Menulis Tangan untuk Terapi Jiwa

Dear friends,

Menulis tangan, sebenarnya membuat saya tenang. Entah kenapa, saya suka sekali menulis tangan. Bahkan sejak jaman sekolah dasar dulu. Saya senang mengoleksi buku tulis dan pena. Bukan untuk apa-apa, hanya untuk menulis. Menulis apa saja. 

Semenjak itu saya selalu menenteng buku dan pena. Apapun yang terjadi di depan hidung saya, saya menuliskannya. Saya layaknya jurnalis yang menuliskan berita-berita. Padahal aslinya saya nggak begitu. Hihi. 

Hingga usia bekerja saya memiliki sebuah jurnal untuk menuliskan apa saja yang terjadi. Ibaratnya ya, buku jurnal atau buku catatan itu sahabat saya. Bahkan saat saya belajar bahasa Inggris pun, tertulis di sana. Banyak sekali catatan-catatan saya saat belajar. 


Menulis tangan ternyata membawa manfaat banyak sekali, loh. Menulis, secara kreatif, merupakan proses mendalam yang memerlukan waktu dan pertimbangan. Terlebih, menulis memperbolehkan ekspresi yang lebih dari sekadar garis lurus, yang dapat “menyalakan” jaringan neuron yang bertanggungjawab untuk imajinasi dan penemuan baru. Menulis kerap dijadikan sebagai terapi bagi mereka yang mengidap depresi atau trauma. 

Manfaat menulis buku harian atau jurnal antara lain :

  • Mampu mengontrol emosi dengan baik
    Dengan menulis diary, kamu akan dapat mengontrol emosimu lebih baik. Hal tersebut dikarenakan emosi, perasaan, dan pemikiranmu sepanjang hari bisa tercurahkan lewat tulisan dan goresan di buku harianmu.

  • Perasaan menjadi lebih tenang dan lebih bersyukur
    Menuliskan hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari masalah yang dilalui akan membantu kamu untuk lebih tenang dan bersyukur. Jadi, buku harian itu isinya bukan sekadar amarah dan keluh kesah ya.

  • Hidup menjadi lebih teratur
    Selain curhat soal kejadian yang dilalui dan perasaan yang sedang dialami, buku harian juga bisa digunakan sebagai catatan untuk mengatur jadwalmu sehari-hari atau impian dan resolusi apa saja yang akan kamu capai dalam tahun ini.

  • Kualitas hidup meningkat
    Jika hal-hal yang sudah disebutkan pada tiga poin positif di atas sudah terasa dalam keseharianmu, maka tanpa sadar kualitas hidupmu sudah meningkat. Hanya dengan menulis diary, kamu sudah menjadi pribadi yang lebih tenang, bersyukur, disiplin, dan teratur.

  • Self Healing
    Menulis diary setiap hari bisa kamu jadikan sebagai proses self-healing (penyembuhan diri) dengan cara yang mudah dan gratis. Kegelisahan, kegundahan, dan rasa sakit yang kamu alami selama ini tanpa ada satu orang pun yang dapat memahami bisa kamu utarakan dengan bebas di buku harianmu. Lawan rasa takut dan penyakitmu, ya! Dengan berbagai keuntungan yang akan didapatkan, menulis diary bisa menjadi salah satu solusi positif untuk meringankan beban dan masalah hidupmu.
Hibrkraft ini  merupakan sebuah UMKM yang  bergerak dalam bidang pembuatan jurnal/agenda kulit dan paket branding/merchandise sejak tahun 2013. Produk-produk nya meliputi gantungan kunci, pouch, totebag, dan lainnya. 



Hibrkraft berlokasi di Bojonggede, Bogor. Produk-produknya banyak dipesan oleh berbagai instansi dari seluruh wilayah Indonesia. Hibrkraft juga telah mengirimkan produk-produknya ke Jerman, Belanda, Kanada, Australia, dan juga Uni Emirat Arab.

Apa sih yang bikin  Hibrkraft beda dengan yang lain? Dari mulai produknya yang tidak asal dibuat, melakukan meningkatkan mutu produk secara terus-menerus, bersifat handmade karena memang dibuat dengan menggunakan tangan dan bukan mesin, hingga memberdayakan masyarakat sekitar. 

Nah jika bingung dengan pilihan bukunya, pilih aja Hibrkraft. Ada banyak lho pilihannya. Coba deh mampir tengok ke website-nya di https://hibrkraft.com/


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nah menulis sendiri suah seperti terapi penyembuhan di mana kita mengungkapkan perasaan, terlebih kalau dibuku diary menggunakan tulisan tangan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup. Jangan lupa komentarnya yaaa.....
bundafinaufara.com