riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: "Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya".

Selain hadits riwayat Al-Thabarani dari Sai'id bin Rasyid, berikut keterangan lainnya tentang manfaat puasa Rajab 10 hari. Ibnu Abbas R.A. berkata: "Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, dihari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan". (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, Dimuat dalm kitab Jami'Ush-Shaghir).

Abu Hurairah RA. berkata: "Bahwasanya Nabi SAW diluar bulan Ramadhan tidak puasa kecuali bulan Rajab dan bulan Sya'ban". Dalam Hadis Shahih Bukhori Muslim, Nabi SAW bersabda: "Bahwasanya di sorga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melebihi susu, manis melebihi madu, siapa puasa sehari dibulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (Bengawan) tersebut".

MasyaaAllah, ternyata puasa Rajab membawa banyak manfaat bagi kita umat muslim ya. Semoga Allah mudahkan ibadah kita di bulan Rajab ini dan memberikan rezeki untuk bertemu dengan bulan Ramadhan yang akan datang. 

Selamat berpuasa, sahabat 



Posting Komentar

0 Komentar